Sharing dan Belajar Bareng Hidup Sehat Bahagia

Pertimbangkan Baik-Baik Sebelum Ikutan Diet Keto yaaaaa…..

Pertimbangkan Baik-Baik Sebelum Ikutan Diet Keto yaaaaa…..

Sejak tahun 2011, Saya selalu membuat resolusi tahun baru. Termasuk masalah kesehatan, dan ukurannya adalah berat badan. Hingga tahun 2015 target berat badan saya TIDAK PERNAH BERHASIL! Berat hanya turun 1-3 kilo saja rasanya kok susah…

Hingga akhirnya tahun 2015, ketemu dengan sebuah buku di Kuala Lumpur : Coconut Ketogenic Diet. Disana saya mulai belajar lebih dalam tentang pola makan rendah lemak, dan akhirnya di awal tahun 2016 ketemu juga dengan mas Agus Prasetyo yang mempelajari bio molekuler dari keto dan fasting lebih mendalam.

Kata banyak orang makan sayur, buah itu membuat tubuh lebih slim, dan disertai olahraga rutin maka berat badan akan langsing. Dan itu sangat sulit bagi saya, mungkin juga buat Anda… #ngaku

Jadi, apa sebenarnya diet keto?
Singkatnya adalah menghindari semua jenis karbohidrat (termasuk dari sayur tinggi karbo) dan gula (termasuk dari buah manis), dan berikutnya adalah konsumsi lebih banyak lemak, baik nabati maupun hewani.

Banyak orang, terutama penggemar diet kaya buah dan sayur pasti mengkritik cara ini, dianggapnya diet ini aneh dan tidak sehat seperti yang biasa dibaca di buku mereka, tapi sadari bahwa ketika tubuh mulai kelaparan, kekurangan karbohidrat, kekurangan glukosa, makan perlahan tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Sederhana!

Dibeberapa referensi ketogenik menganjurkan konsumsi 70-75% lemak, 15-30% protein, 5% karbohidrat. Perhitungannya kira-kira 10-20 gram karbohidrat per hari. Bagaimana kita mengontrol asupan harian ? saya baru ketemu aplikasi keren namanya http://www.fatsecret.co.id/.

Silahkan daftar gratis, ada versi web dan aplikasi android juga. Kalau sudah punya akun, silahkan cari nama : annasahmad agar kita bisa berteman disana…

Pada awal pasti cukup mudah, tapi ada masa ketika mulai muncul efek samping diet ketogenic ini. Biasanya disebut healing crisis (HC) atau Body Reset. Tenang aja, karena perubahan metabolisme glukosa ke keton tentu tidak mudah bagi semua orang. Tapi semua akan berlalu antara 3-20 hari saja.

Dalam pengalaman menemani sahabat saya menjalani keto di group facebook (silahkan join juga di : https://www.facebook.com/groups/387794234902566/) ada tips 10 hari yang bisa Anda coba untuk memulai diet yang makin bikin kepo banyak orang ini :

Hari 1:
Siapkan diri Anda, alasan terbaik dan paling kuat. Baca lengkap artikel : Cara Mudah Memiliki Kepercayaan Bahwa “Langsing itu Mudah”.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat kombinasikan dengan Intermittent fasting, atau fastosis, atau mirip diet OCD yang diperkenalkan Deddy Cobuzier.

Hari pertama Anda bisa mulai menyiapkan amunisi seperti : telur, daging, ikan, agar-agar, alpokat, teh tubruk, kopi tubruk, dan virgin coconut oil (pilih yang kualitasnya oke, rasa dan aroma segar seperti vico bagoes )

Nikmati aja makanan karbohidrat favorit Anda untuk terakhir kalinya di hari itu. Termasuk minuman kemasan, kopi manis, teh manis. Berhenti-lah makan jam 19.00, lewat jam itu hanya air putih saja yang bisa Anda konsumsi.

Hari 2:
Kenali juga, seperti halnya OCD, sarapan itu ternyata tidak penting. Anda mulai saja kegiatan tanpa sarapan. Pagi Anda bisa konsumsi teh / kopi tanpa gula, ditambah 1 sendok vco (virgin coconut oil). Setelah itu langsung saja mulai aktivitas Anda.

