Hidup yang lebih hidup!

Hidup yang lebih hidup!

Halo….

Sudah mendekati akhir tahun nih.
Menyadari atau tidak, kita hampir menyelesaikan 1 perjalanan dalam 365 hari. Ini bukan sekedar tentang makanan, tentang diet, atau tentang kesehatan. Ini jauh lebih luas dari itu semua.

Semakin kita memiliki awereness tentang makanan, maka awareness kita tentang kehidupan akan semakin tinggi. Bisa juga sebaliknya. Karena pemahaman tentang kehidupan kita meningkat, maka kita pun juga lebih peduli terhadap kesehatan dan makanan yang kita konsumsi.

Dalam kehidupan kita akan melalui tahapan-tahapan.

Kita semua terlahir menjadi pribadi yang unik.

Tetapi karena berbagai keadaan, kita cenderung mengikuti standar-standar dalam kehidupan itu sendiri. Sehingga kita suatu saat akan ada dalam periode tidak menjadi diri sendiri. Tidak memiliki cita-cita dan tujuan hidup yang jelas. Bingung mau kemana, harus bagaimana, dan untuk apa….

Kita memerlukan pause time. Berhenti sejenak.
Mengkonstruksi ulang dan melihat realitas kehidupan.

Kita perlu menyadari secara penuh tanggung jawab atas diri kita sendiri.
Mengakui.

yang bisa jadi ini sulit.
karena manusia memiliki ego.
dimana perlu kesadaran tinggi untuk bisa menembus “fitrah” akan dirinya sendiri.

Coba hari ini renungkan sejenak perjalanan hidup yang sudah kita lalui.
Coba ingat-ingat kembali masa-masa lalu kita.
Mundurlah sejauh pikiran dan ingatan kita bisa mencapainya.
Ketika umur dibawah 30 tahun….
mundurkan lagi ketika dibawah 20 tahun…
ingat kembali ketika kita masuk kuliah
ketika lulus SMA
ketika lulus SMP
ketika lulus SD
terus mundur masa-masa ketika masih di taman kanak-kanak….
mundurkan sampai kamu benar-benar tidak bisa mengingatnya lagi.

Terimalah hal-hal yang sudah dilalui itu semua.
lalu apa selanjutnya?

mulailah menyadari dan merasakan ruang yang “nyaman” atas masa lalu kita itu semua. Masuklah kedalam diri kita di masa saat ini. Mulai membangun diri kita masa ini, dan memikirkan bagaimana masa depan kehidupan kita.

Gali keingintahuan dan pencarian untuk mengungkap lebih dalam tentang kehidupan membuat.

Ya, ada yang menyebutnya sebagai misi atau visi pribadi.

Di program “Lifebook” kita bisa mencoba menggali tentang kehidupan pribadi dalam 12 dimensi utama :
1. Kesehatan & Kebugaran
2. Kehidupan Intelektual
3. Kehidupan Emosional
4. Karakter
5. Kehidupan spiritual
6. Hubungan Cinta
7. Parenting
8. Kehidupan sosial
9. Kehidupan Finansial
10. Karier
11. Kualitas hidup
12. Visi Hidup

kita perlu menggali masing-masing dimensi ini dengan pertanyaan kehidupan yang harus kita tanyakan pada diri sendiri untuk menemukan dan menjalani hidup yang luar biasa dalam kehidupan kita.

Apa yang perlu ditanyakan?

1. Mindset / Keyakinan – Apa yang saya percayai?
Ini adalah tentang keyakinan yang kita percayai dalam hidup. Coba tanya pada diri sendiri:
– Keyakinan apa yang mengakar dalam apa yang saya miliki yang membentuk hidup saya?
– Apakah keyakinan saya menguatkan atau menghalangi saya?

tentu bagi banyak orang ini seperti ditantang untuk mengkritisi diri sendiri tentang kehidupan. Banyak orang tidak menyadari sepenuhnya tentang bagaimana keyakinan secara tidak sadar mempengaruhi perilaku dan tindakan setiap hari.

Keyakinan ini dibentuk awal oleh orang tua ketika kita kecil, kemudian bertahap dipengaruhi orang-orang dan lingkungan sekitar kita, lalu dibentuk oleh pengalaman dalam hidup, baik pengalaman positif maupun negatif.

Coba perhatikan keyakinan tentang makanan. Banyak kita selama ini dipengaruhi bahwa lemak itu jahat, lemak itu berbahaya, harus dihindari. Padahal tubuh kita memerlukan lemak agar tubuh kita dapat bekerja dengan baik, terpenuhi kebutuhan essential fatty acid, vitamin larut lemak juga dapat dioptimalkan dalam tubuh dengan kecukupan lemak.

Sehingga beberapa keyakinan bisa jadi membatasi dan membatasi, yang bisa jadi menghambat potensi kita dalam kehidupan. Ada juga pikiran seperti : “saya gak bisa diet” , “saya gak mungkin kurus”, “saya gak mungkin sembuh”, dan hal hal lain yang bisa melumpuhkan kehidupan setiap hari.

Bob Proctor mengatakan: “Satu-satunya batasan dalam hidup kita adalah yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri.”

Di sisi lain, keyakinan yang positif dan berdaya dapat mendorong kita menuju kehidupan yang kita inginkan. Tidak ada cukup alasan menghalangi kita untuk bergerak dan menuju sukses. Setiap kegagalan bukanlah halangan untuk terus bergerak, sebaliknya menjadi pelajaran dan memberi semangat untuk menambah kekuatan dan kemauan untuk menantang dirinya untum mau mencoba lagi.

2. Visi – Apa yang saya inginkan?

Visi Anda adalah suatu keadaan yang diinginkan di masa depan. Ada pertanyaan penting dalam menggali diri sendiri :

– Hidup seperti apa yang secara ideal bagi diri saya?
– Apa yang saya inginkan atau impikan?
– Apa tujuan jangka panjang apa yang ingin dicapai?

