Bagaimana Kolesterol Jika Menjalankan Diet Keto ?

Bagaimana Kolesterol Jika Menjalankan Diet Keto ?

Ini adalah salah satu pertanyaan favorit yang paling banyak diajukan orang sebelum menjalankan diet ketogenik.

YA, KOLESTEROL…

Tahukah Anda sejak tahun 2015, Kolesterol telah resmi dihapus sebagai nutrisi buruk oleh USDA – Kementrian Kesehatan di Amerika Serikat.

belum percaya?
cek aja laporan resminya : https://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines/

 

MITOS KOLESTEROL
Jadi selama ini kolesterol ini hanya dijadikan KAMBING HITAM atas banyak masalah kesehatan. Bahkan lebih extrem-nya 2/3 serangan jantung terjadi lebih banyak pada orang yang kandungan kolesterolnya normal…
Coba Anda bertanya kepada siapa pun di jalan apa yang menyebabkan penyakit jantung? jawaban yang paling umum Anda akan terima adalah makan terlalu banyak kolesterol dan lemak.

Padahal secara prinsip kolesterol itu dibentuk sendiri oleh tubuh. Jika Anda mau mencoba, silahkan puasa 14-18 jam, maka secara alami tubuh kita akan memproduksi kolesterol.

 

Sindrom ketakutan akan kolesterol ini memang benar-benar mendunia. Mari kita mulai bahas dari dasar-dasar tentang kolesterol. Jangan kaget karena bisa jadi informasi ini akan berbeda dari yang selama ini Anda tahu!

Yuk mulai….

Apa itu kolesterol?

Kolesterol (HDL – LDL) itu pada asalnya adalah alat transport atau pembawa lipoprotein dalam badan kita. Diedarkan keseluruh tubuh melalui darah. Fungsi utama dari kolesterol adalah sebagai agent regenerasi sel. Inilah sebenarnya kenapa di diet ketogenic ini tidak mempermasalahkan kolesterol.

Akhirnya setelah bertahun-tahun riset, akhirnya mulai terbuka (walau masih banyak yang kontra) tentang penyebab berbagai jenis masalah kesehatan modern adalah karbohidrat (terutama olahan) dan gula.

Coba lakukan experimen dengan melarutkan gula dalam air, awal masukkan 1 sendok gula, tambah lagi 1 sendok tambah lagi 1 sendok, terus tambah, tambahkan lagi….

lalu sentuhkan dengan kulit Anda, bagaimana rasanya?
LENGKET….

 

PROBLEM DARI GULA DAN KARBO OLAHAN

experimen diatas ibaratnya air adalah darah kita, dan gula adalah karbohidrat (pati), termasuk dalam bentuk gula yang masuk ke tubuh kita. Kelengketan ini “kemungkinan besar” yang menyebabkan lemak lengket di pembuluh darah, sehingga stroke, lalu membuat asam urat mengkristal dan nempel.

Sejak tahun 1950, penyakit arteri koroner menjadi penyebab utama kematian, dan itu masih hingga hari ini. Menghindari kolesterol, konsumsi obat penurun kolesterol dan makan rendah lemak tidak menghentikan epidemi penyakit jantung.

Bahkan dilaporkan obat penurun kolesterol berefek samping memicu pelemahan kontraksi jantung (akibat menekan co-enzim Q10).

Apakah kolesterol tinggi itu berbahaya?

Tentu dalam pertanyaan ini perlu dipahami dulu konteksnya.

Jika yang dilihat hanya kolesterol total saja maka akan banyak ahli mulai mengatakan “TIDAK.”

Pada dasarnya kolesterol dalam tubuh itu komponen penting. Menurunkan kolesterol hingga level rendah banyak sekali memicu masalah yang lebih serius terutama keseimbangan tubuh (pikun, daya tahan rendah). Tidak ada hubungan langsung antara kolesterol dengan resiko penyakit jantung yang mungkin sering Anda dengar dari dokter.