Siapkan bekal telur goreng atau telur rebus saja. Idealnya jam makan mulai jam 12 siang, tapi jika Anda belum siap silahkan mulai makan jam 10.30. Cukup dengan telur bekal tadi saja, bisa ditambah lagi 1 sendok VCO. Selanjutnya makan (bebas karbo : mie, roti, nasi) tetap mulai jam 12.00.

Jam makan siang Anda bebas makan segala jenis daging ayam, bebek, sapi, kambing, ataupun seafood. Makan saja hingga Anda merasa cukup kenyang.

Snack : keju 2 slice

Makan malam : makan 1 potong steak (150gram) dengan extra topping butter. Atau bisa dengan ayam bakar, bebek goreng. Enak banget ya…

Hari pertama keto biasanya Anda akan merasa lapar, dan ada keinginan yang besar mengkonsumsi camilan tepung (karbohidrat). Dan disana kita mulai sadar bahwa karbo dan gula itu memang membuat ketagihan! Silahkan makan lauk 2-3 porsi untuk memastikan konsumsi lemak Anda cukup.

Hari 3:
Sarapan kopi / teh plus VCO dan makan siang dan makan malam sama seperti di hari kedua.
Perasaan Anda akan mulai rindu karbo, kadang merasa mudah lapar. Sejauh energi untuk aktivitas Anda cukup tidak menjadi masalah.

Hari 4:
Biasanya akan mulai muncul beberapa healing crisis.
Baca : http://foodketo.com/efek-detoks-healing-crisis-hc-efek-samping-dari-diet-ketogenic/

Hal ini terjadi karena konsumsi karbohidrat yang terbatas, tubuh jadi bingung. Karena selama ini kita selalu menggunakan karbohidrat dan glukosa sebagai energi tiap hari. Proses ini mirip seperti kita yang sedang kelaparan, kadang emosi juga tidak terkendali. Anda perlu minum air dan garam yang cukup.

Pastikan juga Anda sudah men-download Panduan Coconut Ketogenic, baca dan cetak jika perlu

Pertahankan pola makan bebas karbohidrat dan gula. Makan yang cukup, tidurlah mulai jam 21.00

Hari 5:
Sarapan sama seperti sebelumnya, jika masih lemah bisa tambahkan 1 butir telur dan keju. Kadang makan siang agak kurang berselera, tapi isi saja walau sedikit. Pilih makanan dengan santan, atau konsumsi santan secara langsung.

Oh ya, kenapa konsumsi VCO penting? karena MCT dalam minyak kelapa / vco cepat diubah menjadi energi tanpa insulin.

Biasanya setelah makan malam di hari ke-5 Anda akan mulai menemukan energi baru.

Hari 6:
Sarapan tetap dengan pola intermittent fasting, hanya air putih / teh / kopi dengan VCO. Makan siang bisa dengan berbagai menu, pilih daging atau ikan bersantan. Malam bisa dengan makanan yang digoreng.

Oh ya, lakukan saja olah raga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau Anda juga boleh coba plank (10-60 detik).

Hari 7-10:
Anda akan mulai terbiasa dengan fastosis, tidak mudah lapar dan lebih berenergi. Tidak sarapan pagi bukan hal yang berat lagi untuk Anda. Jika merasa lemah, minum saja vco untuk mendapatkan energi instant dari kandungan MCT-nya.

Setiap hari Anda akan merasakan energi yang makin meningkat. Lakukan olah raga ringan antara jam 10-11. Tidur yang cukup dan bangun pagi agar dapat menghirup udara segar, dan tentu bisa sholat subuh berjamaah di masjid.

Apakah saya akan menjalani keto seumur hidup?
Ya, tentu dengan berbagai penyesuaian…

Ada 3 fase atau tahapan, yaitu induksi, konsolidasi dan maintenance. baca di : http://foodketo.com/panduan-gratis/

Perasaan ingin makan karbohidrat kini jauh berkurang. Bahkan buah manis favorit seperti mangga, pisang, apel, nanas, juga sudah saya hindari. Apalagi makan roti, donat, dan snack yang penuh karbo dan gula…

Saya sebelumnya tidak pernah lagi mendapat ide bagaimana mencapai berat badan ideal, tapi ketogenik ini menunjukkan jalannya. Kini BMI saya sekarang 24, alias sudah normal, setelah sebelumnya obesitas. Semoga kisah ini juga bisa memberikan inspirasi dan semangat Anda untuk memulai diet ketogenik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download