Sharing dan Belajar Bareng Hidup Sehat Bahagia

[Penting] Efek Detoks, Healing Crisis (HC), Efek Samping dari Diet Ketogenic

[Penting] Efek Detoks, Healing Crisis (HC), Efek Samping dari Diet Ketogenic

Pernah dengar istilah detoks atau detoksifikasi?
yaitu proses mengeluarkan toksin dalam tubuh melalui urin, pernapasan, tinja, dan keringat dengan menggunakan empat organ utama yaitu, hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Melalui detoks inilah kita dapat mengoptimalkan proses pengeluaran bahan-bahan yang bersifat buruk dari tubuh kita.

Nantinya, detoks akan membantu diri kita mencerna makanan secara lebih baik, kulit anda akan menjadi lebih bercahaya, sakit punggung, persendian ataupun rasa sakit kronik lainnya akan hilang dan vitalitas serta energi Anda pun akan meningkat

Penumpukan racun dalam tubuh terutama disebabkan oleh faktor makanan (gula dan karbo olahan). Mengkonsumsi makanan berlebihan, mengadung zat berbahaya, juga bisa jadi pemicu bertumpuknya racun dalam tubuh.

Di Ketogenic, istilah Detoks banyak diubah menjadi istilah yang lebih baik “Healing Crisis” atau HC. Terjemahan bebas dalam Bahasa Indonesia merupakan proses resetting tubuh untuk menjadi sehat kembali melalui sebuah krisis keseimbangan dalam tubuh.

Enjoy The Process. Apakah Anda berharap menyelesaikan masalah yang sudah kita timbun bertahun-tahun dalam 1 malam?

Saat kita memutuskan untuk menjalani diet keto, apapun alasan Anda, misal ingin mengatasi sakit yang diderita, obesitas, gampang sakit, badan tidak berenergi, atau ingin badan lebih segar, ingin lari marathon, tampil lebih baik dihadapan pasangan, maka akan muncul perubahan positif dalam tubuh kita.

Pada awal Anda akan merasakan energi yang jauh lebih bertenaga, mulai pagi, siang, sore, kadang di awal keto, Anda merasa susah tidur. Secara perasaan Anda akan lebih tenang dan bahagia juga, apalagi menu-menu makannya enak-enak kan….

Namun suatu saat akan datang suatu reaksi yang tidak nyaman datang. Secara fisiologis mulai terjadi keseimbangan baru kini dalam tubuh yang akan merevitalisasi sistem kekebalan dalam sel. Bagi yang sudah bertahun-tahun mengkonsumsi gula dan karbohidrat kadang ini bukah hal yang mudah.

HC atau healling crisis atau detox pada dasarnya adalah proses aktivasi sistem imun dalam tubuh. Tubuh memiliki kemampuan untuk menyeleksi sel dan mereject sel yang asing bagi tubuh. Umumnya terkait riwayat penyakit dan obat-obatan.

Beberapa pakar, seperti Dr. Bruce Fife dan dr.Zainal Gani sepakat juga menyebut proses ini sebagai “resetting” tubuh. Yaitu suatu respon positif dari dalam tubuh terhadap pola metabolisme yang baru (lama tidak kita gunakan).

Tenang aja, HC atau proses resetting tubuh ini tidak akan datang dimasa tubuh lemah. Tapi akan datang ketika tubuh dalam keadaan yang prima.

Berapa lama proses HC atau detox ketika menjalani ketogenic?

Tergantung kebutuhan dan kemampuan tubuh. Tubuh kita adalah super komputer yang sangat canggih. Proses detox ini akan terus berjalan ketika masih ada fungsi tubuh kita yang tidak normal. Jika tubuh sakit, otomatis detox juga berhenti. Uniknya proses ini tidak hanya secara fisik saja, kondisi emosional dan sistem hormonal akan berlahan juga lebih baik.

Hal Apa Saja Yang Terjadi, dan Apa Tips Menghadapinya?

1. KetoFlu
Hal ini banyak dialami di awal menjalankan keto. Biasanya akan datang flu, hidung meler, sakit tenggorokan, sakit kepala (pusing), susah fokus, masuk angin, demam. Proses ini terjadi karena tubuh yang biasanya mudah mendapatkan energi dari glukosa, mulai kelaparan. Gula darah mulai turun, glikogen (cadangan glukosa) mulai di bongkar. Elektrolit juga mulai terkuras keluar.

