Cara Mengatasi Keluhan Ketika Mulai Diet

Halo halo halo…

Ketika memutuskan untuk diet, mengelola pola makan, dan hidup sehat tentu bukan hal yang mudah. Perlu niat, perlu persiapan, perlu ilmu dan hal-hal lainnya.

Tapi, itu semua intinya adalah keputusan kita.
Terlalu over thingking juga menyebabkan diet kita tidak segera mulai.

Hari ini kita coba explorasi beberapa keluhan ketika kita mulai diet :

1. Kelola perasaan

Faktor emosional dan pikiran ternyata sangat erat hubungannya dengan fisik tubuh kita lho. Tentu dikala kita memulai program diet apapun, coba tanya kembali apa goalnya. Apa tujuan kita mengikuti suatu program diet? Lalu apa pentingnya diet itu untuk diri kita?

2. Kenali kondisi awal

Banyak orang yang diet tapi tidak mengenali kondisi awal sebelum diet. Sehingga akan sangat bagus sekali jika cek terlebih dahulu kondisi awal-nya misal bagaimana tekanan darah, bagaimana kondisi gula darah, adanya penyakit yang diderita dan hal-hal lainnya. Lebih lengkap tentu lebih baik. Paling tidak perlu cek kondisi sidrom metabolik.

3. Bagaimana jika ada keluhan

Dalam beberapa pengalaman ada keluhan seperti mual, asam lambung naik atau diare. Tentu perlu dipelajari dan dianalisa pola makan yang diadopsi seperti apa. Misalkan penggunaan pemanis buatan, ataupun bahan-bahan makanan yang bisa memicu kembung hingga diare jika dikonsumsi berlebihan.

Sebaliknya bisa juga terjadi konstipasi atau sulit bab. Saya pernah tulis juga di artikel ini

4. Pilih yang alami lebih baik

Ini yang sering kali orang lupa dan saya sendiri selalu berusaha untuk memilih bahan yang alami saja dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan (seperti pemanis buatan yang kurang baik, atau tepung-tepung yang tidak jelas isinya) karena ingin mendapatkan rasa / tekstur seperti makanan karbo.

5. Adaptasi

Tentu secara bertahap keluhan akan berangsur hilang ketika tubuh kita sudah bisa menggunakan keton dengan optimal. Menjaga asupan mineral, kaldu dan garam yang cukup. Selain itu konsumsi juga prebiotik dan probiotik secukupnya untuk menjaga agar bakteri tubuh tetap terjaga netral.

Dalam beberapa kasus ada juga yang mengasup basa (larutan soda kue) untuk mengelola asam basa tubuh dan merasakan manfaatnya.

Lalu bagaimana jika keluhan masih berlangsung lama?

Dalam proses adaptasi tubuh, untuk yang masih muda, sehat, sering puasa, biasanya proses adaptasi menuju ketosis sekitar 3-4 hari. Untuk yang paling umum sekitar 3-4 mingguan.

Jika memang dalam perjalanan proses diet mengalami diare lebih dari 5 hari, sebaiknya konsulkan juga dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Dapatkan juga berbagai info tentang pola sehat dengan diet di foodketo.com

Tiga tips untuk gagal diet

Sekilas baca judulnya jadi agak “mules” hehehe…

Biasanya kan orang kasih tips untuk sukses, tips untuk mendapatkan apa yang diinginkan, tips jadi kaya, tips jadi sehat, dan sejenisnya. Tapi kali ini kita coba ambil dari sudut pandang yang berbeda : Tips untuk gagal.

Semoga sahabat pembaca semua sehat wal afiat yaaa…

Jika Anda mencari tips berhasil untuk diet, silahkan googling atau youtubing aja.
Dijamin banyak banget dapet tips agar berhasil menurunkan berat badan. Tapi jika teman-teman ingin gagal diet, coba ikuti saja tips ini sehingga berat badan tidak turun, bahkan bisa makin naik.

Oke, siap ya!

Ini 3 tips penting untuk gagal diet :

1. Tidak paham dan tidak disiplin

Ini sangat jelas, karena memang ilmu tentang makanan ini sangat minim sekali. Dulu mungkin penjelasan tentang 4 sehat 5 sempurnya itu cukup masif, entah apa karena ada pihak sponsor (industri susu; yang menjadikan komponen 5 menjadi sempurna). Sekarang program gizi seimbang ini tidak terlalu bergaung. Belum lagi konsep piramida makanan dengan komponen karbo tinggi ini juga terbukti kasus obesitas di 10-20 tahun terakhir meningkat pesat. Belum lagi kasus diabetes dan penyakit degeneratif.

Bisa jadi saat ini orang juga belum mampu membedakan makanan di piringnya. Mana yang karbo, mana yang protein, mana yang lemak. Apa manfaatnya, bagaimana ketiga komponen itu bekerja, termasuk terkait makro nutrisi dan mikro nutrisi. Tentu dasar-dasar nutrisi ini perlu dipahami, tidap perlu sampai metabolisme yang rumit.

Dan ini semua tentu memerlukan kesadaran dan disiplin ketika memasukkan makanan ke dalam mulut. Dengan memahami mana makanan yang baik, mana yang dihindari, kita akan terbebas dari bujuk rayu “wisata kuliner” yang berlebihan. Setiap hari kita digoda dengan berbagai jenis makanan kekinian yang membuat liur kita mengalir deras!

2. Tetap mempertahankan zona nyaman

Semua orang pasti sudah punya kebiasaan. Misalkan makan 3x. Selalu makan nasi dan es teh manis. Ada jadwal ngemil. Jajan dan belanja gofood. Dan banyak lagi kebiasaan yang membuat kita sulit kurus dan mudah gemuk.

Keluar dari kenyamanan itu memerlukan niat dan alasan yang sangat kuat.

Biasanya dalam program diet banyak yang beragumen dan tawar-menawar :
– aku ini lemes kalau gak makan nasi
– hidup ini harus dinikmati dengan makanan-makanan manis
– apa boleh cheating, cuma ini itu aja kok
– dan banyak lagi lainnya….

3. Jangan mau mengubah mindset

Kalau mau lengkap, baca deh buku fix mindset vs growth mindset.

Hidup ini selalu memberikan pilihan untuk kita lalui. Kita bisa memilih baju yang kita mau pakai. Kita bisa memilih mau mandi atau tidak. Kita bisa memilih makanan dan minuman mana yang kita konsumsi. Sama juga pikiran dan perasaan kita. Itulah dahsyatnya manusia dibandingkan makhluk lainnya.

Setiap keputusan yang kita ambil akan berdampak pada hasil. Kita mau sehat, maka bagaimana pola makan kita, bagaimana aktifitas fisik kita, bagaimana mengelola istirahat kita, bagaimana mengelola nafas, bagaimana mengelola pikiran dan perasaan kita.

Nah, jika kita lakukan 3 hal diatas, maka dijimin apapun diet yang kamu pelajari akan gagal.

Marilah hari ini kita sadari dan syukuri apapun kondisi kita saat ini. Kita terima dan maafkan apapun yang telah kita lakukan dan terjadi pada diri kita. Dan kita memiliki kesempatan untuk bisa merubah hidup kita lebih baik lagi. Kehidupan yang selama ini kita impikan. Dan sekarang saatnya baca buku panduan ketogenic GaHiRe.

Selamat!

Jurus buat mulai diet lagi – “Diet on the Track”

Setelah balik ke aktivitas normal lagi setelah 2 tahun di rumah aja, ditambah dari acara liburan, ini waktu yang paling pas untuk memulai diet, atau balik lagi mengelola diet kita on the track. Banyak teman-teman yang malu-malu berhenti diet dan akhirnya kebablasan. Dan itu normal kok, ini terjadi ke banyak orang, dan bisa dibilang manusiawi.

Satu hal yang perlu kita sadari tentang hidup ini adalah perjalanan. Sama halnya dengan kesehatan maupun nutrisi.
Menjadi sehat itu bukanlah sekedar tujuan, tapi bagaimana prosesnya. Ada banyak pilihan, ada banyak langkah-langkah, yang akhirnya menghasilkan situasi kesehatan kita saat ini. Dan tentu, pilihan kita hari ini, akan menentukan hasil berikutnya di masa depan. Perjalanan ini bukanlah tentang kesempurnaan, tetapi bagaimana kita membangun kebiasaan, hal-hal kecil setiap hari untuk menjadi lebih sehat, lebih berenergi, dan lebih bahagia.

Yuk kita kupas, jurus dan cara untuk mulai diet lagi :

1. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri.

Makan nasi tidak akan membuat kamu tiba-tiba menjadi orang jahat. Berat badan kamu tidak akan tiba-tiba naik 5 kilo gara-gara makan kue lebaran. Tentu ini berlaku umum saja, bagi penderita diabetes atau alergi tentu hal yang berbeda.

Di situasi seperti ini, kemampuan kita mengendalikan “nafsu” makan adalah kunci. Banyak orang yang tidak mampu mengendalikan keinginan makan / kecanduan makan tentu adalah hal yang buruk. Jika sengaja atau tidak sengaja mengkonsumsi suatu makanan berlebihan (aka cheating), coba sadari dan cek aja apa yang tubuh kita rasakan.

Apa tubuh jadi merasa kembung, atau merasa mudah ngantuk, cepat lelah, kliyengan, mudah lapar?

Bisa jadi akhirnya tubuh kita tidak lagi ada dalam performa terbaiknya. Tapi bersyukurlah kita memiliki tubuh yang “canggih” yang mampu mengatur secara otomatis untuk berusaha menyeimbangkan tubuh ini sendiri. Tubuh punya mekanisme yang kita tidak bisa kendalikan 100%. Kita tidak bisa meminta lambung berhenti, kita tidak bisa minta pankreas untuk berhenti mengeluarkan insulin. Semuanya otomatis dan bekerja atas kuasa dari Yang Maha Kuasa. Luar biasa….

Over carb ketika liburan? Tentu bisa saja terjadi, dan fokus saja mencari solusinya.
Apa perlu dengan puasa sunnah?
Apa mau dikombinasikan dengan intermittent fasting? skip sarapan pagi?
Bagaimana dengan tambahan aktivitas fisik?

Coba pelajari juga di artikel ini : Cheating ketika diet

2. Sadari dan jaga diri

Prinsipnya adalah tidak ada yang lebih bertanggung jawab atas tubuh kita, selain diri kita sendiri. Jika kemaren merasa banyak konsumsi makanan yang seharusnya dihindari, lalu merasakan tubuh jadi lebih buncit, atau timbangan mulai naik, cek kembali goal kesehatan kita.

Coba ingat lagi resolusi yang pernah kita buat.
Apa sih tujuan kesehatan Anda?
Coba buka catatan dan ingat-ingat kembali.
Perbaiki goalnya menjadi lebih jelas dan spesifik.

Nutrisi dan makanan adalah bagian besar dari menjaga kesehatankita, tapi kualitas tidur, stress, dan olahraga juga punya peranan. Jadi pastikan semuanya berjalan beriringan misalnya :
Pelajari cara tidur dan bernafas yang berkualitas
Kelola stress dan belajar mindfulness
Ikuti club olahraga yang disukai
Bergabung dengan komunitas sesuai hobi
dan hal-hal lainnya…

3. Susun rencana baru

Ketika mudik, silaturahmi ke keluarga, halal bi halal, reunian sama teman lama, banyak orang merasa kesulitan dan tidak nyaman kalau harus menolak makanan. Tentu hubungan keluarga dan persahabatan itu juga penting, bisa jadi akhirnya kita lalai menjaga pola hidup sehat kita. Kini, sudah kembali ke kehidupan normal lagi, sehingga perlu setting ulang juga biar gak kebablasan juga.

Sibuk untuk masak selama seminggu? Contek aja daftar menu makanan yang bisa Anda praktekkan. Download “Meal Plan 7 Hari Diet Keto.”

Baca dan pelajari lagi flashcard ketogenic dan buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner. Klik disini untuk Flashcard Gratis*.
Cek ulang prinsip-prinsip makro nutrisi (karbo, protein, lemak) maupun mikronutrisi.
Optimalkan juga dengan suplemen super food seperti Vico Bagoes untuk memudahkan tubuh menjadi ketosis.

Memang banyak cara untuk bisa menjadi sehat. Sebaiknya pelajari juga ilmunya agar tidak salah pilih diet juga. Saat ini banyak diet-diet baru yang dibungkus dengan MLM ataupun produk yang mahal. Cuma memberikan “janji surga” bisa langsing cuma minum ini, atau pakai kapsul itu, di endorse artis terkenal, tetapi tidak memberikan edukasi yang benar tentang pola makan dan pola hidup sehat.

Menurut saya, pola rendah karbo atau ketogenic ini jauh lebih mudah dan dapat dipraktekkan untuk jangka panjang. Fokus pada makanan alami, konsumsi lemak sehat, menghindari makanan dengan olahan berlebihan. Tetap merasa kenyang, tidak mudah lapar, energi dan fokusnya mantap!

Tentu pilih jenis sumber lemak sehat dan VCO yang berkualitas.
Buat yang baru mulai, baca saja berbagai artikel yang sudah disiapkan di foodketo.com

4. Maju terus dan bersemangat

Setiap orang bisa jadi memiliki proses yang berbeda. Ada yang cepat turunnya, ada yang lebih lama. Ada yang sepertinya makan apa aja kok tidak gemuk-gemuk. Ingat, tidak ada satu pendekatan untuk semua orang.

Setiap orang berbeda dan unik. Begitu juga tubuh memiliki kebutuhan yang berbeda. Bisa karena kondisi kesehatan sebelumnya, keturunan/genetika, aktivitas fisik, pola tidur, maupun gaya hidup. Sehingga kita perlu belajar terus untuk bisa menemukan apa yang cocok dan membuat diri kita lebih baik.

Jika Anda sudah keluar dari track sehat, tidak ada kata terlambat untuk kembali ke rutinitas baru yang bisa membantu diri kita untuk merasa berenergi dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Di group ketogenic Indonesia kita selalu mendukung dan saling support.

