Cara Diet Keto Di Bulan Ramadhan dan Tips Menghadapinya

Cara Diet Keto Di Bulan Ramadhan dan Tips Menghadapinya

Menjalankan diet keto saat bulan puasa?
Kenapa tidak?

Bagi beberapa orang malah menceritakan pengalaman menjalankan ketogenik saat bulan puasa, membuat ibadah puasa menjadi lebih mudah lho!.

Cukuplah bagi anak keturunan Adam agar makan sekadar untuk menegakkan tulang sulbinya (tulang punggung). Melainkan jika ia tidak dapat mengelak, maka isilah 1/3 untuk makanannya, 1/3 untuk minumannya, dan 1/3 untuk nafasnya.” (Hadis Riwayat at-Tirmidzi, no. 2380. Dinilai sahih oleh at-Tirmidzi)

Menarik sekali ya pesan tersebut. Selama ini banyak kita makan itu cenderung berlebihan. Bahkan sering kekenyangan hingga ibadah pun menjadi malas.

Alhamdulillah kita dipertemukan diet ketogenic ini, yang ternyata sangat membantu kita merasa kenyang, dan membuat kita mampu menahan lapar. Anda mungkin tidak akan percaya, tapi sudah banyak orang, ribuan orang telah membuktikannya.

Anda bisa Download juga Panduan Ketogenic Ramadhan

Pola Ketogenik adalah pola makan dengan memprioritaskan asupan lemak, dan minimalisasi dengan tujuan untuk mengubah kondisi metabolisme glukosa menjadi metabolisme keton (lemak). Tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama dan tidak lagi menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Ketika tubuh berada dalam kondisi ketosis, dalam beberapa penelitian juga membantu melawan sel-sel abnormal seperti sel kanker, sel virus, sel rusak dan pathogen (bakteri, fungi dan parasit) karena kehilangan sumber energi utama mereka yaitu glukosa. Sehingga bertahap sel-sel ini akan tereliminasi secara natural dari tubuh.

Komposisi makronutrisi pada ketogenik lemak tinggi (75%), protein sedang (15% – 20%), dan porsi karbohidrat sangat rendah (5%). Anda bisa juga fokus menjaga asupan karbohidrat per harinya. Bisa dibayangkan sebenarnya nikmat, karena Anda bebas mengkonsumsi daging sapi panggang yang gurih, ayam goreng, bebek bakar, sate kambing, dan lezatnya virgin coconut oil. Namun ucapkan selamat tinggal pada manisnya nasi putih hangat, roti maupun teh manis.

Tips Ketika Berpuasa :

1. Bulatkan niat dan tekad ketika menjalankan ketogenik di bulan Ramadhan.

2. Miliki rencana menu sahur, ta’jil dan berbuka. Bisa mingguan maupun 30 hari lengkap. Lalu siapkan juga dapur dan stock makanan agar selalu keto friendly seperti telur, daging giling, daging ayam, santan, alpokat, bahan lain sesuai list dan aturan pola ketogenic.

3. Sibukkan diri dengan kegiatan ibadah seperti tarawin, mengaji, bersedekah, aktif dalam kegiatan sosial, dan lain sebagainya.

4. Lakukan olahraga ringan jelang berbuka. Cukup jalan kaki, senam ringan, plank, atau beban barbel.

5. Perbanyak minum air putih saat sahur, mulai berbuka dengan air putih. Hindari minum-minuman yang manis apalagi soda. Jangan lupa konsumsi 1 sendok makan VCO sebelum. Anda akan merasa kenyang lebih lama.

6. Agar menjalanan ketogenik Anda lebih bersemangat, cari teman melalui komunitas ketogenik. Dijamin Anda mendapat banyak dukungan dan spirit.

7. Antisosial? Tentu Anda tetap bisa menikmati silaturahim bersama keluarga dan rekan-rekan kantor. Baca artikelnya : Tips Trik Ketogenic Ketika BukBer Biar Gak Mati Gaya!

Semoga nanti di hari lebaran Anda yang mendambakan badan sehat dan ramping dapat terwujud. Insyaallah.

Anda bisa Download juga Panduan Ketogenic Ramadhan

Semoga ketogenic ini menjadi pilihan Anda agar tetap dapat makan enak tanpa takut berat badan bertambah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download
Anda Mau Berat Badan Ideal ?
*Tapi bebas makan lauk yang disuka
Panduan ini Penting Banget, Saya MAU
Silahkan Download Langsung
Baca, Praktek, dan Bagikan...
Panduan Untuk Download