TIPS : Minumlah air yang cukup. Konsumsi garam dan kaldu (sop tulang daging) untuk menambah asupan mineral. Ambil saja garam dapur dan jilat, atau bisa juga dengan dilarutkan dulu ke dalam air. Umumnya gejala pusing akan reda dalam 10-15 menit. Solusi ini juga cocok yang merasa mual.
Jika merasa lemah, bisa ditambah dengan makan lemak dan minyak kelapa (virgin coconut oil) yang cepat diolah menjadi energi. Pastikan Anda tidak kekurangan kalori dibandingkan kebutuhan Anda.

Ketoflu bisa selesai antara 3-10 hari.

2. Jarang BAB, kadang terasa keras, hanya sedikit, atau konstipasi

Selama ini kita banyak makan serat. Artinya 80-90% makanan itu kita buang. Ketika mulai keto, tubuh kita akan menjadi lebih efisien karena yang dibuang hanya 20-30% saja! Ditambah lagi volume makan kita jauh berkurang (fastosis)

TIPS : Nikmati saja. Mungkin BAB Anda bisa 2-4 hari sekali, tapi itu normal kok. Perbanyak saja minum air putih, dan vco agar feses jauh lebih berminyak. Walau keras, umumnya tidak akan sampai perdarahan / ambeiyen. Bisa juga mendapatkan serat dari agar-agar, maupun buah alpokat.

3. Otot Kram, Nyeri Otot
Ketika pergeseran elektrolit, tubuh akan sering mengeluarkan cairan. Disini sering terjadi kekuarangan magnesium dalam tubuh. Mineral lain yang membantu tersedia di garam seperti natrium / sodium.

TIPS : Oleskan magnesium oil, atau konsumsi kapsul magnesium, atau cukup dengan makan garam (himalaya atau garam makan biasa). Sederhana-kan, kram atau pegal-pegal ini biasanya terjadi ketika aktivitas yang mendadak atau ketika tidur. Selalu siapkan garam ya…

4. Bau Nafas Yang Khas
Ketika konsumsi lemak kita meningkat, dan perlahan tubuh kita ketosis, makan sebagian akan ada yang dibuang melalui pernafasan. Aroma aseton sering muncul diawal untuk mengimbangi pembakaran cadangan glikogen. Nafas dan karingat merupakan saluran pembuangan keton ketika tubuh beradaptasi. Ini bisa terjadi antara 2-3 minggu.

TIPS : lakukan oil pulling (bisa dengan vco), kunyah daun sirih dan kumur garam.

5. Kolestrol dan Asam Urat Naik
Sebaiknya Anda mulai mengabaikan kadar kolesterol dan asam urat. Pada dasarnya kadar kolesterol dan asam urat di darat itu dapat disintetis tubuh sesuai dengan kebutuhannya.
Baca juga : Bagaimana Kolesterol Jika Menjalankan Diet Keto ?

TIPS : Jangan lagi cek kadar kolesterol. Kolesterol itu merupakan bahan penting dalam tubuh manusia. Dia membentuk banyak sekali hormon dalam tubuh. Seluruh sel tubuh dilindungi oleh kolestrol, bahkan kekurangan kolestrol jauh lebih berbahaya seperti depresi dan daya tahan tubuh menurun. Hindari semua jenis obat penurun kolesterol.

Jika memang tidak ada keluhan terkait, jangan cek lagi kadar asam urat. Asam urat berfungsi sebagai antioksidan di sel untuk menghalau radikal bebas.

Fokus saja bagaimana kadar gula darah (GDP dan GDS) bisa normal, atau dibawah normal (ketosis)

6. Ruam, gatal-gatal, atau Keto-Rash
Cukup banyak yang merasakan di kulit menjadi berbintik, kadang merah dan bentol. Beberapa diakibatkan oleh candida atau jamur yang mati karena kekurangan glukosa. Ketika glukosa dalam tubuh berkurang abis, jamur merilis toksin dan dapat mengakibatkan radang dan aktifnya sistem imun sehingga akhirnya kulit menjadi seperti biduran. Hal lain bisa diakibatkan kulit yang sensitif pada keton dari keringat.

TIPS : Sabar dan tahan saja. Jika perlu oleskan saja vco atau magnesium oil. Jika tidak kuat bisa dibantu dengan bedak anti gatal. Tetap jaga tubuh dengan minum air putih dan garam yang cukup.

7. Kondisi Fisik Lemah, Rasa Haus, Lesu, Pusing, Gugup
Ketika tubuh tergantung dengan glukosa, maka kemampuan mengakses keton sebagai sumber energi akan terhenti. Proses pemindahan metabolisme pasti akan merubah keseimbangan. Yakinlah, bahwa energi dari lemak akan jauh lebih dahsyat daripada glukosa (gula dan karbo).

