Menu Keto : Daftar Makanan Untuk Diet Keto

Menu Keto : Daftar Makanan Untuk Diet Keto

Diet keto memang sudah mulai populer sekitar 5 tahun yang lalu, tapi masih banyak orang yang memerlukan bantuan untuk memilih makanan apa yang dimakan dan dihindari dapal diet ketogenik.

Yuk pelajari panduan “Mulai Ketogenic” dan dapatkan langkah-langkah untuk memandu Anda dalam diet ini.

Diet keto sederhananya adalah konsumsi makanan dengan tinggi lemak dan rendah karbo, sehingga menjadikan tubuh kita sebagai pembakar lemak.

Tentu perlu pemahaman yang mendasar, karena selama ini kita selalu dijejali informasi bahwa sumber energi hanya didapatkan dari karbohidrat saja. Kini Anda akan belajar bagaimana kita ternyata bisa bertahan tanpa asupan makanan pokok (nasi, mie, roti, singkong, gandum, kentang, tepung, dan sumber makanan pokok lainnya) sekaligus mendapatkan manfaat dari ketosis untuk performa maupun mental

Silahkan download panduan keto di link ini.

Banyak orang memang masih bingung harus makan apa ketika diet keto. Tapi tenang aja, saya sudah siapkan berbagai materi, kartu edukasi, sampai buku yang membantu Anda memulai diet keto. Dengan mengurangi gula dan karbo tinggi, akan membuat tubuh kita menjadi ketosis.

So pastikan baca lengkap deh materi diatas agar makin yakin cara memulai diet ketogenic ini.

Disclaimer : Pelajari dengan seksama dan ketahuilah bahwa tiap orang bisa jadi memiliki kebutuhan khusus, misalkan untuk terapi. Silahkan konsulkan dengan dokter dan professional untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

 

APA YANG BISA DI MAKAN KETIKA DIET KETO?

 

Kita akan sharing hal-hal sederhana agar Anda secara singkat bisa mengetahui apa yang bisa dikonsumsi dalam diet keto ini.

 

Minyak dan Lemak

Kita mengenal berbagai minyak. Misal minyak sawit, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak ikan, mentega, MCT, lemak sapi, lemak ayam, kuning telur, sampai minyak kelapa murni, atau populer dengan nama VCO, Virgin Coconut Oil.

Lemak diatas direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika kita menjalankan diet keto.

Tapi, Anda harus hati hati, karena ada minyak yang sebaiknya kita hindari lho. Misal minyak goreng import seperti minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak -minyak import yang mengandung lemak trans. Ini pernah kita bahas juga di : https://foodketo.com/makanan-yang-mengandung-lemak-baik-dan-lemak-buruk/

Lemak merupakan nutrisi utama dari diet keto, 70 – 80% persen dari kalori harian akan disupply dari lemak. Tentu kita harus memahami lemak mana yang baik untuk tubuh kita. Dan pastinya hindari lemak yang buruk bagi tubuh kita. Hindari lemak trans, lemak terhidrogenasi, lemak tak jenuh ganda dan minyak nabati olahan lainnya. Batasi juga asupan omega-6s yang memicu peradangan.

 

Protein

Kita bisa peroleh dari daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging bebek, ikan, telur, jeroan, maupun seafood.

Idealnya memang bisa menggunakan daging yang di kembangkan secara organic. Sebisa mungkin hindari makanan olahan pabrikan yang banyak menggunakan bahan tambahan (termasuk gula). Jika konsumsi makanan kemasan / olahan seperti bakso, sosis, dll, cek aja kandungan dan komposisinya.

Catat : ingat protein bukan kunci untuk ketosis. Jika konsumsi protein lebih tinggi dari pada kebutuhan, tubuh juga akan mengubah protein menjadi glukosa loh! Hal ini disebut glukoneogenesis – dan tentu membuat tubuh kita juga tidak lagi ketosis.

 

Sayuran

Banyak orang berpikir diet keto tidak makan sayur. Tentu tidak!