Silahkan berbagi pengalaman dan sharing tentang gaya hidup yang Anda jalankan di facebook group Ketogenic Indonesia.

Berapa sih minimum karbo yang kamu perlukan tiap hari?

Apa sih nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita agar bisa bekerja dengan efektif?

Jawabannya bisa bikin kamu shock!

Tubuh kita memerlukan protein dari makanan setiap hari untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menjalankan reaksi bio kimia tubuh dalam metabolisme. Tubuh kita juga memerlukan lemak essensial, untuk membran sel dan komunikasi antar sel. Itu adalah nutrisi yang paling mendasar dalam tubuh manusia untuk bisa bertahan. Nutrisi yang tidak diperlukan oleh tubuh adalah karbohidrat.

Dengan tidak tersedianya karbohidrat dari makanan, maka tubuh kita akan mendapatkan energi yang diperlukan untuk otak dari protein dan lemak. Tubuh kita memiliki flexibilitas dalam mengelola nutrisi dari makanan kita. Itulah kelebihan manusia, sehingga dari yang tinggal di daerah kutub hingga daerah tropis tetap dalat bertahan hidup.

Saat ini kita ada di masa dimana makanan sangatlah berlimpah. Kita memiliki banyak pilihan jenis makanan untuk kita konsumsi setiap harinya. Sekarang pertanyaan-nya : seberapa banyak komposisi / kebutuhan makro nutrisi : karbohidrat, protein, dan lemak yang kita perlukan agar dapat mengontrol berat badan, dan penyakit kronis?

Lebih dari itu, pertanyaan ini juga ditujukan berbagai jenis pola makan yang diperkenalkan di era modern yang selalu mengacu pada asupan tinggi karbohidrat.

Dalam pendekatan diet keto atau low carb diet, kita akan mencoba membuat komposisi karbohidrat maksimal di 5% kebutuhan kalori harian. Menurunkan karbohidrat adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk menurunkan level insulin dan memulai menurunkan berat badan.

Berdasarkan kebutuhan tubuh, protein juga memiliki peran yang penting dalam pengontrolan berat badan yang terkait dengan hormon glucagon. Hormon glukagon juga dihasilkan oleh pankreas yang bekerja berkebalikan dengan hormon insulin yaitu mendorong glikogen untuk diubah menjadi glukosa. Dalam proses berikutnya, maka akan mulai diakses pembongkaran lemak menjadi keton sebagai alternatif sumber kalori bagi tubuh.

Konsumsi lemak selama ini banyak diabaikan, karena dianggap harus dikonsumsi dalam jumlah minimal karena mengandung kalori yang lebih tinggi. Faktanya, konsumsi lemak yang sehat akan dicerna lebih lama dan membuat tubuh tidak mudah lapar, mencegah over eating, dan resiko penyakit jantung. Dengan mengasup minimal 50% kebutuhan kalori dari lemak, maka bisa menggantikan “junk food” atau processed carbs (olahan tepung2an) yang banyak kita temui dalam makanan kita. Ini juga merupakan faktor penting dalam menurunkan tingkat peradangan / inflamasi yang terjadi dalam tubuh kita.

Nah, jika kita kembalikan pertanyaan di bagian judul diatas…

Berapa sih karbo yang kamu perlukan?
jawabnya adalah 0.
karena karbohidrat bukanlah nutrisi essensial.

sumber : Always Hungry, David Ludwig, MD, PhD

25 hal yang bisa membantu kamu di 2022🎉

25 hal yang bisa membantu kamu di 2022🎉

Alhamdulillah akhirnya bisa nambah konten lagi….

Sehat dan bahagia itu impian semua orang.

Kalau kamu belum memiliki rencana di 2022 ini, baca aja…
Spesial hari ini, saya mau membagikan 25 hal yang bisa membuat hidup kamu di 2022 ini menjadi lebih baik lagi.

