Ada Dokter Bilang : “Stop Diet Keto”. Beneran?

Ada Dokter Bilang : “Stop Diet Keto”. Beneran?

Semalam waktu mau tidur tiba-tiba ada pesan whatsapp yang masuk. Isinya memberikan link dan artikel tentang : “No One Should Be Doing Keto Diet’ Says Leading Cardiologist”, trus saya diminta komentar-nya apa mas?

Hmmm…

Akhirnya saya jawab aja “No Comment :D”

jujur…
saya tidak suka berdebat hal-hal yang demikian. Sudah terlalu sering. Biasanya sih saya bilang baca aja buku Ketogenic : Gaya Hidup Revolusioner. Karena menanggapi hal-hal demikian kadang ibarat menggarami lautan. Apalagi jika mencatut istilah “pakar”. Dan memang dalam tulisan itu tidak 100% salah, tapi banyak hal-hal yang memang tidak jelas, dan ujung-ujung nya menakut nakuti saja.

benarkah Diet Keto meningkatkan kematian?

Fakta : Banyak orang-orang berharap kita berpikir seperti itu.
Catat, berharap!
Tapi coba lihat fakta dan bukti-buktinya.

Diet keto bekerja sebaliknya!

Diet keto membuat orang memiliki kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat. Jika memang ada yang mengalami keluhan, saya rasa masih dalam kondisi normal karena memang “salah paham” dalam melakukan dietnya. Alias dietnya ngawur. Misal masih konsumsi suplemen tinggi protein dan gula, masih mau konsumsi banyak sekali buah manis, bahkan masih minum kopi sachet!

itulah kenapa saya membuka program coaching, yang bertujuan menemani Anda belajar dan konsul dalam 10 hari.

Ok, back to topic.

Saya pribadi merasakan perubahan luar biasa ketika menjalankan diet keto. Dan saya tidak sendirian. Silahkan cek di group fb Ketogenic Indonesia untuk melihat secara langsung bukti-buktinya.

Lalu kenapa ada isu bahwa diet ketogenik itu berbahaya?

Memang pada dasarnya, banyak orang, termasuk ahli, belum mempelajari ketogenic ini secara menyeluruh. Mereka hanya mempelajari sepotong-sepotong. Misal dari riset tentang low carb, yang ternyata hitungan karbonya masih 30%. Lalu ada juga dari riset lain yang ternyata low carb, tapi high protein.

Kemudian banyak orang hanya melihat abstrak dan kesimpulannya saja. Tanpa melihat dengan detail bagaimana sebuah penelitian itu dilakukan. Ingat dalam penelitian memahami detail itu penting, dan terkadang memang ada hal-hal yang sengaja diabaikan. Jadi, Anda harus baca detail sebelum mengambil keputusan diet ketogenik sebagai pembunuh.

Misal dari riset tentang low carb ternyata mendapatkan fakta lain bahwa responden memiliki persentase tinggi sebagai perokok, kemudian rendah dalam hal aktifitas fisik dan asupan tinggi lemak-trans. Penelitian semacam ini akhirnya menjadikan bias.

Kalau kata salah satu pakar Bret Scher, MD FACC, ibarat kita hanya melihat puncak gunung es saja. Banyak hal praktek tidak sehat yang dilakukan lebih sering, yang tidak diukur? Dan dianggap diet ketogenik itu sama dengan diet rendah karbohidrat. Dan rendahnya adalah 163 gram karbohidrat per hari. Dalam ketogenic hanya mengasup 30 gram karbohidrat lho, bahkan jika untuk tujuan yang lebih advance bisa mengasup kurang dari 20 gram!

Di tulisan tersebut kemudian menunjukkan risiko untuk kasus cardiovaskular dan kanker.

Apakah itu cukup untuk membuktikan?

Jadi, sebelum Anda memfitnah diet ketogenik sebagai pembunuh, mengatakan stop diet keto, mari pastikan Anda benar-benar mempelajari diet ketogenik, bahkan kalau perlu buktikan pada diri Anda sendiri. Tidak perlu seumur hidup. Tidak perlu setahun. Cukup satu minggu, sehingga kita bisa mengambil posisi yang netral dalam menilai-nya.

Bagaimana sebenarnya melihat suatu pola hidup / pola makan itu aman?

Saya cenderung menggunakan referensi yang ada saja dulu :

Yuk kita mulai jabarkan satu persatu secara singkat :

1. Lingkar perut

terbukti, bahwa diet keto membuat lingkar perut kita mengecil. Celana lama, baju lama bisa dipakai. Ini sangat unik dan berbeda lho dengan diet lain. Biasa-nya berat di timbangan turun, tapi ukuran masih tetap. Tapi dengan menjalankan diet keto proven membuat ukuran Anda kembali normal!

2. Trigeliserida

banyak orang hanya melihat total kolesterol. Ini kurang tepat. Lemak dan kolesterol itu mutlak diperlukan oleh tubuh kita untuk memproduksi hormon. Coba perhatikan trigeliserida Anda!

3. HDL

Menurut referensi perhatikan kecukupan akan HDL. Bahkan jika perlu cek perbandingan antara HDL dan trigeliserida.

4. Gula darah

Jaga agar GDP (gula darah puasa) dibawah 100 mg/dL. Alhamdulillah dengan pola ketogenic ini sangat banyak yang akhirnya terbebas dari obat, dan gula darahnya menjadi normal kembali. Tentu jika sudah ada indikasi prediabetes, Anda harus menjalankan dengan pola yang lebih ketat ya.

5. Tekanan darah

Tekanan darah adalah indikator juga sindrom metabolisme. Tekanan darah yang sebelumnya tinggi, dengan diet ketogenic ini nyata terbantu menormalkan lho.

Nah….

Banyak orang mendapatkan manfaat dengan perbaikan dari 5 indikator metabolisme diatas. So, secara sederhana sebenarnya bisa ditarik kesimpulan pola diet ini memberikan manfaat positif pada kesehatan. Catat, proses ini tidaklah instant. Diperlukan mindset yang benar dan ilmu yang benar dalam menjalankan pola diet ketogenic ini.

Apakah ini diet ketogenik telah terbukti aman dalam jangka panjang?

Tentu saya pribadi juga tidak mengklaim seperti itu.
Perlu dilakukan penelitian oleh ahli yang benar benar netral dan memiliki hati yang bersih
cie… cie…..

Tapi……

Dalam perjalanan saya hari ini, terkait dengan menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, membantu penderita diabetes dan menormalkan tekanan darah, dan banyak yang terbebas dari obat-obatan bisa juga membuktikan sesuatu.

Selamat mencoba diet ketogenic.

Pelajari Diet Keto Sekarang





100% privacy. Kami benci spam.
Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download