Aku Baru Mulai Keto Kok Kram ya?

Aku Baru Mulai Keto Kok Kram ya?

Diet keto bukanlah hal mudah untuk semua orang. Tentu hal ini disebabkan banyak faktor. Dalam proses adaptasi ada hal-hal yang perlu di perhatikan. Simak juga di link ini.

Di tulisan ini akan lebih fokus membahas tentang kram.

Secara umum kaki kram ini menjadi pengalaman penting ketika memulai diet keto. Saya juga merasakannya kok. Memang hal ini termasuk dalam paket yang sering dikenal dengan proses adaptasi keton ataupun keto flu. Atau ada juga yang menyebutnya sebagai efek samping ketika tubuh mulai beradaptasi dari pola tinggi karbohidrat ke diet rendah karbohidrat.

Tentu tidak perlu khawatir berlebihan. Hari ini kita bahas lebih dalam tentang penyebab, cara mengatasi, dan tips mudah jika Anda merasakannya. Prinsip utama adalah tetap tenang!

Apa Yang Menyebabkan Kaki Kram Saat Keto

Ketika kita mengurangi karbo, maka tubuh akan cukup banyak mengeluarkan cairan. Sifat karbo itu mengikat air, sehingga tubuh memerlukan keseimbangan mineral yang baru seperti magnesium, natrium dan kalium yang banyak dikeluarkan melalui cairan. Hal ini dapat memicu kram kapan walaupun Anda tidak diet keto.

Keseimbangan Mineral Tubuh
Ketika mengasup rendah karbo, gula darah akan stabil, dan produksi insulin akan rendah. Penurunan insulin memicu tubuh untuk menyerap lebih sedikit natrium, sehingga banyak yang dilepaskan dalam urin. Pelajari jurnal berikut ini.

Apa sih elektrolit itu? Elektrolit adalah mineral bermuatan positif yang membantu proses di dalam tubuh, terutama terkait dengan otot dan saraf. Elektrolit ditemukan dalam semua cairan tubuh seperti keringat, urin, dan darah.

Fungsi elektrolit untuk mendorong cairan masuk dan keluar sel, mengontraksi otot, dan konduksi saraf. Elektrolit penting yang berhubungan langsung ketika kram karena diet keto adalah magnesium, natrium dan kalium.

Dehidrasi
Saat tubuh mulai memanfaatkan keton tubuh akan membongkar glikogen (simpanan glukosa). Glikogen juga mengikat air dalam tubuh. Ketika tubuh mulai membongkar glikogen, maka kelebihan air juga akan dibuang dari tubuh melalui urin. Ini juga merupakan penjelasan, kenapa di awal diet keto tubuh bisa turun cepat. Pelepasan air ini juga bisa menyebabkan dehidrasi, terutama jika asupan airnya terlalu sedikit.

Lalu…

Bagaimana Cara Mengatasi dan Menghindari Kram

Kita akhirnya mulai pahal apa yang menyebabkan terjadinya kram di bagian kaki, dan mulai mengevaluasinya. Ini ada beberapa solusi pencegahan maupun cara ketika kram ini terjadi.

Yuk Kita mulai dengan mineral

Pastikan tubuh mendapatkan cukup kalium. Fungsi kalium adalah mengontrol energi masuk keluar sel. Kalium adalah “mineral otot” berperan besar terhadap fungsi otot. Kalium bekerja sama dengan mineral lain untuk kontraksi dan relaksasi otot.
Jika sering terjadi kram coba konsumsi makanan yang kaya kalium seperti : daun bit, bayam, jamur, kubis, brokoli, asparagus, maupun ikan seperti salmon. Atau bisa juga dari semangka atau air kelapa (tentu sangat dibatasi jika GDP diatas 110)

Berikutnya adalah Magnesium. Magnesium secara umum banyak tersedia di makanan seperti sayuran. Magnesium adalah mineral co-factor yang membantu 300 lebih proses enzimatik di dalam tubuh. Magnesium juga sangat berhubungan dengan otot dan dikenal sebagai mineral relaksasi.

Magnesium dan kalsium selalu berpasangan dalam fungsi otot dan saraf. Kalsium berkontraksi pada otot, magnesium melemaskannya. Keduanya harus seimbang, ketidak seimbangan magnesium dan kalsium ini juga bisa menyebabkan kram.

Magnesium dapat ditemukan di bayam, alpukat, dan chia seed. Untuk pemenuhan kebutuhan mineral silahkan gunakan tambahan suplementasi dengan bijak sesuai kebutuhan.

Pastikan Cukup Sodium

Sodium berperan untuk masuk keluar cairan dari dinding sel dan merupakan faktor pendamping kontraksi otot. Sodium juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit lainnya. Seperti sebelumnya, ketika kita mulai melepaskan banyak air, maka tubuh juga akan melepas banyak natrium.

Hal ini juga menyebabkan gejalan seperti sakit kepala, mual, atau pusing.

Bagaimana mencukupi natrium? Caranya sangat mudah, cukup dengan garam.
Dengan mengasup gara akan sangat membantu meningkatkan kadar natrium dan menyesuaikan ketika tubuh lebih optimal menggunakan keton.

Cukup Minum!

Cara yang paling mudah tentu tetaplah minum. 8 gelas sehari itu cukup, apalagi jika Anda suka minum kopi yang bisa meningkatkan diuretik tubuh. Apalagi untuk yang aktif berolah raga, pastikan hidrasi cukup sebelum, ketika aktivitas, dan selesai olahraga.

Tambahkan sedikit garam ke air putih untuk menambahkan mineral. Bisa juga campurkan cairan mineral atau suplementasi elektrolit tinggi. Dapatkan : Quicketo Minerals.

Terus Aktif

Ingat, posisi duduk / tidur terlalu lama bisa membuat kaki kram. Jika Anda terbiasa duduk ber-jam-jam, cobalah lakukan gerakan sederhana setiap 1-2 jam. Jalan kaki dan olahraga ditempat akan sangat membantu. Lakukan peregangan ringan sekitar 10-15 menit secara berkala.

 

 

Apa yang bisa Anda pelajari dari hal ini?

Jaga agar elektrolit tubuh tetap terkendali dan tetap cukup air. Jika merasa mencari cara agar terbebas dari kram ketika keto, coba lakukan tips ini : Oleskan magnesium oil, konsumusi suplementasi seperti (kapsul Mg) atau quicketo, atau cukup dengan makan garam (spt himalaya atau garam dapur. Simple!

Terlepas dari itu, jika mencoba pola diet ini, pastikan sudah melakukan cek up sederhama kondisi tubuh kita, lalu konsul ke dokter atau ahli nutrisi, terutama jika ada riwayat medis sebelumnya.

 

Dapatkan Mineral Booster maupun moringa oil untuk memenuhi kebutuhan mineral Anda. Klik disini.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...