Sharing dan Belajar Bareng Hidup Sehat Bahagia

Please… Bedakan Diet Keto Untuk Terapi dan Untuk Melangsingkan Tubuh…

Please… Bedakan Diet Keto Untuk Terapi dan Untuk Melangsingkan Tubuh…

Setiap orang bertanya baik di group facebook maupun groups WA, saya ada kekhawatiran dalam menjawab. Kenapa? Karena banyak dari penanya tidak terbuka tentang tujuan dari diet ketogenic-nya.

Padahal ini sangat penting banget lho.
Ada perbedaan yang besar antara diet untuk terapi kesehatan dan diet untuk melangsingkan tubuh, atau pun diet untuk energi lebih fit, sehat dan bugar.

Anda Harus Memilih, karena setiap Pilihan itu ada Resikonya!

*ini bukan kampanye pilkada lho ya…

Pilihan ini penting karena jangan sampai salah langkah. Misal untuk terapi diabetes, Anda masih memilih makanan yang mengandung karbo (walau rendah) ataupun protein tinggi (protein akan dimetabolisme juga menjadi glukosa).

Tentu untuk terapi penyakit membutuhkan pola yang jauh lebih ketat dibanding pelangsingan. Untuk diet pun berbeda antara yang obesitas ataupun yang overweight. Ada juga yang mau turun secara cepat, tapi ada pula yang masih moderat. Tentu semuanya walau sama-sama pola keto dan fastosis (intermittent fasting / OCD) bisa jadi pendekatannya berbeda.

Selain itu beberapa Anda ada yang masih takut-takut makan lemak, dilarang oleh keluarga (orang tua, suami, atau istri) yang belum memahami pola ketogenik ini. Itu juga perlu di pertimbangkan, karena faktor emosional, dan perasaan juga mempengaruhi metabolisme tubuh kita lho…

Memang untuk kebanyakan orang memang mendapatkan tubuh ideal adalah yang menjadi tujuan, tapi jika Anda ada masalah seputar kesehatan misal : penyakit jantung, kanker dan diabetes, sebaiknya fokus dulu untuk terapinya. Karena secara otomatis berat badan ideal pun akan mengikuti lho. Enak kan satu kali mendayung 2-3 pulau terlewati.

Dalam diskusi dengan dr. Piprim, menarik sekali ketika beliau mengatakan bahwa sebaiknya tetap sesuaikan protokol dengan kebutuhan masing masing orang. Yang kebutuhan untuk pelangsingan akan berbeda dengan terapi. Untuk kebutuhan performance altet tentu beda dengan orang yang bekerja kantoran. Untuk yang masih muda dengan yang nenek-nenek tentu perlu pendekatan yang berbeda. Begitu juga untuk promil, ibu hamil, ibu menyusui juga perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

Lalu Bagaimana Aplikasinya ?

Misalkan kasus diabetes yang saat ini banyak menghantui banyak orang.

Semua orang tahu yang paling berbahaya dalam diabetes adalah komplikasinya. Lebih parahnya saat ini kasus diabetes ini sudah luar biasa. Banyak penderita diabetes adalah di usia produktif, mulai 30-35 tahun lho! Coba cek, siapa tahu Anda sedang mengalaminya tanpa Anda disadari…

Beberapa tanda umum diabetes antara lain : terlalu sering buang air kecil, luka yang sulit sembuh, cepat lapar sekalipun makan banyak. Penderita diabetes tubuh-nya akan sering lemas & ngantuk sekalipun sering makan, tenaga cepat habis, berat badan naik-turun secara drastis, rasa haus yang ekstrim, kulit kering akibat dehidrasi, suhu tubuh panas, sering gelisah & gugup, sulit fokus terlalu lama, tidur sering gelisah, cepat sakit namun lama sembuhnya, punya nafsu makan besar akan sumber karbohidrat, dan yang paling jelas adalah saat cek darah, kadar gula darah puasa ( GDP ) diatas 125 mg/DL.

Nenek saya, paman, dan bapak saya adalah penderita diabetes. Sehingga saya bisa melihat dan mempelajari secara langsung bagaimana kehidupan untuk melawan diabetes itu. Sejak 3-4 tahun yang lalu saya sudah berusaha meminimalisasi karbo dan gula, walau itu rasanya enak dan bikin nagih! Tapi itu semua saya lakukan untuk hal yang lebih besar, agar saya bisa hidup lebih berkualitas, berbagi dan berkarya lebih banyak, dan tentu bisa membahagiakan dan mendidik keluarga.

Memang banyak orang yang masih bisa hidup cukup lama dengan diabetes. Mereka mampu “mengendalikan” diabetes ini dengan pola hidup yang dijaga ketat. Beberapa harus sampai menyuntikkan insulin karena kinerja pankreas sudah tidak bisa produksi insulin untuk mengolah glukosa.

Apapun itu, diabetes sangat berbahaya bagi kehidupan. Belum lagi komplikasinya yg menjalar ke penyakit lain juga. Jadi kalau Anda masih sehat, Anda wajib menjaga diri. Kontrol karbohidrat & gula pada makanan Anda. Berolahragalah yg rutin. Aktiflah bekerja. Selalu waspada karena tidak seorangpun yg aman 100%.

Dan tentu jika Anda melakukan untuk terapi, baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga kesehatan professional. Paling tidak Anda bisa mengontrol parameter-parameter penting seperti : tekanan darah, gula darah puasa, gula darah sesaat. Untuk kolesterol dan asam urat sementara hanya di monitor jarak jauh saja.

Bagaimana untuk pelangsingan dan mendapatkan berat badan ideal?

Bagi saya diet itu harus FUN menjalaninya. Kita bisa mendapatkan energi yang cukup, dapet teman yang bisa saling berbagi, dan menikmati makanan-makanan yang lezat. Dan saya rasa Anda pun sama dengan saya kan…

Dengan pola diet ketogenic saya merasakan sesuatu yang berbeda karena dampaknya dapat dirasakan dengan cepat. Saya makan enak, berat tidak naik, dan saat ini jauh lebih mudah mengontrol keinginan makan (tidak lagi lapar mata). Ini sesuatu yang tidak saya dapatkan sebelumnya di pola makan lain. Walau sebelumnya saya banyak makan sayur dan buah (dianggap sehat) ternyata ketika berhadapan dengan mie ayam, atau roti yang menggoda, saya kalah hehehe…

Tapi sekarang udah berbeda lho! Saya sudah mampu MENOLAK makanan walau bentuknya menggoda dan mungkin rasanya enak di lidah…


Ingat prinsip bahwa “kesehatan itu adalah tanggung jawab pribadi masing masing”. Jangan sampai Anda tidak mampu mengontrol makanan yang Anda menikmati, tapi ketika sakit keluarga Anda menjadi menderita. Berinvestasilah dengan ilmu, tenaga, pikiran, uang sehingga Anda dapat menjadi lebih sehat

Selalu ingat kata hippocrates, bahwa makanan bisa jadi obat terhebat, namun bisa juga jadi racun. Makanan adalah alat, untuk memperpanjang kehidupan atau untuk mempersingkatnya. Itu pilihan.

Jadi jika Anda sudah mulai berpikir 1000 kali sebelum memasukkan suatu makanan/minuman ke mulut Anda. Pelajarilah metode diet ketogenic ini dan mulailah mempraktekkannya. Salam.

Ps. Anda bisa mulai dengan download panduan keto.

join juga di group facebook yaaa….



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download