IKAN BELANA MASAK LEMAK ALA SUCI WULANDARI

Ini salah satu kado yang diberikan oleh some one yang super sangat special bagi kehidupan saya. Minta kadonya perlengkapan KF, termasuk ikan belanak ini bukan beranak, ini makanan super special…. Curhat sedikit.. Yang penting berkah. Alhamdulillah tabungan diflezer.

Ikan Belanak Masak Lemak
Resep Blog JTT
Recook Suci Wd

Bahan & bumbu untuk menggoreng ikan:
– 3 ekor ikan belanak ukuran sedang, siangi
– 1 sendok makan ketumbar bubuk
– 1/2 sendok teh kunyit bubuk
– 2 siung bawang putih dihaluskan
– 2 sendok teh garam Himalayah
– 1 sendok cuka apel
Tambahan : Telor Ayam Rebus 4 buah, buang kulit. Goreng sebentar saja. Agar teksture kulit luar agak garing.

Bahan & bumbu kuah:
– 2 sendok makan minyak barco untuk menumis
– 5 siung bawang merah, rajang tipis
– 4 siung bawang putih, rajang tipis
– 2 ruas jari jahe, memarkan
– 1/2 sendok teh kunyit bubuk
– 1 sendok teh ketumbar bubuk
– 2 ruas jari lengkuas, belah dua dan memarkan
– 1 buah serai, ambil bagian putihnya saja dan memarkan
– 8 buah cabai rawit merah
– 1 saset gula diabetasol selera
– 2 sendok teh garam garam himalaya
– 2 saset Kara atau 150 ml
– 350 ml air matang

Tambahan saya beri bumbu sauce sambel cabai home made.

Cara membuat:
Siangi ikan, buang sisik, insang dan isi perutnya. Bisa membiarkannya utuh atau memotong-motongnya sesuai selera. Cuci ikan hingga bersih, sayat-sayat permukaan badannya. Masukkan ikan ke dalam panci, masukkan semua bumbu untuk menggoreng ikan. Tutup panci dan guncangkan atau kocok panci kuat-kuat sehingga ikan dan bumbu tercampur rata. Diamkan ikan selama 30 menit.

Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan hingga benar-benar panas. Goreng ikan hingga satu sisi matang dan berwarna kecoklatan. Balikkan dan goreng sisi lainnya hingga matang. Angkat dan tiriskan. Kemudian telor yang sudah direbus bisa digoreng sebentar.

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Masukkan bawang merah dan tumis hingga bawang merah menjadi layu dan matang. Masukkan bawang putih tumis hingga layu. Tambahkan jahe, kunyit bubuk, ketumbar bubuk, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk dan tumis hingga daun rempah menjadi layu. Masukan bumbu tambahan yaitu sauce sambel cabai.

Masukkan cabai rawit, air cuka apel, aduk dan tumis sekitar 2 atau 3 detik. Tuangkan santan, dan masukan air matang kemudiaan tambahkan garam dan masak dengan api kecil hingga santan mendidih dan matang. Aduk-aduk selama santan dimasak agar tidak pecah.

Jika santan telah mendidih, harum dan keluar minyak masukkan ikan goreng dan Telor rebus. Aduk-aduk dan masak dengan api kecil hingga santan meresap ke ikan dan sedikit menyusut. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat dan sajikan tidak lupa bawang goreng. Super duper yummy!

Dipersembahkan olah : https://www.facebook.com/wulanAgusW

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *