Ketogenic Itu Bisa Merubah Hidup Anda. Percayalah!

Ketogenic Itu Bisa Merubah Hidup Anda. Percayalah!

Diet yang aneh,
Diet yang menakutkan,

Tidak masuk akal,
Kamu aja yang jalanin,
Aku gak mau!

Ya, Ketogenic atau diet keto ini memang kontroversial.

Bagaimana lemak yang selama ini dipercaya sebagai penyebab obesitas dan masalah kesehatan, tapi kita harus konsumsi 75% dari kalori harian kita! Edan!

Kamu nanti dapet tenaga dari mana?
Lemes, kekurangan gizi, kekurangan vitamin!

Kamu bakal terkucil,
ditinggalkan oleh teman-teman kamu,
karena cara makan kamu aneh!

Apalagi makanan kamu itu mahal,
pasti dompet kamu terkuras untuk jalanin keto.
bisa jadi bangkrut dan miskin!

Apa lagi ya, yang biasa didapatkan pelaku keto ketika “ketahuan” ikut jalanin diet ketogenic ini?

Cara menjawab semua keluhan, kritik, dan pertanyaan itu cuma satu. SENYUM.

Secara pribadi saya merasakan manfaat yang cukup membuat hidup saya berubah dengan ketogenic adalah emotional kontrol, atau kontrol diri yang lebih baik. Bener? Iya, ini saya sangat merasakan perbedaannya.

Tulisan kali ini saya tidak akan bahas hal teknis tentang apa itu keto, dan bagaimana keto ini. Silahkan baca di artikel lain di web foodketo.com ini ya…

Yuk kita diskusikan tentang hal-hal kontroversial yang udah disharingkan di bagian awal.

1. Aneh dan menakutkan?

Diet ketogenic ini memang berbeda 180 derajat dengan ilmu nutrisi yang kita kenal saat ini. Tapi bukan berarti ilmu yang salah. Anda boleh saja mengikuti pola makan yang direkomendasikan ahli nutrisi, tapi ketahuilah bahwa data membuktikan bahwa jumlah kasus obesitas dan penyakit degeneratif makin tahun makin bertambah. so artinya…

Ketogenic pada dasarnya alami dan natural. Memimik tubuh manusia ketika dalam kondisi survival, dan sangat masuk akal. Hari ini kita bukan kesulitan cari makanan, tapi kesulitan berhenti makan. Serius…!

Berusahalah membuka diri dan berpikir lebih jernih. Pelajari, lalu coba dari hal-hal yang Anda mampu. Rasakan bedanya…

2. Kambing hitam?

Lemak lebih dari 60 tahun di “fitnah” sebagai penyebab berbagai penyakit. Padahal lemak, protein, dan karbo adalah makronutrisi bagi tubuh. Menghindari lemak, akibatnya membuat kita sulit kenyang, mudah lapar, dan kelebihan asupan. ketahui juga, tubuh kita memerlukan lemak essensial, dan protein essensial. Tapi tidak ada karbohidrat essensial.

Kunci dari konsumsi lemak tinggi adalah hindari karbo. Sama halnya jika Anda memilih konsumsi banyak karbo, hindari lemak.

3. Kurang gizi dan vitamin?

Ketogenic kok gak makan buah dan sayur sih? Pasti kekurangan vitamin, gampang sakit tuh!
Diet keto tidak melarang makan apapun kok, asal asupan karbohidrat dibatasi 10-50 gram. Di fase awal malah sebaiknya 10 gram saja. Jadi karbohidrat hanya didapat dari buah alpokat, santan, kelapa, kacang, cincau, yougurt, dan bahan lain dengan nilai yang sangat rendah.

Tubuh kita juga memerlukan vitamin dalam jumlah rendah kok, atau istilahnya mikro nutrisi. Terlalu banyak konsumsi vitamin akan boros karena hanya di buang melalui saluran urin. Di bahan makanan seperti telur, hati, juga sangat kaya akan vitamin.

4. Keto itu antisosial?

Hmmmm… kok bisa sampai segitu tuduhannya 😀

Pada dasarnya kita saling respek dan menghargai saja pilihan hidup masing masing orang. Sama halnya ketika kita berpuasa, ya yang tidak puasa silahkan saja makan. Atau misalkan kita tidak mengkonsumsi daging babi, ketika ada yang makan ya silahkan saja jika memang diizinkan oleh keyakinannya.

Kita sendiri sebenarnya lebih tahu tentang diri kita sendiri. Mana yang baik bagi tubuh kita, dan mana yang kurang baik bagi tubuh kita. Itu pilihan masing-masing.

Bagi pelaku ketogenic, saran saya sebaiknya terbuka dan jujur saja apa adanya ketika ada di sebuah acara atau kegiatan komunitas, atau bersama teman-teman. Katakan saja misalnya : “Karena saya sedang ikut program keto agar tubuh saya lebih segar dan fit, dimana menghindari nasi, mie, roti, tepung, jagung, singkong, kentang, dan sejenisnya.”

Sehingga jika ada yang menyodorkan makanan, Anda bisa lebih tenang untuk minta maaf, bukan mau menolak, tapi saat ini saya ikut program kesehatan. Atau alternatif lain Anda bisa minta di bungkus saja. Tetaplah berbaur, bercanda, dan tersenyum.

Jika hati Anda bergejolak karena pengen, siapkan selalu virgin coconut oil (VCO), keju, atau kacang di kantong.

5. Diet Ketogenic itu mahal?

Banyak orang mengatakan ini diet mahal. Tapi ketahuilah, sebenarnya yang perlu kita sadari, yang kita beli sebenarnya adalah kalorinya. Sehingga jika dibandingkan dengan karbohidrat (termasuk tepung-tepungan) terhadap kalori dari lemak itu sebenarnya murah. Kuncinya adalah di mindset. Beberapa tipsnya :

– cari sumber lemak yang terjangkau, misal dari telur, santan, daging (pilih yang kaya lemak)
– bisa pilih juga dari ikan yang terjangkau harganya
– olah juga masakan dari kulit, hati, atau jeroan
– masak sendiri di rumah

dan dari itu semua sadarilah bahwa, kita berinvestasi pada kesehatan kita.
Biaya obat, biaya periksa ke lab, biaya konsul ke dokter saat ini semakin mahal.

Sebagai penutup,

Kita; Saya dan Anda yang sudah menjalankan ketogenic adalah pilihan hidup. Begitu juga bagi yang masih kepo dan ragu-ragu, begitu pula dengan yang memutuskan dengan cara-nya yang lain. Tulisan ini sebagai sharing ketika ketogenic itu berhasil merubah diri saya, merubah banyak orang di seluruh dunia.

Dan saya yakin juga, Diet Keto dapat merubah hidup ANDA.

PS. Silahkan download panduan diet ketogenic GRATIS

PSS. Silahkan join di group fb ketogenic Indonesia GRATIS



1 thought on “Ketogenic Itu Bisa Merubah Hidup Anda. Percayalah!”

  • saya sedang ‘menularkan’ lifestyle ini ke teman saya yang terkena kanker payudara std.3b… dan dia tidak mau operasi.. saya ajak utk ikut keto dia tidak menolak, tapi dalam pikiran dia.. untuk kanker dan tumor tidak boleh makan berlemak dan daging merah.. sedangkan di keto ini kan harus banyak lemaknya.. saya bilang saja.. coba pilih bebek ato entog saja mengingat kandungan lemak di unggas tersebut cukup banyak.. tapi dia masih ragu.. benar tidak mas.. kalo saya pilih jenis unggas untuk sumber lemak untuk dia? dan kalo kopi mixed vco itu bolehkah untuk penderita kanker/tumor? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download