Puasa, Mudik, dan Lebaran Bersama Keto!

Puasa, Mudik, dan Lebaran Bersama Keto!

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Dimana semua muslim diwajibkan untuk berpuasa. Secara fisik, ibadah puasa adalah tidak makan, tidak minum, tidak berhubungan di masa yang sudah ditetapkan. Dan secara no fisik juga terjadi perubahan yang luar biasa juga. Kita diminta lebih bersabar, disiplin, jujur, dan berkomitmen. Luar biasa yaaaa….

Tubuh kita memanfaatkan puasa sebagai pemulihan, peremajaan dan penguatan untuk tubuh kita ini untuk restart kembali. Metabolisme serta sistem hormonal akan diperbaiki secara alamiah. Apalagi di era modern ini, dimana kita “dikejar-kejar” oleh berbagai jenis makanan yang kaya akan karbohidrat olahan serta gula.

Jika pembaca sudah biasa menjalankan diet ketogenic, Insyaallah puasa akan menjadi mudah dan khidmat. Kenapa? Karena sudah biasa menggunakan lemak tubuh sebagai sumber energi yang tahan lama. Glukosa mudah sekali habis, dan disimpan menjadi cadangan lemak juga. Kalau gula darah selalu tinggi, lemak-lemak tersebut tidak akan mampu diubah menjadi energi.

Mungkin awalnya berat, secara bertahap tubuh akan mampu meningkatkan energy tubuh untuk bekerja efisien, system syaraf mulai seimbang, panca indra dan hormonal mulai meningkat, perbaikan mitokondria sel pun mulai berlangsung.

Lalu bagaimana Puasa dengan diet ketogenic sudah kita bahas di artikel sebelumnya : Cara Diet Keto Di Bulan Ramadhan dan Tips Menghadapinya.

Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah :

1. Makanan dan minuman apa yang dihindari ketika berbuka?

Lupakan mitos “berbuka dengan yang manis”. Karena hampir semua yang rasanya manis mengandung gula tinggi. Kalau kurma? Sebagai sunnah, konsumsi kurma asli tanpa pemanis, batasi 1-3 butir saja. Awal berbuka usahakan dengan cairan. Tujuan mengembalikan hidrasi tubuh serta mempersiapkan pencernaan untuk diisi kembali.

Puasa di bulan Ramadhan ini sifatnya ibadah, sehingga pasrahkan seluruhnya kepada yang Maha Kuasa, dan disanalah kita akan merasakan kekuatan baru. Isi waktu-waktu luang dengan mengaji, membaca Al.qur’an, kajian, dan berbagai ibadah lainnya.

2. Sahurnya bagaimana?

“Makan sahur itu berkah, karena itu, janganlah kalian tinggalkan, meskipun hanya dengan minum seteguk air.” (HR. Ahmad 11086 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Ketika menjalankan ketogenic, kita tidak perlu juga sahur dengan menu lengkap. Penulis dan banyak sahabat di group banyak yang cukup sahur dengan air putih, ditambah kopi dengan campuran butter dan virgin coconut oil. Banyak orang menyebutnya BPC. Insyaallah tenaga akan mencukupi sampai sore hari.

3. Baru mulai Keto. Boleh bareng puasa di bulan Ramadhan?

Ada beberapa pendapat tentang hal ini. Sebaiknya cek ulang, apa yang membuat Anda mau menjalankan diet ketogenic. Pada dasarnya keto ini bisa dimulai kapan saja ketika Anda siap. Jika Anda berpikir ketogenic akan mengganggu ibadah, ya sebaiknya tunda dulu sampai lebaran. Pengalaman banyak sahabat yang memulai ketogenic di masa Ramadhan tidak masalah walau Anda harus menjaga diri karena tentu akan ada masa adaptasi. Tips sederhan dari saya adalah jaga asupan mikronutrisi. Anda bisa menambahkan dengan garam untuk menjaga kebutuhan mineral atau menambahkan suplemen sebagai mikronutrisi tubuh.

Nah, sekarang bagaimana menghadapi mudik dan lebaran?

Tentu jaga asupan dalam perjalanan tetap dalam keto makro, dengan komposisi sumber kalori 70% lemak, 25% protein, dan 5% karbohidrat ya. Tentu bukanlah hal yang mudah, sehingga Anda juga perlu persiapan perbekalan ketika mudik. Sebagai inspirasi bisa cek paket mudik yang disediakan juga di herbabagoes.com.

Anda juga bisa mempelajari ketogenic ini lebih dalam dengan mendapatkan buku “Ketogenic : Gaya Hidup Revolusioner” yang bisa didapatkan di https://foodketo.com/bukuketogenic/

Selanjutnya jika Anda memang sudah menjalankan diet ketogenic ini minimal 4 minggu, maka siapkan jawaban terbaik ketika ada yang bertanya :
– kok langsing?
– kok jadi kurus?
– kok jadi mudaan?

sampai ketemu di tulisan keren berikutnya.

.
Pastikan sudah Download Panduan Ketogenic yaaaa….

Trik ajib untuk jadi langsing





100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download