Bagi beberapa orang yang paham, hal ini bisa menjadi cukup mudah untuk menggali tentang hal-hal umum yang diinginkan dalam hidup, misal kekayaan, keseimbangan hidup, dan sebagainya. Tetapi kenyataannya jika ditanyakan lebih dalam lagi dan diberi kesempatan berpikir untuk memikirkan tentang apa yang penting, tentu bukan hal yang sederhana lho!

Pertama saya belajar tentang hal ini dari buku Pak Jamil berjudul “Proposal Hidup”. Sebelumnya saya tidak pernah berpikir tentang keadaan ideal yang saya inginkan. Apalagi jika diteruskan hingga menggali 12 dimensi kehidupan di atas. Perlahan setelah mulai menuliskan pernyataan misi visi pribadi, kita akan bisa mendapatkan lebih banyak kejelasan tentang kehidupan yang saya inginkan dan berguna untuk megarahkan diri kita untuk menjalani kehidupan.

Banyak orang hidup dalam cita-cita atau goal orang lain tanpa disadarinya. Kini Anda bisa memberikan ijin pada diri sendiri tentang kehidupan apa yang Anda inginkan. Anda yang memilih, Anda yang memutuskan. Sehingga akan tercermin dalam aktivitas hari demi hari. Mimpilah besar, ciptakan visi besar untuk Anda sendiri, visi yang menginspirasi dan sejalan dengan keyakinan Anda.

3. Prioritas – Apa yang membuat saya menginginkannya?

Mulailah menemukan alasan sehingga memiliki energi dan motivasi kuat untuk mencapai tujuan tersebut.

Coba tanya pada diri sendiri:
– Apa yang memotivasi saya untuk mencapai visi saya?
– Apa yang memberdayakan saya untuk mengambil tindakan?
– Apa yang membuat visi saya begitu penting – untuk diri saya atau orang lain?

Tujuan Anda pada dasarnya adalah “WHY” Anda. Ketika menemukan “mengapa” yang kuat untuk hal-hal yang Anda lakukan dalam hidup, Anda akan melakukan apa pun untuk mengatasi rintangan dan tantangan saat hal itu muncul. Memiliki “mengapa” yang kuat akan memberi Anda kekuatan dan tekad untuk terus berusaha dalam jangka panjang.

Gali “Why” Anda. Apakah itu tentang diri Anda sendiri, keyakinan, keluarga, pencapaian, pengalaman, dan nilai-nilai kehidupan.

Why memberikan keberanian untuk bertindak dalam menghadapi segala ketakutan dan mengambil risiko untuk mencapai visi Anda.

Dalam menyusun WHY, tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda rasakan jika Anda mencapainya. Lalu pikirkan bagaimana jika hal itu tidak tercapai. Pernyataan tujuan secara alami akan mengarah pada dampak yang ingin Anda ciptakan bagi diri sendiri maupun orang-orang yang Anda cintai. Ini bisa membuat “mengapa” Anda lebih besar dari diri Anda sendiri, dan menjadi kunci untuk mencapai kehebatan dalam apa pun yang Anda lakukan.

4. Strategi – Apa yang dapat saya lakukan untuk mencapainya?

Strategi Anda mengacu pada tindakan spesifik yang dapat Anda lakukan untuk membawa Anda dari tempat Anda saat ini ke tempat yang Anda inginkan (visi Anda).

Bertanya pada diri sendiri:
– Bagaimana saya bisa mengubah visi saya menjadi kenyataan?
– Sikap dan karakter apa diperlukan mencapai hal tersebut?
– Kebiasaan positif yang dapat saya terapkan dalam hidup saya?
– Apa langkah kecil yang dapat mulai dilakukan hari ini?

Penting meluangkan waktu untuk menuliskan langkah-langkah dan tahapan yang harus Anda capai untuk mencapai diri kita lebih dengan dengan visi hidup kita. Tetapkan rutinitas harian maupun mingguan, misalnya olah raga 10 menit sehari, memulai menjalankan diet rendah karbo, membaca 1 buku seminggu, dan sebagainya.

Tindakan kecil yang terus dilakukan berulang akhirnya akan membentuk kebiasaan jangka panjang. Buat dari hal-hal yang simple dibandingkan membuat suatu aktivitas yang tampaknya luar biasa tapi akhirnya membuat Anda menyerah dan malas untuk menjalaninya.

“Jangan terlalu bangga ketika tujuan akhir tercapai, tapi banggalah atas setiap langkah kecil yang dilakukan utnuk mencapai setiap tahapannya.”

Pahami bahwa cara / strategi yang Anda lakukan harus dirancang secara spesial khusus hanya untuk Anda sendiri. Titik awal Anda bisa berbeda dari orang lain, dan apa yang berhasil untuk orang lain, bisa jadi tidak berhasil untuk Anda. Mungkin bisa berguna untuk mendapatkan inspirasi dari orang lain, tetaplah pelajari, perbaiki langkah berdasarkan preferensi dan kondisi Anda sendiri.

Pertanyaan Terakhir – Apakah Siap Menjadi Luar Biasa?

Saya pribadi yakin bahwa setiap orang memiliki hak akan kehidupan yang luar biasa. Kehidupan yang kita cita-citakan, kehidupan yang kita impikan.


Kehidupan yang luar biasa yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri.

Semangat ini akan menjadi bahan bakar kita untuk berpikir lebih dalam, membebaskan diri kita dari keyakinan yang selama ini mengaburkan gambaran tentang ingin menjadi siapa diri kita.

Rasakan memiliki STRONG WHY dan peta untuk mencapai visi hidup kita.

Di sinilah “kehidupan Anda” yang sesungguhnya dimulai. Tanyakan 4 pertanyaan di atas, sehingga Anda mampu untuk menciptakan yang benar-benar berharga, kehidupan yang luar biasa. Aminnnnn.

Bagaimana Cara Mengatur Makan Ketika Diet?

Bagaimana Cara Mengatur Makan Ketika Diet?

Kalau kamu datang di halaman ini, berarti besar kemungkinan kamu tertarik untuk menurunkan berat badan. Entah karena memang merasa tidak pede, atau merasa badan sudah tidak lagi segar, atau mudah capek, atau bisa juga karena di minta dokter agar terapi berjalan optimal.

Memang bisa juga sih diet karena alasan lain, misalkan udah lama jomblo, akan menikah dan pengen tampil sempurna, atau ada tuntutan pekerjaan (misal pramugari, model, dll)

Lalu…

“Diet mana yang tepat untuk aku?”

ini adalah pertanyaan yang sangat cerdas.

Artikel ini dan beberapa tulisan berikutnya akan membahas berbagai sudut pandang untuk dipertimbangkan.

Saya pribadi sangat peduli terhadap kesehatan, nutrisi dan pola hidup yang sehat. Mohon cek juga instagram dan youtube. pastikan sudah subscribe sebelum melanjutkan, karena subscribe itu gratis.

Apa diet terbaik untuk menurunkan berat badan?

Dalam diet, kini muncul berbagai pendekatan misal :
# 1 – Mengatur kalori makanan agar lebih rendah dari kebutuhan kalori harian (deficit calorie)
# 2 – Pendekatan metabolisme nutrisi, melihat bagaimana sumber kalori bekerja
# 3 – Dengan mengoptimalkan atau meningkatkan pembakaran kalori tubuh
# 4 – Mengoptimalkan kesehatan dengan fokus pada makanan alami (real food)

Ingin MENJAGA berat badan?

Nah tentu idealnya adalah menggabungkan hal-hal yang baik itu secara konsisten dan terus menerus.

Solusi ini akan membuat tubuh kita akan menuju kesehatan yang optimal dan mendapatkan hasil checklab yang memuaskan dokter Anda.

Tentu gabungkan juga berbagai pola hidup sehat untuk semakin mengoptimalkan kesehatan kita

Kondisi kehidupan kita tentu tidak ideal. Dalam realitanya ada saja hal-hal yang diluar kendali kita. Misal pengaruh lingkungan, genetika, riwayat masal lalu, dan hal-hal lainnya.

Itulah mengapa semua orang harus terus menetapkan goal dan secara rutin mengevaluasinya.

Kebanyakan orang hanya mampu bertahan dengan diet selama beberapa minggu aja, sebelum akhirnya menyerah dan kembali lagi ke pola makan yang lama.

Ya, mungkin sulit beralih menghindari tepung dan karbo olahan. Atau minuman manis yang menggoda selera.

Banyak juga klaim makanan sehat tetapi ternyata kaya akan gula dan bahan sintetis. Klaim rendah kalori ataupun rendah lemak banyak jadi jargon, dan dibalik itu semua makanan itu membuat kita menjadi craving dan mudah lapar.

Bahkan ada yang sudah menghitung kalori lama kelamaan juga tidak sadar makan berlebihan tanpa menyadarinya.

Inilah sebabnya mengapa orang menjadi bisa menjadi frustrasi ketika mereka melakukan diet yang hanya fokus membatasi jumlah kaloroi, dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Bagi beberapa orang dapat menghitung kalori dengan baik dalam jangka panjang – dan bagi yang memulai diet ini menjadi penting agar kita bisa mulai menghitung dan secara bertahap kita bisa mulai bisa memprediksi kebutuhan kalori hariannya.

Ketika saya mulai menulis blog ini, tentu banyak hal-hal yang berbeda dengan pola diet tradisional yang selama ini dikenal. Tapi alhamdulillah dengan saling berbagi di group Ketogenic Indonesia saya dan ribuan orang mulai membagikan kisah sukses orang-orang berhasil mendapatkan berat badan ideal yang selama ini diharapkan.

Tranformasi adalah semangat kita untuk menjadi lebih baik

Di buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner, Anda bisa belajar hal-hal mendasar dengan bahasa yang mudah di mengerti. Lengkapi juga dengan flashcard yang penuh dengan gambar untuk memudahkan Anda meraih tubuh sehat, lansing, dan penuh energi.

Dan itulah yang membuat perbedaan.

Silahkan pelajari pola makan rendah karbo ini sekarang. Klik disini.

Trump, C0vld-I9, dan Keto

Trump, C0vld-I9, dan Keto

Akhir pekan kemaren kita dikejutkan berita yang cukup heboh : “Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan istrinya, Melania Trump positif virus corona Covid-19”

Berita ini langsung disampaikan Trump (74 tahun) melalui akun twitter dan banyak sekali yang mengomentari-nya. Beliau sempat dikarantina di Gedung Putih, lalu kemudian dibawa ke rumah sakit militer.

 

Dari beberapa informasi beliau sempat demam tinggi dan kadar oksigennya turun dengan cepat.

 

Ini yang perlu diwaspadai terutama pada penderita komorbid dan sudah berusia diatas 70 tahun. Sehingga cobalah sesekali mengukur kadar oksigen terutama jika kondisi tubuh tidak fit ya…

 

Kita sendiri sudah membahas beberapa kali tentang bagaimana kita bisa membantu diri kita agar bisa terhindar dari virus, ataupun bagaimana tubuh kita bisa memiliki perlindungan terhadap virus.

 

Kabar terbaru dari US ada beberapa penelitian bersama oleh Yale School of Medicine, New York University Langone Health dan Washington University School of Medicine, dimana mereka mencoba mengaplikasikan pola makan ketogenic (tinggi lemak dan rendah karbo) untuk pasien covld-I9 maupun yang belum terinveksi virus untuk mempelajari fungsi imun dan mengurangi inflamasi.

Dari penelitian tersebut, diet ketogenik meningkatkan beta-hidroksibutirat, memperluas sel-T sebagai pelindung jaringan, menonaktifkan inflamasi dan mengurangi monosit patogen di paru-paru. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi pasien COVID-19 terutama yang berusia 65 tahun (karena menurunnya imun tubuh pada sel B dan aktivasi sel T dan inflamasi sistemik yang diinduksi inflammasome).

Silahkan akses penelitian aslinya di : https://www.biorxiv.org/content/10.1101/2020.09.11.294363v1

 

Tentu sahabat semua sudah mulai mempelajari pola ketogenic yang bisa di pelajari di Kartu Flashcard Edukasi maupun Buku Ketogenic Gahire.

 

Kita akan memahami ketogenesis adalah proses pengubahan lemak menjadi keton. Ada 3 jenis keton, salah satunya adalah beta-hidroksibutirat rantai pendek, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi dalam kondisi gula darah yang rendah.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa beta-hidroksibutirat dapat menghambat aktivasi inflamasi dan melindungi terhadap influenza. Para mengamati bahwa peningkatan kadar beta-hidroksibutirat yang di induksi diet ketogenik mencegah pembentukan inflamasi, yang kemudian mampu mencegah aktivasi inflamasi dan pengurangan inflamasi.

Dari riset awal tersebut peneliti mengamati : “Our findings assumes strong clinical significance as recent studies, demonstrate that γδ T cells were severely depleted in COVID-19 patients in two highly variable cohorts and disease progression was correlated with near ablation of Vγ9Vδ2 cells that are dominant subtype of circulating γδ T cells (Laing et al., 2020). Taken together these data demonstrate that a ketogenic immunometabolic switch protects against mCoV-A59 driven COVID in mice and this anti-inflammatory response in lung is coupled with reduction of inflammasome activation, restoration of protective ϒδ T cells and remodeling of the pool of the inflammatory monocytes”.

 

Tentunya ini adalah sebagai bagian dari ikhtiar kita untuk tetap menjaga diri ataupun untuk mengobati diri kita masing-masing. Sedangkan apapun hasilnya adalah mutlak kehendak Allah SWT. Semoga kita semua selalu ditunjukkan jalan yang benar, dan dilindungi oleh Allah SWT. Amin ya robbal alamin.

Saya mau belajar tentang keto…


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


Tanya dong…

Tanya dong…

Mas, saya udah diet keto setahunan BB sekarang 57.8 kg tinggi 159 cm. Bagaimana caranya agar tidak terus turun? saya jadi galau nih…

 

Halo yang lagi galau,

Pertanyaan seperti ini sebenarnya sulit dijawab karena informasinya sangat terbatas. Saya perlu memahami detail tujuan diet-nya untuk apa, usia berapa, sudah pernah cek apa saja, mulainya kapan, pola hariannya seperti apa, sebelum diet berat badannya berapa, kenapa menjalankan pola ketogenic, untuk terapi, untuk pelangsingan, atau untuk hal spesifik lainnya.

Tulisan ini sekaligus menjawab sahabat dan teman-teman yang suka menanyakan hal yang serupa…

Secara ilmu nutrisi yang bertanggung jawab, saya sepakat bahwa pola makan harus fokus pada tujuan jangka panjang. Kesehatan untuk kehidupan. Ini bukan sekedar mau menurunkan berat badan saja. Berat ideal adalah efek samping dari nutrisi yang baik. Orang yang kurus belum tentu sehat, tentu begitu juga orang yang kegemukan yaaa.

 

Berat badan adalah salah satu indikator dan efek samping dari gaya hidup yang sehat.

 

Nutrisi adalah elemen untuk mendukung kesehatan fisik, mental, bahkan spiritual. Tentu ilmu pengetahuan terus berkembang dan melengkapi ilmu-ilmu sebelumnya terutama tentang pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Sistem pencernaan adalah memahami proses dimana makanan diubah menjadi energi dan kekuatan otak untuk semua jaringan dalam tubuh untuk menjaga semua organ, hormon, dan sistem tubuh bekerja dengan efisien dan optimal.

Manusia telah ditakdirkan untuk mendapatkan nutrisi dari makanan yang dicerna. Sehingga kita sedikit banyak perlu mengatahui tentang fungsi pencernaan, misal bagaimana makronutrisi diserap dengan benar? Bagaimana tubuh mengurai karbohidrat, protein, maupun lemak. Jika hal tersebut tidak berjalan normal, maka mengakibatkan masalah penyerapan nutrisi.

Program diet yang baik harus memperhatikan nutrisi dan gizi makanan, serta memastikan kita menyerap nutrisi tersebut secara optimal. Secara bertahap akan membentuk kebiasaan hidup yang sehat.

 

Mas, aku udah jalanin diet. Sudah turun, tapi sekarang kok stuck ya?

Halo juga.

Stuck dalam diet itu bisa memiliki banyak faktor seperti hal-nya diatas. Misalkan ketidak seimbangan bioma usus, perubahan keseimbangan hormon (menstruasi, menopause, dll), over eating, tidak mengukur asupan net carb, hidden carb, peningkatan insulin karena pemanis buatan, bahkan stress.

Dalam beberapa kasus, saya banyak curiga stress dan tidur sangat banyak terjadi tanpa disadari. Apalagi ketika kita dimasa wabah ini. Urusan pekerjaan, bisnis, keluarga mengalami banyak perubahan sehinga memakan banyak pikiran dan tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Kortisol secara efektif akan menghambat penurunan berat badan.

Kortisol adalah hormon yang menyebabkan tubuh menggunakan protein untuk energi (glukosa) yang dikenal dengan glukoneogenesis. Proses ini juga meningkatkan insulin, seperti ketika kita mengasup karbohidrat dan membuat kita keluar dari kondisi ketosis. Di sisi lain protein juga diperlukan untuk pemulihan otot sesuai dengan aktivitas fisik maupun olah raga yang kita lakukan.

Perubahan aktivitas tubuh terkadang juga perlu dilakukan melepas kejenuhan tubuh dan menjadikan tubuh beradaptasi ulang. Misalkan dengan merubah pola makan, pola olahraga, puasa, dll. Coba konsulkan dengan professional untuk membantu memonitor dan berdiskusi kondisi Anda.

 

Kita juga harus memahami bahwa hal terpenting dari setiap program kesehatan adalah jujur, disiplin, dan konsisten.

 

Faktanya, banyak jalan menuju roma. Banyak cara untuk diet dan mengatur pola makan yang bisa membantu kita menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Bisa dengan mengatur komposisi karbo, intermittent fasting, membatasi ukuran porsi makanan, dan kuncinya adalah menemukan mana yang terbaik untuk Anda.

Dengan konsistensi, Anda akan bisa mendapatkan hasil yang luar biasa. Jika diet yang Anda jalankan selama ini tidak membuat happy, coba saja riset, konsultasi dengan professional / ahlinya dan praktekkan.

 

Lalu kenapa saya memilih pola rendah karbo tinggi lemak?

Karena ini yang membuat saya berhasil dan merasa nyaman ketika menjalankannya. Baik dari sisi energi, rasa kenyang, kualitas tidur, serta suasana hati. Dalam penelitian terakhir juga mulai diaplikasikan pada kasus diabetes, autoimun, kejang, gejala sindrom metabolik bahkan psikologis. Dan kembali lagi, berat badan itu cuma efek samping aja dari tujuan utama diet sehat kita.

Sahabat semua, terima kasih telah membersamai foodketo.com sejak 2016, terima kasih atas semua support, sharing pengalaman, sharing resep, dan pertanyaan-pertanyaan. Silahkan subscribe newsletter dan berikan komentar dibagian bawah ini. Semoga sahabat semua bisa terus konsisten dan merasakan hasil dicapai dengan kerja keras serta kesungguhan hati.

Kedepan saya akan membuka program yang lebih terintegrasi dan personal untuk mendampingi perjalanan sahabat semua. Something big is coming soon 🙂

Saya mau update info kesehatan ya…


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


Apa Perlu Mengukur Makro Ketika Diet Keto?

Apa Perlu Mengukur Makro Ketika Diet Keto?

Diet keto itu yang penting gak makan nasi!

Hihihihi… pernah denger yang semacam itu? Tentu bagi orang awam bisa saja, tetapi ketika Anda ingin menjalankan diet dengat tepat agar tidak salah langkah tentu harus memahami tentang pengukuran makro nutrisi. Ini adalah cara paling efektif agar diet Anda bisa memberikan hasil yang maksimal.

Dapatkan 40 kartu Flashcard edukasi ketogenic sekarang!

Tujuan utama dengan diet ketogenik adalah untuk menguras glukosa yang ada dalam darah serta glikogen agar dalat optimal menggunakan keton sebagai bahan bakar. Tentu melakukan perubahan ini bukan perkara yang mudah. Tentu Anda harus mempelajari dengan seksama, merasakan respon tubuh, dan mencari pola yang paling tepat untuk tubuh Anda sendiri.

 

MENGHITUNG MAKRO : Perhatikan perbandingan sumber kalorinya!

Banyak diet tidak peduli sumber kalorinya, tapi hanya mengukur jumlahnya saja.  Ketika menjalani diet ketogenik, sumber dari kalori sangatlah penting, karena akan mengatur perbandingan antara sumber kalori dari lemak, protein, dan karbohidrat.

 

Targetnya :

Lemak : 60% -80% dari total kalori berasal dari lemak.
Protein : 15% -35% dari total kalori berasal dari protein.
Karbohidrat : 5% atau kurang dari total kalori berasal dari karbohidrat.

Jumlah kalori tentukan saja sesuai dengan asupan harian Anda sehari-hari. Cobalah install aplikasi penghitung makro kalori untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda.

Saat Anda mulai mengukur makro harian dan membatasi asupan karbohidrat, tubuh Anda akan menghabiskan stock glikogennya, diubah menjadi energi Anda dari keadaan glikosis (pembakar glukosa) ke ketosis (pembakar keton). Untuk informasi lebih lanjut tentang dasar-dasar dan manfaat diet ketogenik, coba cek buku saya Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner. 

 

Ketika Anda sudah membaca dan menemukan daftar makanan yang bisa di konsumsi, dan mana yang dihindari, maka mulailah menyusun menu dan resep favorit Anda. Ini tidak sesulit yang Anda bayangkan kok!

Dengan manjaga agar asupan net carb harian 20-50 gram akan sangat optimal menjadikan tubuh menjadi ketosis.

 

INVESTASI DENGAN PENGETAHUAN

Ilmu tentang makan ini sangat sedikit diajarkan di sekolah. Kadang kita masih bingung melihat komposisi makanan ini apa. Sehingga perlu ilmu dan pengalaman untuk mulai memahami dan memperkirakan kandungan makanan dengan lebih akurat.

Coba dalam 1 minggu ukur makanan Anda. Kalau perlu di timbang, lalu dimasukkan ke dalam aplikasi seperti fatsecret atau myfitnesspal. Tentu ini tergantung kondisi dan kebutuhan Anda. Kalau memang sudah obesitas dan bertujuan diet untuk terapi, melakukan pengukuran secara akurat adalah cara yang bijaksana.

Anda tidak perlu melakukan seumur hidup. Cukup antara 1-3 bulan, Anda akan mengenal kandungan makanan dengan cukup presisi kok. Dan kedepan, ilmu ini bisa Anda manfaatkan seumur hidup Anda. Sungguhan!

