Kena flu? Coba diet Keto! Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kamu…

Kena flu? Coba diet Keto! Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kamu…

  • Penelitian pada tikus yang terinfeksi virus influenza dengan asupan tinggi lemak, rendah karbohidrat
  • Populer disebut diet keto yang “heboh” 2 tahun terakhir
  • Peneliti menemukan diet memicu aktifnya sel-sel sistem kekebalan dalam tubuh
  • Sel-sel ini menghasilkan lapisan pelindung sel dan menjebak virus

Diet ketogenik ini memang terbukti manjur untuk mengatasi obesitas dan kelebihan berat badan. Kalau kamu sudah mengikuti foodketo.com sejak lama, maka selamat! Walau banyak pro dan kontra, banyak media hari ini memberitakan penelitian terbaru tentang diet keto dan flu.

Penelitian lengkapnya ini bisa Kamu cek langsung di : https://immunology.sciencemag.org/content/4/41/eaav2026

Bagaimana penelitian ini dilakukan?

Peneliti menguji pada tikus yang terinfeksi virus influenza dengan pola makan tinggi lemak, rendah karbohidrat, yang diteliti memberikan efek tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet tinggi karbohidrat (diet normal).

Dalam penelitian tersebut juga memperlihatkan diet ketogenik memicu pelepasan sel-sel sistem kekebalan yang menghasilkan lapisan sel dan menjadikan virus melemah.

Rp99.000

Jika kamu sudah baca buku Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner, pasti udah tahu cara diet keto ini ya. Atau yang masih penasaran, dapetin aja flashcardnya yang bisa didapatkan dengan gratis atau murah bangetttttt

Keto adalah pola makan dengan menghindari karbohidrat tinggi. Lalu makan apa? bisa konsumsi daging, ikan, ayam, telur dan sayuran.

Memang sekilas diet ini mirip dengan diet Atkins, karena mengurangi asupan karbohidrat secara drastis. Jika atkins tinggi protein, keto akan menjaga agar asupan lemak terpenuhi dengan baik.

Para ahli sekarang telah menemukan suatu cara efektif untuk melawan virus flu. Dengan ditemukan cara untuk mengaktifkan subset sel T di paru-paru yang sebelumnya tidak terkait dengan respon sistem kekebalan tubuh terhadap influenza, meningkatkan produksi lapisan dari sel-sel saluran napas, secara efektif dapat menjebak virus.

Dalam pengujian teori ini, peneliti memberi makan tikus yang terinfeksi influenza A – jenis virus paling bahaya – baik keto atau diet standar selama seminggu sebelum infeksi. Setelah empat hari, 7 tikus yang diberi diet standar meninggal karena infeksi, dibandingkan dengan hanya 5 dari 10 tikus yang menggunakan diet keto. Tikus diet keto ini juga tidak turun berat badan yang biasanya merupakan tanda dari infeksi flu pada hewan.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Yale. Ryan Molony menemukan bahwa aktivator sistem kekebalan yang disebut inflammasom dapat menyebabkan respons sistem kekebalan yang berbahaya, dan Emily Goldberg yang bekerja di lab Dixit, menjelaskan bagaimana diet ketogenik menghambat pembentukan inflammasom.

Akiko Iwasaki, Profesor Immunobiologi dan Molekul Molekul, Biologi Seluler dan Perkembangan, Waldemar Von Zedtwitz, dan seorang peneliti dari Institut Kedokteran Howard Hughes mengatakan temuan itu ‘benar-benar tak terduga’.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa cara tubuh membakar lemak untuk menghasilkan tubuh keton dari makanan yang kita makan dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi flu,” jelas Dixit.

Dalam penelitian itu juga, mereka menemukan bahwa tikus yang terinfeksi virus flu yang diberi makan diet keto memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi daripada tikus yang diet karbohidrat tinggi. Keren yaaaa…..

