Hitung Kalori. Perlu atau tidak?

Hitung Kalori. Perlu atau tidak?

Mas, kalau diet keto apa harus menghitung kalori tiap hari?
Sebenarnya lebih tepat di keto lebih memprioritaskan sumber / jenis kalori daripada jumlahnya.

Bahkan secara sederhana ada yang merasa cukup menghitung net carb harian saja.

Yuk kita pelajari lebih dalam, seperti yang dipelajari ahli gizi atau nutrisi di kampus. Perhitungan kalori adalah suatu cara untuk menggambarkan asupan harian berdasarkan perhitungan teoritis sederhana saja. Teori yang paling banyak digunakan adalah CICO, calorie in calorie out. Artinya apakah kalori yang kita masukkan dibandingkan dengan kalori yang dikeluarkan.

Jadi rumusannya menyederhanakan jika mau berat badan turun, ya kalori yang masuk harus lebih kecil dari yang keluar. Kalau mau berat badan naik, kalori masuk harus lebih besar.

Tapi berbagai referensi terbaru, sebenarnya teori itu tidak sepenuhnya benar. Karena dalam prakteknya sebenarnya tubuh kita ini sangat kompleks dan banyak sekali faktor yang bekerja baik internal dalam tubuh, ataupun kondisi external.

Ketika saya lebih mendalami tentang ketogenic, kita akan mulai mengenal metabolisme energi dalam tubuh kita. Tubuh kita ternyata mampu menggunakan energi dari karbohidrat, maupun menggunakan energi dari lemak. Selanjutnya kita akan mulai memahami tentang hormonal, terutama hormon insulin. Bahkan faktor psikologi makan juga bisa mempengaruhi lho!

Pendekatan tradisional dengan mengurangi kalori ini ternyata tidak efektif, dan terbukti tingkat obesitas terus melonjak, masalah metabolisme syndrom seperti diabetes juga terus meningkat.

Apakan ada manfaat menghitung kalori?
Secara umum, jika merasa nyaman dengan tracking kalori, itu juga sangat bagus. Kita akan mendapatkan manfaat berupa ilmu dan pengetahuan baru tentang nutrisi. Kita memiliki ukuran terutama jika kita merasa dietnya selalu gagal, stuck, dan belum mampu secara otomatis memperkirakan kandungan dalam makanan. Memonitor kalori akan membuat kita belajar mengenal jenis kandungan dan porsi dalam makanan lebih baik lagi.

Tentu : Perhitungan kalori bukan satu-satunya kunci karena hidup dan tubuh manusia lebih rumit dari sekedar hitungan kalori.

Dalam pola makan ketogenic kita akan mempelajari bagaimana peran hormon dalam memengaruhi nafsu makan, rasa kenyang, dan penyimpanan lemak. Penelitian menunjukkan bahwa makanan rendah karbohidrat / keto dapat menjaga hormon yang menyebabkan penurunan asupan kalori secara alami, terutama pada orang yang kelebihan berat badan hingga memiliki resistensi insulin.

Bahkan di level berikutnya akan mengukur seberapa sensitif tubuh terhadap insulin. Seberapa jauh tubuh kita merespon kenaikan gula darah setelah makan, dan bagaimana insulin meresponnya. Tentu ini perlu penelitian yang lebih lanjut.

Jadi apakah kalau gak ngukur kalori, diet keto kita bisa berhasil?
Ya bisa saja, jika kita bisa secara disiplin dan konsisten makan hanya ketika lapar, berhenti sebelum kenyang, memilih benar-benar sumber makanan yang rendah karbohidrat.

Dalam pola ketogenic, kita fokus pada lemak dan protein yang meningkatkan rasa kenyang dan membantu tubuh mengontrol gula darah dan hormon insulin. Tubuh akan beradaptasi untuk menggunakan keton sebagai sumber energi. Peningkatan kadar keton tubuh di berbagai riset dapat mengurangi peradangan juga.

Jadi, dalam diet keto lebih menekankan pada jenis makanan daripada jumlah makanan yang dikonsumsi. Bisa jadi ini adalah pendekatan terbaik dan mudah untuk mengurangi obesitas, maupun masalah kesehatan lain seperti darah tinggi ataupun diabetes.

Kesimpulan :

Jadi, bagaimana bisa menggunakan perhitungan kalori agar dietnya sukses?

Setelah kita mempelajari dari bebagai sudut pandang keseimbangan energi hingga makro nutrisi, maka kita bisa sesuaikan saja dengan tujuan kesehatan kita.

Tracking kalori maupun komposisi kalori dapat kita gunakan dalam jangka pendek untuk mengkalibrasi apa yang kita konsumsi sehari-hari. Cukup lakukan 2-3 minggu, maka kita akan bisa mengenal pola makan kita. Tentu hal ini akan banyak membantu tingkat kesadaran kita tentang makanan, tentang berapa banyak lemak, protein, dan karbohidrat yang di makan. Sehingga dapat melangkah lebih dekat dengan tujuan kita.

Silahkan coba menimbang makanan, menginstall aplikasi yang bisa membantu kita, dan tentunya memonitor parameter kesehatan yang sedang kita target. Apakah itu berat badan, atau lingkar perut, atau kadar gula darah, dan sebagainya.

Saya doakan sahabat semua selalu sehat selalu. Aminnnnn….

Dapetin cara diet yang bener

100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox

Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...