KALDU AYAM ALA SHANTY ASTARINI BACHMID

KALDU AYAM ALA SHANTY ASTARINI BACHMID

#Share
#cerita si #Kaldu

Halloww selamat hari Senin…sudah pada masuk sekolah nih para krucils seantero jagad…mamak mamak biasanya bahagia, tapi guru guru macam aku semacam “here we go again…..” ???

Nyempetin ah cerita dikit pentingnya kaldu. Bolee yaaa….

Kaldu atau broth, baik itu datang dari sumber apa (yg sesuai dengan kebutuhan dan beliefs kita) sejatinya adalah saripati dari sumber alami tersebut.

Buat mamak mamak irit macam saya, kaldu adalah cara memaksimalkan hasil belanjaan sehari hari! Hehehe…karena kadang dari bagian bagian yg sering disebut sebagai ‘limbah’ hewani seperti tulang, ceker, atau kulit…masih bisa didapat manfaat lho….

Seberapa pentingnya sih kaldu ini dalam menjalankan KF?

Kaldu selain bernutrisi dan jadi asupan cairan, bisa juga membantu mengkoreksi kebutuhan mineral buat kita. Karena sifat KF yg diuretics membuat perputaran cairan tubuh cepat…salah satu yg terjadi adalah pelepasan mineral melalui pipis. Jadi, peran kaldu cukup oke untuk menjaga keseimbangan mineral dan elektrolit dalam tubuh.

Kaldu boleh dinikmati di jam puasa intermittent alias IF….terutama buat temen temen yg sedang dalam masa penyembuhan dan yg underweight. Bukan berarti yg masih pingin timbangan geser angka ke kiri ga bisa dapat manfaatnya lho….kaldu tetap aman untuk dikonsumsi. ?

Nah masalahnya niiih, bebikinan kaldu kadang bikin kita malas, karena biasanya butuh waktu yg ga sebentar. Eh tapiiii…jangan sampai ini jadi kendala kita menikmati dan memanfaatkan kehebatan si kaldu ini dong ya….?

Aku share resep gampil anti rempong bikin kaldu deh….

Here’s what i do:

#kaldu #ayam #kampung

(Lebih sedep dibuat menggunakan slow cooker…tapi buat yg ga punya, tenang aja percaya atau tidak…saya suka pake rice cooker yg sudah agak sedikit cemburu karena dipensiunkan dini. Hasilnya oke juga kok?)

*Cuci bersih 1 ayam kampung kecil

*Balurin lemon juice supaya nggak licin2 biarkan sebentar boleh dicuci lagi setelah itu

*Cemplungin si ayam ke rice cooker yg diisi 3/4 penuh air panas

*Cemplungin sebutir bawang bombay dipotong kasar, 5 butir bawang putih brungkulan, 5 butir bawang merah brungkulan, sejempol jahe iris dan bayleaf

*Kasih 2 sdm Apple Cider Vinegar (cuka apel). Acv selain bisa ilangin amis, dia bikin mineral di tulang2 nya ayam keluar maksimal.

*Let it cook for the night

* Besoknya, kalau mau dikonsumsi tinggal dibumbuin deh as you please. Kalau suka boleh dikasih minyak wijen garam dan merica.

Itu bisa jadi stock kaldu berhari2. Si Ayam belom selesai tugasnya, abis itu dia bisa diangkat dan diolah yg lain tapiii dikonsumsi nya di jam buka yaaaa ??

Kalau lagi malas refill terlalu heboh aku malah suka bikin egg drops soup menggunakan kaldu ini, cukup tambahkan kocokan telur yg dimasukkan saat kaldu dipanaskan di kompor. Induksi friendly tuh. Ringan namun tetap bernutrisi. Sruuuuupuuuuuuuut…..segar!

Yuk deh….kita manfaatkan kehebatan si kaldu.
Selamat berkreasi ?

Salam,
Shantz?

Dipersembahkan oleh : https://www.facebook.com/shanty.bachmid?hc_ref=ARTUKheNH5HSKLL87xvrDMEcssGUdR008MbKnaq5uns1H2KgDgFmGqutB5UB__z5heU&fref=nf



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download