Jadikan Imunitas Sebagai Garis Pertahanan Terbaik

Jadikan Imunitas Sebagai Garis Pertahanan Terbaik

Dokter, rumah sakit, fasilitas kesehatan adalah pertahanan terakhir. Pertahanan pertama adalah diri kita masing-masing dalam menghadapi pandemi yang sudah berlangsung secara mendunia di Bulan Januari 2020 ini.

Kekebalan tubuh uang kuat adalah Pertahanan Pertama!

Penting untuk menyadari sepenuhnya bahwa kita harus fokus kepada hal-hal yang bisa kita kontrol. Hindarkan terlalu banyak konsumsi berita-berita yang membuat kita takut, cemas, bahkan panik. Biarkan semua yang ada diluar kontrol kita berjalan, dan kita fokus kepada hal-hal yang bisa kita kontrol.

Catat : Pikiran kita, tindakan kita (lebih menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, menghindari gula, dll) serta respon kita adalah hal-hal yang bisa kita kontrol sendiri.

Kita semua sudah tahu bahwa sering mencuci tangan, pakai masker, menjaga jarak sosial akan membantu membatasi penyebaran virus, lalu apa lagi yang bisa kita lakukan untuk bisa meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh kita?

Yuk kita buat beberapa daftar-nya :

  1. Hentikan asupan gula dan menghindari makanan kemasan (terutama tepung olahan). Usahakan bisa memasak sendiri sehingga bisa memilih bahan yang digunakan dan proses-nya lebih aman.
  2. Tidur cukup setiap malam – Kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan kita jatuh sakit. Pelajarilah tentang siklus sirkadian dimana tubuh akan meregenerasi sel secara optimal di kala kita tidur.
  3. Asup probiotik berkualitas tinggi – Secara umum seimbangkan probiotik dan prebiotik yang bisa membuat keseimbangan bakteri usus terjaga dengan baik. Asuplah sayur fermentasi, maupun bahan pangan fermentasi lainnya seperi cuka apel, cuka kelapa, kefir, kimchi, acar, asinan, miso, ataupun yougurt. Buatlah sendiri atau jika membeli pilihlah yang tidak mengandung tambahan gula. Selanjutnya cukupi kebutuhan serat untuk membantu menyeimbangkan mikrobioma usus dan memberi makan bakteri sehat dalam usus. 
  4. Konsumsi suplemen tambahan. Tentu makanan adalah sumber terbaik untuk makro nutrisi maupun mikro nutrisi. Tetapi dalam kondisi saat ini Anda bisa menambahkan beberapa suplemen misalnya vitamin A, C, D3, K1, K2, seng, selenium dan vitamin B. Bisa juga dapatkan kemampuan imunitas ini dari bahan alami seperti daun kelor. Jika membutuhkan minyak kelor bisa klik disini.
  5. Minum VCO dan jamu – minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang tinggi yang bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda. Jamu seperti jahe, temulawak, pegagan, meniran, kunyit dan herbal lain juga bisa dikonsumsi rutin agar tubuh makin segar.

Kita juga perlu mengaktifkan hormon-hormon baik yang bisa dikeluarkan sendiri oleh tubuh kita. Yaitu DOSE : Dopamine, Oxytocin, Serotonin, Endorphins. Hormon ini dipengaruhi sekali oleh perasaan kita, tubuh kita dan pikiran kita. Sehingga berhenti melihat berita-berita negatif sangat efektif. Ubah menjadi kegiatan lain misalnya membaca buku, berolah raga, atau dzikir lebih banyak.

Kita, WHO dan semua negara telah menyatakan kasus virus ini sebagai pandemi dan banyak korban kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Penyebarannya juga begitu cepat. Dalam masa-masa sulit seperti ini, kita semua perlu belajar memilah informasi apa yang tepat dan bisa membantu diri kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

Saya juga sudah siapkan infografis “Survival Guide” serta materi-materi lainnya yang bisa Anda akses untuk mendapatkan info yang bermanfaat selama Working From Home maupun belajar mandiri di rumah.

DOWNLOAD SURVIVAL GUIDE

Semoga bermanfaat….

 

Di group Ketogenic Indonesia, kita juga support penggalangan dana untuk APD bagi tenaga medis. Silahkan klik di link berikut ini untuk support : DONASI KITABISA.COM

Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download