Tujuh Tips Menjadi Pembakar Lemak!

Tujuh Tips Menjadi Pembakar Lemak!

Selama ini, kita hanya diperkenalkan bagaimana menggunakan gula/karbo sebagai sumber energi. Sehingga selalu menggunakan asupan makanan dari luar. Sampai akhirnya kita kehilangan ide bagaimana cara untuk menggunakan lemak tubuh sebagai sumber energi. Itulah tahun 2015 ketika banyak orang mempelajari ketosis. Yaitu kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Setiap kita makan, kelebihan makanan pasti akan diubah menjadi lemak. Jadi jangan dikira kalau kita makan karbo seperti nasi, mie, roti, dan tepung-tepungan pasti digunakan semua sebagai energi lho ya… kelebihan itu semua disimpan sedikit menjadi glikogen, dan penyimpanan terbesar adalah dalam bentuk lemak tubuh.

Menggunakan cadangan energi berupa lemak tubuh tadi itu ternyata tidak mudah jika kita masing menganut pola makan tinggi karbohidrat. Tubuh kita akan mengolah karbo menjadi glukosa, dan tubuh akan memproduksi hormon insulin yang akan mengubah glukosa menjadi energi. Ketika hormon insulin ini bekerja, tubuh tidak akan mampu menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

Konsep sederhana ini banyak yang tidak paham, atau memang dibuat tidak populer dengan berbagai alasan.

Kini pola ketogenic mulai memecahkan kode rahasia tubuh agar memiliki kemampuan untuk membakar lemak, atau yang dikenal dengan ketosis. Tubuh mampu menggunakan lemak, merubahnya menjadi keton, mengedarkan dalam darah untuk digunakan sebagai energi. Kelebihan keton akan dibuang melalui urin maupun keringat.

Kondisi ketosis juga menjaga hormon yang membantu menekan nafsu makan seseorang sehingga dapat mudah membatasi asupan dan membantu penurunan berat badan. Nah, ini ada 7 jurus yang dapat membantu kita menjadi pembakar lemak :

1. Meningkatkan aktivitas fisik & istirahat yang cukup
Olahraga dapat membantu tubuh menjadi ketosis. Ketika kita beraktivitas tinggi, tubuh akan mulai membongkar cadangan glukosa, yaitu glikogen. Tentu jika aktivitas terbatas dan kembali mengkonsumsi karbohidrat/gula, tubuh tidak akan mencapai ketosis dengan sempurna karena glikogen terisi kembali dan tubuh kembali menggunakan glukosa.

Tubuh memerlukan adaptasi dan belajar menggunakan untuk mampu menggunakan cadangan lemak alih-alih glikogen.

2. Mengurangi asupan karbohidrat sampai maksimal 20-50gram / hari
Kunci ketosis akan terjadi ketika tubuh membatasi karbohidrat sehingga membuat tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, bukan glukosa.

Ketika seseorang ingin mencapai ketosis, baik untuk menurunkan berat badan, terhindar dari diabetes dan komplikasinya, maka perlu mengurangi konsumsi karbohidrat menjadi sekitar 5% dari kalori hariannya.

Tentu sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Toleransi karbohidrat masing-masing orang akan berbeda.

3. Puasa atau skip sarapan
Tidak makan pada periode tertentu dapat membantu seseorang mencapai keadaan ketosis. Misalkan ketika kita berpuasa sunnah atau di bulan ramadhan, bisa jadi tubuh sudah mampu menjadi pembakar lemak.

Di dunia medis dan pola makan dikenal juga istilah intermittent fasting, yaitu membatasi jam makan antara 2-8 jam per hari. Misalkan IF 16/8 : artinya tidak makan selama 16 jam. Tidak makan mulai jam 20.00 dan baru makan jam 12 siang ke esokan harinya.

4. Meningkatkan asupan lemak sehat
Dalam pola makan rendah karbo, kita akan membatasi asupan karbo, dan meningkatkan asupan lemak sehat. Beberapa lemak yang baik dikonsumsi :

  • minyak kelapa
  • minyak zaitun
  • alpukat
  • mentega / butter

Hindari lemak-lemak trans seperti minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak canola.

5. Menguji kadar keton
Kapan kita tahu tubuh kita telah menggunakan lemak / keton? Salah satu metode yang dapat membantu seseorang mencapai keadaan ketosis adalah dengan memantau kadar keton dalam tubuh. Silahkan lakukan beberapa tes yang mengetahui kadar keton di :

  • air seni
  • nafas
  • darah

Silahkan pilih salah satu jenis tes untuk bisa melihat perkembangan pola makan. Tentu akurasi yang terbaik adalah mengechek pada keton darah. Dengan melakan tracking keton, kita dapat melihat hal-hal apa yang benar dan bisa membantu kita mencapai tujuan.

6. Menjaga asupan protein
Dalam diet keto, mengatur agar asupan protein sekitar 20-25% dari kebutuhan kalori harian. Jika kita kelebihan asupan protein, proses ketosis akan terhambat karena sekitar 50% protein juga diubah menjadi glukosa. Sehingga menjaga asupan protein yang rendah akan membantu mencapai ketosis yang optimal.

Ketika berat badan tubuh sudah ideal, asupan protein bisa sedikit ditingkatkan.

7. Mengonsumsi Virgin Coconut Oil atau MCT

Virgin coconut oil akan membantu tubuh beradaptasi menjadi ketosis dengan lebih baik. Kandungan lemak rantai menengah diubah menjadi keton dengan sepat, sehingga membantu tubuh beradaptasi dengan keton tanpa kliyengan dan efek lainnya.

Ketika sudah ketosis, vco seperti vico bagoes juga akam membuat tubuh mempertahankan keadaan ketosis.

VCO juga bermanfaat untuk terapi penyakit yang disebabkan gula darah tinggi, termasuk Alzheimer. Tubuh dapat menyerap VCO / MCT dengan cepat dan mudah. Kemudian liver akan segera merubahnya menjadi keton dan digunakan sebagai energi yang bersih dan efisien

 

Mencapai keadaan ketosis tidak selalu mudah lhoo….

Coba dengan 7 langkah diatas.

Banyak orang yang ingin menjadi pembakar lemak dan mencapai ketosis dengan mengikuti diet ketogenik. Silahkan pelajari di buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner. Semoga sehat dan bahagia selalu.

 

Dapetin info dan menu sehat terbaru disini…


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox

Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...