Mau?
Yuk mulai…

1. Matikan semua notifikasi di handhone kamu

2. Cek handphone maksimal 3x sehari

3. Perbanyak minum air putih

4. Baca minimal satu buku perminggu

5. Fokus pada 1 hal pada satu waktu dan jangan melakukan banyak pekerjaan

6. Luangkan banyak waktu bersyukur dan berdoa

7. Luangkan lebih banyak waktu untuk berjalan tanpa handphone

8. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang yang memberi energi

9. Luangkan waktu untuk menyadari selftalk dan mindset diri sendiri

10. Luangkan lebih banyak waktu mengelola nafas melalui hidung

11. Kurangi waktu untuk mengikuti keinginan orang lain, fokus dulu diri sendiri

12. Luangkan waktu untuk membantu pekerjaan orang lain, siapapun dia

13. Luangkan waktu untuk merenungi diri dan kejadian disekitar kita

14. Luangkan waktu untuk mengagumi keindahan dunia dan hal-hal yang menarik

15. Makan makanan sehat yang membuat kamu merasa lebih sehat

16. Mulai membuat jurnal harian, tentang kegiaran sehari-hari

17. Sedih, kecewa, dan hal-hal negatif itu normal. Kenali saja emosi itu.

18. Teruslah temukan cara untuk mencintai diri sendiri

19. Cintai semua orang, hindari berprasangka (buruk) apapun yang terjadi

20. Kirimkan whatsapp 5 orang per hari dan beri info tentang sesuatu yang baik

21. Batasi jumlah waktu untuk menonton TV, youtube, dan sosial media

22. Lakukan olah raga ringan, yoga, senam, jalan kaki setiap hari

23. Lakukan hobi apapun itu yang kamu senangi

24. Hindari drama, merasa menjadi korban, atau orang yang selalu berkorban

25. Lepaskan semua rasa sinis dan rasa bersalah

Wah lumayan banyak ya…

Tidak perlu langsung di kerjakan semuanya

Pilih saja 2-3 aktivitas yang menurut kamu perlu dan bisa membuat kamu lebih baik. Setelah lancar, lanjutkan lagi dengan 2-3 hal lainnya minggu depan, atau bulan depan…

Oh ya, yang mau mencoba hidup sehat dengan pola rendah karbo,
silahkan dapatkan flashcard edukasinya GRATIS!

Gagal Bukan Halangan Buat Sukses, tapi…

Gagal Bukan Halangan Buat Sukses, tapi…

Ini pesan penting dari guru saya : “Jangan Bosan“.

 

James Clear dalam buku Atomic Habit, menulis:

“Ancaman terbesar untuk sukses bukanlah kegagalan, melainkan rasa bosan.”

 

👉 Cristiano Ronaldo menambah porsi latihan selama 4 jam setelah jadwal latihan rutin team hampir sepanjang karirnya, nyaris tanpa pernah keluar larut malam, minum atau berpesta yang tak perlu.

👉 Bill Gates yang sudah kaya raya di awal karirnya punya kesempatan untuk terus liburan tetapi tidak pernah mengambil kesempatan itu.

👉 Mark Cuban tidak berlibur selama 7 tahun ketika memulai bisnis pertamanya.

 

Sama halnya dengan diet.

Menjadi langsing dan sehat akan ada jalan panjang sebelum sukses itu datang: hari-hari, minggu-minggu, bulan-bulan dan tahun-tahun yang penuh dengan disiplin, komitmen, rutinitas, repetisi, persistensi dan konsistensi yang sudah pasti–pada suatu titik– mungkin akan terasa membosankan.

Otot tidak dibentuk dengan mendaftar setahun di tempat gym paling mahal dan hanya pergi di bulan pertama dan terakhir, melainkan dari latihan rutin dan keringat setiap hari. Keahlian tidak didapat dari sekolah paling hebat, kursus paling terkenal atau buku paling langka, melainkan dari serangkaian pembelajaran, percobaan, kegagalan, evaluasi dan pengorbanan.

image

Dalam menjalankan diet keto ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba :

  1. Chungking : cacah goal besar menjadi aktivitas kecil.
    Misalkan ingin turun 10 kg, ubah saja menjadi ganti sarapan nasi uduk dengan Kopi + Vico bagoes. Misalkan mau memulai olah raga. Mulai saja dari 2 menit aja. Iya cukup 2 menit aja. Atau mulai dari plank 10 detik, dari pushup 1x.
  2. Selalu bersyukur setiap hari.
    Lalukan minimal ketika membuka mata di pagi hari, dan sebelum memejamkan mata di malam hari. Ingat kejadian-kejadian sebelumnya yang bisa kita syukuri. Baik hal-hal besar maupun hal-hal kecil
  3. Mulai dari hal yang mudah.
    Otak kita membenci hal hal rumit dan extrem. Ketika memulai diet keto, mulai saja dengan pola rendah karbo. Misal tidak konsumsi nasi, mie, roti, dll. Pilih saja makanan lauk pauk favorit kamu! Kalau kamu mau mulai olah raga, jalan aja di depan rumah, cukup tarik nafas, hitung 1-5 lalu mulai. Jangan banyak dipikirkan. Kalau jalan di depan rumah masih berat, mulai aja dari jalan keliling meja tamu atau meja makan.

 

so jika kamu masih merasa bosan dan tidak mampu melawan kebosanan itu, cuma ada 2 jawabannya :

 

Pertama, Kamu memang tidak dilahirkan untuk mencapainya

atau

Kedua, Kamu mungkin tidak benar-benar menginginkannya.