Keto bisa konsumsi berbagai sayur seperti daun singkong, daun pepaya, bok choy, brokoli, kubis, kembang kol, seledri, mentimun, kale, selada, nori, lobak, bayam, maupun kangkung, bawang putih, daun bawang, okra, bawang merah, paprika, tomat, termasuk buah yang rendah karbo seperti alpukat maupun mentimun.

Pelajari saja komposisi nya di google atau di ebook yang pernah saya bagikan. (link akan di update)

Komposisi sayuran terbesar adalah karbohidrat, sehingga pastikan konsumsi sayuran yang kaya nutrisi dan rendah karbohidrat, dan jaga agar tidak berlebihan terutama buah dan umbi.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai adalah purin yang bisa menyebabkan penyakit radang seperti rheumatoid arthritis pada orang yang sensitif.

 

Buah-buahan

Alpukat, kelapa, berry-berry-an, lemon, jeruk nipis, buah rendah fruktosa.

Secara umum, kandungan gula dalam buah-buahan membuat tubuh keluar dari ketosis. Dan untuk menjaga agar tidak memicu glukosa tinggi, asup buah-buahan rendah karbo diatas pada sore hari saja.

 

Kacang-kacangan

Secara umum tinggi karbo dan lemak. Beberapa jenis kacang : almond, kacang mede, kacang tanah, hazelnut, macadamia, pecan, dan kenari, ataupun bentuk tepung dari kacang-kacangan : tepung almond, tepung kelapa;

Meskipun kacang juga merupakan sumber lemak, perhatikan juga komposisi baik karbo maupun protein, serta kadang memiliki sifat inflamasi karena kandungan omega-6 yang tinggi seperi, seperti kacang tanah maupun biji bunga matahari (kwaci).

Gunakan tepung almond, atau tepung kelapa dalam jumlah terbatas juga. Agar menjaga tetap ketosis, batasi kacang berkarbohidrat tinggi seperti kacang mete, pistachio, chestnut, dan sebagian besar kacang-kacangan.

Memang jarang diungkap bahwa kandungan kacang termasuk tinggi omega-6, racun jamur, dan asam fitat yang seringkali memicu respons alergi. Termasuk kedelai dan olahannya karena kandungan fitoestrogen yang mengacaukan hormon Anda dan dapat meningkatkan kanker.

 

Susu dan olahannya

Bahan yang paling banyak direkomendasikan adalah mentega dan ghee karena keduanya adalah 100% lemak.

Selain itu heavy / whip cream bisa digunakan terbatas saja. Termasuk produk keju, yougurt, kefir juga tetap memiliki kandungan protein dan karbo yang cukup tinggi. Waspada juga jika membeli produk olahan di supermarket yang kebanyakan telah ditambahkan gula juga.

Untuk susu ini beberapa yang kadang terlewat adalah adanya kandungan laktosa-nya yang juga dimetabolisme sama seperti glukosa. Yang pasti dihindari adalah susu kental manis (yang jelas bukan susu, tapi penuh gula! ) maupun susu rendah lemak.

Untuk keju sendiri juga jaga karena adanya bahan tambahan pati dalam pengolahan keju yang bisa saja menggagalkan rencana sehat dan langsing Anda. Susu olahan dapat memicu alergi, sulit dicerna, dan berhubungan dengan berbagai macam penyakit.

 

Bumbu dan Penyedap

Garam, cuka, jahe, oregano, peterseli, kunyit, vanilla, lada hitam, bawang putih, pala, bawang merah, paprika.

Anda bisa riset lebih dalam tentang kandungan rempah-rempah yang akan digunakan untuk memasak. Perhatian jika adanya gula tambahan atau bahan dengan glikemik tinggi dalam campuran atau bumbu rempah-rempah. Periksa label jika membeli bumbu kemasan terutama terhadap penambahan : gula, susu, tepung, tepung jagung, ataupun MSG.

Tentu lebih aman jika mau meracik sendiri bumbu yang akan dimasak. Pilih bumbu dan rempah-rempah segar berkualitas tinggi untuk kesehatan kita.

