Diet Ketogenic, Kenalan Dulu Yuk…

Diet Ketogenic, Kenalan Dulu Yuk…

Tulisan ini terinspirasi salah satu posting di facebook group tentang keluhan “beratnya” memulai diet keto.

Yang paling banyak dikeluhkan adalah :
– pusing
– lemas
– kliyengan

Nah solusinya bisa dibaca di artikel : 10 Tips Siap Menghadapi Adaptasi Keton

Pada kesempatan kali ini, kita coba akan sharing bagaimana hal itu bisa terjadi ?

Pastikan Anda Baca Sampai Selesai ya!
Siap?

Oke kita mulai…

Ketogenic dalam kehidupan (saya) ibarat harta karun.
Tersembunyi, misteri, dan sangat berharga…

Atau banyak orang mengatakan istilah yang aneh…
Ada orang bicara keto itu serem
Ada ahli nutrisi mengatakan berbahaya
Banyak pula dokter yang mengatakan tidak ada penelitiannya.

Tapi, disisi lain,
Banyak sekali pelaku ketogenic yang mendapatkan manfaat luar biasa.

Pasti membuat banyak orang bingung karena saling bertentangan.
Mungkin hanya lulusan John Hopkin University yang paham hehehe…
karena disana, banyak sekali penelitian tentang pengembangan ketogenic lahir.

Belum lagi Anda dituntut untuk paham apa itu keton, apa itu glukosa, glikogen, trygeliceride, siklus crebs, insulin, intermittent fasting, kolesterol, asam urat, GDP, keton adaptation, dan banyak sekali istilah yang mungkin kita tidak kenal sebelumnya.

Banyak orang berhenti disini karena “takut” dengan istilah dan terminologi aneh.
Kayanya kok rumit amat, kaya ngisi teka-teki silang aja…

Tapi tenang aja.
Mengunjungi foodketo.com insyaallah menjadi langkah yang tepat, karena prinsip kami adalah bagaimana membuat ketogenic ini menjadi mudah dimengerti, sekaligus mudah dijalankan.

Kita meyakini bahwa Diet ketogenik adalah solusi nyata peningkatan kualitas hidup dan kesehatan Bangsa Indonesia, dan kita siap mendukung semua penelitian dan riset ilmiah tentang pola makan keto ini. Bahkan di negara barat, pola ini juga mulai diuji coba pada atlet, kebutuhan penelitian NASA, serta militer. NGERI!

Yuk kita mulai…

Pernah dengan istilah “4 sehat 5 sempurna” atau sekarang dikenal dengan “Pola Gizi Seimbang” ?

Coba lihat pola diet kita selama ini selalu mengandalkan karbohidrat yang sangat tinggi. Bahkan mungkin 50-65% asupan harian kita adalah karbohidrat.

Sedangkan Diet ketogenic menargetkan pola konsumsinya :
– Karbo 5%
– Protein 20%
– Lemak 75%

Mengapa makan lemak banyak dan karbohidrat cuma sedikit?

Tubuh kita, termasuk otak, memiliki kemampuan untuk menggunakan 2 bahan bakar : glukosa (yang berasal dari karbohidrat dan gula) dan keton (yang berasal dari lemak).

Coba perhatikan dari pola makan Anda selama ini…
Anda pembakar lemak atau pembakar glukosa?

Jika Anda sebagai pembakar glukosa, tubuh Anda hanya dapat menyimpan sedikit glukosa dalam darah, otot, dan liver. Akibatnya cepat habis dibakarnya untuk energi, sehingga dalam beberapa jam, Anda akan merasa lemah, letih, loyo, dan lapar lagi.

Hal ini kenapa dalam pola diet tradisional kita perlu makan 3 kali sehari dengan banyak karbohidrat. Tujuannya adalah mendapatkan glukosa bagi tubuh.

Ibaratnya, glukosa itu ibarat energi dari baterai, sedangkan lemak ibarat energi dari PLN.
… ih lebay amat perbandingannya.
… ga pa pa ya biar jelas

Ini menariknya, karena selama ini saya belajar biologi, SD-SMP-SMA, selalu belajar bahwa sumber energi manusia itu hanya dari karbohidrat. Tidak pernah belajar tentang keton.

