Diet Ketogenic Selama Haji Dan Umrah. Emang bisa?

Diet Ketogenic Selama Haji Dan Umrah. Emang bisa?

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”. (QS. Ali Imran: 97).

Alhamdulillah, ibadah haji merupakan ibadah yang hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun. Sedangkan umrah bisa dilaksanakan kapan saja sesuai dengan syariat.

Akhir bulan Juli 2017, Jamaah haji dari Indonesia akan mulai berangkat dari tanah air, dan berkumpul bersama jutaan muslim dari seluruh dunia untuk menjalankan rukun Islam yang ke-5. Dalam mempersiapkan ibadah haji, ada hal-hal penting yang perlu dilakukan baik secara fisik dan mental agar lancar dalam melaksanakan ibadah haji. Dengan tujuan akhir haji yang mabrur, ibadah yang diterima Allah SWT.

Luruskan Niat Anda sebelum Berangkat Haji

Niat sangatlah penting dalam menunaikan ibadah haji. Niat adalah salah satu kunci dalam melaksanakan suatu amalan atau ibadah. Sehingga kita perlu meluruskan niat kita sebelum melaksanakan ibadah haji, yaitu semata-mata untuk menjalankan perintah Allah SWT dan mengharap ridho dari Allah SWT. Bukan karena gelar haji, atau ingin dipuji dan dihormati oleh orang lain, sepulangnya dari perjalan ibadah haji.

Bekali Diri Anda dengan Ilmu sebelum Berangkat Haji

Persiapan selanjutnya adalah bekali diri Anda dengan ilmu. Ilmu apa? Ilmu tentang ibadah haji. Pengetahuan seputar ibadah haji sangatlah penting untuk dipelajari oleh semua umat muslim. Dalam ibadah haji mengharuskan jamaah haji untuk melakukan amalan-amalan ibadah haji sebagaimana yang telah disyariatkan oleh agama islam. Ada banyak amalan yang harus dikerjakan, dan semuanya harus dikerjakan secara tertib atau berurutan. Apabila Anda tidak mengerjakan amalan ibadah tersebut dengan benar, maka ibadah haji yang Anda lakukan tidaklah sah. Oleh sebab itu, pemahaman tentang ibadah haji sangatlah penting dan harus dipersiapkan.

Baca buku panduan dengan seksama, mengikuti group manasik, dan ikut juga kegiatan manasik yang diadakan departemen agama. Pahami amalah yang harus dilakukan selama melakukan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan Rosulullah SAW. Menghapal doa-doa para Nabi dan siapkan doa-doa baik yang sesuai dengan kehendak kita, kemudian amalkan doa tersebut dengan khusu’. Baca juga sejarah islam agar lebih menghayati saat berhadapan dengan tempat bersejarah di Tanah Suci.

Bersihkan Diri sebelum Berangkat Haji

Sebelum berangkat menjalankan ibadah haji, alangkah baiknya untuk membersihkan hati dan diri kita dari perbuatan dosa. Bertaubatlah kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya atas segala dosa yang telah kita lakukan selama ini, baik itu yang kita sadari maupun yang tidak kita sadari.

Meminta doa restu dan maaf kepada orang-orang disekitar kita, kepada orang tua, saudara, dan tetangga atas segala khilaf yang telah kita perbuat kepada mereka. Dengan doa da restu dari mereka semua, Insya Allah perjalanan ibadah haji yang akan kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Persiapan Material / Finansial sebelum Berangkat Haji

Penting juga diperharikan persiapan material. Dianjurkan untuk melunasi atau menyelesaikan utang piutang dan menyiapkan bekal yang cukup bagi keluarga yang di tinggalkan, dan menyiapkan bekal selama diperjalanan sekitar 30-40 hari dan kemudian setelah pulang dari Tanah Suci.

Mempersiapkan Fisik sebelum Berangkat Haji

Kondisi fisik sangatlah penting. Kesehatan yang prima saat menunaikan ibadah haji akan membantu proses kelancaran dalam menjalankan ibadah haji. Maka dari itu, mempersipkan fisik Anda sebelum berangkat haji sangatlah penting. Kita akan melakukan safar dimana fisik kita akan menemui lokasi yang baru, berbeda cuacanya, dengan medan yang mungkin berbeda dengan keseharian kita. Dan tentu mempersiapkan diri dari tekanan mental dan menjaga kesabaran diri.

General check-up
Secara mendasar depag sudah memberikan standar umum pemeriksaan kesehatan. Jujur dan terbuka kepada petugas akan sangat membantu ketika terjadi kondisi yang sifatnya darurat. Diskusi secara terbuka saja. Oh ya, jika Anda menjalani pola hidup ketogenic, hindari saja perdebatan. Karena banyak juga dari tenaga medis yang belum mempelajari ilmu ini. Besabar dan rendah hati yaaa….

Olahraga Jalan Kaki
Anda tidak perlu olah raga yang berat. Cukup memperbanyak jalan kaki. Jika Anda selama ini terbiasa jalan kaki 4-5 KM tiap hari, tentu itu menjadi modal yang berharga. Disana juga ada bus, taxi, tapi kadang ada kondisi-kondisi tertentu dimana tidak ada kendaraan juga. Oleh sebab itu, memperbanyak jalan kaki sebelum berangkat berhaji sangatlah diperlukan, agar ibadah yang akan Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Oh ya, bagi sahabat sekalian yang ingin menjalankan pola hidup (diet) ketogenic selama berangkat haji, ijinkan saya berbagi pengalaman haji tahun 2016 yang bisa di download di : https://goo.gl/p2f7Gs

Dengan persiapan yang matang, Insya Allah ibadah haji yang akan Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar dan pulang dengan selamat. Mohon doakan kami juga yang di tanah air yaaaa….

wassalam.

Jika Anda berangkat Haji tahun 2017 ini, silahkan gabung di GROUP WHATSAPP KHUSUS HAJI



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download