Langkah demi langkah Untuk Sehat dan Langsing di 2020

Saya ucapkan terima kasih atas kebersamaan di tahun lalu, dan semoga sahabat semua semakin sehat dan langsing di tahun ini. Di bulan Januari, saya sudah share tentang life plan ke sahabat semua. Maaf kalau terlambat, karena akses kita tutup sampai akhir tahun ya. Biar fokus aja.

Dan saya ucapkan selamat kepada yang sudah memiliki resolusi sehat di tahun ini

Dan sudah mulai memahami betapa berharganya kesehatan kita. Tulisan ini sangat relevan bagi siapa saja yang hanya ingin sehat secara fisik, secara mental dan emosional, serta siap untuk mengambil langkah-langkah kecil secara terus menerus untuk mencapai apa yang diinginkan. Aminnnnnn….

Selama menjagi coach, saya banyak sekali menggali goal kehidupan serta berbagai resolusi yang dibuat oleh kliant, dan tentu banyak sekali strategi yang dicoba dan berhasil, masuk akal, dan efektif untuk menghasilkan perubahan — baik jangka pendek maupun panjang.

Kali ini saya akan sharing beberapa langkah demi langkah yang bisa sahabat lakukan untuk meraih suatu perubahan di tahun baru ini :

1. Tentukan “Apa dan Mengapa”

Jika kita ingin suatu perubahan, dan memutuskan untuk bersedia meraihnya, maka kita harus secara spesifik memahami apa yang kita inginkan tersebut. Ya, harus spesifik. Kalau tidak jelas dan masih berkabut tentu sulit mencari caranya. Tidak heran ada istilah SMART GOAL. Artinya tentu spesifik. Selanjutnya Anda harus memahami mengapa Anda menginginkan hal tersebut. Apakah itu penting? Dan mengapa itu penting bagi Anda? Proses perubahan harus memiliki nilai penting bagi diri Anda dan mampu meningkatkan kualitas hidup, perasaan, dan selaras dengan nilai-nilai yang Anda yakini dalam diri.

2. Bertanggung jawab

Pertama dan terpenting, seberapa besar Anda berhasi tergantung pada kepercayaan diri dan persepsi diri Anda sendiri. Anda harus menjadi sahabat diri Anda dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, bukan hal-hal diluar diri Anda. Perubahan harus selalu dimulai dari dalam. Tentu hal yang baik bagi Anda ketika ingin membuat orang lain lebih baik, tetapi keputusan dan tanggung jawab kembali ke diri masing-masing.

3. Cari Langkah Kecil

Seperti halnya kata mutiara “perjalanan 1000 mil dimulai dari satu langkah”. Pola hidup seperti ketogenic ini tentu perlu dilakukan langkah demi langkah. Misal asup lemak sehat dan turunkan asupan karbo tinggi. Cara ini lebih efektif dan direspon lebih baik pada banyak orang. Pikiran, jiwa dan tubuh kita akan beradaptasi bertahap dan tidak ada penolakan yang terlalu kuat. Semakin mudah dan sederhana perubahannya, maka semakin besar kemungkinan kita untuk bisa beradaptasi.

4. Tetap Tenang

Setelah Anda memulai “perubahan” apa pun yang Anda komitkan, berikutnya konsistensi adalah kunci. Hanya dengan disiplin dan komitmen Anda bisa benar-benar mencapai apa yang diinginkan. Inilah pentingnya diawal juga menetapkan tujuan yang realistis dan bisa Anda gambarkan.

5. Kelilingi Diri Anda Lingkungan Positif

Lingkungan adalah aset yang sangat berharga dan sangat penting dalam membantu Anda tetap konsisten, ataupun bisa kembali lagi sadar akan tujuan yang diinginkan. Anda bisa mengulang kembali memori serta waktu dimana Anda merasa tertantang dan penuh tekanan. Semakin banyak keluarga, teman, dan komunitas yang melihat upaya Anda mencapai tujuan benar-benar kuat, maka mereka akan memberikan respon, bahkan bisa memberikan saran dan panduan jika diperlukan.

6. Tetap positif

Rayakan setiap pencapaian Anda — baik besar atau kecil — setiap hari. Misal berat sudah mulai turun, celana lebih longgar, sukses olah raga 10.000 langkah, bisa disiplin tidak makan karbo tinggi, tidur tepat waktu, bisa mengendalikan amarah, dan sebagainya. Belajarlah untuk menjadi motivator terkuat bagi diri Anda sendiri. Jangan meremehkan dampak dari mengelus bahu dan pundak Anda, berikan terapi self-talk dengan kata-kata “Selamat, hari ini Anda bisa melakukan hal ini”. Cara ini bisa menjadi strategi yang sangat efektif yang Anda rasakan seumur hidup.

7. Investasikan dalam ANDA

Ingat, investasi terbaik bukanlah deposito, saham, jam mewah, ataupun mobil mewah. Investasi paling berharga adalah diri Anda sendiri. Ini adalah pondasi dasar untuk meningkatkan percaya pada diri sendiri. Investasi diri akan menghemat banyak uang, waktu dan sumber daya untuk meraih tujuan hidup Anda dan mengoptimalkan kualitas hidup Anda. Tentu banyak sekali faktor yang harus diperhatikan, misal keuangan, karir, keluarga, kesehatan, dan sebagainya, tetapi kita harus kembali kepada diri kita sendiri. Selalu tingkatkan kemampuan tubuh, pikiran, dan jiwa Anda dengan pupuk yang baik dan berdaya. Berikan makanan terbaik, ilmu terbaik, lingkungan yang terbaik.

Jika Anda ingin mempelajari ilmu dan pengalaman tentang pola ketogenic yang sudah saya coba, dan ribuan orang lainnya. Maka penting untuk Anda memiliki pemikiran yang terbuka. Banyak orang salah paham, bahkan melakukan diet dengan cara yang salah. Jika Anda mau mencoba yang berinvestasi pada diri Anda.

Silahkan cek di link ini untuk mencari cara yang paling cocok untuk diri Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...
Powered by
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download