Kenapa Masih Meragukan Diet Ketogenic?

Kenapa Masih Meragukan Diet Ketogenic?

Diet ketogenic semakin banyak dibahas ratusan, ribuan orang di dunia, dan mengancam banyak sekali bisnis produk pelangsing tubuh! Karena metode sederhana ini tidak hanya membuat tubuh Anda lebih langsing, tapi juga dapat memperoleh manfaat lain : meningkatkan fungsi otak, kemampuan otot lebih lama, menghindari penyakit jantung, mengurangi pertumbuhan sel kanker, mengurangi tekanan lambung, meningkatkan energi, dan banyak lagi lainnya yang telah terbukti.

Dan pasti, pola yang baru masih terjadi pro dan kontra.

sebelum membaca pastikan Anda sudah tahu “prinsip hidup sehat dan langsing“.

Saya menjalankan diet keto ini lebih dari 2,5 tahun dan terus belajar dan menggali bagaimana metabolisme dalam tubuh bekerja. Oh ya, sebagai informasi, saya bukan ahli medis, saya juga bukan ahli diet lho. Blog http://foodketo.com adalah kumpulan apa yang telah saya pelajari dari berbagai buku referensi, video, diskusi termasuk riset-riset ilmiah.

Beberapa catatan yang bisa sahabat semua pelajari :

1. Keto lebih dari sekedar rendah karbo.

Ketika Anda sudah mulai menyadari kebutuhan tubuh Anda, maka singkirkan berbagai makanan berbahan dasar karbo dan gula dari dapur dan daftar belanja. Bahkan seperti nasi merah, kentang, buah manis yang selama ini Anda anggap aman dikonsumsi.

Untuk mencapai ketosis, kita memerlukan makronutrien yang cukup presisi di kisaran 5% sampai 10% kalori harian dari karbohidrat, 15 sampai 30 persen dari protein, dan 80% dari lemak. Hmmmm… jika bingung, prinsip sederhana adalah hanya konsumsi sekitar 10-20 gram karbo per hari dari berbagai makanan.

Coba mulai mengukur kandungan makro Anda dengan mencatat menu harian, lalu diinput ke aplikasi seperti myfitnespal atau fatsecret.

Secara umum ini tidak mudah, terutama untuk Anda yang sering meeting, travelling, dan punya perasaan “sungkan” pada orang lain. (sungkan = baper).

2. Keto itu pilihan.
Banyak orang merasakan manfaat dari menjalani ketogenic. Mulai perasaan puas ketika makan, rasa kenyang, hingga penurunan berat badan. Bahkan alhamdulillah terbantu meringankan penyakit seperti diabetes, darah tinggi, maupun epilepsi.

Tentu Anda dituntut menjaga berbagai makanan yang masuk ke dalam mulut Anda. Anda akan butuh waktu untuk belajar, berekperimen, bahkan akan merasa lemas (karena tubuh masih nagih karbo dan gula). Hingga akhirnya tubuh mulai kenal dengan keton, dan mampu menggunakan sebagai sumber energi.

Nah, Anda punya hak memilih kok diet apa yang cocok. Anda bisa mulai dengan cara yang lebih mudah, atau Anda mau memilih cara yang lebih ketat. Bahkan menambahkan intermittent fasting untuk mempercepat masuk ke kondisi ketosis. Temukan gaya hidup yang sesuai untuk Anda.

3. Anti mainstrean : lemak itu sehat.
Selama ini kita telah dicuci otak untuk menjauhi makanan berlemak. Tapi di ketogenic, Anda akan merasa di dunia yang berbeda. Dimana steak, keju, telur, sosis, minyak, kacang, kelapa, santan diperbolehkan untuk dinikmati!

Tentu pastikan juga mikro nutrisi terpenuhi ya. Anda bisa dapatkan mineral dari bahan alami seperti cuka, garam, alpokat, daun-daunan dan berbagai sumber lainnya.

4. Harus meninggalkan cake dan makanan favorit?
Banyak orang beralasan. Tapi ada orang genius yang mencari jalan keluar. Kini berbagai jenis makanan telah banyak versi keto / rendah karbonya. Mulai dari donat, cake, ice cream dan berbagai menu-menu lainnya. Silahkan saja menjadi lebih kreatif. Bisa juga simak berbagai resep keto di resepketo.com

5. Hilangnya pengen terus makan / ngidam / craving.
Ini adalah masa ketika Anda bisa mengatakan cukup itu cukup. Walau Anda tidak menjalani diet ketogenik dengan ketat, Anda akan merasa berterima kasih dengan ketogenic karena mampu mengontrol diri terhadap makanan. Tidak makan itu tidak apa-apa. Tidak makan itu baik-baik saja.