Silahkan baca juga buku berjudul “The Great Cholesterol Myth” atau terjemahan bebasnya mitos besar tentang kolesterol.

 

Mau ikut diet keto takut kolesterol naik

Banyak orang tanya, apakah diet keto bisa menyebabkan kolesterol menjadi tinggi?

Secara umum diet rendah karbohidrat cenderung meningkatkan kolesterol terutama meningkatkan HDL dan menurunkan kadar trigliserida. Kedua hal ini sebenarnya bersifat positif terhadap kesehatan seseorang. LDL pada kebanyakan orang tidak mengalami perubahan yang signifikan, walau ada yang naik, tetapi rasio kenaikannya tidak tinggi.

Yang cukup unik, sebenarnya ketika kita tidak makan, seperti puasa / intermittent fasting, atau dry fasting (tidak makan minum 24 jam) atau water fasting (tidak makan, hanya cairan masuk) kecenderungan kolesterol juga naik. Hal ini menunjukkan tubuhlah sebenarnya yang memproduksi kolesterol untuk kebutuhan tubuh secara alami.

Tapi jangan khawatir, kenaikan ini kolesterol merupakan proses adaptasi tubuh saja untuk mencapai kondisi ketosis. perlahan setelah tubuh adaptif kolesterol akan turun. Beberapa studi menunjukkan, terutama di usia 60 tahun keatas, cenderung memiliki hidup lebih lama dengan level kolesterol yang tinggi lho.

 

Ada Kolesterol Total, HDL, LDL, Trigeliserida

Parameter seputar kolesterol itu cukup banyak. Sehingga kita tidak bisa hanya melihat dari data lab kolesterol total saja. Satu parameter penting yang kini banyak di bahas para ahli adalah : Rasio Trigliserida / HDL.

Bagaimana mengukurnya?
Rasio TG / HDL-C dapat dengan mudah dihitung hasil lab.

TG / HDL-C rasio kurang dari 2 sangat ideal
TG / HDL-C rasio di atas 4 tinggi
TG / HDL-C rasio di atas 6 sangat tinggi

Bahaya jika kolesterol terlalu rendah

  • Hormon seksual diproduksi dari kolesterol. Menurunkan kolesterol tentu sangat berpengaruh terhadap aktivitas seksual termasuk infertilitas.
  • 60% kandungan dari otak adalah kolesterol. Jika kolesterol Anda kurang dari 180 makan akan mudah sekali terjadi depresi, kepikunan dan masalah mental.
  • Kolestrol diperlukan tubuh untuk memperbaiki lapisan tissue pada pembuluh darah yang rusak

coba tonton juga video singkat ini, menjelaskan :
1. apakah minyak jenuh menyebabkan kolesterol
2. apakah kolesterol yang menyebabkan sakit jantung dan stroke

So mulai hari ini lupakan kolesterol.
Fokuslah pada jumlah karbohidrat dan gula yang Anda konsumsi

Mulai jalani diet sehat, bebas makan lauk, gak perlu olahraga berat!
DOWNLOAD CARA-CARANYA : Klik disini untuk panduan pola rendah karbo

sumber:
1. film “Fat Head”
2. Coconut Ketogenic Diet, dr bruce fife
3. The Great Cholesterol Myth: Why Lowering Your Cholesterol Won’t Prevent Heart Disease-and the Statin-Free Plan That Will [Jonny Bowden, Stephen Sinatra]

[su_note note_color=”#ffcc01″ ]

 

Saya perlu info lengkap tentang Diet Keto

100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox

[/su_note]

One Comment

  1. min kalo bisa tampilkan dong sumbernya (jurnal misalnya). Atau data yg dikutip dari mana, tahun berapa, siapa penelitinya. Oia bidang keilmuan admin apa? gizi klinis atau kedokteran? biar makin jooss min. Lanjutkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

foodketo.com We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications