Kenapa Anda Takut Kolesterol?

Kenapa Anda Takut Kolesterol?

Dunia medis dan kedokteran berubah sangat drastis dalam 100 tahun terakhir. Dulu dokter banyak diperlukan akibat peperangan, ataupun karena bencana alam. Tapi kondisi itu berubah sejak tahun 1900-an. Kini dokter dan medis seakan kehilangan arah bagaimana membuat manusia di dunia ini hidup lebih sehat.

Kok bisa?
Apa buktinya?

Lihat saja grafik peningkatan dari kasus obesitas dan penyakit degeneratif (jantung, kanker, diabetes, dan sebagainya).

Mungkin bagi beberapa orang hal ini tidak masuk akal, tapi menurut saya sih akalnya saja yang belum masuk. Saya menyarankan Anda membaca buku “The Great Cholesterol Myth” untuk memahami secara lengkap. Tulisan ini dibuat sangat sederhana yang ditujukan pada orang awam saja.

Pada dasanya kolesterol adalah satu bagian penting dari kehidupan. Bisa disebut, tanpa kolesterol tidak akan ada kehidupan. Sehingga karena sangat pentingnya, semua sel tubuh mampu mensintesis kolesterol. Selama ini orang awam di bombardir dengan berbagai informasi yang salah tentang kolesterol. Dianggap semakin rendah kolesterol itu semakin baik. Faktanya sebaliknya. Kolesterol adalah molekul penting bagi tubuh. Tugas dari kolesterol adalah pembentuk sel, bahan baku berbagai hormon, serta sintesis vitamin D.

Entah mengapa, akhir-akhir ini dokter diseluruh dunia menghabiskan banyak uang (milik pasien) untuk memaksa tubuh tidak memproduksi kolesterol. Banyak fakta menunjukkan hanya sedikit orang yang mendapat manfaat dari menekan kolesterol, dan sebaliknya banyak orang yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan ketika kadar kolesterolnya cukup.

Bagaimana kita sampai pada kondisi menyedihkan ini?

Salah satu kunci jawabannya adalah : Ancel Keys.
Dia lah yang membuat kesimpulan bahwa kelebihan kolesterol menyebabkan penyakit jantung.

Sehingga di masa itu, bahkan mungkin sampai sekarang, lemak mendorong kadar kolesterol, kemudian mengemuka ide tantang lemak jenuh sebagai penjahat dari kesehatan dan selalu dihubungkan dengan penyebab penyumbatan arteri pada pembuluh darah.

Banyak orang percaya begitu saja bahwa lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol, kemudian menyebabkan kolesterol tinggi, dan berakibat buruk untuk jantung.

Teori yang terlihat bagus dan sederhana, tetapi tidak benar, bahkan menyesatkan!

Faktanya itu tidak terjadi, tidak terbukti, sehingga sebabnya mengapa masih disebut sebagai hipotesis lipid. Karena pengaruh Keys, akhirnya hipotesa ini dianggap sebagai sebuah fakta.

Untuk mempersingkat tulisan ini, dan Anda lebih memahami secara mudah, mari kita langsung saja melihat mevalonate pathway. Siklus ini akan menggambarkan dengan lengkap bagaimana proses terbentuknya kolesterol, bagaimana mekanisme kerja obat penurun (penghambat) kolesterol, efek dari terganggunya pembentukan hormon, hingga efek dari menurunnya enzym Q10 sebagai energi bagi jantung. Yang lebih jauh lagi ternyata ini akan berpengaruh terhadap proses berpikir, daya ingat, dan alzheimer.

Kolesterol disintesis di hati melalui jalur yang disebut jalur mevalonat, juga dikenal sebagai jalur reduktase HMG-CoA.

Mungkin bahasa ini terlalu biokimia, tapi Anda tidak perlu hafal secara langkap, cukup perhatikan saja aliran prosesnya. Enzim HMG-CoA reduktase bertanggung jawab untuk memulai pembuatan kolesterol, enzym inilah yang diganggu oleh obat-obatan penurun kolesterol jenis statin (Obat statin secara teknis dikenal sebagai HMG-CoA reductase inhibitor).

Nah dalam siklus mevalonat, ini jelas bahwa menghambat HMG-CoA jelas tidak hanya berpengaruh terhadap pembentukan kolesterol, dan tuntuk juga produksi coenzim Q10, yang merupakan nutrisi terpenting bagi jantung. Selanjutnya juga jelas memblokir atau menurunkan produksi
faktor NF-kB, sehingga mengganggu kegiatan yang mengatur produksi protein, dolichols, dan selenoprotein.