Coba perhatikan adanya tren serangan virus corona yang semakin marak belakangan ini. Pelajari tentang virus corona, gejala virus corona, coronavirus di : update corona virus

Jujur, kemaren diinfokan Dokter Widjanarko tentang hal ini membuat saya begitu semangat!

Perbedaan antara diet keto dan diet biasa adalah dalam diet keto memicu pelepasan sel T gamma delta, sel sistem kekebalan yang menghasilkan lapisan di lapisan sel paru-paru – sedangkan diet tinggi karbohidrat tidak.

Apa sih sumber energi manusia itu?

Yuk bermain logika sederhana.

Kalau kita punya mobil tangkinya isinya bensin, maka bensin akan digunakan sebagai bahan bakar.

kalau mobil kita tangkinya solar, tentu mesinnnya menggunakan solar sebagai bahan bakar.

sama juga kalau mobil kita tangkinya pakai listrik, seperti tesla, tentu bahan bakar utamanya adalah listrik.

Setuju? Sepakat?

Kalau setuju dan sepakat, kalau gak setuju jangan baca lanjutannya 🙂

Oke sekarang kita bicara manusia. Tangki kita ini apa? Lemak? Karbo? atau Protein?

yang utama tentu lemak…..

iya betul kita simpan gula dalam glikogen, tapi kan terbatas.Tangki terbesar kita adalah lemak. So, sehiarusnya tubuh kita ini mampu menggunakan lemak sebagai bahan bakar dong. Walau kita makan banyak karbo, ujungnya kan disimpan jadi lemak. Tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan karbohidrat dan glukosa dalam jumlah banyak.

So, inilah simple science dibalik ketogenic ini.

Dan penting diketahui bahwa tubuh kita ini tidak mau gula yang tinggi, sehingga asupan yang mengakibatkan gula kita naik tinggi otomatis pankreas akan mengeluarkan insulin agar gula darah kita kembali normal.Ketika kita mampu mengontrol gula darah kita, maka kita akan mampu mengakses tangki utama kita.

Pastikan sudah memiliki panduan Flashcard Ketogenic Gahire ini secara GRATIS. Buruan karena sewaktu waktu kita akan jual dengan harga yang mahal lho….! so KLIK disini untuk medapatkan Flashcard Ketogenic GaHiRe

Makan Lemak Itu Penting Kalau Mau Kurus!

Kamu gak salah? Masa aku disuruh makan lemak biar kurus.
Jangan-jangan aku malah kena sakit jantung?

Halo….,

saya sangat paham dengan pemikiran seperti diatas. Memang teori lemak sebagai penyebab berbagai masalah seakan sudah mengakar dalam kehidupan kita sehari-hari. Faktanya lemak itu essensial atau penting dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan termasuk bahan penting kitika Kamu mau langsing dan berat badan ideal.

Baca lengkapnya deh….

Berapa banyak lemak yang diperlukan tubuh?

Perlu diketahui lemak sehat itu termasuk essential nutrition. Kita memerlukan lemak dari makanan untuk bisa bertahan hidup. Sama seperti protein, ada asam amino essensial, tubuh juga memerlukan essential fatty acid.

Kemaren survey di group fb Ketogenic Indonesia, ternyata banyak sekali yang sudah menjalankan diet keto lebih 2 tahun, dan mereka menikmatinya. Badan lebih langsing, lebih sehat, bebas keluhan penyakit. Luar biasa deh…. itulah sebabnya diet keto telah menjadi begitu populer beberapa tahun ini.

Ketika Kamu menjalankan diet Keto, atau rendah karbo, tinggi lemak, pastikan asupan karbohidrat sekitar 20-50 gram per hari. Tujuannya agar menjaga insulin Kamu tetap rendah. Insulin adalah hormon memberi tahu tubuh Kamu untuk menumpuk lemak. Sehingga jaga agar insulin rendah, agar kita bisa menjadi pembakar lemak, kebalikan dari penumpuk lemak.

Jada juga agar protein Kamu tidak berlebihan. Banyak orang salah paham nutrisi di makanan. Dikiranya tinggi lemak, tapi faktanya tinggi protein lho. Misalkan di jeroan. Terlalu banyak protein juga akan melonjakan insulin Kamu dan menyebabkan kenaikan berat badan. Kalau langsing kan maunya berat badan turun jadi ideal kan…

Oh ya, saya ingatkan cara mengukur berat badan ideal adalah dengan BMI. Klik disini untuk mengetahui BMI Kamu.

Ok, kita lanjutkan. 60-80% total kalori harian akan menggunakan lemak yang diubah menjadi keton. Perhatikan, prosentasenya itu secara kalori, kalau secara timbangan bisa lebih ringan, karena lemak memiliki lebih dari 2X lebih banyak kalori per gram daripada karbohidrat atau protein.

Terus harus makan lemak apa?

Tidak semua lemak diciptakan sama, saya sudah pernah tulis tentang lemak baik dan buruk sebelumnya. Ini dia daftar lemak sehat yang bisa kamu konsumsi :

Jika pikiran kamu masih ketakutan dengan konsumsi lemak bisa menyumbat pembuluh darah, bisa bikin serangan jantung atau stroke, jangan khawatir! Itu semua tidak benar. Kalau ragu, cek penjelasan dr. Berg dan dr. Bruce fife detail tentang hal tersebut.

Tidak perlu menjadi fobia kepada lemak.

Kita semua telah dibombardir dengan berbagai kampanye bertahun-tahun tentang dugaan bahaya lemak. Tapi apakah Anda tahu hanya ada 1 riset saja yang hanya memberikan hipotesa tentang hal ini. Penelitian tersebut dilakukan oleh Ancel Keys tahun 1950-an, dan ternyata banyak kejanggalan termasuk manipulasi data yang digunakan.

Hipotesa itu akhirnya menjadi landasan teori berikutnya, dan dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk semakin memojokkan lemak. Tapi bersyukurlah kamu semua bisa membaca blog foodketo.com ini….

Faktanya, tubuh kita memerlukan lemak sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak ada penelitian satu pun yang membuktikan secara jelas makan lemak menyebabkan peningkatan kolesterol atau masalah kardiovaskular.

Tapi kok pernah dengar, bahkan sering dibilan bahwa lemak dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes?

Ternyata penelitian tersebut didasarkan pada konsumsi minyak jagung. Minyak jagung sangat buruk bagi kesehatan karena diolah dari bahan GMO, mengandung lemak trans, dan prosesnya sangat panjang. Coba Anda makan jagung, kok bisa jadi minyak?

Kita hanya akan bahas tentang lemak sehat saja dalam diet ketogenic ini.

Mengapa Kamu perlu mengkonsumsi lemak?

 Lemak makanan mengandung nutrisi penting yang tidak dibuat tubuh Anda (artinya essensial) dan dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal.

Yuk kita bahas :

1. Lemak sehat mengandung vitamin esensial yang larut dalam lemak

Semua vitamin yang larut dalam lemak dibutuhkan untuk kesehatan berasal dari lemak. Vitamin A, D, E, K, K1, dan K2 adalah penting untuk kesehatan. Bahkan, Kamu tidak bisa hidup tanpanya.

Meskipun mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A, misalnya, bentuk vitamin A adalah prekursor bukan bentuk aktif dari vitamin itu sendiri. Bentuk aktifnya berasal dari lemak.

2. Penting mendapatkan asam lemak esensial dari lemak

Lemak sehat mengandung jumlah asam lemak Omega 3 yang lebih tinggi dan Omega 6 yang lebih rendah. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak esensial ini, itulah sebabnya Kamu harus mendapatkannya dari makanan.

3. Tubuh butuh kolesterol

Banyak orang takut kolesterol, sampai akhirnya seperti menjadi penyakit baru. Padahal kolesterol ini penting untuk tubuh kita. Misalnya, otak terbuat dari lemak, yang secara rutin membutuhkan supply kolesterol. Selubung mielin yang mengelilingi semua saraf juga terbuat dari kolesterol dan lemak. Demikian juga selaput jutaan sel dalam tubuh terbuat dari kolesterol. Lemak dibutuhkan sel untuk fungsi dan perlindungan. Lemak ini melindungi sistem kekebalan tubuh dengan mendukung sel-sel yang melawan infeksi untuk memobilisasi lebih cepat.

Bahkan, jika Kamu cek, ASI mengandung persentase tinggi lemak dan kolesterol untuk memberikan kesehatan bayi yang sedang tumbuh. Tuhan dan alam ini memberikan yang terbaik.

Tubuh membutuhkan lemak untuk kesehatan hormon yang optimal. Terlalu sedikit lemak dapat menyebabkan infertilitas, memengaruhi daya ingat dan kemampuan kognitif serta menguras hormon stress. Tanpa lemak yang cukup, hormon seks tidak dapat berfungsi dengan baik.

Lemak membuat Anda kenyang

Salah satu alasan diet keto banyak berhasil membuat langsing karena lemak itu mengenyangkan. Dengan kata lain, itu membuat Kamu merasa kenyang lebih lama dari karbohidrat atau protein, dan memungkinkan Anda untuk tidak makan tanpa mengalami kelaparan.

Beda sekali dengan pola makan rendah lemak, dimana kita akan jadi sering makan. Karena memang jadi mudah lapar.

Apa yang Membuat Lemak Menjadi Sehat?

Akankah makan lemak akan membuat lemak tubuh saya menumpuk?

Jawabannya iya. Dan tidak.

Itu tergantung pada jenis lemak yang Kamu konsumsi. Jenis lemak yang penting dikonsumsi adalah lemak rantai menengah, seperti yang ada di Virgin coconut oil dan MCT.

Lemak rantai menengah akan cepat diubah menjadi keton sebagai sumber energi dibandingkan mengubah dari lemak tubuh Kamu. Proses membakar lemak tubuh itu tidak mudah, karena tubuh akan memprioritaskan dulu glukosa, lalu glikogen, baru dari lemak tubuh.

Dapatkan Lemak Rantai Menengah dalam Vico Bagoes

Dengan demikian, idealnya Anda akan mendapatkan energi dari lemak sehat yang dimakan dan secara bersama lemak yang tersimpan dalam tubuh ikut terbakar. Adaptasi menuju pembakar tubuh akan berjalan optimal dan kamu siap untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana? Masuk akal kan….

Satu titik kamu harus mengevaluasi pola diet yang paling pas untuk tubuh kamu sendiri. Sesuaikan jumlah lemak yang dimakan untuk menemukan rasio ideal lemak makanan dengan lemak yang disimpan agar dapat mendapatkan penurunan berat badan bagi kamu yang BMI-nya obesitas. Lakukan juga berbagai aktivitas fisik untuk merangsang tubuh aktif membakan lemak dari dalam.

Silahkan baca buku saya KETOGENIC GaHiRe, Flashcard, sampai video ecoursenya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi. Ingat ketika tubuh sakit, maka ia akan berada dalam mode bertahan dan menumpuk lemak. Ketika tubuh sehat, maka langsing itu jadi mudah.

Udah siap diet keto? Dapatkan Panduan Ketogenic ini.

Dapatkan lemak sehat Virgin Coconut OIl terbaik : Vico Bagoes

Pilih Diet Keto VS Diet aiueo?

Secara tradisional, diet adalah cara untuk mengatasi obesitas atau kelebihan berat badang. Dokter maupun ahli nutrisi mengembangkan berbagai jenis diet, misalnya yang populer : vegan, paleo, foodcombining, diet GM, mayo, ataupun pola yang dikembangkan pemerintah. Di US dikenal sebagai myplate, atau di Indonesia populer juga dikenal dengan “Gizi Seimbang”.

Diet Keto ini berkembang setelah Dr. Atkins mempopulerkan pola diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Diet Atkins mengurangi asupan karbohidrat dan menekankan protein dan lemak sebagai sumber energi. Bahkan majalah TIME memberikan predikat dokter paling berpengaruh pada tahun 2002.

Pola ketogenic yang melihat mekanisme Karbohidrat-Insulin

Pola diet ketogenic ini melihat fenomena hubungan antara Karbohidrat – Glukosa dalam Darah – Insulin. Hipotesa awalnya adalah kontrol insulin diperlukan untuk menurunkan berat badan, dan dengan mengurangi asupan karbohidrat, kita dapat mengurangi fluktuasi insulin, serta memperbaiki berbagai penyakit yang terkait dengan obesitas.

Meskipun diet rendah karbohidrat, itu bisa protein tinggi, atau lemak tinggi. Keduanya tentu berbeda. Karena jika terlalu tinggi protein, maka akan banyak asam amino dapat masuk ke jalur glikolisis dan mempengaruhi sekresi insulin. Itulah dalam diet ketogenic mengatur komposisi lemak 70% dari kebutuhan kalori.

Diet konvensional : kalori masuk – kalori keluar

Penurunan berat badan dengan metode konvensional banyak hanya berdasarkan perhitungan kalori saja. Sehingga mengabaikan perbedaan antara kalori dari bahan makanannya. Kalori dari karbo, protein, dan lemak di anggap sama. Pola ini nampaknya masuk akal, ada juga yang berhasil, tapi hasilnya sangat bervariasi jauh antara satu dengan lainnya.

Diet ketogenik akan lebih fokus pada sumber makanan, yang mempengaruhi hormon insulin, dan faktor-faktor lain tanpa terlalu melihat jumlah kalorinya. Secara mendasar lemak juga jelas memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi serta dalam pencernaan bisa tahan lebih lama.

Pola ketogenic ini pun sebenarnya tidak lagi hanya untuk penurunan berat badan. Tetapi bagaimana bisa menjaga tubuh senantiasa sehat dan aktif dalam jangka waktu lebih lama.

Nah, kembali ke diri Anda sekarang. Apa tujuan diet Anda? Cara yang mana yang Anda pilih untuk mencapai tujuan tersebut? selamat memilih….

Ini 10 Manfaat Diet Keto! [wajib tahu]

Saya rasa kamu sudah sering mendengar tentang keto, atau diet keto. Atau ada teman, sahabat, saudara, atau pasangan yang menjalankannya. Atau bahkan Kamu sendiri sudah menjalankannya. Selamat!

Tentu orang tidak akan menjalankan diet keto ini tanpa tujuan. Pasti ada keinginan, sehingga memutuskan untuk menjalankannya. Mau lebih sehat, mau langsing, mau bebas obesitas, mau membantu mengatasi diabetes, mau menghentikan obat-obatan. Dari beberapa testimoni, bahkan ada yang disuruh sama dokternya lho!

Sebelum saya lanjutkan, pastikan Kamu menjalankan diet keto ini dengan benar, memahami proses kerja, dan apa saja yang bakal kamu hadapi. Jadi pastikan baca buku Ketogenic GaHiRe.

Dapatkan paket Buku + Flashcard-nya. Harganya sangat terjangkau buat kantong kamu. PESAN SEKARANG YA!.

Apa itu Keto Diet?

Secara sederhana, diet keto adalah pola makan rendah karbo tinggi lemak. Bagaimana menjadikan tubuh masuk kedalam kondisi pembakar lemak (ketosis). Tidak perlu bingung, karena tubuh manusia bisa menggunakan 2 jenis energi. Dari glukosa, dan dari keton. Glukosa dari gula, dan keton dari lemak. Tentu proses menjadikan tubuh sebagai pembakar lemak tidak bisa instant.

Tiap orang memerlukan proses adaptasi yang berbeda. Sehingga untuk memudahkan adaptasi itu, saya juga sudah siapkan KETO STARTER KIT. So, perjalanan keto Kamu akan jadi lebih mudah.

