Apa Perlu Mengukur Makro Ketika Diet Keto?

Apa Perlu Mengukur Makro Ketika Diet Keto?

Diet keto itu yang penting gak makan nasi!

Hihihihi… pernah denger yang semacam itu? Tentu bagi orang awam bisa saja, tetapi ketika Anda ingin menjalankan diet dengat tepat agar tidak salah langkah tentu harus memahami tentang pengukuran makro nutrisi. Ini adalah cara paling efektif agar diet Anda bisa memberikan hasil yang maksimal.

Dapatkan 40 kartu Flashcard edukasi ketogenic sekarang!

Tujuan utama dengan diet ketogenik adalah untuk menguras glukosa yang ada dalam darah serta glikogen agar dalat optimal menggunakan keton sebagai bahan bakar. Tentu melakukan perubahan ini bukan perkara yang mudah. Tentu Anda harus mempelajari dengan seksama, merasakan respon tubuh, dan mencari pola yang paling tepat untuk tubuh Anda sendiri.

 

MENGHITUNG MAKRO : Perhatikan perbandingan sumber kalorinya!

Banyak diet tidak peduli sumber kalorinya, tapi hanya mengukur jumlahnya saja.  Ketika menjalani diet ketogenik, sumber dari kalori sangatlah penting, karena akan mengatur perbandingan antara sumber kalori dari lemak, protein, dan karbohidrat.

 

Targetnya :

Lemak : 60% -80% dari total kalori berasal dari lemak.
Protein : 15% -35% dari total kalori berasal dari protein.
Karbohidrat : 5% atau kurang dari total kalori berasal dari karbohidrat.

Jumlah kalori tentukan saja sesuai dengan asupan harian Anda sehari-hari. Cobalah install aplikasi penghitung makro kalori untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda.

Saat Anda mulai mengukur makro harian dan membatasi asupan karbohidrat, tubuh Anda akan menghabiskan stock glikogennya, diubah menjadi energi Anda dari keadaan glikosis (pembakar glukosa) ke ketosis (pembakar keton). Untuk informasi lebih lanjut tentang dasar-dasar dan manfaat diet ketogenik, coba cek buku saya Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner. 

 

Ketika Anda sudah membaca dan menemukan daftar makanan yang bisa di konsumsi, dan mana yang dihindari, maka mulailah menyusun menu dan resep favorit Anda. Ini tidak sesulit yang Anda bayangkan kok!

Dengan manjaga agar asupan net carb harian 20-50 gram akan sangat optimal menjadikan tubuh menjadi ketosis.

 

INVESTASI DENGAN PENGETAHUAN

Ilmu tentang makan ini sangat sedikit diajarkan di sekolah. Kadang kita masih bingung melihat komposisi makanan ini apa. Sehingga perlu ilmu dan pengalaman untuk mulai memahami dan memperkirakan kandungan makanan dengan lebih akurat.

Coba dalam 1 minggu ukur makanan Anda. Kalau perlu di timbang, lalu dimasukkan ke dalam aplikasi seperti fatsecret atau myfitnesspal. Tentu ini tergantung kondisi dan kebutuhan Anda. Kalau memang sudah obesitas dan bertujuan diet untuk terapi, melakukan pengukuran secara akurat adalah cara yang bijaksana.

Anda tidak perlu melakukan seumur hidup. Cukup antara 1-3 bulan, Anda akan mengenal kandungan makanan dengan cukup presisi kok. Dan kedepan, ilmu ini bisa Anda manfaatkan seumur hidup Anda. Sungguhan!

 

BAGAIMANA MENGUKUR MAKRO DALAM DIET KETO

Ketika kita melakukan perubahan pola makanan yang cukup extrem, dari tinggi karbohidrat menjadi rendah karbohidrat, bisa jadi ada orang yang merasa kesulitan. Tapi percayalah, Anda pasti bisa. Secara sederhana kita hanya mengalokasikan 5% kalori harian adalah net karbohidrat.

 

ADA APA DENGAN NET CARB?

Dalam ketogenic, melihat bagaimana gula dalam darah agar tetap rendah. Makanan dengan serat tinggi tidak akan memiliki efek metabolik yang signifikan, dan tidak menyebabkan lonjakan insulin. Sehingga kita harus paham beda antara karbohirat dan net carb dalama makanan. Misalkan di sayur, kelapa, dan kacang-kacangan.

 

APA YANG HARUS DIMAKAN DALAM KETO DIET

Rendah karbohidrat, tinggi lemak adalah dasar dari diet ketogenik. Banyak orang paham tentang rendah karbo, tapi kadang masih bingung makanan mana yang tinggi lemak.

Ini adalah beberapa makanan yang tinggi lemak :

  • Potongan daging yang berlemak
  • Minyak kelapa
  • Virgin Coconut Oil
  • Minyak zaitun
  • Minyak alpukat
  • Mentega (atau ghee)
  • Heavy cream
  • Krim kental
  • Keju
  • Alpukat

Cek daftar list lengkap di flashcard ataupun buku ketogenic

 

PROTEIN DENGAN DIET KETO

Protein ini diasup terbatas saja. Tubuh juga mengubah protein menjadi glukosa. Makan BANYAK protein TIDAK kondusif untuk diet ketogenik. Tetap mengukur seberapa banyak protein yang Anda konsumsi adalah kuncinya. Ketika kita over protein maka akan sulit menjaga tubuh tetap ketosis.

Jika Anda mempelajari ilmu nutrisi, jumlah protein yang diperlukan tubuh ketika diet keto adalah antara 1,2 gram dan 2,4 gram per kg tubuh. Bagi yang tidak aktif dalam aktivitas harian cukup 1-1,2 gram per kg berat tubuh.

Beberapa sumber protein : ikan, telur, daging ayam, sapi, domba, bebek, dan sebagainya.

 

UKUR MAKRO NUTRISI DENGAN BENAR

Pelajari apa yang harus dibatasi dan dihindari dalam diet keto. Dalam ketogenic usahakan selalu menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula. Hindari juga karbohidrat tinggi maupun karbohidrat olahan (bahan dari tepung terigu)

Semua jenis makanan pokok yang selama ini kita kenal, sebaiknya dihindari sama sekali. Nasi, mie, roti, singkong, gandum, jagung, kentang memang enak, tapi coba cari alternatif lainnya yang rendah karbohidrat.

Minuman soda, jus, dan minuman energi yang penuh gula juga harus dihindarkan dari pola makan Anda.

Ini adalah beberapa alternatif makanan penggantinya :

  • Nasi dari kembang kol
  • Nasi dari telur orek
  • Roti dari tepung almond
  • Brownies dari tepung kelapa

Dan sekarang juga sudah banyak lagi alternatif lain bahan makanan rendah karbo yang bisa Anda coba.

Silahkan masukkan juga kontak Anda untuk mendapat info resep masakan melalui email.

Saya mau info resep dan menu keto!


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


 

APA YANG BOLEH DI MINUM?

Air putih jelas akan menjadi pilihan nomor satu setiap hari. Anda juga bisa konsumsi teh dan kopi yang akan membantu menjadikan diet keto lebih seru. Misal tambahkan VCO di cangkir kopi akan memberikan efek luar biasa untuk diet Anda. Cek juga VCO vico bagoes yang rasanya enak dan gurih.

Asupan Susu tidak dianjurkan karena kandungan laktosa akan diproses oleh tubuh kita sebagai gula juga. Jika Anda menyukai susu, bisa diganti dengan whip cream, mentega, atau santan untuk campuran kopi.

 

Nah, untuk yang baru memulai diet keto, mengukur asupan net carb akan sangat membantu. Asup daging, telur, sayur, dan lemak sehat seperti VCO. Jauhi makanan dan minuman manis, termasuk cemilan-cemilan kaya karbo. Saya percaya Anda pasti bisa. Silahkan tulis di komentar tentang apa pendapat Anda dari diet keto ini!

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...