 

Pemanis Alternatif

Idealnya memang kita hindari bahan-bahan ini.

Gunakan hanya kebutuhan tertentu saja dan dalam dosis rendah seperti eritritol, maltitol, monk fruit, sorbitol, stevia, xylitol.

Memang tubuh kita tidak memerlukan gula sebagai nutrisi tubuh lagi. Tapi banyak orang ketika makan, tidak peduli akan kesehatan. Kenikmatan dan kelezatan makanan jauh lebih penting. Ya kan???

Nah, ini adalah alternatif yang bisa kita gunakan dengan bijaksana.

Secara sederhana pilih pemanis alternatif yang tetap rendah glikemik sehingga menghindari lonjakan gula darah yang tinggi. Hindari kandungan maltodekstrin dan dekstrosa, yang dapat meningkatkan gula darah juga. Gula jenis maltitol atau xylitol memang tidak mengandung gula, tetapi akan tetap dapat memberikan respon glikemik ketika dicerna. Hindari bahan dengan aspartam, asesulfam, sorbitol, sakarin, fruktosa, agave, madu, maupun maple.

Bahan bahan pemanis ini jika terakumulasi dalam tubuh Anda, dan juga dapat berakibat buruk terhadap bakteri usus.

 

Gabung Bersama 39.346 Sahabat Lainnya


100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


Makan Lemak Itu Penting Kalau Mau Kurus!

Makan Lemak Itu Penting Kalau Mau Kurus!

Kamu gak salah? Masa aku disuruh makan lemak biar kurus.
Jangan-jangan aku malah kena sakit jantung?

Halo….,

saya sangat paham dengan pemikiran seperti diatas. Memang teori lemak sebagai penyebab berbagai masalah seakan sudah mengakar dalam kehidupan kita sehari-hari. Faktanya lemak itu essensial atau penting dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan termasuk bahan penting kitika Kamu mau langsing dan berat badan ideal.

Baca lengkapnya deh….

Berapa banyak lemak yang diperlukan tubuh?

Perlu diketahui lemak sehat itu termasuk essential nutrition. Kita memerlukan lemak dari makanan untuk bisa bertahan hidup. Sama seperti protein, ada asam amino essensial, tubuh juga memerlukan essential fatty acid.

Kemaren survey di group fb Ketogenic Indonesia, ternyata banyak sekali yang sudah menjalankan diet keto lebih 2 tahun, dan mereka menikmatinya. Badan lebih langsing, lebih sehat, bebas keluhan penyakit. Luar biasa deh…. itulah sebabnya diet keto telah menjadi begitu populer beberapa tahun ini.

Ketika Kamu menjalankan diet Keto, atau rendah karbo, tinggi lemak, pastikan asupan karbohidrat sekitar 20-50 gram per hari. Tujuannya agar menjaga insulin Kamu tetap rendah. Insulin adalah hormon memberi tahu tubuh Kamu untuk menumpuk lemak. Sehingga jaga agar insulin rendah, agar kita bisa menjadi pembakar lemak, kebalikan dari penumpuk lemak.

Jada juga agar protein Kamu tidak berlebihan. Banyak orang salah paham nutrisi di makanan. Dikiranya tinggi lemak, tapi faktanya tinggi protein lho. Misalkan di jeroan. Terlalu banyak protein juga akan melonjakan insulin Kamu dan menyebabkan kenaikan berat badan. Kalau langsing kan maunya berat badan turun jadi ideal kan…

Oh ya, saya ingatkan cara mengukur berat badan ideal adalah dengan BMI. Klik disini untuk mengetahui BMI Kamu.

Ok, kita lanjutkan. 60-80% total kalori harian akan menggunakan lemak yang diubah menjadi keton. Perhatikan, prosentasenya itu secara kalori, kalau secara timbangan bisa lebih ringan, karena lemak memiliki lebih dari 2X lebih banyak kalori per gram daripada karbohidrat atau protein.

Terus harus makan lemak apa?

Tidak semua lemak diciptakan sama, saya sudah pernah tulis tentang lemak baik dan buruk sebelumnya. Ini dia daftar lemak sehat yang bisa kamu konsumsi :

Jika pikiran kamu masih ketakutan dengan konsumsi lemak bisa menyumbat pembuluh darah, bisa bikin serangan jantung atau stroke, jangan khawatir! Itu semua tidak benar. Kalau ragu, cek penjelasan dr. Berg dan dr. Bruce fife detail tentang hal tersebut.

Tidak perlu menjadi fobia kepada lemak.

Kita semua telah dibombardir dengan berbagai kampanye bertahun-tahun tentang dugaan bahaya lemak. Tapi apakah Anda tahu hanya ada 1 riset saja yang hanya memberikan hipotesa tentang hal ini. Penelitian tersebut dilakukan oleh Ancel Keys tahun 1950-an, dan ternyata banyak kejanggalan termasuk manipulasi data yang digunakan.

Hipotesa itu akhirnya menjadi landasan teori berikutnya, dan dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk semakin memojokkan lemak. Tapi bersyukurlah kamu semua bisa membaca blog foodketo.com ini….

Faktanya, tubuh kita memerlukan lemak sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak ada penelitian satu pun yang membuktikan secara jelas makan lemak menyebabkan peningkatan kolesterol atau masalah kardiovaskular.

Tapi kok pernah dengar, bahkan sering dibilan bahwa lemak dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes?

Ternyata penelitian tersebut didasarkan pada konsumsi minyak jagung. Minyak jagung sangat buruk bagi kesehatan karena diolah dari bahan GMO, mengandung lemak trans, dan prosesnya sangat panjang. Coba Anda makan jagung, kok bisa jadi minyak?

Kita hanya akan bahas tentang lemak sehat saja dalam diet ketogenic ini.

Mengapa Kamu perlu mengkonsumsi lemak?

 Lemak makanan mengandung nutrisi penting yang tidak dibuat tubuh Anda (artinya essensial) dan dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal.

Yuk kita bahas :

1. Lemak sehat mengandung vitamin esensial yang larut dalam lemak

Semua vitamin yang larut dalam lemak dibutuhkan untuk kesehatan berasal dari lemak. Vitamin A, D, E, K, K1, dan K2 adalah penting untuk kesehatan. Bahkan, Kamu tidak bisa hidup tanpanya.

Meskipun mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A, misalnya, bentuk vitamin A adalah prekursor bukan bentuk aktif dari vitamin itu sendiri. Bentuk aktifnya berasal dari lemak.

2. Penting mendapatkan asam lemak esensial dari lemak

Lemak sehat mengandung jumlah asam lemak Omega 3 yang lebih tinggi dan Omega 6 yang lebih rendah. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak esensial ini, itulah sebabnya Kamu harus mendapatkannya dari makanan.

3. Tubuh butuh kolesterol

Banyak orang takut kolesterol, sampai akhirnya seperti menjadi penyakit baru. Padahal kolesterol ini penting untuk tubuh kita. Misalnya, otak terbuat dari lemak, yang secara rutin membutuhkan supply kolesterol. Selubung mielin yang mengelilingi semua saraf juga terbuat dari kolesterol dan lemak. Demikian juga selaput jutaan sel dalam tubuh terbuat dari kolesterol. Lemak dibutuhkan sel untuk fungsi dan perlindungan. Lemak ini melindungi sistem kekebalan tubuh dengan mendukung sel-sel yang melawan infeksi untuk memobilisasi lebih cepat.

Bahkan, jika Kamu cek, ASI mengandung persentase tinggi lemak dan kolesterol untuk memberikan kesehatan bayi yang sedang tumbuh. Tuhan dan alam ini memberikan yang terbaik.

Tubuh membutuhkan lemak untuk kesehatan hormon yang optimal. Terlalu sedikit lemak dapat menyebabkan infertilitas, memengaruhi daya ingat dan kemampuan kognitif serta menguras hormon stress. Tanpa lemak yang cukup, hormon seks tidak dapat berfungsi dengan baik.

