Ini 5 +3 Kesalahan Ketika Anda Mulai Menjalankan Diet Keto

Ini 5 +3 Kesalahan Ketika Anda Mulai Menjalankan Diet Keto

Sudah lebih dari setahun ketogenic ini menjadi gelombang trend diet baru di Indonesia. Mulai dari info di facebook, lalu di arisan, ketemuan sama saudara, bahkan banyak selebritis dan influencer merasakan pola makan ketogenik ini. Mungkin baru sekarang Anda berpikir untuk mencoba sendiri. Secara teori, banyak dari Anda yang mungkin merasa sulit menghilangkan nasi, mie, roti dari makanan sehari-hari, dan untuk mengkonsumsi lemak. Tapi banyak juga yang bisa melaluinya dengan mudah kok. Dan tentu yang siap berubah akan mendapatkan manfaat sehatnya.

Banyak orang juga menjalankan ketogenic tanpa mempelajarinya dengan lengkap, sehingga akan muncul masalah yang seharusnya bisa dicegah sejak dini. Masalah lemes, tidak fokus, mood tidak baik, dan banyak hal lain.

Sehingga, jika Anda ingin memastikan aman dan berhasil, apapun tujuan Anda : untuk menurunkan berat badan, energi dan peningkatan kinerja, bahkan untuk terapi, Anda harus benar-benar cukup memahami dan mahir melakukannya.

Bagian #1
Di Bagian Paling Awal Adalah Tidak Belajar dan Riset.

Sebelum membongkar isi kulkas dan dapur Anda, mulailah dengan belajar tentang ketogenic ini lebih dalam. Carilah informasi ini di web foodketo.com ataupun cek di google, atau tonton video-nya di youtube juga. Pahami efek metabolik dan perubahan yang terjadi pada tubuh. Sehingga banyak yang mulai adaptasi dengan ketosis, menganggapnya sebagai sesuatu yang bahaya. Pahami juga, Anda akan menjalani ini sampai tujuan Anda tercapai saja, atau memang mau melakukannya sebagai gaya hidup jangka panjang? Apa yang perlu di ubah? Bagaimana tetap nyaman bersosialisasi? bagaimana kalau di kantor? bagaimana jika travelling?

Carilah seseorang maupun komunitas yang bersedia membantu dan mendukung untuk melakukan diet keto yang cocok. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi kok.

Bagian #2
Salah satu kesalahan besar dalam menjalani keto adalah : takut makan lemak
Ya iya lah…. Udah puluhan tahun kita di jejali info bahwa lemak itu gak baik, penyebab sakit ini itu, ke dokter dilarang makan santan, makan gorengan…
Di sekolah, di rumah, di ahli kesehatan…
Lha sekarang kok minimal 1/2 piring harus makan lemak, minyak malah diminum tiap pagi. Tentu bukan hal yang mudah bagi pemula!

Tips : selalu open mind dan terbuka untuk belajar. Kritis juga pada orang orang yang melarang makan lemak. Tanya kenapa?

Miliki juga buku panduan nutrisi tentang kadar lemak, protein dan karbohidrat dari makanan. Sehingga Anda lebih kenal dan sensitif terhadap makanan apa saja yang bisa dikonsumsi

Bagian #3
Kesalahan ketika keto : Terlalu Banyak Mengkonsumsi Protein, Kurang Makan Lemak Sehat
Perlu dicatat di ketogenic, yang utama bukan protein, tapi LEMAK. Sehingga perlu biasakan memilih daging yang banyak lemak nya!
Pasti ini bukan hal yang mudah, karena saya aja dulu setiap makan ayam, kulitnya di minggirin, yang berlemak disisihkan, tapi sekarang yang lemak-lemak itu malah di sukai 😀

Pilihlah lemak yang sehat termasuk lemak dari kelapa (santan, minyak kelapa), minyak zaitun, alpukat, chia, kacang rendah karbo (almond, kenari). Sebisa mungkin menghindari lemak dari hewan yang disuntik hormon, mengandung GMO, serta makanan proses dalam kemasan dengan tambahan kimia sintetik (perasa, pewarna, pengawet). Hindari juga minyak yang mengandung transfat seperti minyak canola, kedelai dan bunga matahari.

Cara memperbaiki: mulailah lebih sensitif melihat kadar lemak, protein, dan karbo dari makanan yang masuk kedalah tubuh.

Pada ketogenic diusahakan sebisa mungkin kadar protein berkisar antara 15-25 persen.
PS. perlu diperhatikan, jika GDP/GDS masih cederung tinggi merupakan salah satu indikasi kebanyakan protein.
kok bisa? karena protein juga bisa di sintetis tubuh menjadi glukosa, silahkan pelajari lagi tentang pyruvic acid

Bagian #4
Kesalahan Diet Keto berikutnya adalah “Masih konsumsi buah manis dan susu”

Prinsip keto adalah low carb, tapi banyak yang salah paham akhirnya konsumsi berlebihan sayur berkarbo tinggi seperti wortel, kentang dan singkong.

Atau masih minum kopi / teh manis, ….
Atau konsumsi buah buahan manis seperti apel, mangga, nanas, dll…
padahal karbohidrat, gula, baik glukosa atau fruktosa (dari buah) akan memicu insulin.

Caranya :
Keberadaan glukosa, akan menghalangi mulainya metabolisme keton. Perhatikan selalu makanan yang diasup, apalagi di fase awal. Coba mulai lebih perhatian dengan berapa banyak karbo yang anda konsumsi (disarankan maksimal 50gram / hari).

Ketika tubuh sudah ketosis, Anda bisa mencoba pola “carb cycling” terutama untuk aktivitas fisik tinggi dan pembantukan otot. Tapi ingat batasan asupan karbo tetap rendah (50-100 gram) per harinya.

Bagian #5
Kesalahan ketika menjalani diet keto adalah : “Menghindari Lemak Jenuh”

Pasti ketika Anda mendapat info tentang lemak jenuh, pikiran kita sudah disudutkan bahwa itu adalah lemak yang jahat. Padahal lemak jenuh adalah lemak yang lebih stabil dibanding dengan minyak yang lain, karena rantai karbon lemak jenuh lengkap, sehingga tidak mudah teroksidasi menjadi lemak trans.

Kata para ahli : All Fats not Create Equal.
Dan konsumsi lemak jenuh, bisa menghindarkan kita dari konsumsi berlebihan, terutama dari karbo olahan dan gula.

Cara memperbaikinya : sadari bahwa lemak jenuh termasuk kelapa itu sehat dan menyehatkan. Anda bisa konsumsi lemak tidak jenuh yang baik dari minyak zaitun, macadamia, dan alpukat. Sedangkan lemak jenuh bisa didapatkan dari daging, olahan susu (keju, butter), dan minyak kelapa (VCO).

Bagian #6 : PENTING
Kesalahan yang sering dilupakan adalah “Kekurangan mineral”

Ketika awal menjalankan diet keto akan terjadi penurunan berat badan karena hilangnya air dan natrium akibat asupan karbohidrat berkurang. Kehilangan natrium mengganggu keseimbangan elektrolit alami tubuh dan dapat mempengaruhi beberapa tingkat mineral lain. Hal ini terutama terjadi pada atlet.

Cara mengatasi :
Berikan tamhahan sodium pada makanan Anda. Bisa langsung didapat dari garam, terutama garam himalaya atau garam dapur yang kasar. Berikutnya jaga juga dengan konsumsi kaldu dari tulang ayam maupun sapi

Bagian #7 : BONUS
Kesalahan berikutnya kurang serat sehat

Tubuh sebenarnya tidak membutuhkan banyak serat kok. Dalam metabolisme keton, tubuh akan bekerja dengan sangat efisien. Makanan kita berkualitas kalori tinggi, bukan sekedar kalori kosong.

Cara mengatasi :
Konsumsi secukupnya buah alpukat, santan, vco, agar-agar, sayur hijau untuk membantu agar BAB kita lebih nyaman. Tidak harus tiap hari BAB, tapi pastikan tubuh tetap mencerna dengan baik.

Bagian #8 : BONUS
Kesalahan berikutnya banyak konsumsi makanan olahan dan banyak bahan kimia.

Ketika menjalani keto, menghindari asupan karbohidrat, jangan sampai kita malah konsumsi juga bahan makanan yang tidak sehat. Waspadalah terhadap makanan dengan keterangan “sugar free”, tapi menambahkan banyak pemanis buatan yang berbahaya seperti aspartam, sucralose dan sakarin. Pengganti gula ini mungkin tidak memiliki kalori dan nol gram gula, tetapi dalam banyak riset menyebabkan sakit kepala, gangguan pencernaan, migrain, gangguan mood dan bahkan memicu kanker.

Cara mengatasi :
Setiap membeli dan menyantap makanan, baiknya baca label komposisi, nutrition fact atau tanya dengan pembuatnya. Hindari perasa, pemanis buatan (walau bebas kalori), pewarna, dan pengawet yang jelas tidak sehat.

NOTES : Ingat, efek positif dari diet dapat bervariasi pada tiap orangnya. Ada yang bisa merasakan dengan cepat, ada yang bisa melakukan dengan intensitas yang lebih tinggi. Pastikan Anda komitmen, disiplin, dan sabar menjalaninya.

Berikan diri Anda cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan ketogenic, mengonsumsi lemak sehat yang sesuai dan menjaga perasaan Anda. Anda mungkin akan melihat perubahan dalam beberapa minggu pertama atau setelah sebulan, tapi ada juga yang baru dapat dan merasakan perbedaan setelah melalui 3 bulan bahkan lebih lama lagi.

Anda boleh memilih menjalani pola mana yang masuk akal dan Anda merasa nyaman menjalaninya. Tidak perlu membenci ketogenic, banyak pilihan lain kok. Silahkan mulai rencana diet keto Anda dengan benar dengan komposisi 75% lemak sehat, 20% protein sehat, dan 5% karbo sehat.



4 thoughts on “Ini 5 +3 Kesalahan Ketika Anda Mulai Menjalankan Diet Keto”

  • Informasi yg sangat bermanfaat untuk kita semua yg sedang mencari pola makan sehat yang juga mampu meregenerasi sel tubuh dan jauh dari penyakit dan sudah terbukti dari living proof keto warriors (orang yg berjuang menjalankan pola makan sehat ketogenic)..Dan kita harus open minded menerima informasi yang jauh berbeda dari info yangkita dapat selama ini….

    salam lemak,
    bahasacorner.com

  • salam sehat, sy adalah pemula untuk diet keto, sy jg didiagnosa oleh dokter radang usus besar, yg kdg harus menjauhi makanan berlemak,berminyak,pedas,asam, apakah diet keto ini cocok dng saya? terima kasih byk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download