Diet Keto, Lemak, dan Sakit Jantung?

Diet Keto, Lemak, dan Sakit Jantung?

Kenyataan sebaliknya. Diet keto dan Minyak (lemak) Kelapa banyak menyelamatkan orang-orang yang telah divonis sakit jantung, harus pasang ring, bahkan operasi bypass.

Minggu kemaren di Malang, bersama dr. Gani dan Ibu Rahmi sharing di acara germas yang merupakan kegiatan rutin dari dinas kesehatan. Beliau berbagi pengalaman tentang bagaimana akhirnya operasi bypass jantung yang sudah tidak bisa di pasang ring, akhirnya bisa pulih hanya dalam waktu 4 bulan!

.
.

Diet keto secara umum akan membawa seseorang memiliki pilihan makanan yang lebih sehat. Coba perhatikan sekeliling kita yang menyediakan banyak makanan olahan dimana mana penuh dengan kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi.

Dalam banyak kasus, pelaku diet keto mampu menurunkan berat badan dalam cukup singkat. Ini tidak mudah memang, karena selama ini kita dipaksa untuk mempercayai bahwa lemak yang kita makan akan ditimbun menjadi lemak, sedangkan jenis nutrisi yang lain tidak.

Mitos : Lemak jenuh menyebabkan penyakit jantung

Saat ini, sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa lemak jenuh atau kolesterol bukan penyebab sakit jantung, bukanlah penyebab pembentuk plak & penyakit kardiovaskular. Cara makan dan diet yang salah, tidak ada aktivitas fisik, kurang istirahat, dan pola hidup yang buruk mengakibatkan banyak gangguan kesehatan.

*Silahkan cek beberapa penelitian terkini:
* 2018: University Of Cambridge School of Clinical Medicine : Peneliti membandingkan efek dari minyak kelapa, mentega, dan minyak zaitun. 96 orang yang diteliti, konsumsi 50 mg (sekitar 3 sendok) salah satu dari masing-masing minyak yang dikonsumsi setiap hari selama 4 minggu. Para peneliti menemukan bahwa minyak kelapa meningkatkan kolesterol HDL tanpa mempengaruhi LDL. Minyak kelapa menurunkan rasio kolesterol, lebih baik dari dua lemak lainnya. Menunjukkan bahwa lemak kelapa berfungsi lebih baik daripada minyak zaitun.

* 2018: SVYASA Yoga University, India : Pengaruh kelapa pada orang dewasa yang sehat. 80 orang, mejadi 2 kelompok – Kelompok kelapa mengkonsumsi 100 gr kelapa, kelompok kacang mendapat 45 gr kacang tanah & 22 gr minyak kacang tanah setiap hari, disertai dengan diet seimbang selama 3 bulan. Ada peningkatan yang signifikan dalam HDL kelompok kelapa. Penurunan berat badan, kadar gula darah dan peningkatan kadar hemoglobin. Studi ini membuktikan persepsi umum tentang kelapa yang dianggap buruk untuk jantung adalah salah.

* 2017: Lancet : Menerbitkan penelitian yang melibatkan 37 peneliti dari 18 negara. Mereka mengumpulkan data dari 135.000 subjek untuk mengevaluasi risiko penyakit jantung dalam kaitannya dengan asupan lemak. Para peneliti menyatakan bahwa mereka tidak menemukan korelasi antara konsumsi lemak jenuh dan penyakit kardiovaskular. Pembatasan diet pada lemak jenuh harus direvisi.

* 2016: American Journal of Clinical Nutrition : meneliti apakah konsumsi lemak jenuh dikaitkan dengan penyakit jantung – 35.597 peserta. Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak jenuh yang tinggi tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung iskemik.

* 2014: Universitas Cambridge menerbitkan meta-analisis : 72 studi yang diterbitkan sebelumnya yang melibatkan lebih dari 600.000 peserta dari 18 negara. Hasilnya menegaskan, tidak ada hubungan antara asupan lemak jenuh dan penyakit jantung.

* 2010: American Journal of Clinical Nutrition : Meta-analisis yang menggabungkan data dari 21 studi yang diterbitkan sebelumnya, yang melibatkan lebih dari 347.000 subjek. Studi ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi lemak jenuh dan penyakit jantung. Orang-orang yang makan paling banyak lemak jenuh tidak menderita serangan jantung atau stroke, dan sebaliknya terjadi kasus tersebut pada mereka yang makan sedikit lemak jenuh.
.
.

Saat ini, sudah ada lebih dari 10.000 studi tentang minyak kelapa yang terdaftar dalam literatur medis. Lemak jenuh dalam kelapa pada dasarnya adalah asam lemak rantai menengah dan tidak berpengaruh pada sintesis kolesterol atau transportasi kolesterol, tetapi secara langsung digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Minyak kelapa lebih mudah dicerna daripada lemak lain, meningkatkan penyerapan nutrisi (vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak), sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk malnutrisi serta gangguan pencernaan. Minyak kelapa juga tidak berkontribusi terhadap penambahan berat badan, menstimulasi metabolisme, meningkatkan energi, memiliki sifat antimikroba yang kuat, dan meningkatkan metabolisme energi di otak.

Lalu bagaimana dengan diet keto dan jantung?
Diet keto akan membuat kita mengasup sangat sedikit karbohidrat, dan konsumsi lebih banyak lemak.

Dalam pilihan lemak, pastikan menghindari lemak trans dan omega 6 berlebihan seperti yang ada dalam minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak kanola. Jenis minyak ini sudah overprocessed dan struktur lemaknya rusak.

Dalam ketogenic, maksimalkan kebutuhan nutrisi dengan :
– Sayuran rendah karbohidrat seperti tomat, terung, paprika, jamur, dan bayam.
– Beberapa jenis daging termasuk ayam, bebek, kambing, dan daging sapi
– Ikan dan makanan laut seperti salmon, tuna, atau tiram
– Telur dan alpukat
– Kacang dan biji
– Olahan susu seperti keju, kefir dan yogurt
– tentu jangan terlewat virgin coconut oil dan minyak kelapa

Ada pro dan kontra untuk diet apapun – Tetapi kesempatan Anda untuk berhasil mengikuti gaya hidup keto akan meningkat ketika Anda bahagia dan merasakan perubahan positif dalam diri. Pilihlah dengan bijak!

Dapatkan Cara Mudah Memulai Diet Keto




100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download