Saya tahu, diet bagi banyak orang itu bukah hal mudah. Tapi diet keto ini sudah dilakukan sejak 1920 an, walau kala itu untuk terapi epilepsi dan kasus obesitas. Dari 3 tahun terakhir sudah banyak penelitian baru bagaimana diet keto dapat memberi manfaat kesehatan luar biasa.

Apa aja tuh?

Mengurangi nafsu makan
Bagi banyak orang, diet itu seperti yoyo. Turun, sedikit lalu balik, bahkan kadang malah lebih tinggi dari sebelum diet. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan secara signifikan. Kok bisa? karena secara hormon kenyang dan lapar kita akan lebih stabil. Lemak juga membuat kamu bisa kenyang tahan lama.

Kualitas tidur lebih baik
Banyak yang telah membuktikan diet keto dapat meningkatkan kualitas tidur. Di awal 3-5 hari, biasanya energi keton akan sangat aktif, namun setelah tubuh beradaptasi dengan ketosis, akan lebih mudah bagi Kamu untuk tertidur, tidur lebih nyenyak, dan bangun dengan perasaan lebih segar. Serius!

Penurunan berat badan yang efektif
Ini yang dicari banyak orang. Teori kalori in-out akan sangat sulit jika kita menggunakan pola makan yang konvensional. Karena kita sangat mudah over calori akibat rasa lapar yang cepat muncul. Dalam penelitian, diet rendah karbohidrat dapat menurunkan berat badan hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pelaku diet rendah lemak.

Level energi yang lebih tinggi
Selain kualitas tidur yang lebih baik dan melewati adaptasi “keto flu,” yang bisa jadi Kamu akan merasa kliyengan, mual, dan kondisi lain, akibat glukosa tubuh kita rendah. Setelah adaptasi itu lewat, Kamu akan merasa lebih berenergi dari pada sebelumnya karena energi lemak itu jauh lebih tinggi dan efisien dibandingkan dengan glukosa. Ibaratnya seperti mobil, yang sebelumnya dengan bahan bakar bensin, kini menggunakan bahan bakar listrik.

Mengurangi kecemasan emosional
Ada sebuah penelitian pada tikus yang diberikan uji diet keto, berdampak mengurangi tingkat kecemasan. Ini juga diamati pada tikus yang ibunya menjalani diet keto. Dalam hal ini para meneliti menghubungkan dengan rendahnya kadar gula dan kadar hormon insulin.

Meningkatkan kesehatan jantung
Banyak orang hanya melihat kolesterol itu sebagai pemicu sakit jantung. Padahal kondisi HDL yang lebih tinggi sangat berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Banyak orang salah kaprah hanya melihat total kolesterol saja. Parameter penting harusnya melihat perbandingan antara Trigliserida / HDL.

TG / HDL-C rasio kurang dari 2 sangat ideal
TG / HDL-C rasio di atas 4 tinggi
TG / HDL-C rasio di atas 6 sangat tinggi

Baca detail di : https://foodketo.com/bagaimana-kolesterol-jika-menjalankan-diet-keto/

Meningkatkan kesehatan hati
Diet keto juga merupakan pola makan ideal untuk orang yang beresiko fatty liver, atau perlemakan hati. Tentu hal ini terakit erat dengan kasus prediabetes dan diabetes Tipe 2, akibat kadar gula darah yang tinggi. Pengurangan konsumsi karbohidrat dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga mengurangi kemungkinan kasus fatty liver.

Menurunkan kadar gula darah dan insulin
Sudah jelas bahwa diabetes tipe 2 adalah kondisi yang diakibatkan kadar gula darah yang tinggi. Kondisi ini akan sangat parah hingga seseorang menjadi resistensi insulin. Tubuh menggunakan insulin untuk bereaksi dengan gula darah untuk energi atau menyimpan dalam sel. Ketika tubuh resistensi insulin, maka gula darah tidak lagi dapat disimpan dalam sel dan kondisi ini sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan mengurangi asupan karbohidrat secara signifikan, tubuh tidak perlu lagi memproduksi sejumlah besar insulin untuk menurunkan kadar gula darah Anda yang sudah rendah, dan menggantinya dengan keton sebagai sumber energi utama.

