BANDENG PRESTO HOME MADE ALA SUCI WULANDARI

#Resep
#Cocolsambel
#MakanIkan

Bandeng Presto Home Made

Diadaptasi Diah Didi

Recook Suci

Tips membuat bandeng presto homamade :

Pilih bandeng kualitas bagus, yang masih segar dan tidak beraroma tanah.

Siapkan panci presto, beri air hingga batas tinggi angsangnya.
Jangan buang sisiknya ya, buang saja kotorannya

Cuci bersih bandeng, lumuri dengan bumbu : garam, bawang putih, ketumbar dan kunyit, nggak perlu di kasih air, karena di bawahnya nanti ada airnya..jadi seperti di kukus di dalam panci presto sebenarnya bandeng ini.

Ada juga tehnik yang di bawahnya di beri rempah2..seperti daun salam, laos, sere..agar menjaga bandeng nggak lengket dan gosong. Aku suka pakai angsang aja..jadi praktis.

Jumlah garam yang di gunakan agak lebih banyak ya, di banding jika buat bumbu ikan goreng, karena selama proses di presto kan kena uap air, jadi biar nggak hilang gurihnya.

Kalau aku lihat di tivi, itu kunyit di haluskan terpisah dari bumbu lain, kasih air, lalu di oleskan terakkhir ke bandeng yang sudah di bumbuin sebelum masuk panci presto, agar warnanya bisa kuning cantik permukaan bandengnya. Kalau aku..aku campur saja semua bumbu, karena kebetulan aku pakai rempah bubuk semua, tinggal di balurkan ke bandengnya.

Letakkan di angsang, lalu tutup panci prestonya, masak api kecil hingga kira-kira 2 jam.

Tip lain agar bandeng nggak mudah hancur, sesekali buka katup uap panci prestonya..agar tekanan berkurang..yang bunyi mendesis di atas itu lho teman2..jangan kawatir..nggak panas kok. (Ini tidak saya lakukan , masih merinding)

Tanda2 bandeng presto matang, cium saja aromanya..jika aromanya dari luar sudah harum semerbak khas seperti bandeng presto..ya berarti sudah matang.

Biarkan panci presto hingga menurun dulu suhunya, baru di buka. Tapi jika keburu penasaran pengen tau hasil dari bandneg prestonya,..siram saja dengan air dingin dari kran,.nanti akan langsung..cess..bunyinya dan tekanan turun dech, panci prestonya bisa di buka.

Koreksi rasa ya..jika masih asin, olesi garam lagi dan tutup kembali, masak lagi sebentar hingga garam meresap.
Dinginkan dulu bandeng presto yang sudah matang ya..biar keset dulu dan mudah di angkat, baru di oleh. JIka panas-panas di angkat akan mudah hancur.

Oke..semoga jelas ya teman-teman..cara membuat bandeng presto sendiri di rumah..mudah bukan..takaran bumbu..sesuaikan selera saja..karena aku tadi pakai rempah bubuk..jadi main tuang aja..hihi. Misal untuk 1 kg bandeng jika pakai bawang segar pakai aja sekitar 5 – 6 siung biar gurih, 1 sendok makan garam ( secukupnya ), lengkuas, salam dan sereh, secukupnya. Udah..itu aja…sich. Selamat mencoba ya teman-teman.

Dipersembahkan oleh : https://www.facebook.com/wulanAgusW

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *