Tips Mengendalikan (mengurangi) Nafsu Makan

Tips Mengendalikan (mengurangi) Nafsu Makan

Beberapa waktu yang lalu ada sahabat yang tanya :

Bagaimana sih mengurangi nafsu makan.

Mungkin kamu berusaha mencoba berbagai macam diet, sampai bertemu dengan pola ketogenic ini, tapi merasa tidak kenyang dan akhirnya “cheating” lalu merasa gagal. Padahal ketika diet, agar berhasil kita jangan sampai merasa lapar.

“Jika Anda diet keto tapi tidak merasa kenyang, bisa jadi ada hal yang salah.”

Dari beberapa riset, mengamati manfaat klinis dari diet ketogenik adalah efektif mencegah meningkatnya nafsu makan, terlepas dari tujuan dietnya ya. Ketosis sangat mempengaruhi hormon yang terkait dengan rasa lapar. Tentu perlu penelitian para ahli lebih lanjut, tapi silahkan Anda juga experimen sendiri sesuai dengan tujuan diet Anda, karena tentu sifatnya sangat individual.

Jika Anda bekerja di industri makanan, maka Anda akan diminta membuat produk yang membuat orang “ketagihan” pengen lagi- dan lagi. Di sisi lain jika Anda bekerja di perusahaan pil diet misalnya, tentu Anda akan diminta membuat agar orang terbebas dari rasa lapar. Coba aja lihat iklan produsen pil penekan nafsu makan membuat klaim tentang kemampuan pil untuk menekan nafsu makan dan mempromosikan penurunan berat badan. Namun, efektivitas pil-pil ini sulit sekali diukur, apalagi kala sampai ada efek samping yang berbahaya.

Sebaliknya, Anda bisa menggunakan berbagai metode alami, termasuk mengatur pola makan (apa yang dimakan, jenis makanan, waktu makan, teknik makan) untuk bisa mengontrol nafsu makan dengan cara yang sehat dan bebas risiko.

Pada tulisan ini saya akan sharing beberapa hal yang wajib Anda ketahui jika ingin langsing dengan cara alami dan terbukti pada banyak orang :

Cukupi Kebutuhan Protein dan Lemak Sehat

Ingat kalori itu tidak semua sama. Sumber kalori akan berbeda di metabolisme dalam tubuh. Jika Anda membandingkan dengan karbohidrat, protein dan lemak akan lebih efektif untuk memuaskan rasa lapar dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Sehingga secara sederhana, ubahlah sumber karbohidrat dengan protein dan lemak sehat untuk menjaga agar nafsu makan terkendali.

Contoh makanan tinggi protein berikut ini:

  • daging (ayam, sapi, kambing)
  • telur
  • ikan
  • tahu / tempe
  • yogurt

Dapatkan juga lemak sehat dari :

  • kelapa, santan, VCO
  • alpukat
  • zaitun, minyak zaitun
  • kacang-kacangan

Minumlah air putih

Minum segelas air sebelum makan, lalu tunggulah antara 15-20 menit.

Ada riset pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, menunjukkan dengan minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu menyebabkan penurunan nafsu makan dan berat badan, dan juga menyebabkan kehilangan lemak yang lebih besar.

Makanan berkuah juga bisa dicoba agar kita bisa mengurangi makan berlebihan. Cukup air bisa membuat kita merasa kenyang, puas dan terhindar rasa lapar setelah makan.

Berolah raga sebelum makan

Jika belum datang waktu makan, tapi merasa lapar. Cobalah olahraga.

Olahraga adalah penekan nafsu makan yang sehat dan efektif. Hormon nafsu makan ditekan segera setelah berolahraga, terutama latihan dengan intensitas tinggi. Dari riset tersebut melihat kadar ghrelin (hormon yang membuat kita lapar) menjadi lebih rendah setelah olahraga.

Asup serat rendah karbo

Serat ini dicerna tubuh lebih lama, mungkin mirip juga dengan lemak yang tidak memicu terbukanya pyloric sphincter secara cepat. Jika Anda menjalankan pola ketogenic pilihlah jenis makanan ketofriendly yang kaya akan serat.

Beberapa jenis makanan yang bisa dicoba :

  • Kimchi (asinan kubis)
  • Alpukat
  • Agar-agar
  • Cincau
  • Kacang almond
  • Chiaseed
  • Nata non gula
  • Sayuran

Kurang tidur dan tidak berkualitas

Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda tidak menghasilkan cukup hormon leptin. Akibatnya hormon rasa lapar (ghrelin) akan meningkat. Cobalah teknik tidur berkualitas yang bisa di download di link berikut :

Jika sudah di praktekkan, tapi masih merasa craving, coba experimen hal-hal lainnya.

 

Memang faktanya kurang makan

Jangan karena Anda diet, lalu makan sangat sedikit. Ingat, ketika tubuh kita menurunkan asupan makan hingga dibawah 30% kebutuhan harian, maka metabolisme kita akan menurun, dan tentu tubuh ada dalam kondisi survival mode. Ini membuat diet Anda sulit.

Silahkan ukur kalori harian, diskusikan dengan personal trainer, konsultan, atau coach Anda jika ragu dan binging. Bisa jadi Anda lapar ya karena memang perlu makan lebih banyak.

 

Puasa

Ini juga merupakan teknik efektif mengurangi nafsu makan. Apalagi kalau kita jalankan sebagai ibadah. Bagu muslim di bulan ramadhan sangat beruntung karena DI WAJIBKAN berpuasa sebulan penuh. Banyak sekali riset tentang bagaimana puasa ini membuat kita mampu mengendalikan diri terutama kontrol terhadap hal yang kita makan.

Selanjutnya yang penting diperhatikan adalah pola makan ketika berbuka. Hindari makanan dan minuman manis ketika berbuka yang mengakibatkan gula darah melonjak dan kadar insulin meningkat pesat.

 

Hindari stress dan coba mindfull eating

Perhatikan kondisi emosi, apakah itu marah, kecewa, sedih yang bisa berpengaruh juga terhadap nafsu makan, terutama makan yang bersifat pleasure (biasanya rasanya manis dan mengandung gula tinggi).

Ketika makan usahakan fokus untuk makan. Tidak disambi dengan menonton TV, atau bekerja. Fokuslah untuk makan. Istilahnya mindfull eating. Makanlah dengan sepenuh hati, berdoa sebelum makan, duduk, suap, kunyah, telan. Sedikit demi sedikit.

 

Semoga tips diatas bermanfaat untuk sahabat semua. Jika mau mempelajari pola ketogenic, Silahkan cek disini untuk mendapatkan ilmu dan berbagai produk yang menunjang diet Anda.

Lengkapi Kebutuhan Diet Keto Anda.

 

BONUS CATATAN : Leptin Resistance

Leptin adalah hormon yang mengatur dan mengubah asupan makanan serta pengeluaran energi. Tentunya ini sangat mempengaruhi komposisi dan berat badan secara keseluruhan.

Resistensi leptin adalah disfungsi hormonal di mana tubuh mulai memproduksi begitu banyak leptin, sehingga sel-sel resisten terhadap leptin, oleh karena itu tubuh merasakan kebutuhan akan energi dan merasa lapar.

Jika seseorang obesitas dan banyak mengonsumsi karbo tinggi + gula dalam makanan akan cenderung memiliki kadar leptin yang lebih tinggi di dalam tubuh.

 

Saya mau info tambahan tentang diet

100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...
We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications