Diet Keto Ketika Menyusui. Bolehkah?

Diet Keto Ketika Menyusui. Bolehkah?

Tahukah Anda ketika seorang bayi lahir ke dunia, ia akan menggunakan metabolisme keton secara alami?

Apa buktinya, seorang bayi bisa bertahan tanpa makan minum dan ASI sampai 48 jam lamanya lho!
Beneran? Iyaaaaa…..

Ini yang membuktikan sebenarnya ketosis itu alami. Ketosis itu normal. Ketosis itu natural. Risetpun membuktikan bahwa kandungan dalam ASI atau air susu ibu itu 50-60% lemak, dan kolesterol pada ASI tersebut 6x lebih banyak dibandingkan diet orang dewasa modern saat ini.

Jika Anda meragukan silahkan cek :
Metabolic adaptation at birth.
Lipids in human milk.

Sehingga, jika seorang bayi secara alami dalam keadaan ketosis, dan menggunakan lemak serta keton sebagai sumber energi, tentu seharusnya tidak akan menjadi masalah jika ibunya juga mengikuti diet keto atau gaya hidup ketogenic ini.

Memang benar, saat ini masih sedikit sekali literatur yang membahas tentang keto untuk ibu menyusui. Tapi saya melakukan riset dan mengambil referensi dari Rachel Gregory, seorang Nutrisionist di US.

Apa dan bagaimana gaya hidup ketogenic untuk ibu menyusui ini?

Kita bisa juga melihat satu penelitian tahun 2019 yang berjudul :
“Effect of dietary macronutrient composition under moderate hypocaloric intake on maternal adaptation during lactation”

Hasil dari penelitian tersebut:
1. Berdasarkan pola diet, jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu tidak ada perubahan.
2. Diperkirakan kandungan ASI dari sisi protein dan lemak, serta energinya ketika ibu dengan pola tinggi lemak dan rendah karbo, lebih tinggi dibandingkan dengan ketika diet tinggi karbo.
3. Energi bayi (kcal/day) lebih tinggi ketika konsumsi tinggi lemak
4. Perkiraan energi expenditure dan energi dari ASI lebih tinggi ketika konsumsi tinggi lemak, rendah karbohidrat.

Berdasarkan penelitian tersebut, beberapa peneliti mengatakan ibu yang sedang menyusui bisa lebih kehilangan berat badan dengan pola makan rendah karbo dan tetap dapat memenuhi kebutuhan bayi sesuai dengan kebutuhannya.

“The available information on this topic is scarce and diversified. Most of the evidence currently used in clinical practice to make recommendations is limited to studies that only reported indirect associations”
[silahkan di cek : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27534637]

Sehingga pada dasarnya tidak ada alasan bahwa seorang ibu tidak dapat menjalankan gaya hidup keto ketika dia menyusui.

Tapi, kadang-kadang baik opini, atau perasaan, banyak orang yang menganggap produksi ASI ketika keto akan menurun. Bisa jadi karena memperkirakan orang keto itu kekurangan kalori, kekurangan nutrsi, tidak makan karbo gitu….

Nah, sehingga mari kita coba sharingkan Tips dari pengalaman ibu-ibu yang menyusui. Pada dasarnya menyusui bayi ini adalah penting. Bahkan sangat penting sekali. Tentu karena ketogenic ini relatif dianggap “tidak umum” kita harus lebih peka terhadap hal-hal yang terjadi pada tubuh kita sendiri. Ini dia beberapa hal yang perlu :

#1: KETO SEBELUM HAMIL

Ketika Anda memulai diet keto, tentu akan ada proses adaptasi. Yang biasanya terbiasa menggunakan glukosa, kemudian tubuh akan merasakan gula darah yang jarang tinggi. Bisa jadi adaptasinya adalah “keto flu”. Sehingga jika Anda belum pernah mengalami sebelumnya, Anda akan menganggap ketoflu ini sesuatu yang mengerikan.

Proses adaptasi ini biasa saja kok. Sesuatu yang normal, sama seperti kita pertama kali hamil, pertama kali melahirkan, maupun pertama kali menyusui. Akan ada adaptasi. Jadi memang sebaiknya tubuh Anda pernah mengenal ketosis ini sebelum hamil ataupun sebelum melahirkan. Sehingga nanti ketika menjalani keto ketika menyusui tubuh tidak terlalu kaget.

#2: ASUP CAIRAN YANG CUKUP
Kebanyakan masalah dari menurunnya supply asi adalah karena kekurangan konsumsi air.

Konsumsi air sangat penting untuk produksi ASI yang cukup. Apalagi umumnya ketika keto tubuh tidak menyimpan banyak air.

Tubuh kita juga perlu air untuk menyeimbangan mineral tubuh. Sehingga konsumsi air lebih banyak dibanding sebelumnya.

#3: NUTRISI DAN ELEKTROLIT
Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral untuk menghindari efeksamping yang mungkin muncul seperti sakit kepala dan lemas. Anda bisa menggunakan panduan vitamin dan mineral yang disarankan oleh dokter maupun bidan.


#4: MAKAN KALORI YANG CUKUP, TERUTAMA LEMAK BAIK

Penting sekali bagi kita untuk memenuhi kebutuhan energi bagi sang ibu dan bayinya.
Makan yang cukup, tidak sampai kelaparan. Konsumsi ikan, telur, daging yang berkualitas, tambahkan juga dengan VCO (minyak kelapa murni) untuk memenuhi kebutuhan makanan. Cek juga daftar menu makanan yang disarankan dalam diet keto yaaaa….


#5: ISI FORM DAN BACA LANJUTANNYA

Ingin Coba Diet Keto?





100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.


#5: SAYURAN
Anda perlu mengambil mineral alami dari sayur bagi kebutuhan ibu menyusui. Konsumsi sayur ini juga bisa mendapatkan beberapa mineral dan antioksidan yang tidak terkandung di suplemen.

#6: PILIH LOW CARB, BUKAN KETO EXREME
Sesuaikan diet keto dengan kebutuhan. Jika keto yang ketat untuk obesitas membatasi 5-10 gram net carb, maka untuk ibu menyusui bisa mengasup antara 20-50 gram net carb sehari.

Selalu awasi apakah kecukupan dari ASI ini terpenuhi. Asupan karbo bisa didapat dari sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, alpokat, santan, serta buah jenis berry-an

Hindari semua nasi, mie, roti, olahan tepung.

#7: MONITOR ASUPAN DAN PRODUKSI ASI
Gunakan aplikasi untuk mengukur kalori harian seperti fatsecret. Ini akan memudahkan kita untuk mencatat makanan apa yang kita konsumsi dan melihat hubungannya dengan produksi ASI. Kedepan ibu menyusui akan lebih mudah menyesuaikan dengan kondisi tubuhnya.

Amati juga produksi ASI harian, misalkan dengan memompa ASI dalam beberapa hari untuk melihat produksi ASI.

Sama halnya dengan diet yang lain, tidak ada satu diet yang cocok untuk semua orang. Kenali tanda-tanda dalam tubuh sendiri ya. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download