 

BAGAIMANA MENGUKUR MAKRO DALAM DIET KETO

Ketika kita melakukan perubahan pola makanan yang cukup extrem, dari tinggi karbohidrat menjadi rendah karbohidrat, bisa jadi ada orang yang merasa kesulitan. Tapi percayalah, Anda pasti bisa. Secara sederhana kita hanya mengalokasikan 5% kalori harian adalah net karbohidrat.

 

ADA APA DENGAN NET CARB?

Dalam ketogenic, melihat bagaimana gula dalam darah agar tetap rendah. Makanan dengan serat tinggi tidak akan memiliki efek metabolik yang signifikan, dan tidak menyebabkan lonjakan insulin. Sehingga kita harus paham beda antara karbohirat dan net carb dalama makanan. Misalkan di sayur, kelapa, dan kacang-kacangan.

 

APA YANG HARUS DIMAKAN DALAM KETO DIET

Rendah karbohidrat, tinggi lemak adalah dasar dari diet ketogenik. Banyak orang paham tentang rendah karbo, tapi kadang masih bingung makanan mana yang tinggi lemak.

Ini adalah beberapa makanan yang tinggi lemak :

  • Potongan daging yang berlemak
  • Minyak kelapa
  • Virgin Coconut Oil
  • Minyak zaitun
  • Minyak alpukat
  • Mentega (atau ghee)
  • Heavy cream
  • Krim kental
  • Keju
  • Alpukat

Cek daftar list lengkap di flashcard ataupun buku ketogenic

 

PROTEIN DENGAN DIET KETO

Protein ini diasup terbatas saja. Tubuh juga mengubah protein menjadi glukosa. Makan BANYAK protein TIDAK kondusif untuk diet ketogenik. Tetap mengukur seberapa banyak protein yang Anda konsumsi adalah kuncinya. Ketika kita over protein maka akan sulit menjaga tubuh tetap ketosis.

Jika Anda mempelajari ilmu nutrisi, jumlah protein yang diperlukan tubuh ketika diet keto adalah antara 1,2 gram dan 2,4 gram per kg tubuh. Bagi yang tidak aktif dalam aktivitas harian cukup 1-1,2 gram per kg berat tubuh.

Beberapa sumber protein : ikan, telur, daging ayam, sapi, domba, bebek, dan sebagainya.

 

UKUR MAKRO NUTRISI DENGAN BENAR

Pelajari apa yang harus dibatasi dan dihindari dalam diet keto. Dalam ketogenic usahakan selalu menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula. Hindari juga karbohidrat tinggi maupun karbohidrat olahan (bahan dari tepung terigu)

Semua jenis makanan pokok yang selama ini kita kenal, sebaiknya dihindari sama sekali. Nasi, mie, roti, singkong, gandum, jagung, kentang memang enak, tapi coba cari alternatif lainnya yang rendah karbohidrat.

Minuman soda, jus, dan minuman energi yang penuh gula juga harus dihindarkan dari pola makan Anda.

Ini adalah beberapa alternatif makanan penggantinya :

  • Nasi dari kembang kol
  • Nasi dari telur orek
  • Roti dari tepung almond
  • Brownies dari tepung kelapa

Dan sekarang juga sudah banyak lagi alternatif lain bahan makanan rendah karbo yang bisa Anda coba.

Silahkan masukkan juga kontak Anda untuk mendapat info resep masakan melalui email.

Saya mau info resep dan menu keto!


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


 

APA YANG BOLEH DI MINUM?

Air putih jelas akan menjadi pilihan nomor satu setiap hari. Anda juga bisa konsumsi teh dan kopi yang akan membantu menjadikan diet keto lebih seru. Misal tambahkan VCO di cangkir kopi akan memberikan efek luar biasa untuk diet Anda. Cek juga VCO vico bagoes yang rasanya enak dan gurih.

Asupan Susu tidak dianjurkan karena kandungan laktosa akan diproses oleh tubuh kita sebagai gula juga. Jika Anda menyukai susu, bisa diganti dengan whip cream, mentega, atau santan untuk campuran kopi.

 

Nah, untuk yang baru memulai diet keto, mengukur asupan net carb akan sangat membantu. Asup daging, telur, sayur, dan lemak sehat seperti VCO. Jauhi makanan dan minuman manis, termasuk cemilan-cemilan kaya karbo. Saya percaya Anda pasti bisa. Silahkan tulis di komentar tentang apa pendapat Anda dari diet keto ini!

 

Merdeka dari Penjajahan Gula!

Merdeka dari Penjajahan Gula!

Saya sih yakin, sebagian besar kita pasti pernah merasakan indahnya hidup dengan gula. Permen, coklat, minuman kemasan, ice cream, dan banyak sekali makanan dan minuman yang dibuat dari banyak gula. Bahkan ada yang percaya kita tidak bakal bisa hidup tanpa gula, kalau gak makan gula bisa lemes, dan tidak menyadari bahaya akibat konsumsi banyak gula, bahkan kecanduan gula.

Banyak orang berdalih, yang penting gak banyak-banyak kok.

Tapi faktanya pola makan modern saat ini sangatlah tinggi gula. Mulai dari negara maju, negara berkembang, bahkan kini negara miskin juga banyak menjadi korban akibat asupan gula dan karbo tinggi yang tidak terkendali.

 

Bahkan ada sebuah riset di US yang meneliti asupan rata-rata gula adalah 19,5 sendok teh / hari per orang!