Padahal ketika kita berpuasa, sebenarnya tubuh sudah mulai beradaptasi dengan keton. Hal yang identik ketika kita menghentikan asupan karbo (dan gula) dengan lemak.

Seberapa cepat saya dapat beralih dari pembakar glukosa menjadi pembakar lemak?

Manurut Dom D’Agostino, salah satu ahli dari University of South Florida, jika Anda mampu tidak makan selama 24 jam, sebenarnya tubuh Anda sudah berada dalam mode pembakaran lemak.

Tentu ketika kita konsumsi lagi karbohidrat, tubuh akan kembali menjadi pembakar glukosa.

Untuk beberapa orang adaptasi keton ini bukan hal yang mudah. Perasaan pusing, lemas, kliyengan, moody, adalah salah satu bentuk kecanduan glukosa (sugar craving).

Buat orang yang rajin berpuasa sunnah seperti senin-kamis, puasa daud, akan lebih cepat beradaptasi dalam menggunakan keton baik untuk otot dan otaknya.

Semakin sering Anda berlatih menghilangkan karbo dan gula, maka tubuh akan semakin sensitif untuk memproduksi keton. Jumlah transporter keton akan lebih banyak untuk mengalirkan keton ke organ tubuh, meningkatkan jumlah mitokondria, dan meningkatkan efisiensi mitokondria untuk memjadi energi.

Tiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk dapat beradaptasi dengan metabolisme keton. Bisa 2-6 minggu. Mungkin akan berat di awal-awal nya, tapi ketika Anda sudah merasakan energi keton, mungkin Anda akan berpikir 10x lipat untuk baik lagi ke metabolisme glukosa. Ini SERIUS!

Bagaimana saya memulai diet ketogenic?
– Silahkan baca panduan Diet ketogenik
– Konsumsi 5% karbohidrat, 20% protein, 75% lemak
– Mencoba OCD, intermittent fasting, atau fastosis

Menu dan jenis makanannya apa?
– Silahkan baca panduan Diet ketogenik

Apa harus konsumsi suplemen untuk diet keto?

Tidak, tapi Anda pasti melihat banyak orang mulai menawarkan berbagai produk untuk diet ketogenic. Pada dasarnya keton dapat diolah oleh tubuh dari lemak rantai menengan (MCFA). MCFA dapat anda dapatkan 85-92% dari Vico (Virgin Coconut Oil).

MCFA dapat diubah dengan cepat menjadi keton, tanpa insulin dan menjadi sumber energi pengganti glukosa. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk memecah rantai panjang (dari daging, telur, ikan) atau dari bodyfat.

Keto Ala annasahmad

Sebenarnya di ketogenic sendiri banyak cara atau aliran. Tapi intinya bagaimana kita tetap bisa menjaga tubuh tetap berada dalam kondisi ketosis. Diet keto classic malah mensyaratkan 90% lemak, ada juga diet ketofastosis yang mengkombinasikan dengan IF, ada yang moderat hanya menghindari semua karbohidrat digantikan dengan lemak dan protein hewani.

Apa yang saya makan?

Pagi hari : saya pencinta kopi. Satu cangkir kopi tubruk saya tambahkan cacao fat, butter, dan VCO. Saya suka IF atau fastosis karena jadi bisa fokus bekerja tanpa cari-cari camilan hehehe… Kadang ditambah sejumput garam.
Siang hari : Jam 12 atau setelah sholat dhuhur saya mulai makan. Bisa daging, telur, ikan, kadang ditambah sedikit sayur. Saya juga suka makanan bersantan seperti gule, kepala ikan, atau kari. Enak juga ditambah dengan krupuk kulit.
Sore hari : Kurang lebih sama seperti siang, kadang saya pengen kuah bisa makan soto, sop kambing, atau sop buntut, atau makanan bersantan.
Malam hari : Suka sekali kalau ada tambahan makanan seperti alpokat, cincau, dan agar-agar. Bisa ditambah dengan keju, kefir, yougurt, cream cheese, dan coklat bubuk murni.

Bagaimana mengukur komposisi karbo, protein dan lemak?
Saya biasa mengukur 1-2 minggu jenis makanan yang saya konsumsi dengan aplikasi fatsecret. Atau Anda bisa coba juga aplikasi lain di android atau iphone. Saya memakai aplikasi secara rutin sekitar 1 bulan hingga sekarang sudah merasakan yang paling pas di tubuh. Kesadaran akan makanan ini yang sulit saya dapatkan waktu menjadi carbo eater.

Bagaimana Mengukur Keton Tubuh?
Anda bisa melihat dengan ketostrip. Tentu jauh dari akurat, tapi cara ini relatif murah. Anda bisa juga membeli alatnya atau cek di lab. Tidak harus cek tiap hari. Mungkin setelah menjalani 3 bulan baru Anda perlu cek kadar keton kok.

Kamu pernah cheating?
Saya tidak pernah makan karbohidrat atau gula dalam jumlah besar. Sesekali nyicip aja dengan tetap mempertimbangkan asupan karbo harian tidak lebih dari 50 gram. Saya juga pecinta kelapa muda! tentu konsumsi lemak saya tambah agar komposisi harian terjaga.

Kalau travelling atau di luar kota bagaimana?
Kalau makan di luar saya pilih warung padang, atau warteg. Atau bisa juga beli lalapan dan sate. Semua minta tanpa nasi, tanpa kentang, tanpa lontong. Saya juga selalu sedia vico di tas. Untuk snack saya suka beli keju slice atau yang ukuran kecil.

Kalau pengen camilan, cari jenis camilan yang rendah karbo seperti kacang kenari dan almond. Cek nutrition fact-nya.

Apa Berolah Raga?
Saya bangun pagi, sholat subuh dan jalan kaki. Renang paling 1-2 minggu sekali saja. Berusaha rutin plank tiap hari cukup 1-3 menit aja. Harusnya jika Anda mau membentuk otot, diet ketogenic dan latihan beban bisa membentuk tubuh sixpack lebih cepat lho.

Saya vegan / vegetarian, apa bisa ikut Keto?
Saya pribadi mengatakan bisa saja, tapi tentu menantang. Karena sumber lemak dan protein jauh lebih mudah didapat dari sumber hewani. Tapi ada beberapa group yang membahas tentan keto vegetarian. Silahkan googling.

Saya mual dan mau muntah ketika awal keto. Bagaimana?
Jika makanan Anda selama ini cenderung rendah lemak, mulai saja dengan asupan minimal. Jangan paksa tubuh makan banyak. Perbanyak air dan garam.

Saya takut kolesterol dan asam urat saya tinggi?
Apakah ada keluhan yang berarti? di penelitian terbaru menyatakan kolesterol tidak ada hubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Secara umum tubuh kita memerlukan kolesterol dan asam urat. Sejauh ini konsumsi lemak nabati dari kelapa, zaitun, dan alpukat akan membantu.

Dokter saya bilang ketosis itu berbahaya?
Ketosis dan Ketoasidosis adalah dua hal yang berbeda. Ketoasidosis itu berbahaya. Ketosis itu normal. Ketoasidosis biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1 disaat tubuh gagal untuk mengatur produksi keton, akibat resistansi insulin.

Tidak ada paksaan apapun untuk menjalani diet ketogenic ya,
Anda yang memutuskan.

Silahkan gabung di group facebook untuk sharing dan diskusi : https://www.facebook.com/groups/KetogenicIndonesia/



4 thoughts on “Diet Ketogenic, Kenalan Dulu Yuk…”

  • Jadi apakah penderita DM tipe 1 bisa menjalani diet keto? Utk informasi saja usia saya 31 thn, saya pernah dirawat sempat masuk ICU akibat keton ditubuh saya positif (ketoasidosis) . Saya ingin menormalkan gula darah saya dgn cara mengurangi konsumsi gula ataupun karbohidrat. Mohon pencerahannya.

  • Hari ini hari pertama saya diet Keto, tidak sarapan, makan siang jam 12 dgn seporsi pecel sayuran+2 telur rebus. Belum konsumsi vco krn masih orderan vco bagoes belum sampai, masih bingung cari menu utk makan malam.
    Bismillah, semoga saya berhasil melewati healing crisisnya nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download