Serunya Diet Ketogenic Kalau Bareng-Bareng

Serunya Diet Ketogenic Kalau Bareng-Bareng

Kini ada trend cara makan baru yang semakin meluas lho! Bulan lalu saya ikut training di kota malang dan bogor, eh ternyata beberapa peserta memilah nasi dan ayam gorengnya. Ada yang sengaja bawwa bekal sendiri dari rumah : keju, telur, mentega, daging bakar. Untuk penutup ada alpokat dan cream cheesee.

Ini adalah diet ketogenik, atau singkatnya keto. Seru-nya tidak hanya di Indonesia lho, kejadian ini serentak terjadi di seluruh dunia. Konsumsi minuman manis kemasan volumenya sudah dilampaui oleh konsumsi air putih. Di eropa konsumsi pasta, dan berbagai produk olahan tepung juga turun sejak akhir tahun lalu.

Komunitas online nampaknya menjadi motor penting untuk diet ketogenic. Karena jika dilakukan sendiri tentu tidak mudah untuk menghadapi godaan akan karbo dan gula. Sedangkan di komunitas facebook, whatsapp, para pelaku diet keto saling sharing menu resep makanan tinggi lemak.

Tidak kalah juga foto befor after juga tersebar sebagai bentuk kepuasan menjalankan diet keto ini. Di berbagai group, member juga saling berbagi pengalaman, saling mendukung, dan menunjukkan aura positif untuk saling berbagi.

Berubah bukanlah mudah bagi semua orang. Tentu banyak faktor yang harus dilihat, akan tetapi ketogenic memang mampu mengubah karena secara dramatis mengubah metabolisme glukosa menjadi metabolisme keton.

“Ini bukan suatu kejadian semalam, tapi layak Anda coba. Ini adalah sesuatu yang benar-benar Anda butuhkan untuk merasakan secara langsng bagaimana ketogenic benar-benar bekerja secara efektif.”

Bagaimana sih metabolisme lemak atau ketosis itu?

Pada dasarnya Diet ketogenik akan membuat tubuh Anda ke kondisi ketosis, sehingga mampu membakar lemak untuk bahan bakar.

“Tubuh kita selama ini terlalu banyak menggunakan glukosa atau gula sebagai energi, untuk otot kita, otak kita. Seakan-akan tidak bisa digantikan. Dalam ketogenic, akan mengkondisikan tubuh dalam keadaan “lapar” tanpa karbohidrat dan gula, sehingga hati kita bisa menggunakan lemak dan beberapa protein, dan mulai menggunakannya sebagai energi. Pada dasarnya adalah bagaimana mulai menggunakan cadangan energi dalam dari lemak tubuh.”

Ketosis bisa terjadi setelah dua atau tiga minggu, namun tidak semua orang mampu melewati masa adaptasi atau peralihan dengan nyaman. Mungkin Anda akan merasa lemah, letih, tidak bernergi. Tapi itu dapat Anda peringan dengan konsumsi virgin coconut oil atau minyak kelapa murni seperti vico bagoes.

Pada awal kadang-kadang juga akan muncul “flu keto”, dimana tubuh Anda akan beradaptasi dengan kondisi tanpa gula.

Diet ketogenik mengatur asupan harian dengan komposisi kalori : 70 sampai 80 persen berasal dari lemak; 15 sampai 30 persen berasal dari protein; Dan 5 persen atau kurang dari karbohidrat, termasuk sayuran dan buah.

5 persen karbohidrat berarti hanya sekitar 10 – 30 gram karbohidrat.

Saat ini kita konsumsi begitu banyak karbohidrat. Rata-rata orang mengkonsumsi 50 sampai 100 gram karbohidrat dalam satu makanan. Sedangkan di ketogenic sangat dibatasi. Seberapa banyak? katakan 30 gram, maka 1/2 apel itu sudah lebih dari cukup untuk asupan karbonya!

Orang yang mengikuti diet ketogenik banyak menggunakan vco, atau minyak kelapa murni dan mentega dalam memasaknya, bersama dengan minyak zaitun dan minyak alpukat, untuk minyak kanola, minyak sayur atau biji matahari sebaiknya dihindari.

Resep makanan ketogenic meliputi alpukat, telur, almond atau tepung kelapa, keju, daging sapi, ayam dan ikan.

Buah pun sangat minim, beberapa jenis rendah karbo seperti jenis berry masih bisa digunakan. Tidak ada konsumsi gula, jika masih pemula bisa dibantu dengan pemanis non kalori (tapi tetap dibatasi lho yaaa…)

Untuk orang-orang yang sudah beradaptasi dengan keton, berat badan sudah ideal, bisa menambahkan porsi karbohidrat hingga 50 gram sehari. Selalu jaga, karena ketika asupan karbo harian lebih dari 100 gram otomatis tubuh akan kembali ke metabolisme glukosa.

Kini juga makin marak berbagai bisnis yang ramah keto. Mulai dari menyediakan bahan makanan, kedai kopi, resto, makanan siap saji, sampai katering. Seru!

Jika Anda punya usaha seputar keto juga, silahkan kontak via komentar atau fb annasahmad : https://www.facebook.com/annasahmad.coconutlover

Oh ya, silahkan gabung juga dengan group facebook : https://www.facebook.com/groups/KetogenicIndonesia/ untuk saling berbagi disana….

Jika Anda mau berbagi pengalaman diet ketogenic silahkan klik disini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download