Kamu Udah Ketosis? Ini Cara Mengukur Kadar Keton Dalam Tubuh

Kamu Udah Ketosis? Ini Cara Mengukur Kadar Keton Dalam Tubuh

Target dalam diet ketogenic adalah mengkondisikan tubuh menjadi ketosis.
Ingat, ini beda dengan ketoacidosis ya.
Ulasan beda ketosis dan ketoacidosis baca di link ini ya….

Keton adalah hasil akhir dari metabolisme lemak. Di dalam tubuh lemak di pecah menjadi asam lemak hingga senyawa kimia terkecil yaitu keton. Keton terdiri dari 3 senyawa, yaitu aseton, asam aseotasetat, dan asam ß-hidroksibutirat.

Keton ini akan mulai digunakan ketika glukosa dan glikogen sudah habis, sehingga tubuh akan memakai sumber energi lain yaitu lemak.

Bagi semua orang, menjaga diri dengan mengontrol parameter tubuh adalah cara terbaik untuk mengetahui kondisi tubuh. Banyak orang ingin “sehat” tapi tidak jelas parameter sehat itu apa. Berat badan? Ukuran celana? atau kadar gula darah? Ataupun ukuran kemampuan fisik (lari marathon, bersepeda, dll)

Karena dengan menentukan parameter sesuai dengan kondisi tubuh akan memudahkan kita menjaga kondisi tubuh kita tetap prima.

Ada beberapa ukuran yang bisa menunjukkan tubuh sudah dalam keadaan ketosis :
1. Di tunjukkan dengan kadar gula darah yang rendah
2. Ada keton pada urin
3. Terdapat keton pada darah

Yuk dibahas satu persatu…

Ketika kita menjadi pemakan karbo, maka tubuh akan mengubah karbohidrat dan gula menjadi glukosa. Glukosa akan diubah menjadi energi. Ketika asupan karbo rendah, maka glukosa dalam tubuh pun akan menjadi rendah. Sehingga ketika kita mengukur kadar glukosa akan mendapat hasil yang rendah. Target di ketogenic secara umum, GDP dibawah 80 mg/dL.

Keton memiliki struktur yang kecil dan dapat diekskresikan ke dalam urin. Keton yang dijumpai di urine terutama adalah aseton dan asam asetoasetat. Untuk mengetahui ada tidaknya keton dalam tubuh bisa di cek dengan menggunakan ketostix. Ini sangat praktis, karena alatnya mirip pengukur Ph air. Setelah itu dibandingkan antara warna stick dengan referensi. Sayangnya alat ini tidak mampu mengukur keton secara akurat. Cukup untuk melihat sudah ada keton atau belum.

Kenaikan kadar keton pertama kali akan tampak pada darah. Sehingga mengukur keton darah ini akurat. Saat ini sudah tersedia alat pengukur keton darah yang mirip dengan alat pengukur glukosa. Bahkan ada alat 2in1 yang bisa mengukur keton dan glukosa. Menggunakan alat ukut ini cukup praktis dan kita bisa mengetahui level keton kita secara presisi, karena dapat menunjukkan angka-nya secara langsung.

Biasanya banyak yang nanya seperti ini… Mana yang terbaik Mas?

Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan.

Biasanya untuk yang masih menjalani keto di fase awal, cek GDP dan GDS itu sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin mengetahui tubuh Anda lebih optimal bisa melakukan cek keton. Bisa menggunakan ketostix untuk mengetahui kadar keton urin secara visual.

Jika ingin lebih akurat bisa menggunakan alat digital seperti alat dari abbot dan multisureGK.

Saya belum cek juga di labolatorium mana yang menyediakan uji kadar keton darah, karena saat ini masih jarang sekali lab yang menyediakan uji keton.

PS. Saya sudah membuat “Video review cara mengukur keton” ini baik dengan stick maupun digital multisure GK.
Pasti Anda ingin menonton video-nya : https://youtu.be/vM1vaF0WxwQ

mau tahu tentang review produk ini ? chat sekarang

atau mau pesan ?

silahkan hubungi dr Nansi : KLIK UNTUK WA

.



2 thoughts on “Kamu Udah Ketosis? Ini Cara Mengukur Kadar Keton Dalam Tubuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download