 

Tidak heran banyak sekali masalah kesehatan seakan tiada ujungnya, mulai dari diabetes, obesitas, penyakit jantung hingga demensia dan bahkan kanker. Dan tentu ini dianggap berkah bagi industri farmasi yang menyediakan obat-obatan dan terus meresepkan untuk seumur hidup pasiennya, tanpa mengubah gaya hidupnya. Miris banget…

 

Sebelum Anda jatuh kecanduan terhadap gula, coba baca artikel ini sampai selesai…

 

Kelebihan asupan gula akan menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda dengan cara berbeda. Pada awalnya tingginya gula darah akan berkontribusi pada peradangan tubuh. Jika tidak terkendali, peradangan kronis akan sangat erat terhadap masalah jantung, artritis, berbagai jenis kanker, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Tubuh membutuhkan glukosa dalam jumlah rendah sebagai energi. Awalnya tubuh akan menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen di otot dan hati untuk cadangan glukosa. Setelah penuh kelebihan glukosa diubah menjadi lemak di hati.

Ketika kita terus konsumsi gula dalam jumlah tinggi tubuh akan sibuk untuk mengolah gula tersebut dengan bantuan hormon insulin dan menyimpannya dalam bentuk lemak tubuh dari asupan gula dan karbo tinggi. Inilah awal tingginya LDL dalam darah.

Glikasi adalah efek samping lain yang berbahaya dari kelebihan gula. Proses glikasi adalah saat glukosa menempel pada protein dalam tubuh. Protein diperlukan untuk regenerasi sel dan banyak fungsi lainnnya, ketika terlalu banyak glukosa akhirnya menghambat fungsi protein tersebut.

Glikasi juga melemahkan protein yang kita asup, misalkan kolagen, menjaga kulit tetap halus dan sehat, tetapi kehadiran glukosa akan penghancurkan kolagen. Inilah yang menyebabkan kulit keriput jika mengasup banyak gula.

Dan yang sudah sering kita dengar tentu dampaknya terhadap hormon insulin dan pankreas. Insulin itu ibaratnya seperti anak kunci yang diperlukan untuk memasukkan glukosa ke dalam sel.

 

Jika kita terus memaksa tubuh dengan gula tinggi, lama kelamaan sel akan memerlukan insulin yang lebih tinggi, bahkan bisa sampai resisten terhadap insulin. Dan puncaknya pankreas sudah tidak lagi mampu memproduksi insulin, dan tahapan-tahapan inilah diabetes sudah terjadi.

 

Kadar insulin dan gula darah yang meningkat dapat mengacaukan hormon – termasuk hormon yang mengendalikan nafsu makan. Naik turunnya gula darah dan insulin seperti roller coaster dapat membuat kita lesu, lalu disaat berikutnya insulin turun membuat kita merasa lapar dan ingin makan lagi. Kejadian ini akan terus berulang dan berulang sepanjang hari.

 

Kok bisa sih gula sampai bikin kecanduan?

 

Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan kaya gula memicu pelepasan opioid perasaan enak di otak, mirip dengan efek obat-obatan seperti heroin. Seiring waktu, perubahan ekspresi gen dan fungsi lainnya juga menumpulkan respons terhadap opioid tersebut, yang berarti bahwa kita merasa memerlukan banyak gula untuk terus mengalami perasaan yang sama.

Itulah mengapa bagi banyak orang akan sulit untuk berhenti makan gula seperti permen atau minuman manis. Apalagi makanan manis, gula-gula itu sangat identik dengan berbagai perayaan ataupun penghargaan. Misal anak bisa menjawab dapat permen, ulang tahun dapat roti tart, menang acara tertentu dapet coklat.

Kita perlu sadar bahwa kecanduan gula itu sangat nyata. Kabar baiknya adalah, Anda bisa melepaskan diri dan merdeka dari hal itu!

Yuk kita sama-sama pelajari hal apa yang bisa kita lakukan agar bisa merdeka dari kecanduan gula ini :

 

1. Sadari, Niat, dan buat rencana

Banyak orang shock ketika harus stop konsumsi gula. Mereka merasa lemas, gak bisa mikir, sakit kepala, bahkan jadi mudah marah. Untungnya, masalah ini rata-rata hanya terjadi dalam 3 hari kok. Jadi penting sekali menjaga baik fisik, mental dan spiritual di 3 hari pertama itu.

Coba tanyakan kepada diri sendiri, kenapa Anda merasa perlu mengurangi, atau bahkan menghindari asupan gula. Kualitas alasan ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda.

Selanjutnya mulailah beradaptasi dengan menu yang Anda suka dan memiliki kandungan gula rendah ataupun rendah karbohidrat. Pilihlah hari dimana Anda benar-benar siap dan tidak mudah terganggu oleh undangan pesta misalnya. Nanti Anda akan benar-benar merasakan, tidak konsumsi gula itu tidak apa-apa.

Selera makan akan lebih baik jika kita menghindari gula. Anda akan merasakan manis-manis alami di makanan yang selama ini terlewatkan, misal di kopi, teh, santan, dan jenis-jenis makanan lainnya.

 

2. Asup Lemak Sehat

Lemak itu rasanya enak dan memuaskan rasa lapar, baik secara mental maupun fisik. Banyak orang tidak menyadari bahwa asupan lemak juga membantu menstabilkan gula darah. Satu kunci penting adalah stabilnya gula darah terbukti efektif menahan keinginan untuk makan terus menerus. Asuplah makanan dengan lemak sehat yang terdapat di kelapa, alpukat, kacang-kacangan, zaitun, ikan, butter, dan virgin coconut oil (vco) sehingga membuat kita kenyang tahan lama dan menghindari craving berlebihan.

 

3. Tidur yang cukup

Tidur yang tidak baik akan membuat kita tidak mampu memilih makanan yang sehat. Ketika Anda merasa lelah, Anda akan mencari pelarian kepada makanan yang cenderung manis. Kadar ghrelin atau “hormon lapar”, juga meningkat jika kita tidak tidur dengan nyenyak.