 

Lalu, apa kamu mau sungguh sungguh jadi langsing dan sehat?

✅ Tidak perlu tahan lapar
✅ Tidak perlu olah raga berlebihan
✅ Merasa tetap kenyang
✅ Menu makannya enak
✅ Hasilnya cepat

Cara ini cocok banget buat kamu.

Dapetin panduannya langsung klik tautan ini ya :
https://foodketo.com/panduan-gratis/

Terimakasih sudah membaca sampai disini.
Semoga yang sedikit ini bisa memberikan insight baru untuk Kamu.

7 Tips Penting Untuk Pemula Diet Keto (2021)

7 Tips Penting Untuk Pemula Diet Keto (2021)

Halo semuanya…

Udah lama belum update tips untuk pemula lagi ya. Semoga di Bulan November ini sahabat semua makin sehat, makin langsing, makin bahagia yaaaa…

Buat kamu yang baru mulai diet keto, silahkan cek tips penting ini (dengan update terbaru lho!). Lengkapnya bisa pelajari juga di buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner.

Silahkan baca sampai selesai…

Tips penting diet keto bagi pemula :

1) Pelajari dan coba monitor asupan selama 2 minggu. Tidak harus mengatur pola yang ketat banget, tapi tujuannya adalah mengenali dulu bagaimana kebiasaan makan kita. Bisa jadi karbonya masih terlalu tinggi, atau masih over protein, nikmati saja prosesnya. Asup virgin coconut oil, Vico Bagoes agar tubuh bisa beradaptasi lebih cepat, dan menghindari kliyengan ataupun brain fog.

2) Tidak udah khawatir tentang kadar keton di awal. Tujuan-nya kan mau menurunkan berat badan dan lebih sehat. Setelah sel kamu mampu menggunakan lemak dengan efisien, tubuh tidak perlu memproduksi keton secara berlebihan. Silahkan ukur ketika sudah benar-benar siap.

Jika kamu menjalankan pola ketogenic untuk terapi, ikuti jadwal pengukuran sesuai saran dokter. Misal kasus diabetes yang berat perlu cek gula darah sesaat 1-2x setiap hari. Untuk kasus diabetes ringan bisa cek GDS dan GDP antara 3-7 hari sekali

Penurunkan berat di awal diet umumnya akan berlangsung cukup cepat. Bisa terus turun sampai 3 bulan, bahkan sampai 6 bulan, tergantung BMI di awal. Setelah itu akan nampak seperti stuck. Dan itu tanda yang bagus, artinya penurunan terjadi dengan alami dan sehat. Bayangin aja kalau turun terus-menerus. Bisa malah bahaya lho!

Setelah 6 bulan coba cek ukuran lingkar tubuh, ukuran celana, dan lemak tubuh kita.

3) Asup protein yang cukup sekitar 25% agar otot kita tetap terjaga. Protein juga sangat penting untuk meregenerasi jaringan tubuh lho! Hitungannya bisa juga kebutuhan protein tubuh sekitar 0,75 gram per berat badan. Misalkan berat badan kita 70Kg, maka asupan protein yang di sarankan sekitar : 50-75 gram / hari.

4) Jaga kebutuhan mineral. Di awal diet rendah karbo, umumnya kamu akan merasakan sering buang air kecil. Imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup dan menambahkan dengan mineral. Coba juga asup teh mineral yang khusus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan mineral kamu : Klik disini untuk pesan Greenia Mineral Booster.

5) Kamu perlu komitmen 60 hari. Mungkin sepertinya sulit, tapi kalau kamu bisa menjalankan bersama-sama, ini bisa lebih mudah lho. Apalagi dengan bantuan coach yang menjaga akuntabilitas. Setelah 30 hari tubuh Kamu akan mulai menjadi pembakar lemak yang efisien, dan setelah 60 hari, tubuh bisa sepenuhnya adaptasi dan kamu bisa mengevaluasi lagi tujuan diet Kamu. Banyak orang yang kepikiran cheating tiap akhir sabtu / minggu, tentu itu membuat motivasi dan semangat jadi menurun. Rayakan saja setiap kesuksesan kecil dengan hal-hal lain. Misal nonton bioskop, latihan di gym, atau tracking ke bukit. Itu lebih menyenangkan lho!

6) Penuni kebutuhan elektrolit. Pada penelitian Journal Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa banyak efek yang kurang baik ketika menjalankan diet keto karena mengabaikan mikro nutrisi, termasuk elektrolit. Kekurangan natrium bisa membuat badan pegel, mudah kram, bahkan sulit fokus. Ingat, tambahkan garam ke makanan / minuman kamu untuk menambah elektrolit. Gunakan juga Greenia mineral booster untuk memenuhi elektrolit, sekaligus rasakan perbedaan segar-nya di tubuhmu.

7) Ketosis BUKAN ketoacidosis – Itu berbeda banget! Ketoacidosis adalah kondisi di mana keton tubuh kamu menjadi terlalu tinggi karena kegagalan insulin dalam mengelola gula darah. Kasus ini terjadi pada diabetes tipe 1 atau kasus diabetes yang akut. Ketoacidosis terjadi jika gula darah sangat tinggi yang bisa mencapai 400mg/dl dan kadar keton diatas 8 mmol.

Semoga 7 tips ini memberikan satu atau dua inspirasi untuk menambah semangat kamu untuk lebih sehat. Nikmati saja prosesnya, dan jaga terus kesehatan mental terutama di situasi seperti saat ini.

Oh ya, follow juga instagram @annasahmads dan langganan email di foodketo.com untuk mendapatkan info tentang resep dan pengalaman diet yang seru!

Sekali lagi terima kasih atas semua support kamu. Untuk membeli buku saya, silahkan pesan di link ini.

PPKM : Pelan Pelan Kamu Melebar

PPKM : Pelan Pelan Kamu Melebar

Pandemi ini sudah kita lalui bersama lebih dari 1,5 tahun. Kasus pertama virus ini di publikasikan pada bulan Desember 2019, dan terus menyebar ke seluruh dunia sampai hari ini. Bahkan ketika saya menulis tulisan ini, kasus di Indonesia termasuk yang tertinggi di dunia. Pemerintahpun menetapkan pembatasan lokal yang dikenal dengan PPKM untuk mencegah penyebaran.

Situasi seperti ini tentu tidak menyenangkan. Kita dibatasi, mengurangi kegiatan di luar, kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang. Sekolahpun masih harus dilakukan secara online.

Dampak secara sosiologis, psikologis dan fisiologis sangat kita rasakan.

Termasuk juga pola makan kita. Ketika kita banyak di rumah, semua hanya dilakukan secara online, aktivitas fisik juga cenderung rendah, bisa jadi pelan-pelan kamu melebar (seperti judul tulisan ini).

Nah, kita perlu menggali hal-hal mendasar, agar kita bisa tetap bisa mengatur pola makan kita, dan gaya hidup kita agar tetap terjaga seperti dalam kondisi normal.

Pola makan seperti apa yang bisa menjaga agar berat tubuh tidak naik ketika PPKM?

Cobalah pola rendah karbo atau dikenal dengan istilah Ketogenik.

Pola rendah karbo ini populer sejak tahun 2015. Sudah banyak yang mencoba, bahkan dikalangan selebritis ataupun influencer di instagram dan youtube, pola diet keto ini sudah banyak dibahas. Coba tanya ke teman, saudara, atau mungkin kamu sendiri sudah pernah mencoba menjalankan diet rendah karbohidrat ini.

Memang istilah ketogenic, merupakan versi pola rendah karbohidrat yang relatif lebih ketat dan memberikan panduan dengan ketomakro : 70% kalori dari lemak, 20% dari protein, dan 5% dari karbohidrat. Untuk pola rendah karbo secara umum memang tidak terlalu baku, ada yang lebih tinggi protein, ada yang lebih tinggi lemak, atau lebih mengarah pada pola pengetatan / pembatasan kalori saja.

Ketika aktivitas kita memang banyak di rumah, tentu tanganan terbesar adalah godaan ngemil. Sehingga perlu kita menjaga dapur, lemari, dan kulkas dari makanan yang tinggi karbo (terutama kandungan tepung dan gula). Secara umum panduan di keto membatasi asupan net carb 30-50 gram sehari.

Di ketogenic tidak membatasi kalori, tapi lebih memprioritaskan agar kita mengasup lemak. Hal ini bertujuan agar kita merasakan sensasi kenyang dan tidak mudah lapar.

Jika kamu mau mempelajari lebih lanjut, saya sarankan baca Buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusuiner, sebagai panduan sederhana untuk pemula. Dapatkan link ini.

Atau dapatkan rangkumannya dalam Flashcard yang bisa didapatkan hanya dengan mengganti ongkir aja!.
Pelajari manfaat dan tips untuk bisa melakukan pola rendah karbo dengan gampang!

Memang di situasi seperti ini kita harus menjaga tubuh dan perasaan kita dengan baik. Jangan melawan pikiran dan perasaan kita, tapi kelola dengan baik. Misal banyak orang bilang : kamu jangan diet-dietan, nanti sakit. Atau kok gak mau makan, emang mau kurus.