Mengurangi inflamasi
Peradangan merupakan penyebab masalah kesehatan seperti radang sendi, penyakit jantung, dan bahkan gangguan autoimun. Dengan mengukur protein C-reaktif sensitivitas tinggi (hsCRP) dan jumlah sel darah putih, dapat mengukur tingkat peradangan Kamu. Telah dilakukan studi, pasien yang menjalani diet rendah karbohidrat menunjukkan penurunan 29% kadar hsCRP mereka.

Kemampuan otak meningkat
Diet keto juga dapat meningkatkan kinerja otak dan mental. Ada bukti yang menunjukkan bahwa otak dapat bekerja lebih efektif dengan menggunakan keton daripada glukosa. Pada sebuah studi, ketosis yang diinduksi melalui diet keto dapat meningkatkan kognisi pada tikus.

Dalam penelitian lain, pada pasien epilepsi juga ditemukan hal yang sama memberi efek positif pada kemampuan kognitif. Termasuk memberi efek positif pada pasien Alzheimer, penyakit Parkinson, autisme, dan gangguan neurologis lainnya.

Kesimpulan

Bagi Kamu yang benar-benar menjalankan diet keto tentu akan dapat merasakan manfaat kesehatan dengan mengurangi secara signifikan asukan karbo dari nasi, mie, roti, tepung, singkong, gandung, kentang, jagung, dsb. Dan mulai mengasup lemak yang baik seperti dari Minyak Kelapa (VCO)

Saya pribadi yakin akan ada lebih banyak manfaat potensial dari ketogenik ini. Tentu tetap dijalankan dengan benar, dan selalu melakukan kontrol dengan baik. Silahkan mencari ilmu yang banyak, mempraktekkannya, konsultasikan dengan ahli untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dengan diet yang paling tepat untuk Kamu.

Cara Cepat Tubuh Membakar Lemak Dengan Makan ….

Tubuh manusia dikaruniai kemampuan untuk menggunakan dua sumber energi. Ya, bisa dari glukosa. Bisa dari keton.

Sayangnya di era modern ini, kita dibuat lupa akan kemampuan manusia menggunakan sumber energi keton ini. Glukosa asalnya dari karbohidrat ataupun gula. Keton asalnya dari lemak. Baik lemak makanan, ataupun lemak tubuh sendiri.

Kalau kita pelajari di buku setingkat menengah, sehingat saya masalah keton ini hanya dibahas dalam 1 kalimat saja! ya cuma satu kalimat. Tidak heran banyak diantara orang kebanyakan tidak memahami apa itu keton. Bahkan yang kuliah di ilmu yang mempelajari tubuh seperti kedokteran, nutrisi, ataupun biologi pun kadang masih bingung apa itu keton.

Dengan mengumpulkan berbagai referensi yang saya baca dalam 3 tahun terakhir ini, sekaligus mempraktekkannya, maka semakin jelas dan percaya akan adanya sumber energi lain selain glukosa. Keton adalah sumber energi yang lebih nyaman digunakan oleh manusia. Lebih berenergi, lebih sehat, dan tentu lebih manusiawi.

Perlu diketahui bahwa kalori dari lemak per gram bisa menghasilkan 9 kalori. Bandingkan dengan protein dan karbohidrat per gram yang hanya menghasilkan 4 kalori. Nah, ibarat bahan bakar mobil, lemak ini seperti pertamax plus yang memiliki oktan tinggi.

Sayangnya selama ini memang kita tidak diajarkan atau tidak dibudayakan untuk menggunakan energi keton ini secara maksimal. Sebaliknya malah ditakut-takuti. Misal kalau gak makan nasi (atau karbohidrat) nanti gak bisa mikir. Atau makan lemak itu berbahaya bisa bikin sakit jantung, dan mitos-mitos yang hingga saat ini masih kita sering dengar dari professional medis.