Sehingga ini adalah jalur yang sangat penting dalam menghasilkan senyawa untuk tubuh, dan jangka panjang efek perubahan sistem yang rumit ini akan sulit di prediksi. Sehingga hati-hati, dipikir hebat dan bagus bisa menekan kolesterol darah, padahal efek sampingnya juga menghambat kebutuhan kolesterol untuk pembentukan dan regenerasi sel di otak.

Otak mutlak bergantung pada kolesterol untuk berfungsi optimal.

Meskipun otak hanya 2 persen dari total berat tubuh, tetapi mengandung 25 persen kolesterol tubuh.

Kolesterol adalah bagian penting dari selaput sel di otak, dan memainkan peran penting dalam transmisi neurotransmiter. Tanpa kolesterol,
sel-sel otak tidak dapat secara efektif “berbicara” dan berkomunikasi satu sama lain, komunikasi antar sel terganggu dan kognisi serta memori secara signifikan terpengaruh.

Sekarang coba cari di sekeliling kita yang sudah mengkonsumsi statin lebih dari 6 bulan. Coba tanyakan bagaimana ingatan beliau? Saya ada seorang paman yang menangis, karena sekarang jadi pelupa. Dulu beliau seorang dosen, tapi kini semua ilmu-nya yang diajarkan ke mahasiswanya bertahun tahun pun lupa. Yang lebih beliau takutkan adalah kehilangan hapalan surat-surat ketika sholat….

Masalah kognitif dan memori adalah salah satu yang paling dramatis dan efek samping yang mengerikan dari obat statin, dan studi tahun 2009 dari Iowa State Universitas, Yeon-Kyun Shin, Ph.D., profesor di departemen biokimia, biofisika, dan molekuler, menguji neurotransmitter sel otak dalam percobaan. Awalnya beliau mengukur bagaimana sistem itu bekerja saat kolesterol dihilangkan dari sel kemudian membandingkannya dengan bagaimana sistem berfungsi ketika kolesterol dimasukkan kembali.

Kolesterol meningkatkan fungsi protein lima kali lipat.

“Studi kami menunjukkan ada hubungan langsung antara kolesterol dan pelepasan neurotransmitter,” kata Shin. “Kolesterol mengubah bentuk
dari protein untuk menstimulasi pemikiran dan ingatan.”

Dan berikutnya adalah fakta yang tidak dapat dibantah: Obat statin secara signifikan menghabiskan simpanan tubuh Anda dari coenzyme Q10 (CoQ10).

Belum pernah dengar tentang CoQ10, semoga tulisan ini akan menjadi awal yang baik untuk memahami pentingnya CoQ10 untuk kesehatan manusia. Dan kita harus sadar menekan CoQ10 oleh obat statin adalah masalah besar. Turunnya CoQ10 adalah salah satu efek negatif terpenting dari statin, dan banyak bertanggung jawab atas sejumlah efek samping yang umum terjadi pada nyeri otot, kelemahan kontraksi, dan kehilangan energi terutama pada jantung.

CoQ10 adalah senyawa mirip vitamin yang ditemukan di hampir setiap sel di tubuh manusia, dan ketika level CoQ10 Anda jatuh, maka tubuh kita jelas dalam kondisi yang buruk. CoQ10 digunakan dalam jalur metabolisme penghasil energi setiap sel. Ini adalah antioksidan kuat, melawan kerusakan oksidatif dari radikal bebas dan melindungi membran sel, protein, dan DNA.

Efek yang mengerikan jika kekurangan kolesterol, kekurangan CoQ10 adalah jantung yang tidak mampu memompa ketika dibebani seperti ketika berolah raga. Saya pribadi curiga beberapa kasus serangan jantung ketika usai futsal, bermain badminton, ataupun tennis adalah akibat atau efek samping dari obat-obatan jenis statin ini.

Nah, itulah dalam diet keto ini, kita tidak menggunakan parameter kolesterol, terutama kolesterol total.
Karena akan sangat bias sekali…

Menariknya dalam banyak sharing,
orang masih saja mengkhawatirkan kolesterol yang naik ketika menjalani diet ketogenic.

Memang merubah phobia dan ketakutan akan kolesterol ini bukan hal yang mudah dan sederhana.
Tetapi dengan saling berbagi dan berdiskusi, insyaallah semakin banyak orang yang terbuka.

Oh ya, saya pribadi juga ingin mengadakan penelitian lebih lanjut tentang diet ketogenic, kolesterol, pelangsingan, energi, dan banyak hal-hal lainnya. Tapi tentu saya tidak bisa melakukannya sendirian. Saya membuka diri kepada pemerintah, universitas, peneliti, dokter, professor, sponsor, bahkan kepada siapapun yang siap berkontribusi untuk kemanusiaan.

semoga Allah meridloi. Amin ya robbal alamin…

Dapatkan info menarik tentang ketogenic, silahkan subscribe




100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download