Apakah Buah dan Sayur Itu Dianggap Tidak Sehat Ketika Keto ?

Apakah Buah dan Sayur Itu Dianggap Tidak Sehat Ketika Keto ?

Mungkin Anda akan menemui penggemar diet ketogenic yang begitu fanatik dengan lemak, kadang mereka sampai mengganggap buah dan sayur itu dilarang dimakan. Atau Anda pernah baca artikel : Diet Keto, Kenapa Harus Hindari Buah

Benarkah seperti itu ?

Prinsip dalam diet ketogenik adalah membawa tubuh dapat membakar lemak, tidak lagi tergantung oleh glukosa (dari karbo dan gula). Sehingga makanan karbohidrat seperti nasi, mie, roti, tepung-tepungan memang sengaja dihindari. Bahkan buah-buahan, terutama berasa manis juga dihindari agar tidak mengkonsumsi karbohidrat berlebih.

Apa efeknya jika konsumsi karbo / gula berlebihan ?

Tubuh akan memilih membakar glukosa dibandingkan dengan keton. Kembali lagi ke tujuannya. Jika memang untuk diet pelangsingan, maka menjaga ketosis berlangsung akan sangat mempercepat proses pembakaran lemak tubuh. Kondisi ketosis sangat mudah dihentikan. Makan saya karbohidrat atau gula hingga sekitar 200 gram, secara otomatis tubuh akan kembali berjalan dalam mode glukosa kok…

Buah, Sayur dan Diet ketogenik

Jika Anda menghitung asupan kalori harian, dalam keto kita akan mengkonsumsi 70% kalori harian dari lemak. Sehingga di fase induksi (awal, pengenalan tubuh terhadap ketosis), akan membatasi karbohidrat maksimal 10 gram per hari.

Meskipun buah dan sayur rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral, semua kalori berasal dari karbohidrat yaitu gula (berupa sukrosa dan fruktosa) ataupun pati yang bervariasi jumlahnya.

Pilihan buah dan sayur rendah karbohidrat

Dalam diet ketogenik di awal (induksi) yang membatasi karbohidrat tidak lebih dari 10 gram, maka terpaksa kita mengurangi asupan buah atau sayur. Ketika fase naik di konsolidasi, Anda bisa mulai konsumsi sayur (batang, daun, bunga) dan fase maintenance bisa menambahkan menu buah juga. Tetapi tentu Anda tetap perlu mempertimbangkan jumlah asupan sayur dan buah yang Anda konsumsi. Apa sih tujuannya? ya seperti tadi diatas agar kita mampu mempertahankan kondisi ketosis saja. Karbohidrat dan gula yang masuk dapat segera diubah menjadi energi ATP, dan tidak perlu lagi ditimbun menjadi lemak tubuh (jika tujuannya diet).

Silahkan cek kandungan karbohidrat dari buah-buahan di http://vicobagoes.com/ketoebook/

atau Anda juga bisa mencoba aplikasi : http://www.fatsecret.co.id/ untuk mengetahui kandungan dan takaran buah yang dapat Anda konsumsi.

Beberapa jenis buah dan perhitungan karbohidrat per 100 gram :

  • strawberry : 7 gram
  • semangka : 7 gram
  • alpokat : 8 gram
  • lemon : 9 gram
  • jeruk : 11 gram
  • aprikot : 11 gram
  • kiwi : 14 gram
  • blueberry : 15 gram
  • kelapa (daging) : 15 gram
  • ceri : 16 gram
  • anggur : 18 gram

Anda dapat menggunakan skala gram untuk lebih akurat mengukur dan menjaga porsi asupan karbohidrat.

Bener bisa keto bisa makan buah dan sayur nih ?

Tuntu Anda masih bisa konsumsi buah dan sayur dong, yang penting Anda siap memahami berapa banyak asuapn yang diijinkan. Contoh :

1. Buah jeruk, ukuran sedang 1 butir mengandung karbo 15 gram (gula 12 gram). 1/4 atau 1/2 butir saja masih bisa.
2. Buah apel, ukuran sedang 1 butir mengandung karbo 19 gram (gula 14 gram). 1/4 potong apel saja cukup.

Apa Bahaya Terlalu Banyak Makan Buah dan Sayur?

Buah mengandung fruktosa yang cukup tinggi, dimana metabolismenya berbeda dengan sukrosa. Fruktosa hanya bisa diproses oleh lever / hati saja. Sehingga berbeda dengan jenis gula lainnya. Begitu pula dengan sayur, di lambung sayur tidak dipertahankan lama, karena sayur dan buah ini akan membuka klep pyloric sphincter, untuk diteruskan ke usus.

Jika Anda memilih diet ketogenik untuk terapi, atau hanya untuk menurunkan berat badan, atau hanya untuk menjaga kebugaran, tentu memiliki pendekatan yang berbeda. Kasus terapi tentu akan melakukan restriksi yang lebih ketat.

Secara umum keto mampu memberikan penjelasan yang detail dan rinci tentang karbohidrat, protein, dan lemak, menyempurnakan ilmu diet sebelumnya. Yang dahsyat, kondisi ketosis akan memudahkan Anda untuk mengendalikan rasa lapar dan terhindar dari makan terlalu banyak. Karena tentu kita makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan…

PS. Pasti Anda juga akan kepikiran tentang kolesterol ketikan menjalani diet keto ini. Simak pembahasannya : Bagaimana Kolesterol Jika Menjalankan Diet Keto ?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download