Menghadapi “Godaan” Ketika Liburan Bersama #dietketo

Akhir tahun selalu identik dengan liburan. Sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu bersama keluarga dan kerabat setiap bulan Desember. Namun, ketika kita sudah memulai diet ketogenic, bisa jadi menjadi tantangan baru agar tetap bisa menjaga asupan rendah karbohidrat, selalu penuh energi, sehatm, dan bugar. 


Tulisan ini akan bermanfaat bagi Anda yang liburan tetapi ingin tetap menjalankan diet ketogenic. 

Jadikan semua orang ikut menikmati diet keto ketika liburan!

Selama liburan, bisa jadi Anda akan bertemu dengan keluarga maupun kerabat yang masih mengkonsumsi karbohidrat sebagai makanan pokok. Bahkan bisa jadi ada juga orang-orang tertentu yang masih melihat ketogenic ini sebagai pola hidup yang tidak sehat, diet yang ketat, dan berbahaya untuk jangka panjang.

Silahkan pelajari diet ketogenic di buku:

KETOGENIC : Gaya Hidup Revolusioner

Liburan ini malah dapat Anda manfaatkan untuk menunjukkan bahwa ketogenic bukanlah seperti yang mereka bayangkan. Diet ketogenic ini sangat sehat, membuat kita jadi langsing, dapat dijadikan gaya hidup untuk jangka panjang.

Silahkan cek dibagian resep, untuk mencari inspirasi menu apa yang bisa Anda “pamerkan” kepada keluarga dan memperkenalkan diet keto adalah pola makan yang sehat, seru, enak rasanya, dan mengenyangkan. Cek juga di web resepketo.com yaaa…. 

Bagaimana jika ditawari menu tinggi karbo dan gula?

Hal ini adalah umum, apalagi di Indonesia, menawarkan makanan adalah bagian dari budaya. Menolak makanan itu masih dianggap menolak rejeki. Sehingga persiapkan mental yang baik dan cara yang tepat yaaaa….

Sebelum menghadiri acara keluarga maupun silaturahmi, pastikan kita sudah memiliki niat dan tujuan utamanya bukan cari makan (gratis). Tapi benar-benar ingin bertemu dan melepas kerinduan. Pastikan juga sudah membekali diri dengan VCO vico bagoes, keju, maupun membawa sendiri makanan yang keto-friendly. Anda bisa juga mempersiapkan makanan ketofy yang bisa dinikmati bersama.

Selalulah bersiap ketika ada saudara yang menawarkan Anda makanan yang tinggi karbo dan gula, yang mungkin selama ini menjadi favorit Anda 🙂 dan mereka belum tahu kalau Anda sudah menjalankan diet keto.

Beberapa orang cukup menerima ketika Anda tersenyum dan mengatangan “Terima kasih banyak. Nanti saya ambil sendiri”. Namun, jika ada seseorang ada yang sangat bersemangat dan gigih menawarkan makanan dan Anda tidak ingin menyakiti perasaan, coba aja beberapa alternatif ini :

“Wah makanannya terlihat sangat lezat ya, tapi saat ini saya belum bisa makan. Terima kasih banyak atas pengertiannya. ”

“Terima kasih banyak atas tawaran-nya. Sayangnya, saya sekarang ada alergi gula dan beberapa tepung-tepungan. ”

“Wah masakan tante luar biasa. Pasti membuatnya sangat rumit ya. Namun, saya baru mencoba diet rendah karbo untuk mengatasi masalah kesehatan yang diderita beberapa tahun terakhir ini.”

Saat liburan di rumah, Anda tetap juga dapat menikmati aktivitas seru lainnya agar berat badan tetap terkontrol, seperti : 

Aktivitas Fisik Setiap Hari

Ketika liburan datang, mungkin Anda bisa juga memasak sendiri, atau jalan-jalan ke mall. Nah pastikan juga mencoba hal-hal lainnya yang dapat membantu mencegah kenaikan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan mengurangi stres. Misal Anda bisa mulai mencoba ke gym, ikut kelas zumba atau yoga. 

Ketika jalan-jalan ke mall, usahakan memilih naik turun lewat tangga, jangan naik lift ya. Sesekali jalan-jalan di taman kota juga menjadi ide seru ketika liburan. Bersih-bersih rumah juga perlu dicoba, pilih barang-barang mana yang bisa Anda sedekahkan dan dimanfaatkan oleh orang lain. Kurangi aktifitas hanya lihat handphone di kamar atau duduk menonton TV. 

Kelola tubuh, pikiran, perasaan ketika liburan

Harusnya liburan itu menyenangkan dan mengasyikkan. Tapi kadang adanya perubahan ritme juga membuat kita merasa tidak nyaman. Pastikan kita juga kelola diri kita agar tetap selalu sehat dan bersemangat. 

Berikut adalah beberapa teknik pelepas stress yang bisa dicoba :

  • Lalukan olah raga ringan dan peregangan setiap hari. Cukup 4-7 menit saja. 
  • Pilih waktu 15 menit untuk diri Anda sendiri. Lakukan sesuatu yang Anda ingin lakukan (membaca, jalan-jalan, mendengarkan musik, atau hanya duduk di taman)
  • Lakukan ibadah sholat lima waktu tepat waktu dan bersama-sama
  • Tidurlah lebih awal
  • Bersyukur setiap malam

Ingat bahwa hari libur lebih dari makan

Ketika liburan dan jalan-jalan seolah kita tidak bisa lepas dari makanan dan camilan yang menggoda dari mana saja. Carilah sudut pandang baru ketika silaturahmi, misal ingin tahu kabar dari keluarga, kesempatan mendapatkan ilmu baru, dan hal-hal positif lainnnya. 

Berusahalah untuk bersyukur dan menghargai setiap momen liburan. Menghabiskan waktu bersama keluarga, bersama anak-anak, kumpul reuni bersama teman-teman lama, bertemu dengan orang yang baru kenal, dan tentu kesempatan untuk mengevaluasi perjalanan setahun terakhir, serta mempersiapkan goal dan komitmen baru untuk kehidupan yang lebih baik tahun depan! 

Mau FLASHCARD KETOGENIC GRATIS?

cek di : http://bit.ly/flashcardketo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo kak, silahkan chat...
Powered by
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download