Dalam beberapa riset juga membuktikan kurang tidur meningkatkan keinginan untuk banyak makan. Cobalah tidur lebih awal dan hindari menunda tidur malam ketika sudah mengantuk.

Oh ya, pastikan kita tidak tidur dalam kondisi kelaparan, lalu malam terbangun larut makan dan mencari makanan. Ini bahaya lho, karena kita mudah overcalorie ketika dalam kondisi seperti ini…

 

4. Jaga cairan tubuh

Kecukupan air akan menjaga energi tubuh dan menstabilkan rasa lapar. Kadang tubuh suka rancu membedakan ini rasa lapar atau rasa haus. Jika muncul rasa ingin makan, cobalah minum dulu. Siapa tahu sebenarnya itu adalah sinyal haus.

Hindari juga konsumsi air kemasan dengan berbagai rasa. Pilih air putih tawar. Minuman berbagai rasa ini juga secara otomatis mengaktifkan rangsangan untuk makan. Apalagi minuman yang manis tentu otomatis masuk ke tubuh dan meningkatkan gula darah.

Untuk latihan bisa saja menggunakan pemanis nol kalori yang alami untuk teh dan kopi, tapi tentu batasi agar tidak kelebihan dan bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

 

5. Tulis apa yang ingin Anda makan

Coba luangkan 5 menit dai pagi hari tentang menu apa yang Anda inginkan. Tulislah, dan ini akan membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik.

Misal tiba-tiba di kantor pengen ngemil kripik atau permen, maka catatan akan membantu kita untuk mengontrol perasaan itu. Coba jaga agar laci di kantor dan lemari di dapur tidak menyediakan makanan snack yang tinggi gula ataupun tinggi karbo.

Jika Anda merasa mau menyerah, coba deh cek group fb Ketogenic Indonesia untuk mendapatkan support dari sahabat disana untuk tetap disiplin hidup sehat. Kalau perlu cari professional coach yang membimbing Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan dan mendampingi rencana-rencana sehat yang sudah Anda buat.

6. Mindful dan selalu aktif

Godaan akan ngemil saat ini sangat luar biasa. Coba jalan di mall, scroll di instagram, lihat di facebook, betapa banyaknya yang menawarkan berbagai makanan dan minuman yang kaya akan gula. Tips sederhana sebenarnya bertanya paga diri sendiri sebelum kita akan memasukkan kedalam mulut kita.

Apakah kita ingin makanan ini?
Apakah kita membutuhkan makanan ini?

Coba lakukan ini dan mengijikan kita meluangkan 5 detik untuk menjawabnya. Jawablah dengan jujur, lalu tarik nafas panjang dan hembuskan berlajan. Ingatkan diri kembali pada tujuan yang Anda inginkan.

Untuk menjaga tidak mudah tergoda mencari cemilan, selalu siapkan hobi yang Anda suka. Misal baca buku, main musik, mendengarkan podcast atau lagu, ataupun olah raga ringan. Bahkan ada penelitian, jalan kaki 15 menit itu efektif untuk mengurangi keinginan untuk makan lho!

7. Minum kopi

Rasa pahit itu tidak hanya diterima lidah saja lho. Di seluruh pencernaan kita juga bisa merasakannya. Seperti kopi atau beberapa jenis daun yang rasanya pahit secara efektif dapat menstimulasi reseptor dan memengaruhi hormon yang terlibat dalam mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan. Ini bisa membantu menjaga keinginan makan kita terjaga.

Bahkan pankreas yang memproduksi insulin sebenarnya mengandung reseptor rasa pahit. Untuk merangsang reseptor pahit Anda, coba teteskan rasa pahit belakang lidah sebelum makan atau waktu ingin ngemil.

8. Olahraga

Latihan secara teratur seperti di gym juga efektif untuk mengurangi nafsu makan dan menjaga kita dari makan sembarangan. Olahraga adalah cara paling cepat membakar gula. Pilih saja aktivitas yang disukai misal latihan cardio, latihan beban, ataupun latihan nafas.

Bisa juga olahraga yang sifatnya hobi seperti naik gunung, sepeda, tennis, atau luangkan waktu 15 menit sampai 1 jam untuk menggerakkan tubuh Anda setiap hari. Dengan berolahraga kita juga dapat menormalkan gula darah, sehingga bisa terhindari dari resistensi insulin dan diabetes.”

9. Cari Alternatif

Pola makan rendah karbo atau ketogenic sangatlah cocok untuk Anda yang ingin menghindari masalah kesehatan akibat gula. Tentu di kondisi saat ini kita harus lebih kreatif mencari alternatif makanan yang lebih sehat. Sehingga dimasa tertentu Anda akan mencapai kondisi flexible metabolism dalam berat badan ideal serta semua faktor sindrom metabolik sudah baik.

Tentu dengan menjalankan pola rendah karbo dalam 1-3 bulan, Anda bisa merasakan makanan mana yang baik dan makanan mana yang tidak baik untuk diri Anda sendiri.

10. Bersyukur dan berbahagia

Ingatlah untuk selalu bersyukur dan menyadari untuk apa diri kita hadir di dunia ini. Jangan gantungkan kebahagiaan Anda kepada hal-hal diluar Anda. Pilihlah kehidupan yang membuat Anda selalu berbahagia dalam kondisi apapun.

Dengan lebih berbahagia, maka Anda juga akan lebih sehat.

Selamat mencoba, dan selamat merdeka!

Pelajari Cara Hidup Sehat dan Bahagia!


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


Referensi
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17402291?dopt=Abstract
– http://sugarscience.ucsf.edu/the-growing-concern-of-overconsumption.html#.Wz5DZ34nZTY
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15135221
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3175817/
– https://bjsm.bmj.com/content/52/14/910
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21926468
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3763921/
– https://academic.oup.com/sleep/article/39/3/653/2454026
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4207053/
– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4356559/

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...