Liburan dan Travelling Seru Walaupun Diet Ketogenic. Ini tips dan trick-nya!

Liburan dan Travelling Seru Walaupun Diet Ketogenic. Ini tips dan trick-nya!

Libur tlah tiba…
Libur tlah tiba…
Hore…
Hore…
Hore……….

Selamat buat teman-teman yang sudah memutuskan untuk menjalani diet keto, atau ketogenic yaaaa…

Dan seperti yang kita semua sepakat, menjalani keto itu akan membuat Anda jatuh cinta dan tidak mau balik sama mantan. Karena badan jauh lebih ringan, aktivitas lebih segar, energi lebih tinggi. Artinya ketogenic itu bisa menjadi gaya hidup. Bukan seperti diet lain yang hanya dijalankan 1 minggu, 1 bulan aja,…

Sekarang udah di penghujung tahun 2017,
artinya ada 3 hal yang sering kita bicarakan :
1. bagaimana pencapaian di 2017,
2. bagaimana rencana di 2018,
3. dan yang seru pastinya LIBURAN!!!!

Saya sendiri menjalani ketogenic ini sudah lebih dari 9 kota di seluruh dunia,

Saya menjalankan diet ketogenic di Mekah, Madinah (ketika haji dan umrah)
menjalankan di Srilanka,
ketika sharing di event Kerala, India
waktu menjadi pembicara International conference di Bangkok,
ketika mudik lebaran bawa mobil pantura dari Jakarta sampai Bali,
jalan-jalan liburan di Hongkong,
transit di Kuala Lumpur, Malaysia,
mengikuti festival kelapa internasional di Pekanbaru,
pelatihan internasional di Manado,
sampai yang terakhir pelatihan – coaching di Singapore.

dan menjalani Ketogenic ini bisa dilakukan dimana saja!

Dari pengalaman itu semua, ijinkan saya berbagi tips bagaimana cara tetap keto selama liburan dan travelling.

Mau atau Mau banget ?

sebelum lanjut, pastikan teman-teman sudah subscribe di :
1. youtube channel
2. instagram @annasahmad
3. langganan newsletter

ajak juga teman-kerabat-saudara yaaaa…..
insyaallah menjadi ladang amal kita berbagi kebaikan.
Aminnnnnn

Sebelum membaca lebih jauh, pastikan udah baca Panduan Diet Ketogenic ya…

Karena hal paling mendasar adalah : “Anda Tahu Apa yang Bisa Anda Makan”

Ketika liburan dan perjalanan, Anda pasti melakukan berbagai persiapan. Mulai dari baju, alat komunikasi, jadwal perjalanan, tiket, termasuk makanan darurat yang Anda perlukan. Ketika Anda di bandara, stasiun kereta, dalam pesawat, sampai di hotel, Anda pasti perlu memahami jenis jenis makanan. So, pelajari di panduan, dapatkan listnya, kalau perlu Anda print.

Kadang Anda akan menemui beberapa makanan yang asing, dan Anda tidak jelas apa isinya. Dan Anda tidak perlu sungkan bertanya dan meminta makanan dan minuman yang bebas gula serta karbo tinggi. Kadang bagi orang-orang keto ada yang akan “sensitif” dengan asupan tinggi gula kan, ini yang akhirnya perlu Anda jaga juga.

Catatan ini adalah kompilasi perjalanan saya setahun ini ketika travelling, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua. Alhamdulillah kondisi saya hari ini baik-baik saja 😀


1. Pilihan Hotel Ketofriendly

Buat saya hotel hanyalah tempat untuk tidur saja. Jadi selama travelling, saya merasakan tinggal di hotel bintang 4 dengan harga diatas 3jt semalam, hotel budget seharga 1jt-an semalam, sampai pernah tidur juga di capsule hotel dengan biaya 250rb per malam!

Yang perlu dipahami, ketika menjalani ketogenic, menu breakfast buffe sudah tidak lagi menarik. Anda paling hanya bisa ambil kopi dan telur aja. So saya suka pilih hotel tanpa menu sarapan.

Alternaif lain, Anda bisa memilih juga kamar / apartemen di AirBnB yang diijinkan menggunakan dapur, atau kamar hotel dengan dapur. Disana Anda bisa menyiapkan sendiri makanan Anda, baik untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam.

2. Pilihan Menu Makanan Simple

Bagi saya, halal juga penting kan. Jadi pilihan paling murah dan mudah adalah telur. Anda bisa belanja di toko kelontong terdekat dengan hotel Anda. Dengan telur Anda bisa bikin berbagai menu masakan juga. Saya kadang juga mencari alternatif makanan kaleng halal seperti ikan, ditambah dengan coconut milk.

