Diet Keto itu Makan Jeroan Atau Tidak Ya?

Diet Keto itu Makan Jeroan Atau Tidak Ya?

Mungkin untuk Anda yang masih kepo dengan keto, atau baru awal riset tentang keto akan tertarik membaca tema ini : jeroan.

Bagaimana tidak, jeroan ini memang sering menjadi kontroversi dan perdebatan juga dikalangan pelaku ketogenic kok. So yuk mari luangkan 7 menit Anda membaca tulisan ini secara lengkap!

Dulu saya paling takut ngelihat kulit ayam, jeroan, lemak di makanan. Dipikir itu semua itu sangat buruk, berbahaya, dan tidak baik untuk tubuh kita.

Tapi sejak 2 tahun yang lalu mempelajari pola ketogenic ini, dilanjutkan terus praktek setiap hari, mindset saya berubah 180′. Seperti kita tahu bahwa pola ketogenic itu asupan nutrisinya adalah 70-80% lemak, sehingga banyak orang beranggapan harus banyak makan jerohan! Benarkah?

Coba pelajari dulu, apa sebenarnya kandungan utama makronutrisi dari jeroan tersebut?
Lemak, Protein, atau Karbohidrat?

Pada umunya jeroan adalah protein tinggi.

Nah, udah mulai jelas ya….

Dalam ketogenic, protein dibatasi juga sekitar 20% lho. Karena protein juga meningkatkan pengeluaran hormon insulin yang mengakibatkan penimbunan lemak, dan susah untuk mencapai kondisi ketosis. Keunikan dari jeroan adalah kandungan vitamin dan mineralnya. Ya, mikro nutrisinya….

Yuk kenali beberapa bagian jeroan :

Hati adalah daging organ yang paling bergizi dan sehat. Hati tinggi akan protein, vitamin A, asam folat, zat besi, vitamin B12 dan mineral seperti kromium, tembaga. Hati ini baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Ginjal kaya akan nutrisi dan protein. Anda dapat mengonsumsi ginjal sapi atau domba yang mengandung asam lemak omega 3 dan bersifat anti-inflamasi. Ginjal sapi juga baik untuk jantung Anda.

Limpa dan pankreas kaya zinc dan selenium yang dibutuhkan untuk fungsi hormonal dan kekebalan tubuh lho. Organ tersebut juga kaya omega 3, asam lemak dan protein. Limpa dan pankreas baik untuk kesehatan saat demam dan mengurangi peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pencernaan.

Nah ini salah satu makanan favorit! Otak adalah sumber terkaya asam lemak omega-3. Otak juga mengandung beberapa nutrisi (fosfatidilkolin dan phosphatidylserine) yang baik untuk saraf. Otak mengandung anti-oksidan yang melindungi otak manusia dan sumsum tulang belakang dari kerapuhan.

Organ jantung mengandung folat, zat besi, zinc, selenium, vitamin B2, B6, dan B12 dan dapat membantu produksi energi dalam tubuh Anda karena merupakan sumber terbaik dari CoQ10. Jantung juga melindungi dari kerusakan mitokondria yang merupakan produksi utama terhadap energi sel-sel manusia.

Untuk lidah mengandung 70 persen asam lemak dan kaya kalori. Lidah kaya akan seng, besi, kolin, vitamin B12 dan mineral. Lidah dapat menghindari ibu hamil dari penyakit

Babat adalah lapisan perut kambing, domba dan sapi. Babat banyak mengandung gelatin dan probiotik dan dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Sedangkan usus mengandung gelatin dan glutamine yang digunakan untuk mencegah dan mengobati diare dan usus perforasi (lubang).
.
.

Lalu bagaimana dong?

Silahkan makan berbagai daging dan lemak dari sapi, kambing, ayam, bebek. Disetiap daging hampir dipastikan ada lemak di dalamnya. Jeroan boleh dikonsumsi karena mengandung mikronutrisi (termasuk vitamin dan mineral) penting bagi tubuh, silahkan jumlahnya dibatasi agar kita tidak over protein, dan mencapai nutrisi sesuai ketomakro.

Nah vitamin dan mineral apa sih yang ada di jeroan?

Lalu lemak apa yang harus dihindari?
Lemak buruk adalah lemak trans buatan manusia dan lemak trans nabati.

Dan jelas, wajib dihindari adalah gula dan karbo (terutama tepung olahan). Dan kini lemak selalu menjadi menu yang dicari setiap hari.

Tips simpel untuk jadi langsing





100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.




3 thoughts on “Diet Keto itu Makan Jeroan Atau Tidak Ya?”

  • Berarti pak lemak babati seperti merk Blueband dsb itu nggak bagus ya,dan saya penyuka hati ayam ataupun sapi..bagaimana menurut pak anas,lanjutkan atau dibatasi?
    Terimakasih.

  • Lemak trans buatan manusia dan lemak trans nabati itu contoh nya apa aja ya pak?
    Yg ga baik buat kesehatan kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download