Perlukah “Cheating Day” Dalam Diet?

Perlukah “Cheating Day” Dalam Diet?

Pernahkan mendengar suatu pola diet yang menyarankan “Cheating” ?
Atau ada pola diet yang lain sangat melarang cheating. Haram!

Nah loh, lalu kamu pilih yang mana dong….

Saya sih setuju bahwa kalau cheating alias curang, itu bisa saja merusak pola diet yang sudah kita bentuk dengan susah payah. Wah jadi kaku dan gak flexible dong? Tentu kita tetap perlu memperhatikan situasi, kondisi, dan sosial budaya di sekitar kita. Tetapi kita tetap bisa mengendalikan diri. Itu yang penting!

Apa sebenarnya efek cheating jangka panjang?

Ada “program diet” yang menawarkan konsep cheating day. Dan itu tentu membuat banyak orang tertarik mengikutinya. Karena bisa memuaskan “hasrat” untuk memenuhi keinginan-nya. Sehingga buat yang mengganggap diet yang ketat itu tidak asyik, tidak sehat, tidak bisa untuk jangka panjang. Katanya sih ga papa seminggu sekali doang, gak ngaruh, dan berbagai alasan lainnya.

Tapi buat saya, istilah cheating ini perlu diperjelas. Misal di keto, kita menjaga agar asupan karbo rendah. Katakan antara 20-50gram. Jika kita mengasup lebih dari itu, tentu potensi kita keluar dari ketosis akan sangat besar. Dan jika kamu mau cheating tiap minggu tentu akan membuat cita-cita untuk jadi langsing dan sehat akan tertunda. Ketika tubuh sudah memasuki ambang glukosa tinggi, otomatis proses ketosis stop, dan tubuh kembali memprioritaskan mengolah karbo dan gula sebagai energi terlebih dahulu.

Jadi, kalau aku diet keto apa boleh cheating?
Nah mungkin Kamu perlu baca artikel ini sampai selesai sebelum memutuskan cheating atau tidak.

Ok, yuk kita mulai bahas.

 

Prinsipnya kita harus sadar bahwa apapun tindakan kita pasti akan ada konsekwensinya.

 

Misal kita diet keto, atau diet rendah karbo. Kita membatasi asupan karbo kita dengan tujuan gula darah terkendali, dan tubuh mulai optimal menggunakan keton. Ketika kita asup karbo tinggi, maka tubuh akan otomatis menghentikan produksi keton dari lemak untuk bahan bakar.

Tubuh akan menggunakan glukosa yang beredar, termasuk cadangan glikogen untuk digunakan sebagai energi. Dengan kebiasaan cheating, maka manfaat optimal seperti penurunan berat badan dan tubuh menjadi efisien akan terganggu.

Tentu, ada beberapa yang menganggap sebagai cycling dengan carb loading. Tentu harus dipahami konteksnya itu dilakukan ketika kita akan melakukan olahraga yang cukup berat. Ada beberapa referensi juga untuk percepatan performa atau perbaikan otot. Tentu bisa dibenarkan dalam jumlah terbatas juga. Misal sampai 100gram.

Lalu, kalau cuma mau nongkrongin facebook dan IG aja mah gak perlu carb loading!

 

Apakah sekali cheating akan otomatis tidak lagi ketosis?

Tidak mudah menjawabnya. Bisa iya bisa tidak.
Tergantung seberapa banyak asupan net carb-nya, seberapa sering cheatingnya. Karena kita sendiri untuk memastikan kebutuhan kalori harian secara riil itu juga sangat rumit. Kalau teorinya sih bisa dihitung, tetapi dalam praktek-nya saya rasa tidak sesederhana teori calorie in calorie out.

Simplenya sih, walau asup karbo, tapi net carb harian kita-kira masih dibawah 20 gram dalam sehari. Saya rasa belum akan keluar dari ketosis. Misal makan pisang cuma satu gigit, atau makan madu 1 tetes, atau makan nasi 1 butir hehehehe….

 

Tapi, kalau cheatingnya semangkuk mie ayam, 1 full loaf roti tawar, dan melebihi 25 gram net carb, saya rasa tubuh tidak akan ketosis lagi. Tentu tidak ada patokan yang sama buat tiap orang ya. Tapi jika Anda sudah cukup lama menjalankan diet keto, sudah masuk ketosis, bisa jadi tubuh akan memberikan sinyal-sinyal yang bisa dirasakan tubuh.

Emang apa sih ruginya cheating?

Jika kamu sudah keto, sudah merasakan manfaat bagi untuk pelangsingan, terapi, maupun peningkatan energi dengan menggunakan keton, tentu akan merasa “rugi” jika kehilangan sensasi ketosis. Ini membuat banyak orang termasuk saya juga berhati-hati ketika “cheating”.

Efek samping ketika cheating bisa jadi akan merasakan flu seperti keto-flu. Ada juga yang merasakan mual dan muntah. Ada yang marasa ototnya kaku seperi kram, perut kembung, diare, gatal-gatal, moody dan sebagainya. Secara psikologis bisa saja merasa emosional juga. Coba cek apakah di suatu hari mengasup banyak gula dan karbo tinggi!

Selain itu yang juga banyak terjadi adalah ketagihan cheating atau pengen terus mengasup gula dan karbo. Craving!

Tentu ketika mempelajari keto, kita banyak belajar efek samping dari gula dan karbo terhadap kesehatan. Jadi resiko penyakit datang akan semakin besar.

Buruknya cheating akan membuat motivasi untuk hidup sehat menurun. Kamu akan mudah sekali tergoda untuk mengasup makanan tinggi gula secara terus menerus dan lupa akan manfaat ketosis. Ingatlah dulu ketika memulai pertama diet, apa tujuan dari diet-nya, dan pikirkan jika selalu “selingkuh” aka cheating!

Wah udah terlanjur cheating, apa bisa diet keto lagi?
Tentu tergantung masing-masing orang. Ada yang bisa saja dengan cepat kembali ke ketosis dalam 1-4 hari seperti dulu. Tentu saja ada yang membutuhkan waktu lebih lama. Coba cek saja kadar keton di urin, nafas, atau darah untuk memastikannya. Perbaiki juga dengan sikap disiplin dan komitmen.

Ada beberapa cara untuk mempercepat #backtoketo. Misalkan dengan intermittent fasting, olahraga beban, mengasup lemak baik seperti virgin coconut oil seperti Vico Bagoes, minum cukup, latihan nafas, dan tidur yang berkualitas. Monitor juga asupan dengan fat secret dan hati yang selalu riang gembira.

Semoga selalu sehat dan bahagia!

 

Saya mau info tambahan tentang diet

100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


Buah dan Diet Keto

Buah dan Diet Keto

Halo, ketemu lagi di foodketo.com!

kemaren saya dapat kiriman rekaman dari youtube dan instagram tentang tanya jawab diet keto.

