Ketosis atau Ketoacidosis? Baca dulu biar gak bingung…

Ketosis atau Ketoacidosis? Baca dulu biar gak bingung…

Jika Anda diskusi dengan dokter Anda tentang ketosis, maka hampir dipastikan 50% lebih para proffessional medis akan berpikir tentang ketoacidosis. Memang kenyataannya mereka masih rancu antara ketosis dan ketoacidosis, apalagi buat orang kebanyakan…

Yuk kita bedah satu-satu di artikel ini…

Ketosis adalah kejadian alami dan aman, karena dikendalikan secara mandiri oleh tubuh. Artinya tubuh menggunakan keton menjadi sumber energi ketika tidak tersedia lagi glukosa yang cukup.

Untuk mencapai ketosis tubuh akan dalam beradaptasi dalam mode bertahan hidup. Prosesnya membatasi asupan karbohidrat dan puasa. Itulah mengapa diet keto berfokus pada asupan karbohidrat yang sangat rendah, asupan protein sedang sampai rendah, dan konsumsi lemak diet yang tinggi. Protein rendah penting karena mencegah tubuh menggunakan massa otot untuk energi. Puasa juga akan memicu kondisi ketosis lho.

Keton akan dimetabolisme, diproduksi oleh liver dari asam lemak. Keton ini kemudian digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi, termasuk otak.

Ketoasidosis atau diabetic ketoacidosis adalah kasus medis yang jarang ditemukan, disebabkan oleh kurangnya insulin dalam tubuh (pre diabetes atau diabetes tipe 1/2 ). Tubuh kekurangan insulin, sehingga gula darah naik ke tingkat tinggi dan tubuh juga tidak bisa mampu mengolah menjadi glikogen dan energi. Tubuh akan kekurangan energi, dan mencari sumber energi lain sehingga metabolisme lemak akan menghasilkan keton yang abnormal. Kombinasi gula darah tinggi (biasa-nya diatas 200 mg/dL) dan kadar keton tinggi (diatas 50) bisa mengganggu tubuh dan berbahaya.

Jika Anda memiliki kasus diabetes, wajib merawat diri sangat ketat. Karena bahaya dari diabetes adalah komplikasinya.

Penyebab ketoacidosis :
-Konsumsi alkohol
-Tiroid yang terlalu aktif
-Penyakit atau infeksi seperti infeksi saluran kemih dan pneumonia
-Obat yang bisa menghambat penggunaan insulin normal
-Penyalahgunaan narkoba
-Stress

Lakukan pengechekan gula darah, jika GDP lebih dari 100 mg/dL Anda harus waspada. Silahkan konsultasi dengan dokter dan ahli medis professional.

Dalam keadaan tubuh yang normal, diet tinggi lemak rendah karbohidrat, atau ketosis tidak akan memicu ketoasidosis. Ketogenic akan membawa tubuh menjadi ketosis, keadaan alami dan aman yang membuat tubuh membakar cadangan lemak tubuh sebagai sumber energi.

Mengukur Kadar Keton
Cara terbaik untuk menentukan apakah Anda berada dalam ketosis adalah dengan pengujian kadar keton baik dalam darah maupun dalam urin dan nafas.

Tingkat keton bisa berkisar dari nol sampai sangat tinggi, dan mengukurnya akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang ketosis.

Lihat tabel diamana kondisi keton yang optimal untuk seseorang yang menjalani diet ketogenic, sampai tingkat ketoacidosis seperti yang baru saja kita bahas.

Anda bisa diuji keton di laboratorium, atau pun uji sendiri di rumah dengan keton strip.

Menguji Kadar Keton Sendiri di Rumah
Ada tiga jenis tes keton yang umum dilakukan dan bisa Anda lakukan di rumah untuk memantau tingkat keton di dalam tubuh:

Pengujian Urin
Menguji keton dalam urin adalah pilihan cepat, sederhana, dan murah. Dengan menggunakan strip urin, Anda bisa menemukan di beberapa toko online. Kadar keton ditunjukkan dengan warna setelah kencing. Kelemahan dari metode ini adalah pembacaan strip urin dapat dipengaruhi oleh faktor lain dan tidak terlalu akurat. Namun, cukup membantu bagi mereka yang baru mengenal makanan ketogenic dan tertarik untuk melihat apakah sudah ketosis.

Pengujian Darah
Berbeda dengan tes urine, tes darah untuk kadar keton akan sangat akurat. Ada beberapa alat portable untuk mengukur glukosa dan keton dalam satu alat. Memang harga stripnya cukup mahal, sekitar 50-100 ribu setiap kali tes.

Pengujian Nafas
Seperti tes urine, pengukuran keton pada nafas bukanlah metode yang akurat, tapi sangat membantu jika digunakan dengan metode lain. Ada alat khusus yang digunakan, tapi masih tersedia di luar negeri. semoga segera masuk ke Indonesia juga yaaa. Keuntungan dari metode ini adalah setelah Anda membeli alat, tidak ada biaya tambahan untuk pengujian.

Oh ya, jika ingin cepat mendapatkan energi dari keton. Silahkan baca panduan diet KETOGENIC gunakan virgin coconut oil juga ya…

selamat mencoba!



1 thought on “Ketosis atau Ketoacidosis? Baca dulu biar gak bingung…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download