7 Tips Penting Untuk Pemula Diet Keto (2021)

7 Tips Penting Untuk Pemula Diet Keto (2021)

Halo semuanya…

Udah lama belum update tips untuk pemula lagi ya. Semoga di Bulan November ini sahabat semua makin sehat, makin langsing, makin bahagia yaaaa…

Buat kamu yang baru mulai diet keto, silahkan cek tips penting ini (dengan update terbaru lho!). Lengkapnya bisa pelajari juga di buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner.

Silahkan baca sampai selesai…

Tips penting diet keto bagi pemula :

1) Pelajari dan coba monitor asupan selama 2 minggu. Tidak harus mengatur pola yang ketat banget, tapi tujuannya adalah mengenali dulu bagaimana kebiasaan makan kita. Bisa jadi karbonya masih terlalu tinggi, atau masih over protein, nikmati saja prosesnya. Asup virgin coconut oil, Vico Bagoes agar tubuh bisa beradaptasi lebih cepat, dan menghindari kliyengan ataupun brain fog.

2) Tidak udah khawatir tentang kadar keton di awal. Tujuan-nya kan mau menurunkan berat badan dan lebih sehat. Setelah sel kamu mampu menggunakan lemak dengan efisien, tubuh tidak perlu memproduksi keton secara berlebihan. Silahkan ukur ketika sudah benar-benar siap.

Jika kamu menjalankan pola ketogenic untuk terapi, ikuti jadwal pengukuran sesuai saran dokter. Misal kasus diabetes yang berat perlu cek gula darah sesaat 1-2x setiap hari. Untuk kasus diabetes ringan bisa cek GDS dan GDP antara 3-7 hari sekali

Penurunkan berat di awal diet umumnya akan berlangsung cukup cepat. Bisa terus turun sampai 3 bulan, bahkan sampai 6 bulan, tergantung BMI di awal. Setelah itu akan nampak seperti stuck. Dan itu tanda yang bagus, artinya penurunan terjadi dengan alami dan sehat. Bayangin aja kalau turun terus-menerus. Bisa malah bahaya lho!

Setelah 6 bulan coba cek ukuran lingkar tubuh, ukuran celana, dan lemak tubuh kita.

3) Asup protein yang cukup sekitar 25% agar otot kita tetap terjaga. Protein juga sangat penting untuk meregenerasi jaringan tubuh lho! Hitungannya bisa juga kebutuhan protein tubuh sekitar 0,75 gram per berat badan. Misalkan berat badan kita 70Kg, maka asupan protein yang di sarankan sekitar : 50-75 gram / hari.

4) Jaga kebutuhan mineral. Di awal diet rendah karbo, umumnya kamu akan merasakan sering buang air kecil. Imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup dan menambahkan dengan mineral. Coba juga asup teh mineral yang khusus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan mineral kamu : Klik disini untuk pesan Greenia Mineral Booster.

5) Kamu perlu komitmen 60 hari. Mungkin sepertinya sulit, tapi kalau kamu bisa menjalankan bersama-sama, ini bisa lebih mudah lho. Apalagi dengan bantuan coach yang menjaga akuntabilitas. Setelah 30 hari tubuh Kamu akan mulai menjadi pembakar lemak yang efisien, dan setelah 60 hari, tubuh bisa sepenuhnya adaptasi dan kamu bisa mengevaluasi lagi tujuan diet Kamu. Banyak orang yang kepikiran cheating tiap akhir sabtu / minggu, tentu itu membuat motivasi dan semangat jadi menurun. Rayakan saja setiap kesuksesan kecil dengan hal-hal lain. Misal nonton bioskop, latihan di gym, atau tracking ke bukit. Itu lebih menyenangkan lho!

6) Penuni kebutuhan elektrolit. Pada penelitian Journal Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa banyak efek yang kurang baik ketika menjalankan diet keto karena mengabaikan mikro nutrisi, termasuk elektrolit. Kekurangan natrium bisa membuat badan pegel, mudah kram, bahkan sulit fokus. Ingat, tambahkan garam ke makanan / minuman kamu untuk menambah elektrolit. Gunakan juga Greenia mineral booster untuk memenuhi elektrolit, sekaligus rasakan perbedaan segar-nya di tubuhmu.

7) Ketosis BUKAN ketoacidosis – Itu berbeda banget! Ketoacidosis adalah kondisi di mana keton tubuh kamu menjadi terlalu tinggi karena kegagalan insulin dalam mengelola gula darah. Kasus ini terjadi pada diabetes tipe 1 atau kasus diabetes yang akut. Ketoacidosis terjadi jika gula darah sangat tinggi yang bisa mencapai 400mg/dl dan kadar keton diatas 8 mmol.

Semoga 7 tips ini memberikan satu atau dua inspirasi untuk menambah semangat kamu untuk lebih sehat. Nikmati saja prosesnya, dan jaga terus kesehatan mental terutama di situasi seperti saat ini.

Oh ya, follow juga instagram @annasahmads dan langganan email di foodketo.com untuk mendapatkan info tentang resep dan pengalaman diet yang seru!

Sekali lagi terima kasih atas semua support kamu. Untuk membeli buku saya, silahkan pesan di link ini.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...