Lemak membuat Anda kenyang

Salah satu alasan diet keto banyak berhasil membuat langsing karena lemak itu mengenyangkan. Dengan kata lain, itu membuat Kamu merasa kenyang lebih lama dari karbohidrat atau protein, dan memungkinkan Anda untuk tidak makan tanpa mengalami kelaparan.

Beda sekali dengan pola makan rendah lemak, dimana kita akan jadi sering makan. Karena memang jadi mudah lapar.

Apa yang Membuat Lemak Menjadi Sehat?

Akankah makan lemak akan membuat lemak tubuh saya menumpuk?

Jawabannya iya. Dan tidak.

Itu tergantung pada jenis lemak yang Kamu konsumsi. Jenis lemak yang penting dikonsumsi adalah lemak rantai menengah, seperti yang ada di Virgin coconut oil dan MCT.

Lemak rantai menengah akan cepat diubah menjadi keton sebagai sumber energi dibandingkan mengubah dari lemak tubuh Kamu. Proses membakar lemak tubuh itu tidak mudah, karena tubuh akan memprioritaskan dulu glukosa, lalu glikogen, baru dari lemak tubuh.

Dapatkan Lemak Rantai Menengah dalam Vico Bagoes

Dengan demikian, idealnya Anda akan mendapatkan energi dari lemak sehat yang dimakan dan secara bersama lemak yang tersimpan dalam tubuh ikut terbakar. Adaptasi menuju pembakar tubuh akan berjalan optimal dan kamu siap untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana? Masuk akal kan….

Satu titik kamu harus mengevaluasi pola diet yang paling pas untuk tubuh kamu sendiri. Sesuaikan jumlah lemak yang dimakan untuk menemukan rasio ideal lemak makanan dengan lemak yang disimpan agar dapat mendapatkan penurunan berat badan bagi kamu yang BMI-nya obesitas. Lakukan juga berbagai aktivitas fisik untuk merangsang tubuh aktif membakan lemak dari dalam.

Silahkan baca buku saya KETOGENIC GaHiRe, Flashcard, sampai video ecoursenya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi. Ingat ketika tubuh sakit, maka ia akan berada dalam mode bertahan dan menumpuk lemak. Ketika tubuh sehat, maka langsing itu jadi mudah.

Udah siap diet keto? Dapatkan Panduan Ketogenic ini.

Dapatkan lemak sehat Virgin Coconut OIl terbaik : Vico Bagoes

Cara Menyusun Menu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam Ketika Diet Keto

Cara Menyusun Menu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam Ketika Diet Keto

Apakah Anda sudah pernah dengar tentang diet keto?
atau pernah tahu istilah ketogenic ?

Silahkan baca sambil minum secangkir kopi hangat (tentu tanpa gula yaaaa)…….

Diet keto (yang merupakan singkatan dari ketogenic) adalah diet tinggi lemak, protein sedang, dan rendah karbohidrat. Pola ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1920-an, yang ketika itu digunakan untuk merawat kasus anak-anak epilepsi. Kini makin banyak penelitian yang meneliti lebih dalam manfaat ketogenic ini, misal untuk pelangsingan, meningkatkan energi bahkan juga untuk terapi diabetes, kanker, epilepsi, dan Alzheimer. Lalu, bagaimana caranya menyusun menu diet keto untuk sehari-hari?

Panduan menjalankan diet keto
Seperti kita tahu, ketogenic fokus pada menu makanan yang tinggi lemak dan sangat rendah karbohidrat. Jika diet yang lain umumnya menjaga asupan lemak dibatasi hanya 20-30% dari kebutuhan harian, diet keto menganjurkan asupan lemak hingga mencapai 70-80% dari kalori harian. Ingat kalori harian berbeda dengan volume atau berat lho yaaaa…

Karbohidrat juga sangat dibatasi hingga maksimal 5% dari kebutuhan harian. Sedangkan protein dijaga sekitar 20% kebutuhan tubuh.

Apa tujuannya?
Prinsip dalam ketogenic ini merubah metabolisme energi dari glukosa menjadi keton. Kondisi ini dikenal dengan istilah ketosis. Dengan asupan karbohidrat sangat rendah membuat tubuh tidak memproduksi gula darah yang cukup untuk dibakar sebagai energi. Sehingga tubuh mulai memecah tumpukan lemak sebagai keton untuk sumber energi.

Dalam ketogenic, sebenarnya daftar makanan yang dihindari tidak banyak.
Tapi yang banyak adalah turunannya 🙂

Berikut ini daftar makanan karbohidrat tinggi yang perlu dihilangkan pada diet ketogenik:

  • Biji-bijian atau tepung: Nasi, mie, roti, olahan tepung, pasta, sereal
  • Makanan manis: Soda, jus buah, smoothies, kue, es krim, permen
  • Kacang atau kacang polong: Kacang polong, kacang merah
  • Umbi akar: Kentang, singkong, ubi jalar, wortel, termasuk jagung
  • Produk rendah lemak atau diet: Produk ini seringkali mengandung karbohidrat / gula tinggi
  • Buah: Semua buah manis, kecuali alpukat dan sedikit buah berry seperti stroberi
  • Bumbu dan Saus: hindari produk yang tinggi gula
  • Makanan minuman dengan alkohol
  • Makanan diet dengan pemanis buatan berlebihan

Nah semua turunan dan olahan diatas juga tentu dihindari yaaaa….
misal : lontong, bubur, donat, bakso, dodol, es jeruk manis, teh manis anget, dan sebagainya….

Lalu gantinya apa? Ini daftar makanan yang dianjurkan dalam diet keto.
Berikut jenis makanan tinggi lemak yang dianjurkan masuk dalam menu diet keto Anda, yaitu:

  • Daging: sapi, kambing, ayam, bebek.
  • Ikan dan seafood: ikan salmon, tuna, udang, kerang.
  • Mentega dan heavy krim
  • Yougurt dan kefir (terbatas)
  • Telur
  • Santan
  • Keju (cheddar, cream, atau mozzarella).
  • Kacang dan biji-bijian rendah karbo: Almond, kenari, biji chia.
  • Minyak sehat: Minyak kelapa, MCT, Virgin Coconut Oil.
  • Buah alpukat, stroberi
  • Sayuran rendah karbohidrat: Sayuran hijau, tomat, bawang, paprika, dll.
  • Bumbu: Anda bisa menggunakan garam, merica dan berbagai ramuan sehat dan rempah-rempah.
  • Coklat asli

Anda silahkan saja mengkombinasikan makanan itu untuk menu sehari-hari agar tidak bosan.

 

Merancang menu diet keto untuk sehari-hari
Prinsip yang penting diingat dalam menyiapkan menu diet keto adalah pembagian antara karbohidrat, protein, dan lemaknya: 75% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat.

Cek juga komposisi makanan mana yang harus dihindari dan mana yang dianjurkan.
Beberapa pilihan menu yang bisa Anda coba :

Menu 1
Sarapan
Kopi hitam asli ditambah minyak kelapa atau mentega / butter.

Makan siang
Bebek panggang dengan baluran butter (mentega), bumbui dengan bawang putih, merica dan garam, dan rempah lainnya sesuai selera.

Makan malam
Gule daging sapi dengan keju parut, santan, daun bawang, mentega.

Menu 2
Sarapan : Teh hijau dengan butter dan virgin coconut oil.

Makan siang : Opor ayam, keju, dan perasan lemon + mint.

Makan Malam : Ikan goreng dengan selada, tomat dan kefir.

Camilan : Krupuk rambak dan alpukat santan.

Menu 3

  • Sarapan : Telur dadar dan virgin coconut oil.
  • Makan siang : Ikan laut, udang, kerang, rempah- rempah, bawang merah, bawang putih, daun bawang.
  • Makan Malam : Steak sapi dengan salad sayur plus brokoli.
  • Camilan : Sepotong keju, yougurt dengan buah strawberry.

Ingat, Anda bisa merancang menu diet keto Anda sendiri dengan berpegang pada acuan komposisi kalori 75% lemak, 20% protein dan 5% karbohidrat.