Nah, dari hal-hal tersebut kita perlu mengelola respon kita. Selalu buatlah renspon diri yang positif atas kejadian diluar diri kita. Misal kata-kata orang seperti diatas, atau komentar di social media

Kembali lagi, di situasi seperti ini kita perlu lebih peduli dengan faktor-faktor kesehatan kita. Bisa mulai dengan memonitor parameter metabolik syndrome seperti :
– Tekanan darah
– Gula darah (glukosa darah)
– Ukuran pinggang (lemak di sekitar pinggang/perut)
– Kadar trigliserida
– Kadar kolesterol HDL

Sekalian juga monitor berat badan dan BMI-nya.
Memang sering kali kita tidak PD atau khawatir angkanya berlebihan. Tetapi kita harus mampu menerima realita tersebut, sehingga kita bisa menyadari atas kondisi kita saat ini, mulai menggali kebiasaan baru yang bisa menjadikan kita lebih baik, bahkan bisa menjadi peluang kita untuk semakin fit.

Yakinlah selalu ada kesempatan. Mulai berpikiran terbuka, mau belajar, mau mulai menjalankan lagi walaupun hal-hal yang sederhana. Dapatkan support dan dukungan dari lingkungan sekitar kita agar semangat dan energi kita selalu terjaga. Keep happy and healthy!

Kastengel Eggless Keto Ala Patricia

Kastengel Eggless Keto Ala Patricia

Sudah beberapa kali bikin kastengel keto pakai kuning telur, tapi hasilnya selalu rapuh. Kali ini bikin yang tanpa telur, jadinya lebih kokoh… ❤️🎉

Bahan-bahan

  1. 🍃Bahan
  2. 200 gram tepung keto
  3. 200 gram unsalted butter beku (Anchor)
  4. 125 gram keju edam
  5. 125 gram keju kraft
  6. 🍃Bahan Olesan
  7. 2 butir kuning telur
  8. 2 sdm VCO
  9. 🍃Bahan Taburan
  10. Secukupnya keju kraft parut

Langkah

  1. Siapkan keju

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 1 foto
  2. Parut keju

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 2 foto
  3. Mixer butter beku sampai rata

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 3 foto
  4. Masukkan parutan keju, mixer sampai rata

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 4 foto
  5. Masukkan tepung keto, mixer sampai rata

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 5 foto
  6. Adonan sangat lembek, jadi masukkan ke plastik, gilas, masukkan freezer selama 2 jam agar beku (mudah dibentuk)

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 6 foto
  7. Keluarkan dari freezer, bentuk sesuai selera

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 7 foto
  8. Tata di loyang, olesi kuning telur dan taburi keju parut. Masukkan ke freezer lagi sampai beku (karena adonan kastengel lembek, kalo langsung dipanggang akan luber banget)

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 8 foto
  9. Panaskan oven sampai suhu 150 derajat. Kemudian masukkan loyang, oven sekitar 10-15 menit api bawah & 5 menit api atas (tergantung oven masing – masing)

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 9 foto
  10. Matang…

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 10 foto
  11. Angkat, letakkan di cooling rack. Tunggu sampai suhu ruang, kemudian tata di toples tertutup

    Kastengel Eggless Keto | #keto #ketobetic #ketopad #ketogenic #bikinramadhanberkesan langkah memasak 11 foto
  12. Masukkan kulkas biar awet, karena tepung keto lebih cepat berjamur

    Resep Keto ini dipersembahkan oleh : https://cookpad.com/id/resep/5150166-kastengel-eggless-keto-keto-ketobetic-ketopad-ketogenic-bikinramadhanberkesan?ref=search&search_term=keto

Lifestyle Ketogenic Selama 1 Tahun

Lifestyle Ketogenic Selama 1 Tahun

Sudah lost sebanyak 33kg.. lifestyle ketogenic selama 1tahun… Alhamdulillah sekarang suami sudah mau ikut mulai lifestyle ketogenic juga karna lihat perubahan istrinya…
Suami baru berjalan selama 1 Minggu Alhamdulillah sudah lost 3kg… Semoga tetap semangat dan istiqamah.. aamiin🤲..
Salam sehat untuk semua member grup yg ada disini🤗🤗🤗
Pengalaman Keto ini dipersembahkan oleh : https://www.facebook.com/groups/387794234902566/user/100003603493722/?__cft__[0]=AZWpUlZwsq4Al6DZ_xHj54X_QzvucJF2PKym3ZvDroyqe-lU2DuofpdWU0LxnVBbX9IzUOPS1dj2cVHyIo9uLETM-aVnq_Sz41_dVY969O2vkCLxWmBSpjj_jKme1Fo1PsKmt1zHvT3uVllGpEhHPUyj9vKoaS8xwrM6HHeRDhznzI9WOF_9y8tDzDDQ4SANEgM&__tn__=-UC%2CP-R
foodketo.com
Get our web app. It won't take up space on your phone.
Install
Add foodketo.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add foodketo.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
foodketo.com We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications