Kamus Keto

Ketika Anda memulai keto, atau bergabung di group Ketogenic Indonesia, pasti akan mulai sering melihat dan mendengar istilah-istilah baru yang bisa jadi membingungkan.

Nah, di kamus ini mari kita bahas satu persatu dengan bahasa yang lebih mudah kamu pahami. Yuk di mulai :

Keton / Keton bodies : Merupakan hasil dari metabolisme lemak yang digunakan sebagai bahan bakar ketika glukosa terbatas (misal asupan rendah karbo, seperti diet keto maupun kondisi ketika tidak makan)

Ketosis : Kondisi dimana tubuh menggunakan keton sebagai sumber energi. Dapat dibuktikan dengan pengechekan pada keton di darah, di urin, ataupun pada nafas.

Ketoacidosis : kondisi dimana kadar keton darah hingga di atas 10 mmol / L) yang biasanya terjadi pada penderita Diabetes Tipe-1. Pada kondisi ketoacidosis, kadar glukosa juga tinggi.

Adaptasi Keto : Kondisi ketosis pada jangka panjang dimana tubuh telah dapat dengan mudah mengakomodasi lemak dan keton sebagai bahan bakar. Disini akan terasa energi, fokus yang maksimal.

GDP / Gula darah puasa : Merupakan pengukuran kadar gula darah dalam darah yang dilakukan ketika dipagi hari atau belum mengkonsumsi makanan apapun. Kondisi normal 70-100 mg/dL.

GDS / Gula darah sesaat (sewaktu) : Merupakan pengukuran kadar gula darah dalam darah yang dilakukan sekitar 2 jam setelah makan. Kondisi normal maksimal 130 mg/dL

Makro Nutrisi : merupakan zat makanan yang diperlukan dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal, terutama dalam membentuk energi tubuh dan seluruh proses metabolisme. Yang tergolong nutrisi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak.

Mikro Nutrisi : merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang kecil sebagai kofaktor, pengikat, serta menjadi alat dalam mencukupi proses metabolisme tubuh. Yang termasuk dalam nutrisi ini adalah mineral dan vitamin.

Glikogen : adalah jenis cadangan glukosa yang disimpan dalam sel hati dan sel otot tubuh kita. Sumber dari glikogen ini adalah karbohidrat dikonversi menjadi glukosa, diedarkan dan digunakan oleh tubuh. Kelebihannya akan menjadi energi simpanan yang disebut glikogen.

Gluconeogenesis : merupakan proses pembongkaran glikogen (cadangan glukosa) menjadi glukosa kembali agar dapat digunakan tubuh. Proses ini terjadi ketika kondisi puasa / tidak makan. Glukoneogenesis adalah kebalikan dari reaksi glikolisis.

[update] Coming soon :

PCOS
Insulin
Grelin
IF
WF
EF
Keto rash
BMI
VCO
MCT

Dapatkan panduan lengkap diet ketogenic di buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo kak, silahkan chat...
Powered by
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download