Anda bisa juga download GRATIS panduan Diet Ketogenic di LINK INI

Nah kalau dilihat dari piramida makanannya maka akan berbeda dengan piramida makanan yang selama ini kita kenal ya. Kan selama ini karbohidrat menjadi makanan utama, dalam ketogenic lemaklah yang menjadi makanan pokok. Lemak ini bisa berasal dari : Minyak kelapa, VCO, Butter, ghee, olive oil, avocado oil, fish oil.

Catat : Hindari margarin dan minyak sayur yang mengandung transfat ya.

Kini semakin banyak orang penasaran dengan diet keto ini yang menimbulkan banyak pertanyaan, silahkan cek juga di tulisan :
“cara keto untuk pemula”

Ilmu pengetahuan terus berkembang, termasuk di dunia nutrisi dan makanan. Belajarlah dari mana saja.

 

Jika perlu baca buku ketogenic gaya hidup revolusioner.

Bahkan kini juga tersedia dalam format video dan audio di ecourse nya : https://foodketo.com/courses

Jangan sampai Anda salah ketika diet karena hanya diet karena ikut-ikutan tanpa memahami dengan lengkap.


Ya, Kirimkan saya info terbaru untuk mulai Diet Keto

100% privacy. Kami benci spam. Ketika Anda subscribe, kami akan update info secara rutin by sendfox


What is the Keto Diet? Diet keto adalah …

What is the Keto Diet? Diet keto adalah …

Diet Keto ?
Diet Ketogenic ?
Makan lemak ?

Mungkin ada sering mendengar hal-hal seperti itu belakangan ini.
Dan mungkin Anda juga melihat banyak orang jadi lebih slim, langsing,
dan nampak lebih muda….

dari pada penasaran, dan penisirin,
what is the keto diet ?

silahkan baca dan simak tulisan ini sampai selesai.

Diet keto mungkin adalah pola makan yang bisa jadi ditakuti oleh banyak orang.

Bahkan kemaren saya, diinfo seorang sahabat ada vlog terkenal, yang “mengecam”
para keto warrior… sebutan pelaku keto…

hahahahah… seru ya…

Selama ini pasti kita sering mendapat “doktrin” untuk percaya bahwa Lemak itu Jahat.

Dan tentu berbagai macam diet, dengan berbagai teori dan buktinya itu banyak banget.
Dan menjalani ketogenic pun itu menjadi suatu alternatif yang berbeda, tetapi telah
mampu memberikan efek positif secara jangka pendek dan jangka panjang.

Sederhananya diet keto adalah menghilangkan asupan karbohidrat, sehingga menurunkan
hormon insulin, dan mulai mengadaptasikan tubuh untuk menggunakan lemak yang ada di tubuh
sendiri.

Apa sih tujuan orang menjalankan diet ketogenic ini?
Tentu bermacam – macam ya….

– ada yang mau langsing, karena sudah preobesitas dan obesitas
– ada yang mau menurunkan gula darah, karena sudah diindikasi diabetes
– ada yang merasa energinya gampang abis, gampang capek
– ada yang kesulitan tidur dan selalu gelisah
– atau untuk berbagai hal-hal lain juga…

Apalagi kita tahu kondisi sosial kita saat ini dimana obesitas meraja lela,
akibatnya penyakit diabetes sudah nampak menjadi umum,
dan diabetes adalah sumber berbagai komplikasi lain,
seperti kebutaan, jantung, stroke, dan sebagainya.
belum lagi kasus kista dan kanker…

Apakah ketogenic ini bisa menjadi salah satu solusinya?

hmmmm…

makin menarik ya

Ketogenic secara mendasar mengatur rasio konsumsi makro nutrisi : karbo – protein – lemak.
Dimana ketogenic adalah pola sangat rendah karbo, dan tinggi lemak
sehingga perbandingannya adalah :

Oh ya, Anda juga bisa baca PANDUAN KETOGENIC di link Download yaaaa…

Atur sedemikian jenis makanan Anda agar rasio lemak Anda bisa 70-85% ya,
Dalam beberapa kasus juga perlu memperhatikan asupan agar tidak over protein.
kenapa? karena protein juga akan diubah tubuh menjadi glikogen, lalu menjadi glukosa,
sehingga proses ketosis tubuh sulit tercapai.

Kok repot, kok susah sih?

Jawabnya sih tergantung tujuan Anda.
Tidak ada hasil tanpa perjuangan ya. Anda gak mungkin tiba tiba bisa jalan.
Tidak mungkin tiba-tiba bisa baca, tidak mungkin tiba-tiba punya uang kan…

Ketogenic ini membuat Anda memahami apa yang perlu Anda makan.
Caranya juga pernah di tulis di artikel keren :
MEMULAI DIET KETOGENIC, BAGAIMANA CARANYA?

Menu dan daftar makanan bisa juga dibaca di makanan diet keto,
join juga di group facebook ketogenic Indonesia,
tonton video youtube ketogenic-nya,
semoga buku segera terbit,
program coaching juga segera jalan yaaaa….

jika masih bingung tulis aja di komentar

Satu yang menarik di keto adalah :
“Kemampuan mengontrol kecanduan makan”

Jaman now, kita sulit sekali menghindari makanan. Kita sering tidak paham kenapa kita selalu makan.
Di mall mudah sekali kita mengeluarkan dompet,
setiap saat kita selalu butuh camilan.

Ketogenic membuat kita kembali mengenal tubuh kita.
Tubuh pun juga mudah memberikan sinyal kepada kita.

Bagaimana adaptasi menjadi ketosis?
Apa saja yang mungkin Anda akan rasakan?

Anda bisa baca di : efek samping diet keto

Yang paling umum disebut ketoflu.
tandanya seperti flu biasa, konstipasi, sedikit pusing, dan mungkin lemes.

Disanalah proses awal tubuh kita mulai merasakan kekurangan glukosa dan
selama ini terus menerus disuplay tanpa henti.

Bagaimana menghadapinya?
– Asup virgin coconut oil (VCO), kandungan MCFA yang cepat diubah menjadi energi.
– Minum air dalam volume yang cukup, karena karbo cenderung mengikat air
– Asup garam dan mineral, karena berkurangnya air membuat garam tubuh turun

Apakah perlu menghitung kalori?

Ada 2 pendapat tentang hal ini. Tapi pengalaman saya, ketika Anda menjalani diet keto,
tubuh dan perasaan Anda akan otomatis, ya otomatis mengatur seberapa makanan yang dibutuhkan.

Lemak itu membuat Anda kenyang,
Karbo dan gula membuat Anda cepat lapar.

Minum kopi dan teh tanpa gula tentu menjadi keseruan baru ketika menjalani diet keto.

yang terakhir, kenapa banyak yang suka menakut-nakuti agar orang tidak diet ketogenic ini,
lalu suka menceritakan bahaya diet keto dengan mengatakan bisa ketoacidosis?

Tahukah Anda ketosis and ketoacidosis itu sangat berbeda.

Kedengarannya memang mirip, tapi beda banget!
Ketosis itu adalah kondisi yang terkontrol, hormon kita, terutama insulin akan berbeda
ketika mulai membakar lemak. Glukosa sangat rendah, sehingga tubuh mulai menggunakan keton.

Ketoacidosis adalah kondisi medis dimana tubuh sudah tidak lagi mampu memproduksi insulin.
Terjadi ketika glokosa darah sangat tinggi (diatas 200 mg/dL), dan akhirnya keton diproduksi besar-besaran,
lebih dari 20 mg/dL. Dan tentu ini merupakan efek samping dari kasus diabetes Type 2.

Mau tahu lebih jauh bedanya?
baca di KETOSIS ATAU KETOACIDOSIS? BACA DULU BIAR GAK BINGUNG…

udah deh itu dulu,
selamat membaca dan mencoba.

Jika Anda ada ide dan masukan,
silahkan kirim komentar yaaaaaa

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...