TIPS : Minyak kelapa / VCO adalah sumber energi tercepat bagi tubuh untuk mendapatkan energi. Jangan menahan lapar terlalu lama ketika proses adaptasi. Konsumsi juga daging, telur dan ikan.

8. Kehilangan Nafsu Makan, Mual, Diare, Muntah
Mungkin Anda merasa sudah terlalu banyak mengkonsumsi lemak, sehingga kadang sudah malas lagi makan. Malah kalau makan jadi mual, kadang diare, atau muntah.

TIPS : Makanlah secukupnya, jangan berlebihan. Jika ada diare, baiknya puasa tidak makan dan minum minimal 3 jam. Biarkan tubuh menyeimbangkan horman dan mineral dalam tubuh secara alami. Perhatikan juga asupan jangan sampai ada gula yang menyusup termasuk dari buah, yougurt, keju, dan kue-kue (termasuk kue keto). Bisa juga dibantu dengan menambah jam fasting menjadi 20-24 jam.

9. Jerawat dan Rambut Rontok
Kadang 3-6 bulan pertama bisa berasa rambut banyak rontok, tapi itu sementara saja. Perlahan folikel rambut akan tumbuh, bahkan lebih banyak lho. Jerawat sering juga muncul di awal, tapi akan bertahap mengering setelahnya kulit akan jauh lebih lembab dan mulus.

TIPS : Perbanyak makan daging, ikan, dan telur. Buat diri selalu senang dan santai saja. Hindari “hidden sugar” dan hidden carbo. Pastikan menjaga asupan karbo kurang dari 10 gram. Tambahkan olahraga ringan seperti plank.

Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan :
1. Keto untuk terapi jantung, masalah empedu, diabetes (dengan insulin) : pastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Hindari teh (diuretik) dan kopi (kafein). Obat dokter bisa dikurangi dengan monitor dan diskusi dengan dokter.

2. Keto untuk ibu hamil dan menyusui : sesuaikan kebutuhan ibu dan bayi, tidak perlu dipaksakan dengan intermittent fasting / fastosis. Selalu kenali gajala-gejala yang muncul.

Selain fisik, kebanyakan orang yg memiliki kecemasan kronis (chronic anxiety), panik, dan stress. Stress secara emosional, fisik, kimiawi, mereka akan menjadi kehabisan atas zat methyl, atau istilahnya methyl depleted, sehingga DNA bisa rentan dan tidak terlindungi.

Jadi, hindarilah stress utk menjaga kelompok methyl kita tdk keburu habis.

Selain itu hormon estrogen, progesterone, dan lainnya bisa mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Untuk memperbaiki glutathione (GSH), maka selain dengan mengurangi stres dan depresi, olahraga sangat membantu untuk menaikkan level GSH kita dan juga membantu upaya detoksifikasi tubuh.

Level GSH yang bagus, akan terjadi :
– melindungi DNA dari kerusakan dan menjaga imun tetap optimal
– membantu melawan radikal bebas, inflamasi, dll
– menetralisir dan membersihkan logam berat dan racun dari dalam tubuh.
– menjaga mitokondria tetap memompa energi ke luar.
– anti-aging

Sehingga dari awal usahakan untuk dapat mengontrol psikologi kita dengan :
– Jangan mudah mengeluh
– Jangan mudah emosi
– Jangan mudah menyerah

Selamat berketogenic!



2 thoughts on “[Penting] Efek Detoks, Healing Crisis (HC), Efek Samping dari Diet Ketogenic”

  • I get this article from my friend Sherly, She’s started diet keto already and know my return, due to my obesity. I deserve to be healthy and beautiful.

  • Terima kasih informasinya yang membuat saya yakin secara fisik dan mental untuk mengikuti Diet Ketogenic. Saya diagnosis HNP, dari pinggang sampai ke betis terasa nyeri, sehingga saya harus konsumsi obat anti nyeri dan penetralisir lambung , juga hrs menggunakan korset khusus penggunaannya di bawah pinggang. Saya tidak mau ketergantungan dgn obat anti sakit yg mungkin akan berdampak terhadap sistem syaraf saya (?). Tanggal 15 April 2017, saya mulai KF dan tinggalkan obat dokter, korset tetap saya gunakan untuk mengecilkan panggul. Hehehe. Adakah treatment khusus untuk penderita HNP ? Tetima kasih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download