Yang jelas, tubuh kita memang tidak akan memprioritaskan penggunaan glukosa jika tersedia banyak, dan menghentikan penggunaan keton ketika gula darah tinggi. Kenapa? Sederhana-nya tubuh memang tidak boleh dalam keadaan gula darah yang tinggi. Ini berbahaya, sehingga harus segera digunakan sebagai energi, atau disimpan dalam bentuk glikogen, dan jika masih ada akan diubah menjadi lemak tubuh.

Lalu kapan keton mulai digunakan?

Ketika gula darah dalam keadaan yang normal, atau cenderung rendah. Tubuh akan mulai mengakses glikogen (cadangan glukosa) di otot dan hati, hingga suatu saat stock glikogen menipis, maka baru tubuh akan mulai membongkar lemak untuk diubah menjadi energi. Energi dari lemak inilah yang disebut keton.

Ketika dalam tubuh, dalam darah, kadar glukosa masih tinggi maka, keton tidak akan digunakan. Malah sebaliknya kelebihan gula tersebut akan diubah menjadi lemak.

Hormon yang paling berperan dalam tubuh manusia, terutama dalam pencernaan adalah insulin. Secara mendasar insulin ini diproduksi oleh pankreas untuk bekerja menurunkan gula darah dan menyimpan gula darah berlebih tersebut sebagai glukogen dan lemak. Jika gula darah tubuh naik, maka insulin tubuh akan naik. Masalah akan terjadi jika insulin sudah tidak mampu lagi menurunkan gula darah. Ini yang disebut dengan diabetes.

Nah, tidak heran hingga akhirnya ada sebuah buku berjudul :

EAT FAT, GET THIN.
Makan lemak, jadi Langsing!

Ketika kadar gula darah rendah, maka insulin juga akan rendah, dan pankreas akan bekerja lebih efisien.

Dalam pola ketogenic keberadaan glukosa akan dibuat stabil sesuai kebutuhan tubuh, dan menjadikan keton sebagai sumber energi utama. Ini dikenal dengan istilah ketosis. Lemak tidak akan meningkatkan gula darah seperti karbohidrat. Tetapi jangan khawatir akan kekurangan glukosa. Karena tubuh juga memiliki mekanisme untuk membuat glukosa. Istilahnya glukoneo genesis.

Nah ketika sudah ketosis tubuh kita tidak lagi memakai glukosa?

TIDAK. karena sel-sel yang tidak memiliki mitokondria akan tetap menggunakan glukosa sebagai sumber energi. tetapi lihat di grafik, Protein dan lemak juga akan diubah menjadi glukosa dalam jumlah rendah, dan prosesnya akan dikontrol secara otomatis oleh tubuh sesuai dengan kebutuhan. (PS. hal ini menyebabkan di dalam pola diet ketogenic, pembatasan protein juga diperhatikan agar gula darah tidak naik terlalu tinggi. Fokus kalori 70% diperoleh dari lemak)

Bahkan pengalaman saya, ketika orang sudah menjalankan diet keto sekitar 1 tahunan, maka gula darahnya akan cenderung normal di range 80-100 mg/dL.

Dengan kondisi gula darah yang normal, maka insulin tetap diperlukan, tetapi sesuai kebutuhan saja. Tidak berlebihan. Hal ini akan terhindar dari masalah insulin resistance yang berakibat buruk pada tubuh.

Inilah anugrah yang diberikan Allah SWT kepada manusia agar dapat bertahan hingga ribuan tahun. Karena kemampuan adaptasinya yang luar biasa. yuk kembalikan tubuh kita pada fitrahnya. pelajari ketogenic, kenali kembali tubuh kita.

Dapatkan Flashcard Edukasi Ketogenic Gratis.

Open chat
1
Halo kak, silahkan chat...