“Bagaimana tentang diet keto?” kata penanya. Nara sumber menjawab : “Kalau saya tidak sepakat kalau tidak makan karbo. Keto kan makan protein dan lemak terus menerus. Protein-lemak, protein-lemak. Kalau diet tertentu melarang makan buah, lalu kenapa Allah menciptakan buah? Keto cuma boleh makan alpokat saja, gak boleh yang lain segala macem, ngapain. Bikin susah aja.”

Kalau saya pribadi sih senyum aja mendengar jawaban tersebut.

Jika mau mempelajari lebih dalam tentang pola makan, nutrisi, sampai ketogenic, bisa dibilang ketogenic ini malah pola diet yang paling flexible lho. Aturannya sederhana dan jelas.

Banyak pola-pola makan yang lain cuma bilang:

ya gizi itu yang penting seimbang. Seimbang itu seperti apa? …. atau

yang penting semua on moderation. On moderation itu seperti apa?

Keduanya sounds good, terdengar baik, netral, bijak, tapi gak jelas prakteknya.

Tapi tentu, seperti saya bilang berulang kali. Diet itu hak asasi manusia kok. Yang monggo-monggo aja πŸ™‚

Terkait buah dan sayur, sebenarnya pernah kita bahas di blog ini, silahkan cek :

https://foodketo.com/apakah-buah-dan-sayur-itu-dianggap-tidak-sehat-ketika-keto/
https://foodketo.com/buah-fruktosa-dan-fatty-liver/

Hari ini kita bahas dari sudut lainnya.

Selama ini kita menganggap buah itu sehat, dan boleh dikonsumsi no limit. Jadi cemilan “sehat” jadi seperti permen alami, rasanya manis-manis, warnanya menarik. Dan jangan salah, saya ini juga suka banget sama buah lho!

Tetapi ketika pola ketogenic ataupun rendah karbo ini makin populer, banyak orang salah paham dan menganggap diet keto ini melarang buah buahan.

Padahal kalau kita sungguh-sungguh mempelajari, yang lebih tepat, sebenarnya kita perlu hati-hati dalam mengkonsumsi buah. Karena rasanya yang enak ini bikin kita makan berlebihan. Satu apel misalnya mengandung 21 gram net carb. Nah kan sayang kalau jatah karbonya kita habiskan karena makan apel saja. Apalagi sekarang kalau lihat orang bikin jus apel bisa memerlukan 3-4 butir.

Biar gak bingung, saran saya sih baca buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner deh, disana ada daftar juga beberapa kandungan net carb buah-buahan, termasuk buah-buahan apa saja sih yang bisa Anda konsumsi. Oke!

Mengapa Anda Perlu Membatasi Buah ketika diet Keto?

Prinsip diet ketogenik (diet keto) adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Pada diet ini, karbohidrat biasanya dibatasi 5-10% dari asupan kalori harian. Atau berkisar mulai 20-50 gram net carb per hari. Diet standar pada umumnya (seimbang, dll) sekitar 225-325 gram karbohidrat sehari.

Tujuan pengurangan karbohidrat ini adalah mengenalkan kembali tubuh untuk dapat menjadi ketosis atau pembakar lemak. Kondisi ini tubuh dapat memproduksi kembali keton yang diolah dari lemak makanan maupun lemak tubuh untuk dapat menggantikan glukosa dari karbohidrat sebagai bahan bakar.

Selama ini kita selalu bergantung pada glukosa, karena hampir semua panduan gizi di seluruh dunia menganjurkan konsumsi karbo tinggi dalam piramida makanannya.

Sehingga untuk membatasi asupan karbohidrat hingga maksimal 20-50 gram per hari, para ahli keto merekomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang rendah karbohidrat saja. Buat beberapa orang bisa jadi ini ribet, tapi faktanya kandungan karbohidrat di buah itu tentu sangat bervariasi. Sehingga perlu dipilih dan atau kalau perlu di timbang agar tujuan dietnya tercapai.

Nah kalau berat badan ideal, tidak ada tujuan tertentu, olah raga sudah teratur, sehat wal afiat, tidak ada masalah kesehatan ya tentu kondisinya berbeda dong yaaaa……

Hal lain yang perlu dipelajari, sebenarnya ada tiga jenis karbohidrat utama: pati, gula, dan serat. Dari ketiganya, gula yang paling banyak meningkatkan kadar glukosa darah, sedangkan serat tidak memiliki efek langsung. Buah yang sangat tinggi gula adalah makanan yang bisa membuat Anda sulit masuk menjadi ketosis. Sehingga rencanakan dengan baik sesuai tujuan dietnya.

Tentang Buah dan Gula

Buah tentu mendapatkan rasa manis dari gula. Sebagian besar gula merupakan kombinasi dari fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Masing-masing dimetabolisme secara berbeda dalam tubuh, ini memerlukan tingkat pengetahuan yang lebih tinggi lagi:

Fruktosa – Disebut gula buah, fruktosa adalah monosakarida sederhana, dimana dimetabolisme di hati dan dengan cepat mengisi kembali glikogen. Ini yang akhirnya proses ketosis berhenti. Dan hal lain yang sering diakibatkan asupan buah berlebihan adalah fatty liver atau perlemakan hati karena fruktosa berlebihan akan diubah juga menjadi lemak di liver.

Glukosa – Tanaman membuat glukosa melalui proses fotosintesis menggunakan air dan karbon dioksida. Ini adalah sumber energi yang paling umum untuk sebagian besar makhluk hidup, termasuk tanaman. Saat manusia makan glukosa, maka akan dialirkan dalam darah dan digunakan sebagai energi. Glukosa tinggi dalam tubuh ini sifatnya berbahaya sehingga harus segera diturunkan, tubuh otomatis mengeluarkan insulin dan menyimpan sebagai lemak. Proses Ini sangat menghambat sintesis keton.

Sukrosa – Sukrosa adalah disakarida yang mengandung fruktosa dan glukosa dengan jumlah yang sama. Tubuh mencerna sukrosa dengan cepat dengan memecahnya menjadi bagian dasarnya (yaitu fruktosa dan glukosa). Sukrosa juga mempengaruhi glukosa darah dan sintesis glikogen.

Kandungan gula dalam buah sangat bervariasi. Beberapa buah memiliki kandungan gula yang cukup rendah, sehingga cocok untuk diet keto, tetapi ada juga buah yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Itu sebabnya Anda perlu tahu buah yang cocok untuk diet keto Anda dengan baik.

Benar sekali, selain gula, buah juga merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini diperlukan juga dalam diet keto, sehingga ketika menjalankan diet keto kita juga perlu melihat dari berbagai sisi, seberapa banyak diperlukan tubuh, berapa porsinya, dan bagaimana kita bisa mencapai tujuan kesehatan yang diinginkan.

Berapa Banyak Buah Yang Bisa Saya Makan Ketika Keto?

Tentu sangat tergantung pada jenis buahnya. Namun secara umum ketika menjalankan keto, kita konsumsi 1 porsi buah dengan net carb 5-10 gram. Agar kita tetap bisa mendapatkan porsi karbohidrat dari sayur, bumbu, santan, maupun hidden carb yang tersembunyi dari makanan.

Untuk menjaga Anda tidak berlebihan, sebaiknya cek nutrition fact juga agar membantu kita mengetahui komposisi kandungan buah. Memang tidak akan bisa akurat 100%, tapi paling tidak memberikan kita gambaran tentang banyaknya asupan yang bisa kita konsumsi.

Untuk menjadikan buah sebagai bagian dari diet keto Anda, bisa juga dicampurkan di makanan, seperti salad, dengan potongan kecil, ditambahkan yougurt / kefir, santan, maupun virgin coconut oil.

Wah saya kebanyakan makan buah nih. Bagaimana dong?

Misalkan Anda terlalu banyak konsumsi buah dalam 1 hari, misal sampai 100-200 gram sehari, tentu hal ini akan meningkatkan kadar glukosa darah Anda, lalu menghentikan ketosis dan menambah glikogen.

Tenang ini bukan bencana besar, walau Anda tetap harus waspada. Apalagi kalau tujuan Anda memang mau menurunkan berat badan, ataupun terapi diabetes.

Ketosis adalah tujuan dari diet keto dan agar berhasil, kadar keton diusahakan berkisar antara 0,5-3,0 mmol / L.

Kondisi ketosis akan terjadi jika kadar gula darah di range normal / cenderung rendah. Dan ini akan berhasil jika Anda makan kurang dari 20-50 gram net carb perhari. Jika sampai berlebihan, tentu tubuh kita akan keluar dari kondisi ketosis dan kembali menjadi 100% pembakar gula.

Namun, ada beberapa cara untuk mengembalikan tubuh Anda ke ketosis dengan cepat :

  1. Berolahraga
    Olahraga akan membantu menghabiskan glikogen otot dan liver. Namun, perlu diingat bahwa dibutuhkan banyak energi untuk ini terjadi. Anda bisa konsul dengan personal trainer dan mengutamanakan olah raga beban untuk tujuan ini.
  2. Puasa
    Puasa juga membantu Anda mencapai ketosis lebih cepat. Anda dapat melakukan puasa sunnah, atau intermittent fasing dimana tidak sarapan dan baru makan jam 12 siang. Atau bisa membatasi jam makan hanya antara jam 12-18 saja. Puasa dapat menguras glikogen hati, menurunkan kadar glukosa darah, dan meningkatkan produksi keton. Pastikan ketika berbuka puasa, pilih makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak untuk meningkatkan produksi keton.
  3. Konsumsi Virgin Coconut Oil
    Virgin coconut oil mengandung medium chain fatty acid, atau rantai lemak menengah, yang merupakan jenis lemak jenuh yang unik dan menurut penelitian menunjukkan tubuh dapat dengan mudah merubahnya menjadi keton. Virgin coconut oil merupakan suplemen yang penting dalam diet keto ini. VCO tidak memerlukan empedu dan enzim untuk pencernaan, mudah diserap di usus kecil dan sampai di liver dengan cepat dan diubah menjadi keton.

Bisakah Diet Keto Tanpa Buah?

Dalam diet keto sudah mengakomodir berbagai makanan yang kita konsumsi secara umum. Cek di daftar makanan keto juga di Flashcard ketogenic. Kini semakin banyak riset membuktikan pola ketogenic ini aman dan bermanfaat. Misal cek penelitian keto dan diabetes di link ini.

Dalam penelitian tentu mengatur agar asupan sesuai dengan keto makronya dalam menu sehari hari. Jka Anda merasa bisa mendapatkan semua vitamin C, serat, dan nutrisi lain dari sayuran, kacang-kacangan, dan biji keto-friendly, maka Anda untuk memutuskan.

Bahkan ada juga orang yang menjalankan kombinasi keto dan vegan. Sejauh kita tetap bisa menjaga komposisi tinggi lemak dan rendah karbo tentu kombinasi dengan zucchini, tomat, terong, dan mentimun merupakan selera masing-masing.

Buah tetap memiliki tempat diet keto, meskipun terbatas. Alasannya tentu sudah cukup dijelaskan di atas. Kita perlu berhati-hati saat makan buah, karena ketika berlebihan tubuh akan segera keluar dari kondisi ketosis. Untungnya, ada banyak buah yang rendah karbohidrat bisa Anda pilih.

Menambahkan buah rendah karbo ini tetap dapat membuat diet menjadi fun, menambahkan vitamin / mineral penting ke dalam tubuh, dan asupan antioksidan yang melindungi kesehatan.
Β 
Saat konsumsi buah dalam diet keto, pilih dan asup kandungan karbohidrat bersih 5-10 gram per porsi. Pertahankan asupan Anda satu porsi sehari dan pastikan untuk memonitor asupan karbohidrat harian Anda.

Jika Anda tidak suka makan buah, tentu lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan diet keto ini. Silahkan penuhi kebutuhan makronutrisi, serta mikro nutrisi berupa vitamin dan mineral serta air. Dengan cara ini, kita dapat memastikan Anda tidak kehilangan nutrisi dan antioksidan yang penting untuk kesehatan dan tujuan diet Anda.

Saya perlu info tambahan tentang Diet Keto

100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox
Benarkah Karbohidrat itu seperti Penjahat?

Benarkah Karbohidrat itu seperti Penjahat?

Diet keto itu anti sama nasi!
Nyebelin banget dia, jadi sok tahu tentang makanan!
Diet aneh, bisa XXXX nanti tahu rasa….

Mungkin selama ini Anda punya pertanyaan tersebut ketika mulai mencari tahu tentang diet keto, hingga akhirnya ketemu dengan foodketo.com

Semoga tulisan ini bisa memberikan cukup penjelasan tentang kesalahpahaman tentang diet keto yang selama ini muncul di benak Anda….

Yuk kita mulai, pada prinsipnya diet ketogenic bukanlah diet non karbo, tapi lebih tepatnya RENDAH Karbo, TINGGI Lemak. Jadi kalau ada yang bilang tidak makan nasi, mie, roti, singkong, itu benar, tapi bukan berarti tidak mengkonsumsi karbo sama sekali.

Karbohidrat bisa didapatkan dari santan, alpokat, sayur, strawberry, yougurt, kacang, dan banyak bahan ketofriendly lainnya.

Jadi jika Anda menjalankan pola ketogenic, slow aja, jangan terlalu nge-gas dengan bilang “No Carbs” yaaaa….

Apakah Karbohidrat itu jahat?
Sebenarnya tergantung pada seberapa banyak kita mengkonsumsi dan sumbernya.

Apakah Karbohidrat merupakan nutrisi wajib bagi manusia?

Jawabnya, Karbohidrat (glukosa) bukan nutrisi wajib bagi metabolisme manusia. Kita dapat bertahan hidup tanpa mengkonsumsi karbohidrat Carb. tetapi kita tidak bisa hidup tanpa konsumsi protein, lemak. Karena ada essential amino acid dan essential fatty acid.

Selain proten dan lemak, tubuh kita memerlukan sedikit vitamin dan mineral (nutrisi mikro).

Tidak ada penyakit apa pun yang disebabkan oleh kurang atau tidak konsumsi karbohidrat. Tapi, ada banyak masalah kesehatan jika kita konsumsi karbohidrat yang berlebihan.

Selama ini banyak salah paham dan ketakutan karena menganggap karbohidrat (glukosa) adalah satu-satunya sumber bahan bakar untuk otak. Tapi, faktanya otak itu bekerja berbeda. Dia bisa bekerja dengan menggunakan bahan bakar glukosa (karbohidrat) maupun keton.

Proses alami tubuh menggunakan keton akan terjadi ketika kita berpuasa atau dalam kondisi kelaparan, atau ketika konsumsi sangat rendah karbo. Pola makan tinggi karbohidrat akan menghentikan liver memproduksi keton.

Keton adalah bahan bakar yang paling baik untuk otak dan jauh lebih efisien dibandingkan dengan glukosa.

Katika kita tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh kita juga mampu memproduksi glukosa (melalui proses glikoneogenosis) dari protein dan lemak.

Jadi, mengapa harus khawatir tentang karbohidrat?

Tubuh kita mungkin hanya membutuhkan sekitar 50-100g karbohidrat per hari. Tapi, kalau dilihat menu harian kita konsumsi karbohidrat kita sangat tinggi sekali.

Coba cek menu ini :

Makanan pembuka : Roti coklat + cake puding
Minuman pembuka : Es teh manis
Makanan Pokok : Nasi
Lauk 1 : Mie
Lauk 2 : Pasta
Sayur : Kentang dan jagung
Pelengkap : Krupuk
Makanan penutup : Mangga, pisang, dan nanas
Minuman : Softdrink cola

Di sinilah seluruh masalah mulai dimulai karena tubuh kita tidak dapat mengolah begitu besar karbohidrat tinggi dan menyebabkan gula darah melonjak hingga menyebabkan gangguan metabolisme dan penyakit yang mengancam jiwa.

Dalam diet ketogenic, memberikan alokasi 20gram, 50gram, atau hingga sampai 100 gram tergantung dari tujuan dietnya.

Sumber karbohidrat juga dipilih, misal dari sayuran. Bukan dari sereal, biji-bijian dan buah-buahan. Tubuh akan mendapatkan manfaat dari serat yang tidak larut dan mengoptimalkan lingkungan yang sempurna bagi koloni bakteri untuk kesehatan usus.

Kenapa tidak dari sereal dan biji-bijian?
Kebanyakan sereal dan biji-bijian yang ada dipasaran saat ini telah banyak diproses sehingga tidak memiliki banyak kandungan serat yang tidak larut. Sereal dan biji-bijian juga mengandung karbohidrat tinggi dalam pati (indeks glikemik tinggi) karenanya cepat sekali meningkatkan gula darah. Sereal dan biji-bijian juga memiliki asam fitat yang tinggi yang mencegah penyerapan nutrisi. Sereal dan biji-bijian tertentu mengandung gluten.

Selain itu, dengan pola asupan karbo tinggi, kita mudah sekali makan berlebihan, akhirnya tanpa disadari mengonsumsi kalori yang sangat tinggi daripada kebutuhan harian kita.

Bagaimana dengan karbohidrat dari Buah?

Buah-buahan kaya akan fruktosa dan sukrosa yang memicu sekresi insulin dengan sangat tinggi (karena kenaikan gula darah yang tiba-tiba) selama periode waktu sel-sel kita menjadi resisten terhadap insulin. Insulin tinggi memungkinkan penyimpanan lemak sehingga mengakibatkan obesitas.

Di dunia modern seperti saat ini, tidak ada lagi buah musiman! Kini semua buah tersedia kapan saja. Bahkan buah-buahan yang tidak tumbuh di negara kita juga dengan mudah kita dapatkan, sehingga tentu sulit sekali menghindar dari godaan buah.

Apalagi buah dalam bentuk jus, penuh dengan gula yang tinggi. Misal kita mengonsumsi apel sebagai buah potong, mungkin akan makan satu atau dua bersama seratnya. Jika membuat jus, kita pisahkan dengan seratnya, 1 gelas jus juga memerlukan sekitar 3-5 buah apel !!!

Hasilnya, gula darah cepat sekali mencapai puncaknya sebagai respons terhadap gula tersebut, insulin pun ikut melonjak tinggi, dan tubuh hanya sibuk untuk mencerna dan memproses gula itu. Proses pertumbuhan dan regenerasi sel akan banyak terganggu.

Yang kini menyedihkan adalah proses penanaman yang penuh dengan rekayasa, misal genetis, penambahan pupuk dan penggunaan pestisida. Bahkan, setelah panen, diolah secara kimiawi (lilin, dan bahan-bahan lainnya) agar tahan lama dalam proses pengirimannya dan tidak cepat busuk.

Buah-nya selamat sampai tujuan, tetapi…
Apakah semua vitamin dan mineralnya utuh?
Apakah tidak ada kandungan racun yang berbahaya?
Dan apakah layak dikonsumsi?

Selama ini kita diajarkan mengkonsumsi karbohidrat sangat tinggi dengan berbagai program. Menjadikan karbohidrat sebagai makanan pokok / makanan wajib, hingga akhirnya diabetes dan obesitas menjadi suatu epidemi.

Asupan karbohidrat tinggi menghasilkan peningkatan kebutuhan insulin dari pankreas, selama bertahun-tahun, sehingga mengarah ke hiperinsulinia, resistensi insulin, diabetes T2, hipertensi, dislipidemia, aterosklerosis dan penyakit jantung.

Itu sebabnya pada pola makan ketogenic atau diet keto, kita membatasi asupan karbohidrat menjadi sangat rendah, rata-rata sekitar 50g per hari, dan tentu memilih sumber karbohidrat yang rendah kadar gula (net carb)-nya

Dapatkan Panduan Ketogenic Gratis

Klik disini untuk FlashCard Edukasi Ketogenic.

Kisah Kehidupan dan Berat Badan

Kisah Kehidupan dan Berat Badan

Minggu kemaren sangat menarik sekali menyimak pengalaman diet ketogenic ini dari sahabat Ketogenic Indonesia. Semoga kisah ini bisa memberi kita semua semangat dan motivasi untuk hidup lebih sehat dan berkualitas :

Nurul Kamil : Sudah bertahun ikut diet berbayar..apapun orang tawarkan…baru sekarang diet keto..sebulan langsung ada hasil 5kg ..ilang..benarkah ini..Apa timbangannya rusak? Tapi memang badan tambah sehat segar..tidak mager lagi ..dan yg utama happy ibadah lancar…lebih sabar..tak terasa keto membuatku BAHAGIA ..sesuatu kan..Semangat keto…Terima kasih sahabatku Erna dan para suhu di grub ini..jazakillah khair..

Sahara Hutabarat : Saya adalah guru di pedalaman Riau. Saat saya gendut dgn bb 85 kg. Saya menumpang motor murid saya. Dia takut saya tumpangi krn katanya. Ibu aja yg bawa motor saya nggak kuat soalnya ibu beraat. Akh sedih hati ini. Tapi berkat teman yg sdh keto. Saya ikut keto dan amazing gede saya jadi mengecil keto mantap saya makiiiin sehat


FachRia Ayuni : Dapet panggilan bantet.. Dari punya anak satu diet sampe anak 3 slalu gagal.. Sampe temen2 bilang lemak gue dah jadi fosil.. Dah lah terima kenyataan.. Hopeless bgt waktu itu.. Tapi pas ketemu temen lama di IG dia keliatan kurus bgt iseng nanya ternyata dia bilang dia diet keto akhirnya di ajak di group wa nya.. Alhamdulillah baru 3 minggu sudah turun 4 kilo skr.. Akan gue buktiin kalo gue bisa langsing seperti dulu karna diet keto yg amazing ini.. 😍😍😍

Menarik sekali ya kisah ini, simak juga ini….

Sekar Wangi : berbagai macam program diet saya coba, dari beli obat2tan herbal maupun non herbal, dr yang murah sampai yang mahal sekalipun aku beli, demi mendambakan BB yg ideal, tapi setelah ikut keto betul2 amazing… makan enak oke…. tapi BB bisa turun … 😘😘😘😘

Qnoy TiniSitumorang : Orang batak itu kalo ada pernikahan kel dekat harus pake kebaya…naahhhhh wkt msh bb 85 kg ituuu pjuangan beraaattt krn saya harus pake longtorso biar agak bagusan kalo diliat orang…dan tauu kan pesta batak itu dari pagi sampe sore..bayangkan pake longtorso yg ketat bngt selama hmpr 12 jam hiks hiks…dan taraaaa skrg skrg gak perlu pake lagi dongs…menghadiri pesta batak gak parno lg😘😘

Ernine Murdiyanto : krn dulu badan saya 74 kg tb 151 cmTiap mau acara kluar baju dipakai ga da yg pantas di badan. Semenjak keto september 2017. Sekarang makai baju lebih sreg di badan

Diet keto ini bukan sekedar tentang “kurus” tapi bagaimana tubuh kita bisa lebih sehat dan memiliki metabolisme yang lebih baik

Satia Budhi : disaat susa cari ukuran celana disalah satu store, ga ada ukurannya, sekarang alhamdulillah cari celana mudah, dan mau jongkok dan jalan kaki baru beberapa meter dah sakit.

Ferry Alayn Dulu sewaktu masih Regular Karbo awal bulan Ramadhan BB 54/55, Akhir Ramadhan Anjlok jadi 47 bahkan pernah 45. Tapi setelah menjalani Low Carbs saya mulai tanggal 5 Maret 2017 dan 2 kali Ramadhan 1438H dan 1439H BB awal Ramadhan dan Akhir Ramadhan hanya turun maksimum 500gr – 1kg

Deazy Zurmeiny sangat mengharukan ketika kemeja saya semasa gadis muat dipakai lagi sekarang..padahal sejak lahiran anak pertama,17 th yg lalu,kemeja itu terlipat manis di lemari, ga muat, padahal baru keto 2.5 bulan…😎😎

Maya Susanti Ga berani naik gojek Ag berani reuni an πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯🀣🀣🀣🀣 Eeeiits itu masyaaa lallluuuu

Cuncun Tjandra Seumur-umur ga pernah kurus… Pernah 42 kg pas kls 5 SD… SMA org lain langsing 42 kg, saya 76 kg Married 82 kg, melar trs sampe 105 kg… Lama lama org kenal kita krn bayangan badan kita yg gede… Jemur baju udah kayak jemur hordeng, lebar 70cm… Masuk pintu toilet sesek, naik angkot malu abisin jatah org lain… Berusaha diet sampe menyusut tp menderita nya ampun… Sekarang? Kenyang, nyaman dan kering…

Iyat Chandra Hadeuuuuh dulu nurunin berat badan susah nya minta ampuuun ….100 kg bkn sulap beratnya ….sdh pake minum obat diet apalah…eh…tiba2 dg makan enak2 dari keto ini…tiba2….anjlok turunya sampe g percaya tuh lihat timbangan

Tiffanie Shandy Gracia Kalo aku gak pernah gemuk sebelumnya. Setelah married punya anak 1 timbangan geser kekanan dan kekanan manise. Dan semakin parah setelah biduk RT pecah efek stress gak urus badan makan aja apa yg bisa buat bahagia. Dah BB terberat yang pernah ada 90-91kg. Terus tengah Maret 19 lihat group *** disitu mulai susut sedikit .terus Juni komitmen gabung Group KI dan sampai sekarang. True my story Sekarang senang punya julukan OKB( orang Kurus Baru ) Have a marvelous Friday everyone

Basma-Emma Alaydrus Ke pasar naik motor sama suami, masuk parkiran lewat tanjakan, ga terlalu tinggi sih, tapi motor ga bisa nanjak karena yg di bonceng berat. aku musti turun dulu baru motor bisa nanjak. Kejadian yg sama di lintasan kereta api… Padahal ga tinggi 2 amat, motor yg lain bilang ibu turun dulu, motor ga kuat bu, berat, jalanan pas rame… Sedih akutu…

Iiek Purwanto Point penting yg pertama selama dr umur 32 thn selalu sibuk mikir koles yg selalu diatas 270… dannn semenjak ikut keto 6 bulan emejingggggggg bgt kolesss dibawah 160 trsss πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ, point yg ke 2 jd Pd poto tanpa ngedit 🀩🀩🀩🀭🀭🀭🀭

Hirda Aisyah Berbagai cara dilakukan sampai keluar uang 40 juta dari jual mobil n nguras tabungan. Hasilnya cuma satu kg turun bisa 3 kg kl pas Ramadhan. Idul Fitri tiba berat badan kembali 58 kg. Alhamdulillah ketemu keto berat badan begitu Mudahnya mencapai bb yg diharapkan 50 kg Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah

Hendar Sunandang Haru nya….pas sy antar anak sekolah anak sy yg pertama perempua itu gak mau di anter ayahnya..😒😒😒karna ayahnya gendut waktu itu 115kg penampilan cuma pake kolor doang sehari hari… katanya aku MALU 😒… Bahgia dan bangganya Sekarang 20 bulan sy ikut keto BB sy 69kg..dannn anak sy yg pertama kelas 3 sd pun bahagia bgt akhirnya ayahku bisa langsing dan ganteng hampir tiap hari di puji…yah klo bisa ada waktu jemput aku ya..πŸ˜ŠπŸ˜πŸ€—

Tapi kadang sekarang sy kurang waktu buat jemput dia.. Maaf nak bukan ayah gak mau.. tapi ke sibukan setelah langsing kayak hidup lebih hidup..suatu waktu ayah akan jemput antar km setiap waktu…

Nah sy menyimpul kan ikut keto or pola makan sehat bukan hanya buat kita bahagia pribadi tapii…membuat kelurga.orang di seklilinya juga jadi bahagia terutama orang yg mencintai kita. Salam sehat

Yosephine Astrida β€ŒKlo aku emang dr gadis uda gemuk, timbangan biasa di 63 dgn tinggi 150cm dan sempat diet sebelum menikah sampai diangka 53, senang rasanya pd waktu itu bs turun BB tapi dietnya macem2 dari ngikutin pola makan yg diksh dokter gizi, suntik disana sini, minum obat siang malam, akupuntur, dan 2 bulan setelah menikah langsung hamil lalu berat badan naik 19kg, turun 11kg ketika menyusui anak pertama, lepas menyusui berat badan naik lg hingga mencapai 70kg dan lepas menyusui anak kedua berat badan saya mencapai 76kg, bangun tdr lutut sering ngilu, sering kecapean, sampe akhirnya ada temen kenalin diet keto, pernah jalani keto di bln feb 2018 namun gagal krn niat blm bulat msh terpengaruh omongan di luar bahwa diet keto bahaya, bahaya makan lemak bisa kolestrol, stroke dll, krna blm banyak belajar dan blm banyak tahu akhirnya saya putuskan ga keto pdhl uda turun 4kg wktu itu namun ketika msk grup ketogenik Indonesia, wawasan mengenai diet keto mulai terbuka dan ternyata menyenangkan, enjoy menjalaninya hingga lost 12kg, target msh 14kg ke depan semoga lancar dan bs dicapai. Gemuk itu beneran ga enak, pk baju apapun ga pantes, ngaca jd badmood, di foto rasanya selalu jelek, lalu muncul lah yg namanya minder, itulah saya yg dulu…

Iin Iin Waktu gadis bb maks 55kg tinggi 168cm. Setelah menikah hamil dan melahirkan bb maks 80kg 🀭 Jalan ngos2an Naik tangga ngos2an Pernah jatuh di KM lutut cedera, saran dokter kurangi bb nya Sulit sekali ini sarannya dokter πŸ˜… Alhamdulillah kenal keto tepat setahun y.l (25 Maret 2018) Diawali suami yg ikut duluan dan sempat memarahinya krn was2 salah jalan 🀣 Akhirnya per hari ini alhamdulillah bb di angka 58kg Baju sudah bs dipakai semua, jalan, lari, naik turun tangga alhamdulillah tdk seperti dulu lagi Terimakasih group keto tercinta πŸ’•πŸ’• Terimakasih Bapak ibu yg sdh posting penyemangat2, resep2.. I love you full ❀️❀️

Budi Hamdani Lebaran kemarin dicuekin keluarga dari Emak, dikirain bukan keluarga…. Hua Hua huaa… Karena yg mereka kenal si akang Budi yang selalu ndutttt dengan BB 101 kg.

Suci Arianti Saat pulang mudik tiap ketemu saudara selalu dibilang halloo mbak q yg endutt😭mana susah klu mau bergaya cuma ngiler aza liat baju cakep”😒

Dody Indra Wisnu Salah satu trigger saya adalah Anak. Dia pernah komplain, dan ngga mau dianter sekolah sama Ayahnya, karena Ayahnya gendut πŸ˜‚

Angguilla Davis Semenjak gemuk sy anti bgt beli baju. Paling kaos, celana juga legging2. Pas mau ada acara. Mau ga mau hrs beli gaun. Se mall d cb, sebagus2ny baju, tetep klo sy yg pake ga bagus 😒😒 sampe capek, sedih, pgn nangisssss…. semua blg bisa d permak kok.. Free permak.. Masa iya beli baju mahal2 tembel an.. Dr situ sy bertekad hrs bisa.. Banyak liat tmn2 dsini yg target ny puluh an kilo aja bs.. Masa saya ga bs.. Dan alkhamdulillah… Keto bnr2 bikin sy jatuh cintaaaaaa πŸ’•πŸ’•πŸ’• dan happy ny lg asam lambung sy udh berkurang skr…

Siwi Batik Croche Yang menyenangkan aja ya? Selalu dikasih tempat duduk di bus TransJakarta karena dikira hamil. Antara bahagia, geli, terharu, ama pilu πŸ˜…

Yuni Christina Dibilang hamil brp bulan trus dikasih tempat duduk pas di busway,,

Puji Astuti Saimin Selalu punya size lebih dibanding teman2 dari mulai bayi dgn bobot 4 kg waktu lahir ditahun 197- sdgkn bayi yg lain 2 kg πŸ˜„

Wishnu Dwi Marendra 100 persen isi lemari pakaian muat semua..(bahkan banyak yg kedodoran :D)..

Dian Luthfianingtyas Saat ini semua baju hampir di XL 😭 yang sebelum hamil M menuju S. Kemarin cobain keto lagi ngga kuat, laper melulu karna masih menyusui. Sudah tak tahan berat bawa perut nduutπŸ™ˆ

Meidiana Wahyudi Atmadja Yang paling mengharukan adalah ketika saya dibilang, ya ampyuuunn nambah cantik, nambah muda, nambah kinclong, nambah langsing. Dikemanain bohay woman nya?? Sambil bingung jawabnya… Kemana ya?? Hhhmm… Sudah lupa tuh πŸ™ƒπŸ˜‚ bye bye mba bohay woman 🀣

Luluk Nurhayati Sebelumnya aku udah banyak ikut diet gak ada yang berhasil, saat ini sejak ikut keto udah 8 mg BB dari 87kg sekarang 78 kg,,,,, kenapa kok sekarang kurusan, apakah kena diabetes 😰😰😰

Tapi kelihatan lebih muda n cantik kurusan dikit 😊kata temen2

Kristin Tan Pas jalan2 Ke toko baju … semua yg di display sdh minta size yg paling besar pun ternyataahh … gak ada yang muat…dan pas lihat bayangan di cermin, benar2 tidak suka dengan yg ada di cermin tsb… ☹️ sering di ajak photo bareng temen2… maunya ngumpet dan tidak pernah mau diphoto bareng suami ataupun anak2… soalnya pas lihat hasil photo … selalu kecewa 😫 … paling gak suka sama camera… πŸ€¦πŸ»β€β™€οΈ

Andrianto Kurniawan Gemuk dari lahir…adalah sesuatu..sampai temen2 waktu SD memanggil dengan panggilan Gendut…😀😀, waktu remaja..lagi happening break dance..sekali lagi hanya jadi penonton karena badan tidak memungkinkan untuk meliuk2 karena overweigth…πŸ˜”πŸ˜”…..but it’s over now….bye2 Gendut…πŸ–πŸ–..Umur diatas 40 dgn tubuh ideal & fit seperti Abegeh…lebih sesuatu….πŸ˜„πŸ˜„πŸ’ͺπŸ’ͺ😎😎..terimakasih Mas Annas Ahmad..πŸ™πŸ™πŸ˜πŸ˜

Yanti Rasjid Sedih saat sarapan di kantin…..sy dibilang gak perlu makan, cadangannya masih banyak 😭. Eh sekarang, stlh mendingan (ukuran mengecil tp bb blm ideal), mereka cuma bilang : “kirain siapa, beda” πŸ˜‰

Rosmauli Simanjuntak Ketika hendak rapat diminta pake dresscode pink. Baju lama yg selama ini dipakai ternyata sudah kelunturan, mau beli baju baru…nggak keburu lagi… Lalu…pas buka-buka lemari pakaian, ketemu blouse pink polos kesukaanku waktu masih gadis 21 tahun yang lalu…..eeh pas dicoba, ternyata muat dan enak dilihat krn lemak di badan sdh berkurang banyak…

ReinQa Suamiku itu badannya kecil, lbh tinggi sedikit dr aku, dan lebih muda 3th umurnya dr ku. Dulu…. Sblm keto, Saat lg jalan sm suami, aku dikira ibunya suamiku😭 dont know what to say or do…. Aku cm bisa ngebatin…. Sedih rasanya….

Siti Koto Selalu disuruh tambah nasi setiap makan bareng 1 kantor, dikira krn tumbuh sy ndut jd porsi nasi 1 piring itu pasti kurang, betul2 merasa terhina dan sedih, trus setiap pemilihan utk tampil kedepan sy selalu tidak terpilih krn ndut, sy akan buktikan kalo org ndut ini akan jd kurus, semangat πŸ’ͺ

Sigmeilan Gft Inget dulu ke toko jeans laki2 krn ukuran 34,,secara dulu susah nemuin ukuran bigsize dibandung awal2 aku ngekos,,, πŸ˜„

Benny Iskandar Aku orang proyek dgn berat 110 kg, suatu ketika beberapa tukang tidak mengijinkan aku naik tangga temporrary, dimulut dia bilang takut boss besar jatuh, dibelakang waktu di warung yg saya dengar sayang tangganya ntar kalo patah, waduh udah keburu seneng anak buah perhatiannya ga taunya sayang ama kerjaanya bukan boss nya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Cindy Unggana Cucu Kisah mengharukan buat saya adalah stlh 7thn coba diet ini itu gk pnh berhasil, dr paling murah smp yg mahal(buat sy) gk ad yg bener, bajupun yg lama2 ud dikasi2in karna hopeless gk mgkn bakal balik lg spt dahulu kala mana banyaknya dikira lg hamil gr2 perut gede bengkak alamakkk serem lah tp smenjak gabung dgn keto dr tgl 11feb2019 smw itu jadi kenyataan bisa pake celana jeans, baju yg ud gk muat jd longgar, foto fullbody jadi PEDE, ketemu orang jg pede, dan byk yg nanya kok bisa 😁 , tp yg pasti mah SEHAT yang sy dapatkan dari KETO 😍😍😍😍😍😍😍😍😍 . BB sy skr 67 dari 75 (masih 17lg menuju ideal), sy blm pnh menginjak angka 6 slama diet sll mentog 71 balik 75. Its so AMAZING!!!!!!!! Terima kasih keto dan pak Annas Ahmad 😍

Efek Jangka Panjang Diet Keto

Efek Jangka Panjang Diet Keto

Beberapa bulan yang lalu ada seorang dokter di TV yang mengatakan jangan melakukan diet keto jangka panjang. Kata-nya tidak boleh lebih dari 6 bulan….

Apa bener ya?

Sebelum melanjutkan cek artikel : “Apa Aku Harus Diet Keto Seumur Hidup?”

Seperti kita ketahui diet keto memang sangat populer tahun lalu dan ada yang mengatakan tahun 2018 adalah kebangkitan diet keto, dan pola tinggi lemak, rendah karbo ini akan terus menjadi satu diet populer tahun ini. Dan tidak hanya orang tua, generasi muda dan millenials pun sudah banyak yang mulai mencoba dan menikmati gaya hidup ketogenic ini.

CEK : Klik untuk mengetahui sebelum memulai diet keto.

Kini tiap hari pasti Anda bisa bertemu dengan teman, kerabat, atau keluarga yang mendapatkan manfaat dari diet ketogenic. Bisa jadi berat badan yang turun, keluhan penyakit berkurang, energi makin tinggi, dan banyak hal positif lainnya.

Beberapa orang lainnya ada yang masih terus mengkhawatirkan efek jangka panjang dari diet keto. Sampai ada tuduhan keto ini hanya bermanfaat jangka pendek (berat badan turun) tapi berbahaya jangka penjang. Hmmmm… Yuk kita bahas bersama.

Diet keto ini memang kembali populer sejak tahun 2014 – 2015. Ketika banyak sekali riset tentang lemak, kemudian terkuaknya berbagai teori kolesterol yang ternyata “tidak ilmiah”. Tidak ada hubungan langsung antara lemak jenuh dan sakit jantung. Lalu semakin meningkatnya fenomena diabetes dan kasus penyakit yang tanpa ujung.

Banyak orang sudah menghindari konsumsi tepung olahan dan gula, merasakan manfaatnya, dan dengan meningkatkan asupan lemak-nya ternyata peningkatan kesehatan semakin baik lagi. Sedikit demi sedikit misteri itu terkuak. Pondasi dari kesehatan kini makin nampak nyata.

Beberapa dokter yang mendukung pola keto juga mulai memihak dan melihat turunnya berat badan, keseimbangan hormon, peningkatan energi, gula darah yang normal dan perbaikan kesehatan nampak nyata.

Menurut para ahli, diet ketogenic sebelumnya pernah digunakan untuk kasus epilepsi atau penyakit neurologis lainnya dan mengurangi peradangan di otak.

Apakah diet hoax?

Ada beberapa “ahli” diet yang nampak agresif dan menjadi anti-keto, menganggap diet yang abal-abal, atau tidak ada acuan ilmiahnya, bahkan menganggap sensasi saja.

Beberapa program pelangsingan lain juga melihat keto sebagai diet extra ketat atau diet yang extrim. Dianggapnya sebagai diet instant yang tidak akan bisa dilakukan jangka panjang.

Jika kita belajar termasuk di buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner, dengan mengurangi asupan karbohidrat (yang selama ini dianggap sebagai makanan pokok) secara dramatis akan membuat tubuh mulai membakar lemak dan menurunkan berat badan. Banyak orang yang tidak memahami proses adaptasi ketika tubuh mulai masuk ke metabolisme ketosis.

Banyak orang lebih menganjurkan untuk “diet seimbang”, olahraga, konsumsi buah, sayur, dan biji utuh untuk kesehatan. Ya, itu semua bagus, sayang-nya untuk mendapatkan tubuh sehat seperti didapat dari pola ketogenic akan jauh lebih sulit lho!

Diet ketogenic, dengan ditunjang olahraga, tidur yang tepat, dan relaks akan menghasilkan perpaduan yang luar biasa untuk kesehatan.

Ahli lain ada yang mengatakan karbohidrat itu tidak berbahaya kok, kenapa harus dihindari. Ya, itu benar, tetapi menjaga agar kita menjaga tidak over carb, akan lebih sulit, karena kadar insulin dengan mudah memicu hormon lapar, dan menghambat hormon rasa kenyang.

Dengan membatasi karbohidrat dengan batas 5%, kita bisa mendapatkan manfaat dari metabolisme ketosis, tubuh mampu menggunakan lemak sebagai bahan bakar yang bersih dan bekerja efisien dengan penggunaan insulin yang lebih sedikit.

Banyak ahli yang berpikiran terbuka bersikap lebih fair dengan melihat parameter sindrom metabolik para pelaku ketogenic.

Jika lingkar perut ideal, gula darah normal, tekanan darah normal, rasio kolesterol sehat, maka pola ketogenic mengarahkan kesehatan yang lebih baik untuk jangka pendek maupun panjang.

Mari kita bersama terus mempelajari dari berbagai literatur, mencoba dan mencatat hal-hal penting dan parameter kesehatan kita masing masing.

Mau Info Diet Keto




 

100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.
Top 3 Pencarian Google Seputar Makanan, Kesehatan dan Diet Tahun 2018

Top 3 Pencarian Google Seputar Makanan, Kesehatan dan Diet Tahun 2018

Akhir tahun selalu memberikan semangat untuk menyambut tahun yang baru, goal baru, resolusi baru. Tentu, kami mengucapkan terima kasih atas kebersamaan di tahun 2018 ini. Pembaca, partisipan, kontributor, dan pelanggan yang senantiasa semangat utnuk membantu, mendukung, dan berbagi untuk menciptakan perbedaan positif bagi pribadi. Lebih langsing, lebih sehat, lebih bahagia!

Akhir bulan yang lalu google menginfokan bahwa “diet keto” menjadi pencarian yang populer di Indonesia. Sehingga kami pun semakin bersemangat berbagi konten-konten keren dan berkualitas untuk pembaca foodketo.com

Cara diet keto

Kita tahu banyak sekali masalah kesehatan dan penyakit yang kita hadapi saat ini – seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, kanker dan demensia – dan secara umum sangat terbantu sekali dengan pola makan ketogenic, yaitu makan tinggi lemak sehat, protein terbatas dan rendah karbohidrat.

Asal katanya adalah keton, yaitu bahan bakar yang berasal dari lemak sebagai sumber energi.

Jika mau mempelajari lebih dalam, Anda akan merasakan bagaimana fungsi tubuh sampai tingkatan sel bekerja dengan lebih baik, meningkatkan fungsi mitokondria, dan akhirnya tubuh sendiri mampu membakar lemak tubuh dengan efisien.

Mulai diet keto

Selama ini kita selalu ditakut-takuti untuk tidak mengkonsumsi lemak, bahkan kalau bisa harus dihindari. Nah, ketika menjalankan diet keto, malah disuruh makan banyak lemak. Banyak sekali pro kontra terkait hal ini yang membuat orang takut memulai diet keto.

JIka Anda mau belajar lebih jauh, faktanya protein dan lemak adalah nutrisi esensial yang diperoleh dari makanan. Sedangkan tidak ada yang namanya karbohidrat esensial. Manusia akan tetap hidup walau tidak mengkonsumsi nasi, mie, roti, dan sejenisnya.

Adaptasi Ketosis

Ketika kita merubah pola makan kita, dari sebelumnya menggunakan bahan bakar utama dari glukosa kemudian menjadi keton, akan ada proses adaptasi. Ini sangat normal kok.

Adaptasi ini dikenal dengan istilah ketoflu. Nah, pada beberapa orang adaptasinya bisa saja berbeda. Baca lengkapnya di : https://foodketo.com/efek-detoks-healing-crisis-hc-efek-samping-dari-diet-ketogenic/

Fakta hari ini kita banyak sekali dikelingi oleh masalah kesehatan berulang dan terus menerus. Mulai dari hal sederhana seperti tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, hingga kanker.

Solusi yang ditawarkan saat ini perlu digali lebih dalam dari sisi makanan kita sehari hari. Lihat saja ancaman dan bahaya makanan yang ada disekitar kita menyebabkan risiko kesehatan yang buruk. Tapi selama ini kita tidak menyadari, dan tidak memahami. Ibaratnya hanya melihat puncak gunung es saja.

Ilmu kedokteran saat ini pun masih terus terfokus pada obat dan pengobatan, hingga sedih sekali ketika kabarnya BPJS pun harus berhutang milyaran. Seringkali, masalah makanan ini terlihat seperti hal yang mustahil!

Tapi ternyata ini adalah RAHASIA-nya.

Bagaimana menjadikan ketogenic ini membuat kita lebih mudah dan sederhana mendapatkan tingkat kesehatan yang lebih baik. Anda hanya perlu mengambil langkah kecil. Kemudian benar-benar berkomitmen untuk mengendalikan makanan, maka dalam waktu kurang dari 30 hari Anda akan merasakan perubahan yang nyata. Kami sudah siapkan buku ketogenic : Gaya Hidup Revolusioner, flashcard, suplemen pelengkap, bahkan mentoring dan coaching untuk membantu Anda mengurai sesuatu yang mungkin Anda anggap rumit.

Di group Ketogenic Indonesia, Anda juga bisa diskusi dengan banyak sahabat baru tentang makanan apa yang bisa dimakan, kombinasi dengan puasa, cara tidur berkualitas, olah raga, sampai sharing resep lho!


Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...