Anda juga boleh persiapan makanan yang cukup awet yang disiapkan di rumah. Misal rendang, atau daging balado, yang bisa tahan dikonsumsi antara 7-10 hari. Atau alternatif simple bisa coba bawa ketobar dan chicken cutz.

3. Belanja Bahan Makanan

Selama ini saya jarang ke supermarket atau toko kelontong. Tapi setelah menjalani keto, aktivitas belanja itu menjadi lebih menyenangkan dan seru. Biasanya saya suka cari buah alpukat dan berry. Bisa beli juga beberapa kacang rendah karbo. Keju serta yougurt.

4. Menikmati Local Food
[sociallocker id=”1883″] Bila pergi ke tempat yang baru, saya juga pengen dong wisata kuliner. Dan tentu tetap ingin menjaga agar ketosis tetap terjaga. Saya sih tetap pilih makanan berbahan dasar daging, telur atau seafood aja. Dan pengalaman saya selama ini selalu ada cara untuk menikmati makanan lokal. Just be creative!

5. Ngopi always never the same

Bagi saya, menikmati kopi di tempat berbeda itu pengalaman yang tidak terlupakan. Saya menikmati kopi tanpa gula, karena bertemu orang baru, pelayan, dan pembuat / barista kopi itu sudah terasa jauh lebih manis. Paling saya siapkan vico bagoes 50ml dan butter. Kadang saya minta tambah sedikit heavy cream.

Kalau tidak ada warung kopi lokal, cafe kekinia seperti Starbucks juga bisa dijadikan tempat asyik buat ngopi. Anda bisa bawa sendiri stevia atau gula rendah kalori. Tapi saran saya, rasa kopi asli jauh lebih enak!
[/sociallocker] 6. Makan di luar, restoran atau…

Ketika waktu makan datang, sering kita tidak menyiapkan makanan secara khusus. Sehingga mencari resto atau tempat makan yang cocok dengan pola diet keto kadang cukup menantang. Kalau kita di Indonesia, tentu sangat mudah sekali. Tinggal cari rumah makan padang, semuanya beres. Atau masuk warteg pun tidak susah. Warung sunda pun bisa juga pilih makanan yang keto friendly.

Jika di luar negeri, biasanya pertimbangan saya juga masalah ke-halalannya. Jadi sebelumnya saya selalu cek dulu di google rumah makan mana yang menyediakan masakan halal. Seperti ketika di Hongkong saya cari resto muslim di dekat masjid. Baru setelah itu memilih menunya. No problem.

Anda bisa memilih menu steak, seafood atau sate. Jika ragu, tanyakan pada penjaga atau chef restorannya. Kalau masih bingung ya udah ganjel aja dulu dengan telur rebus.

Bagaimana jika resto buffet

Prinsipnya sih sama saja, pilih menu dengan bahan dasar daging, ikan, dan telur. Anda sudah bawa vico kemasan kecil kan? jadi asupan lemaknya bisa dengan cepat didapatkan dari minyak kelapa murni juga. Anda bisa juga tambahkan butter ke masakan Anda.

Bagaimana memepertahankan 70-75% lemak?

Jika Anda sudah menjalankan keto lebih dari 1 tahun, Anda pasti sudah otomatis bisa mengukur kebutuhan makronutrisi. Tapi Anda juga bisa tetap tracking dengan fatsecret atau myfitnesspal untuk melihar perbandingan karbo – protein – lemak harian Anda.

Alternatif lain saat ini supermarket besar, biasanya juga dilengkapi dengan masakan siap saji seperti ayam bakar, ayam panggang, maupun ikan bakar. Lokasinya di sudut penjualan daging segar. Seperti di singapore kita bisa mendapatkan di fairprice menu ayam bakar seharga 50-60 rb per ekor.

Masih susah? cari aja menu di fastfood. Pilih makanan yang paling cocok, lalu pisahkan bagian yang mengandung karbo dan gula tinggi. Misal burger, minta yang low carb. Atau ayam goreng, skip tepungnya.

7. Snacking keto friendly

Kadang Anda malas makan, Anda bisa saja ambil camilan seperti telur rebus. Atau bisa coba siapkan ketobar, chicken cutz, atau kacang rendah karbo seperti mix nuts. Kacang bisa seperti macadamia, kenari, almond, cek kadar karbo nya juga di : keto nutrient counter

Selain itu keju juga bisa menjadi pengganti. Siapkan aja di tas kecil berbagai keperluan untuk keto termasuk garam dan vico.

Oh ya, saya juga akan update nantinya dengan berbagai Video Keto Travelling.















Video “Keto Traveller itu seruuuuuuu!!! baca juga 7 tips-nya”

Oh ya, artikel ini akan terus di update.
Jika Anda ada ide kolaborasi, mau sharing produk atau jasa,
atau mau memberikan diskon untuk pembaca foodketo.com

please jangan ragu kontak saya yaaaaa……

pastikan dapat updatenya juga.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download