Seberapa Lama Bisa Jadi Ketosis?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa diet ketogenik adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun, banyak orang yang masih saja bertanya berapa lama aku bisa menjadi pembakar lemak… ?

hmmmm….

Coba cek langkahnya, lalu apa saja yang akan dihadapi dalam masa adaptasi, dan apa saja tips menghadapi perubahan glukosa ke keton.

Menariknya keto ini tidak hanya bermanfaat untuk pelangsingan tubuh saja. Kini terus dikembangkan untuk terapi seperti diabetes, dan meningkatkan kesadaran mental, lalu untuk mencapai umur yang lebih panjang, menyeimbangkan hormon dan termasuk kasus epilepsi.

Karena banyak manfaatnya, banyak orang ingin segara mencapai ketosis. Tapi ini tetaplah sebuah proses yang harus dilewati ya, bukan seperti magic box yang simsalabim tiba tiba jadi ketosis.

Sangat benar sekali jika tujuan dari diet keto adalah mencapai ketosis. Artinya tubuh manusia beralih ke keadaan metabolisme ketosis, menggunakan keton tidak lagi glukosa sebagai sumber energi utama. Keton adalah lemak, termasuk kemampuan tubuh untuk dapat menggunakan simpanan lemak tubuh untuk energi.

Tentu banyak sekali faktor seseorang bisa masuk ke dalam kondisi ketosis. Komposisi tubuh, tingkat aktivitas, istirahat, stress dan tentunya pola makannya.

Berapa lama untuk mencapai ketosis?

Sebenarnya berapa lama kita bisa mencapai ketosis ini?

Ini adalah pertanyaan umum yang Anda akan cari disemua informasi tentang diet keto. Sebagai pedoman, waktu tiap orang tentu bervariasi karena banyaknya faktor seperti diatas. Secara rata-rata, orang sudah bisa mulai masuk ke kondisi ketosis dalam 1-3 hari saja lho. Tetapi perlu dicatat, itu hanya mulai ketosis saja, karena pada dasarnya mengubah metabolisme ini bukan sesuatu yang mudah, terutama akibat gaya hidup.

Di awal masuk ketosis, tubuh akan menguras glikogennya terlebih dahulu. Menghentikan asupan “makanan pokok” akan membuat glukosa tubuh turun, dan mulai memanfaatkan simpanan glukosa (glikogen) untuk kebutuhan akan gula darah tubuh. Disini tingkat insulin sudah mulai menurun karena kadar gula yang rendah. Secara bertahap tubuh mulai memicu pemecahan asam lemak di hati.

Secara bertahap kebutuhan energi yang biasa disuplay oleh glukosa akan diubah oleh keton. Proses di tahap awal ini masih sangat rentan kembali ke metabolisme glukosa jika kita tidak menjaga asupan dengan baik.

Tubuh akan lebih stabil setelah beradaptasi sekitar 1-2 mingguan, dan akan optimal dalam 3-4 minggu.

Mau lebih cepat ketosis?

Nah ini banyak banget di tanyakan juga. Saya tahu Anda semua ingin mencapai hasil yang lebih terlihat dengan waktu yang lebih pendek. Bisa gak aku ketosis lebih cepat?

Mau berapa lama? 7 hari? 5 hari? atau 1 hari?

Apa itu mungkin ya…..?

Tentu tidak ada satu formula pun yang bisa memastikan hal ini bisa terjadi pada semua orang. Tapi ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk bisa mempercepat masuk ke kondisi ketosis. Ini tips-nya :

  1. Puasa Sunnah. Jika Anda seorang muslim, mulailah dengan puasa sunnah. Jika bukan muslim, bisa mencoba intermittent fasting. Istilahnya tidak makan di pagi hari. Anda bisa makan di siang hari atau di sore hari saja. Lalu ingat ketika berbuka tentu dengan menu yang ketofriendly. Menu keto bisa Anda dapatkan juga di FLASHCARD KETOGENIC.
  2. Berolahraga. Jika Anda tidak hobi olah raga, bisa jadi ini menantang. Tapi tidak apa, Anda cukup melakukan olahraga ringan aja kok. Misal jalan kaki, lanjutkan dengan plank ataupun pushup. Olah raga akan membantu untuk membakar glukosa dan glikogen dengan cepat. Lakukan olahraga dengan intensitas rendah agar tidak meningkatkan kortisol terlalu tinggi.
  3. Kopi – kafein membantu mengurangi nafsu makan. Minumlah secangkir kopi murni tanpa gula di pagi hari dan Anda akan membantu diri Anda terbebas dari rasa lapar. Jika tidak suka kopi, bisa saja konsumsi teh. Coba konsumsi QuicKeto.
  4. Konsumsi VCO atau MCT – Ini menarik sekali, karena lemak rantai menengah dalam vco itu secara instant diolah menjadi keton. Secara bertahap tubuh kita akan berkenalan dengan keton yang nantinya juga bisa disupply dari lemak dari makanan maupun tubuh Anda sendiri. Cobalah konsumsi MCTMax atau Vico Bagoes.
  5. Tidur – ketika kita tidur tubuh kita tetap membakar kalori. Tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk meregenerasi sel
  6. Batasi karbohidrat – Hindari semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, mie, roti, singkong, gandum, kentang, jagung, dan semua produk turunannya. Ketika ingin cepat ketosis jaga agar asupan net carb maksimal 20 gram / hari.

Hmmmm… makin jelas ya bagaimana masuk ke kondisi ketosis….

Jika Anda sudah mulai menjalankan pola ketogenic ini, bagaimana caranya mengetahui sudah ketosis atau belum, cek di artikel : https://foodketo.com/kamu-udah-ketosis-ini-cara-mengukur-kadar-keton-dalam-tubuh/

Ya, ketosis bisa diukur dari nafas, darah, dan urin.

Setelah Anda menjalankan diet keto ini sekitar 3-6 bulan, silahkan cek BMI Anda di : https://foodketo.com/bmi/

Ketika hasilnya sudah dalam titik ideal, Anda bisa tetap menjalankan pola ketogenic ini kok. Agar kondisi ketosis tetap terjaga, tetap jaga agar asupan karbohidrat tetap rendah sekitar 50 gram sehari.

Kesimpulan
Anda dapat membaca artikel di foodketo.com ini yang di dedikasikan untuk memberikan penjelasan tentang diet keto, ketosis, cara mencapainya, dan banyak hal-hal keren dan menarik lainnya. Dapatkan juga KARTU EDUKASI serta KETO STARTER KIT yang dapat Anda gunakan untuk memulai diet keto ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *