Sharing dan Belajar Bareng Hidup Sehat Bahagia

Lima Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba Keto Diet

Lima Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba Keto Diet

Diet keto adalah pola makan yang dianggap ekstrim oleh banyak orang karena fokus pada makanan tinggi lemak dan protein dan rendah karbohidrat. Sejauh ini banyak orang sudah mencoba dan menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa merasa lapar dan meningkatkan energi lho… Selebriti dunia seperti Kim Kardashian, Adriana Lima, LeBron James, dan artis lokal Indonesia juga sudah memulai!

Keto diet, atau banyak disebut keto, sebenarnya sudah dikembangkan pada 1920-an untuk terapi penderita epilepsi. Gaya hidup ini diatur untuk membuat tubuh Anda ke dalam keadaan yang disebut ketosis, dimana tubuh Anda mulai membakar lemak untuk bahan bakar.

Oh ya, Puasa, seperti puasa sunnah maupun puasa di bulan ramadhan juga membuat tubuh kita menjadi ketosis. Jadi sebenarnya pola ini sangat alami dan aman.

Dalam keto dibatasi 5% asupan karbo, jadi hanya konsumsi sekitar 10 gram karbohidrat dan gula. Sangat rendah!
Kira kira hanya 1 alpokat ukuran sedang saja. Pastikan juga, Anda mendapatkan asupan lemaknya dari lemak sehat seperti minyak kelapa (vco), ikan, telur, daging. Dengan target kalori harian 75-80% didapet dari lemak.

Nah, jika Anda baru memulai program ketogenic, perhatikan lima hal ini terlebih dahulu…

1. Kisah awal bertahan tanpa karbohidrat kesayangan
Pada awal menjalani, mungkin Anda ragu. Mencoba, tapi masih belum full keto. Mungkin mulai merasakan keto flu, ada rasa kram, dan beberapa perubahan tubuh yang membuat Anda panik!
Ketahuilah, selama ini kita konsumsi karbohidrat, maka tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan menggunakan glukosa sebagai sumber energinya yang utama. Jika Anda mengurangi glukosa (dari karbohidrat dan gula), maka tubuh akan mencari sesuatu yang lain untuk digunakan untuk energi. Yang pertama akan menggunakan cadangan glukosa, dan berikutnya akan mulai membakar cadangan lemak tubuh. Dan itulah sebenarnya yang diinginkan banyak orang.
Membakar Lemak!

Kondisi metabolik ini disebut Ketosis. Dan diawal Anda akan mengalami keto shark, mudah lapar dan makan dengan porsi banyak keto diet menu. Misal 2 potong ayam, 3-5 butir telur. Ini normal selama masa transisi. Ketika masa ini terlewati, tubuh akan mulai terbiasa menggunakan keton dari tubuh dan makanan, dan Anda akan menikmati metabolisme ketosis.

2. Nafas dan urin yang beraroma khas
Bagi beberapa orang ada yang extrim, tapi beberapa orang tidak terlalu bermasalah. Apa terjadi? ketika tubuh sudah mulai menggunakan lemak sebagai energi, tubuh Anda mulai memproduksi keton. Salah satu keton ini adalah aseton yang dikeluarkan melalui pernafasan dan cairan tubuh (urin dan keringat). Tubuh memerlukan adaptasi untuk mengolah seberapa besar keton yang dibutuhkan oleh tubuh, dan ini menjadi pertandan baik dimana tubuh Anda siap membakar lemak. Sikat gigi Anda, kumur air garam, oil pulling (kumur dengan vco), dan kumur dengan daun sirih akan membantu.

3. Tidak lagi BAB tiap hari
Beberapa hari pertama di Keto mungkin belum ada tanda apa-apa. Hingga suatu saat Anda menyadari sudah tidak BAB rutin tiap hari, dan ketika masanya datang, kebelakang menjadi “menantang” karena adaptasi ke konsumsi rendah serat. Tapi berikutnya Anda akan lebih ringan dan tidak mudah kembung. Konsumsi alpukat, agar, cincau, santan, dan vco akan membantu jika Anda mengalami hal ini.

4. Makan lemak Jadi Kurus?
Dalam diet keto adalah konsumsi banyak lemak. Anda akan banyak makan lemak seperti mentega, alpukat, minyak kelapa, keju, daging berlemak, kambing, dan bahkan kulit ayam goreng sampai jeroan. Sekarang tubuh Anda berada dalam Ketosis dan sumber energi utama Anda adalah lemak. Hindarkan glukosa sebagai bahan bakar Anda sehingga tubuh tetap terjaga di kondisi ketosis dan sesuaikan dengan tujuan kesehatan yang Anda harapkan.

