Cara Diet Keto Bagi Pemula

Cara Diet Keto Bagi Pemula

Apakah Anda sudah pernah dengar tentang diet keto?
atau pernah tahu istilah ketogenic ?

Jika Anda masih merasa asing dengan istilah diatas, silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Sebelumnya silahkan siapkan secangkir kopi hangat (tentu tanpa gula yaaaa)…….

Diet keto (yang merupakan singkatan dari ketogenic) adalah diet tinggi lemak, protein sedang, dan rendah karbohidrat. Pola ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1920-an, yang ketika itu digunakan untuk merawat kasus anak-anak epilepsi.

Dalam ketogenic, sebenarnya daftar makanan yang dihindari tidak banyak.
Tapi yang banyak adalah turunannya 🙂

Intinya yang pantang dikonsumsi adalah yang mengandung karbohidrat tinggi yakni:
– Nasi
– Mie
– Roti
– Tepung-tepungan atau gandum
– Umbi-umbian seperti kentang, singkong, ubi, jagung
– Buah-buahan manis
– Dan pastinya….. Gula

Nah semua turunan juga tentu dihindari yaaaa….
misal : lontong, bubur, donat, bakso, dodol, es jeruk manis, teh manis anget, dan sebagainya….

Nah lalu gantinya apa?
Asupan kalori harian dalam diet ketogenic adalah
70-75% Lemak
20-25% Protein
5% Karbohidrat.

Sehingga Anda bisa mengkonsumsi :
– Daging (sapi, kambing, ayam, bebek)
– Seafood (ikan, udang, dll)
– Butter / Mentega
– Telur
– Keju
– Santan
– Minyak (VCO atau olive oil atau MCT)
– Kacang-kacangan rendah karbo
– Santan
– Buah rendah karbo (alpokat, dan jenis berry-berryan)

Anda silahkan saja mengkombinasikan makanan itu untuk menu sehari-hari agar tidak bosan.

Misalnya :
– Sarapan: 1-2 butir telur
– Kopi asli
– 1 sdm VCO

Makan siang: rendang sapi
– Ayam goreng
– Bebek bakar
– 1 sdm VCO atau zaitun

Snack:
– Alpokat dengan santan
– Kerupuk kulit
– Segenggam almond

Makan malam:
– Opor ayam
– Ikan goreng
– 1 sdm VCO atau MCT

Nah….
Udah mulai kebayang kan?

Anda bisa juga download panduan Diet Ketogenic di LINK INI

Nah kalau dilihat dari piramida makanannya maka akan berbeda dengan piramida makanan yang selama ini kita kenal ya. Kan selama ini karbohidrat menjadi makanan utama, dalam ketogenic lemaklah yang menjadi makanan pokok. Lemak ini bisa berasal dari : Minyak kelapa, VCO, Butter, ghee, olive oil, avocado oil, fish oil.

Catat : Hindari margarin dan minyak sayur yang mengandung transfat ya.

Sumber protein bisa berasal dari telur, daging, ikan laut, dan sebaiknya pilih yang ada bagian lemaknya. Oh ya, jeroan itu juga kaya protein ya seperti pada hati, kulit, maupun usus.
Sumber karbohidrat bisa didapat dari sayuran tanpa starch (pati), santan, heavy cream, keju, kacang, yougurt, kefir dan buah rendah karbo.

Kini semakin banyak orang penasaran dengan diet keto ini yang menimbulkan banyak pertanyaan

“seperti apa sih sebenarnya diet keto itu?”

Apalagi memang banyak ahli gizi maupun dokter yang belum sepenuhnya menerima pola diet ketogenic ini. Selama ini kita diperkenalkan diet sehat adalah diet rendah kalori. Banyak makan sayur dan makan lemak. Menghindari gorengan. Ya kata orang 4 sehat 5 sempurna, atau diet seimbang, dan jargon lain yang menghindari lemak dalam pola makannya.

Tapi kok banyak orang sudah mencoba cara itu tidak berhasil menjadi langsing?
Malah banyak yang makin hari makin gemuk?
Semakin mengerikan lagi kok muncul gejala diabetes dan darah tinggi?
Dimana salahnya ya?

Ketika orang menjalankan pola rendah karbo tinggi lemak, banyak sekali pikiran orang itu melayang kemana-mana melihat makanan yang selama ini dijauhi dan ditakuti. Memang pemahaman nutrisi harus dipahami ketika menjalankan diet ketogenic ini. Misal bagaimana tubuh itu bereaksi terhadap sumber makanan. Bukan nama makanannya. Jadi kalau tanya makan ini boleh tidak, makan itu boleh tidak, sebenarnya bukan masalah boleh atau tidak saja. Harus memahami sebenarnya kandungan nutrisinya apa.

Sudah 3 tahunan ini gelora dan semangat menjalankan pola ketogenic ini semakin meluas. Bahkan tidak hanya dikalangan orang biasa saja lho, kini makin banyak dokter, bahkan spesialis, perawat, ahli gizi juga mencoba menjalankan diet ketogenic. Bagi mereka yang berpikiran terbuka akan berusaha belajar dan terus menggali ada “rahasia” apa sebenarnya.

Di internet kini juga semakin meluas informasi tentang diet keto ini. Bahkan sosial media seperti instagram dan youtube menjadi sarana populer untuk menyebarluaskan pola ketogenic ini. Beberapa referensi juga sudah menyertakan penelitian ilmiah lho, jadi bukan sekedar opini semata. Tapi foodketo.com akan hadir dengan penjelasan yang simple dan sederhana aja.

Oh ya, dalam ketogenic intinya adalah perubahan metabolisme tubuh. Sehingga akan terjadi adaptasi dimana tubuh yang biasanya menggunakan gula (glukosa) sebagai sumber energi, lalu diubah menjadi lemak (keton) sebagai sumber energi. Adaptasi ini bagi sebagian orang tidak mudah. Istilah umumnya disebut ketoflu. Dan ketika seseorang sudah bisa menggunakan lemak sebagai sumber energi, istilahnya sudah dalam kondisi ketosis.

Bagaimana Cara Diet Keto Bagi Pemula?

Cara paling sederhana adalah meninggalkan makanan utama karbohidrat dan gula, digantikan dengan lemak seperti penjelasan di bagian atas. Ketika tubuh tidak mendapat asupan gula dan karbohidrat yang cukup, maka tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Tubuh kita ini kan sudah banyak memiliki cadangan lemak, tapi selama ini kita tidak pernah mampu menggunakannya.

Terus apa diet keto bisa membuat seseorang lebih langsing?

Dengan kemampuan adaptasi tubuh dalam menggunakan lemak, maka secara otomatis tubuh bekerja dalam metabolisme ketosis. Artinya mampu membongkar tumpukan lemak tubuh secara bertahap sebagai sumber energi. Memang hal ini masih banyak yang pro dan kontra, tapi fakta membuktikan pola ini dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi perut buncit lho. Kemudian banyak sekali yang keluhan pegal-pegal, darah tinggi, diabetes secara bertahan juga menunjukkan perbaikan.

Selama ini kita dibuat ketakutan memakan lemak. Membatasi protein, dan bebas makan karbohidrat, karena dianggap sebagai makanan pokok. Kenyataannya tidak ada karbohidrat essensial. Adanya lemak essensial dan protein essensial. Lemak juga menghadirkan sensasi kenyang, dan bebas craving karena gula darah dan insulin cenderung stabil. Ketika menjalankan diet ketogenic, kita juga akan lebih selektif dalam memilih makanan mana yang bisa kita makan, dan kita hindari.

Wah aku sih doyan manis dan ngemil. Bagaimana dong?

Memang kita harus melakukan refleksi diri dalam melakukan diet. Artinya kita perlu tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, apa tujuan yang diinginkan. Seberapa penting tujuan itu untuk di kejar. Jika Anda tidak menganggap penting, maka bisa dipastikan diet Anda akan berujung kegagalan. Sebenarnya dalam diet ketogenic ini sudah banyak sekali subtitusinya. Misal rasa manis, atau cemilam juga tetap tersedia. Bahkan jika Anda benar-benar serius mendapatkan tujuan dari diet, sebenarnya tidak ada lagi alasan.

Pertanyaan berikutnya apakah saya harus menjalani ini seumur hidup?

Pada dasarnya pilihan ada pada diri Anda sendiri. Banyak orang merasakan manfaat dahsyat dari diet keto ini. Badan lebih bugar, stamina lebih oke, energi lebih tinggi, fokus lebih terjaga, gejala diabetes menghilang, dan banyak lagi lainnya. Tentu Anda bisa berkonsultasi dengan ahli medis, dokter, atau professional yang bisa membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Pada suatu titik Anda sudah langsing, kesehatan optimal, Anda bisa menjaga dengan asupan rendah karbo antara 20-50 gram perhari.

diet ketoAnda bisa bereksperimen sendiri terhadap tubuh Anda jika mengkonsumsi gula dan karbohidrat berlebihan. Tubuh kita akan lebih sensitif dan memberikan sinyal lebih dini jika kita salah dalam makan. Pada akhirnya kita sebagai semakin mengerti, nutrisi apa saja sih yang dibutuhkan tubuh kita?

Ketika kita sudah berhasil menurunkan berat badan, otomatis kita akan ringan dalam bergerak. Olahraga akhirnya menjadi kegiatan yang menyenangkan dilakukan lho. Akan beda ketika kita gemuk. Kita pasti malas bergerak, dan bawaannya mau makan terus.

Ilmu pengetahuan terus berkembang, termasuk di dunia nutrisi dan makanan. Belajarlah dari mana saja. Jika perlu baca buku ketogenic gaya hidup revolusioner. Bahkan kini juga tersedia dalam format video dan audio di ecourse nya. Jangan sampai Anda salah ketika diet karena hanya diet karena ikut-ikutan tanpa memahami dengan lengkap.

Pilihan ada di tangan Anda.

Silahkan pelajari dan putuskan mana yang terbaik bagi diri Anda


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download