Dulu saya sudah gelisah ketika jam 10 pagi belum ada snack. Padahal pagi sarapan. Siang jam 12 pun sudah buru buru cari makan siang, sama juga di sore dan malam hari. Bahkan harus bawa banyak snack ketika pergi, di laci kantor juga sudah siap berbagai cemilan. Tiba-tiba kini perasaan ingin terus makan itu lenyap…. sirna.

Sahabat di group ketogenic indonesia juga banyak merasakan pengalaman yang sama. Kepekaan mulut dan lidah terhadap rasa manis juga jauh meningkat. Biasanya 2-3 sendok gula masih terasa kurang. Kini tidak pakai gula saja sudah dapat merasakan rasa manis alami dari makanan lho. Sepertinya mengejutkan ya, tapi artinya tubuh kita mulai mereset ulang berbagai panca indera kita.

6. Diet keto bisa menambah berat badan?
Pada prinsipnya, diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat akan membuat penurunan berat badan menjadi lebih mudah; Anda akan merasa jarang lapar dan perlahan memperbaiki metabolisme tubuh.

Tapi tidak ada diet yang ajaib. Jika Anda sudah mulai tergoda lagi konsumsi non-real food, mulai banyak mengasup fashion food (walau keto friendly) seperti roti keto, cake keto, dan berbagai olahan makanan, maka akan tetap dapat menyebabkan kenaikan berat badan lho ya…. So selalu tanya kepada yang menyediakan menu keto, komposisi makanan apa yang digunakan, apa sudah pernah mengujikan ke labolatorium untuk kandungan lemak-protein-karbo nya. Perhitungan manual sangat tidak presisi.

Jika Anda sudah normal atau underweight, maka latihlah dengan olahraga. Agar mulai terbangun otot.

7. Ketika Anda sudah memenuhi target berat badan, hidup tidak akan sempurna.
Hmmmm… ini menarik.
Hidup ini seperti rollercoaster. Seperti kita tahu, manusia selalu memiliki keinginan yang tidak terbatas. Misal Anda akan merasa berhasil dan bahagia ketika berat badan Anda sudah ideal sekian KG. Atau Anda punya target bagaimana baju kesayangan waktu SMA bisa dipakai lagi.

Dan tentang ketogenic, insyaallah akan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kepercayaan diri Anda, muncul kekuatan baru, komitmen dan disiplin yang lebih tinggi. Atau Anda merasa terlahir kembali menjadi versi 2.0 dari diri Anda yang selama ini dibayangkan.

Hidup selalu berjalan sahabat. Banyak tantangan yang masih akan menunggu saat Anda selangkah dari titik tersebut. Jadi: Teruslah berpikiran terbuka, makanlah dengan baik, bergembira dan bersahabatlah, seringlah bergerak, dan temukan hal-hal baru yang sesuai dengan kebahagiaan Anda.

8. Bagaimana sebenarnya cara memulai diet ketogenik ini?
– Cara paling mendasar adalah stop dulu gula (glukosa), termasuk karbohidrat dari biji-bijian (seperti beras, gandun, dan produk turunannya) serta pati-patian (singkong, kentang) dimana semuanya dalam tubuh akan diolah menjadi glukosa.
– Selanjutnya adalah makan protein dan lemak. Sehingga targetnya kalori harian kita mayoritas akan disupply dari lemak.
– Konsumsi lemak nabati yang sehat dari kelapa dan santan
– Jika jangan khawatir kekurangan vitamin, karena mikro-nutrisi memiliki kandungan yang cukup dari daging, telur dan sayuran.
– Hindari susu
– Hindari buah-buahan manis (kandungan fruktosa tinggi)
– Sebisa mungkin juga hindari gula buatan seperti erythrytol, aspartame, xylitol, atau sucralose untuk pemanis. Gunakan terbatas jika memang terpaksa saja.
– Asupan karbohidrat dan gula dijaga tidak boleh melebihi 50 gram sehari.
– Pernah dengar istilah cheating dalam diet? Ketika Anda sudah berada di dalam kondisi ketosis optimal, sebaiknya dijaga dan dibatasi karbo yang masuk. Kenapa? Karena tubuh kita akan mudah kembali ketergantungan terhadap glukosa jika kita kelebihan konsumsi karbo.
– Lakukan intermittent fasting atau fastosis. Makan terakhir jam 20.00, baru makan lagi jam 12 siang. Pagi optimalkan dengan konsumsi lemak yang cepat diserap tubuh (Virgin Coconut Oil)

Sebagai Catatan :
Semua teori diet tidak ada yang salah atau benar, setiap orang berhak menggunakan caranya sendiri-sendiri dengan kebaikan atau kekurangannya masing-masing. Tidak ada satupun teori diet bisa yang menjamin pelakunya mendapatkan hasil maksimal, karena semua tergantung dari pemahaman dan usaha yang sungguh-sungguh dari masing-masing individu.

Jika Anda masih meragukan pola diet ketogenic ini? silahkan download panduannya GRATIS,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download