Kenapa Perut Ini Makin Lama Makin Jadi Buncit?

Kenapa Perut Ini Makin Lama Makin Jadi Buncit?

Coba flashback 2,3,4,5 tahun yang lalu…
Apakah ada penambahan ukuran celana Anda ?

Menurut wikipedia Perut buncit atau perut gendut, dikenal dengan nama klinis obesitas abdominal atau obesitas sentral, adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen. Obesitas abdominal berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Obesitas abdominal tidak hanya ditemukan pada orang tua dan penderita kegemukan. Selain itu, obesitas abdominal telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer serta penyakit metabolis dan vaskular lainnya.

hmmmm….

semakin jelas ya, sebenarnya salah satu akar dari berbagai penyakit itu adalah perut buncit ini….

Jika kita simak lebih dalam, apa penyebab perut buncit ini?
Indikasi mendasar dari penumpukan lemak didaerah perut ini adalah insulin resistance.

Kok bisa sih?
Salah satu bentuk metabolisme tubuh agar terhindar dari gula darah berlebih (dari karbo dan gula) adalah menyimpannya dalam bentuk lemak. Secara umum manusia (dalam metabolisme glukosa) hanya membutuhkan 6-9 sendok teh sehari. Tapi coba ukur berapa banyak konsumsi karbohidrat dan gula yang kita konsumsi. Dari riset umum, ternyata kita mengkonsumsi gula setara antara 20-40 sendok gula per hari. OMG!

Tidak heran pankreas kita akan bekerja keras memproduksi hormon insulin. Insulin ini kemudian akan membantu mengolah glukosa dari karbohidrat agar menjaga gula darah tetap rendah. Serunya ketika gula darah kita sudah turun, disana akan muncul rasa lapar lagi, sehingga kita “terpaksa” makan lagi setelah 2 jam. Dan gula darah naik lagi, pankreas bekerja lagi untuk meghasilkan insulin.

Apalagi jika aktivitas fisik rendah, misal hanya duduk di depan komputer, tidur-tiduran saja, maka bisa dibilang glukosa yang dibakar menjadi kalori sangat rendah sekali.

Bagaimana hubungan antara GLukosa, Insulin, dan Lemak tubuh?
Ketika gula dalam darah tinggi, tubuh akan menyimpan dalam bentuk glikogen dalam liver dan otot. Tapi jumlahnya sangat terbatas (100-150mg / dL), sehingga kelebihan lainnya yang akan diubah menjadi lemak tubuh.

Nah lemak-lemak inilah yang terus ditumpuk sedikit-demi-sedikit menjadi trigeliserida (proses lipogenesis), atau lemak tubuh. Setiap hari. Mungkin Kita sendiri tidak akan menyadari, hingga suatu saat kita mulai merasakan ukuran baju dan celana menjadi lebih sempit.

Bukan baju dan celana yang menyempit. Tapi badan kita yang membesar!

Ketika Trigleserid tinggi, umumnya liver telah diselumuti lemak dan dikenal dengan fatty liver. Kejadian ini sering terjadi karena selain glukosa, liver merupakan satu-satu-nya organ yang memproses fruktosa.

Ketika liver bermasalah, empedu dapat terkena imbasnya, trigeliserida tinggi, gula darah terus tinggi, hingga akhirnya pankreas juga akan mulai menurun kemampuan memproduksi insulinnya.

Di fase ini sudah terjadi diabetes (supply insulin berkurang) hingga akhirnya penderita menggunakan obat-obatan berupa insulin secara oral ataupun suntik. Dan jika masih belum ada perubahan pola makan, konsumsi karbo dan gula tinggi terus berlangsung maka suatu saat akan terjadi insulin resistance.

Resistensi insulin adalah kondisi dimana sel gagal merespons terhadap hormon insulin. Tubuh memproduksi insulin saat glukosa mulai dilepaskan ke dalam aliran darah dari pencernaan karbohidrat dan gula dalam makanan. Ketika resistensi insulin tubuh sudah tidak mampu menggunakan glukosa untuk digunakan sebagai energi, dan tidak dapat lagi menyimpan menjadi lemak, dan gula darah dalam tubuh akan tetap tinggi.

Inilah kenapa penderita diabetes, terutama yang kronis akan merasa tetap tidak berenergi, lemas, mudah mengantuk, walau sudah makan (karbohidrat dan gula).

Pola makan ketogenic dengan menggunakan 70% kalori dengan lemak, dan 25% kalori dengan protein, akan mengubah sumber energi yang berasal dari karbohidrat berubah ke lemak. Konsumsi dalam ketogenic ini membuat manusia mampu menjaga batasan konsumsi makanan 1/3 lambung.

Selamat Mencoba!
dan gabung juga di https://www.facebook.com/groups/ketogenicindonesia



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download