5. Apakah Ketogenic Harus Dilakukan Selamanya?
Hmmm… Anda tidak sendirian kok. Banyak orang yang mempertanyakan hal ini. Pada dasarnya ketogenic memang bukan diet. Tapi sebenarnya lebih menjadi gaya hidup. Menjalani keto ini membuat hidup jauh lebih simpel dan sederhana. Bahkan Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan. Ketika Anda sudah melihat hasil yang luar biasa, langsing, masalah kesehatan pergi, dan Anda akan jatuh cinta dengan ketogenic.

Lalu praktisnya bagaimana memulai keto ini?

Sebelum Anda memutuskan diet ketogenic, memilih jenis makanan apa yang akan Anda makan, kapan Anda makan, bagaimana Anda makan, Ijinkan diri Anda meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang akan terjadi…
Menjalani pola hidup ini bukahlah hal yang mudah, dan itu akan membutuhkan kemaudah dan komitmen dari diri Anda – terutama ketika baru memulai.

Anda akan merindukan gula, keinginan makan nasi, mie, roti, tepung, dan karbohidrat lainnya….
Siapkan mental untuk melalui hal tersebut, dan terus berpikiran terbuka, belajar, mengapa Anda akan menjalani diet keto.

Baca juga panduan diet ketogenic yang bisa Anda

>> DOWNLOAD GRATIS <<

lalu tonton dan beberapa video di channel akan membantu Anda untuk memahami secara sederhana, sehingga Anda siap menghadapi apa yang ada di depan.

Jika Anda merasa Anda kurang percaya diri, cobalah secara bertahap dari hal yang sederhana. Seperti mempersiapkan ruang makan dan dapur Anda bebas dari makanan tinggi karbohidrat. Menjalani diet keto bisa jadi akan banyak merubah isi dapur dan kulkas Anda. Pisahkan mana yang bisa Anda konsumsi, mana yang harus Anda hindari.

Mulai buat daftar belanja baru, mungkin list makanan di panduan foodketo.com bisa membantu Anda.

Luangkan waktu untuk membuat menu yang Anda suka. Saya menghindari memaksakan jenis masakan yang harus Anda konsumsi, karena diet kan harus fun.

Apa yang saya suka, Anda belum tentu suka.
Saya suka telur goreng, mungkin Anda suka telur rebus.
So pilih saja yang Anda suka…

Mulai perhatikan dan melihat lebih detail apa yang Anda butuhkan dan jenis makanan apa yang akan Anda makan. Hampir semua bahan makanan bisa Anda dapat di supermarket, pasar tradisional, atau abang-abang penjual bahan makanan dekat rumah.

Beberapa barang Anda bisa beli online juga, cukup klik di laptop, atau di handphone,
tiba tiba barang udah sampai di depan rumah 😀

Minggu pertama bisa jadi akan ada biaya extra, karena di awal ini kita akan banyak belanja barang-barang yang mungkin belum pernah kita beli sebelumnya. Mulai dari bumbu, berbagai jenis keju, butter, ghee, minyak kelapa, vico virgin coconut oil, sampai daging, ikan, telur, alpokat yang akan Anda konsumsi selama satu minggu, atau… mungkin seterusnya….

Memastikan Anda memiliki semua bahan yang Anda butuhkan di dapur akam membantu mengurangi stress mau makan apa, membuat rasa makanan lebih lezat. Anda mungkin merasa sayang terhadap makanan penuh karbo dan gula, tapi menyedekahkan bahan makanan yang tidak Anda konsumsi akan membuat langkah Anda lebih mudah.

Dan kedepannya Anda mendapatkan kehidupan baru, lebih berenergi, lebih sehat, bahkan Anda bisa menabung dan menghemat jutaan rupiah biaya suplemen, obat-obatan, dan tagihan medis. aminnnnn….

Selamat mulai petualangan Anda! Dan selamat membuktikan.



2 thoughts on “Lima Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba Keto Diet”

  • Suami saya menserita asam urat dan tinggi kolestetol. Apakah di perbolehkan memjalani diet keto? Apakah penggantian katbo ke lemah bisa memperburuk kolesterol nya? Saya awam ttg ini, mohon advise. Terimakasih.

    • pada dasarnya asam urat atau kolesterol bukanlah penyakit. tapi lebih ke indikator. selama konsumsi karbo dan gula stop, insyaallah masih dalam proses adaptasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download